37 Manfaat Teh Hijau yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
Teh hijau merupakan salah satu minuman herbal yang sering kali dijadikan sebagai ramuan tradisional atau obat alternatif dalam menangani berbagain macam penyakit. Hal ini dikarenakan teh hijau sendiri mengandung berbagai macam manfaat, meliputi kesehatan, kecantikan dan masih banyak lagi.

Manfaat Teh Hijau - Teh hijau merupakan salah satu minuman yang memiliki sejumlah manfaat dan khasiat. Hal ini sudah terbukti dengan adanya beberapa minuman tradisional atau obat-obatan herbal yang berbahan alami teh hijau.

Pada kesempatan kali ini sendiri saya merasa tertarik untuk menuliskan sejumlah manfaat teh hijau yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Melawan Radikal Bebas

Semua jenis teh, termasuk teh hijau itu sendiri, memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat menangkal radikal bebas.

2. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat Teh Hijau
Penuaan Dini

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam teh hijau juga mampu mencegah penuaan dini.

3. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Teh hijau sama seperti kopi, karena mengandung kafein. Namun kafein di dalam teh hijau sedikit berbeda dengan kafein yang terkandung dalam kopi. Kafein pada kopi seringkali membuat lambung sakit, sedangkan kafein pada teh hijau justru membuat sistem pencernaan lebih baik.

4. Membantu Pembakaran Lemak

Dalam hal ini, kafein dalam teh hijau akan bekerja dengan cara membantu pembakaran lemak pada saat perut kosong.

5. Menurunkan Berat Badan

Manfaat Teh Hijau
Menurunkan Berat Badan

Seperti yang tidak ketahui sebelumnya, bahwa teh hijau mampu membantu pembakaran lemak. Hal ini menunjukkan bahwa lemak menurun maka berat badan juga akan ikut menurun.

6. Menjadikan Tubuh Lebih Segar

Kafein yang terdapat pada teh hijau juga mampu menjadikan tubuh lebih segar dari sebelumnya.

7. Menghentikan Perkembangan Sel Kanker

Kandungan katekin dan polifenol dalam teh hijau berperan sebagai antioksidan yang kuat. Dimana antioksidan tersebut mampu menangkal radikal bebas, dan polifenol terbukti efektif dalam mematikan sel kanker.

8. Menurunkan Kadar Kolesterol

Dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin, tentu dapat membuat kadar kolesterol menjadi normal. Hal ini dikarenakan oleh sejumlah kandungan dalam teh hijau yang berperan baik dalam mengatur kadar kolesterol.

9. Mencegah Kerusakan DNA

Dalam hal ini, polifenol pada teh hijau sangat berperan penting dalam mencegah kerusakan DNA. Tak hanya itu, polifenol juga mampu mencegah radikal bebas.

10. Mencegah Karies Gigi

Teh hijau mengandung fluride yang berperan penting dalam menjaga kesehatan gigi, termasuk mencegah Karies Gigi atau pun gigi berlubang.

11. Mencegah Radang Gusi

Fluride yang terdapat dalam teh hijau juga mampu mencegah peradangan yang terjadi pada gusi.

12. Mengontrol Kadar Gula Dalam Darah

Dalam mengontrol kadar gula dalam darah, kamu perlu mengonsumsi sejumlah makanan dan minuman yang mengandung mangan. Sedangkan teh hijau sendiri memiliki kandungan mangan yang cukup tinggi.

13. Menambah Energi

Selain mengatur kadar gula dalam darah, mangan dalam teh hijau juga mampu menambah energi.

14. Meningkatkan Daya Ingat

Kandungan L Teanin dalam teh hijau terbukti efektif dalam meningkatkan fungsi otak, sehingga daya ingat akan meningkatkan dengan sendirinya.

15. Mengurangi Rasa Stres

L teanin merupakan salah satu kandungan teh hijau yang sangat baik bagi kesehatan otak, seperti meningkatkan daya ingat dan mengurangi rasa stres.

Baca Juga : 31 Manfaat Buah Pisang yang Bagus Untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

16. Melancarkan Sekresi

Sekresi merupakan sebuah proses penyerapan sari makanan pada tubuh. Kaktein pada teh hijau terbukti mampu melancarkan sekresi.

17. Membantu Proses Pembekuan Darah

Teh hijau mengandung vitamin k yang cukup baik. Sedangkan vitamin k sendiri berperan penting dalam mempercepat pembekuan darah.

18. Membantu Pembentukan Tulang

Manfaat Teh Hijau
Tulang Kuat

Vitamin k yang terkandung dalam teh hijau tidak hanya berguna dalam membantu proses pembekuan darah saja, namun juga bermanfaat dalam pembentukan tulang.

19. Mencegah Osteoporosis

Vitamin k dan kalsium yang terdapat pada teh hijau mampu mencukupi kebutuhan nutrisi tulang. Sehingga dapat menguatkan tulang, dan mencegah osteoporosis.

20. Membantu Proses Metabolisme Tubuh

Teh hijau juga kaya akan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin, tentu dapat membantu proses metabolisme dalam tubuh.

21. Membantu Kerja Syaraf

Agar syaraf tetap bekerja dengan baik, maka syaraf perlu diberi asupan kalium yang cukup. Sedangkan teh hijau se diri mengandung kalium yang cukup tinggi.

22. Menstabilkan Elektrolit Dalam Tubuh

Mineral pada teh hijau mengandung natrium yang berguna untuk mengontrol kadar elektrolit dalam tubuh.

23. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat Teh Hijau
Sistem Imun

Kandungan seng dalam teh hijau sangat berperan baik dalam membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

24. Menjaga Kesehatan Kulit

Dalam menjaga kesehatan kulit, antioksidan sangat di perlukan. Antioksidan sendiri dapat kamu temukan dalam teh hijau.

25. Mencegah Masuk Angin

Selain itu, antioksidan pada teh hijau juga terbukti ampuh dalam mencegah masuk angin. Meskipun bukan merupakan penyakit yang cukup serius namun masuk angin kerap kali mengganggu para pengidap nya.

26. Menjaga Kesehatan Jantung

Sebelumnya sudah kita ketahui bahwa teh hijau merupakan sumber antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan memiliki sejumlah kandungan lainnya yang sangat membantu dalam melancarkan darah dan mengontrol tekanan darah. Maka dari itu bisa kita katakan bahwa mengonsumsi teh hijau secara rutin juga mampu menjaga kesehatan jantung.

27. Menjaga Kesehatan Sendi

Menurut sebuah penelitian, kandungan pada teh hijau mampu menghentikan molekul yang menyebabkan penyakit rematik. Dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin, tentunya mampu mengatasi dan mencegah penyakit rematik, serta tetap menjaga kesehatan sendi.

28. Meningkatkan Kualitas Tidur

Teh hijau juga mempunyai sejumlah kandungan yang mampu membuat tubuh merasa jauh lebih rileks. Jika mengkonsumsinya pada saat hendak tidur, maka kamu akan merasakan kualitas tidur yang meningkat.

29. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat Teh Hijau
Mata Sehat

Teh hijau mengandung vitamin A yang cukup bagus bagi kesehatan mata. Dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin, tentu kandungan antioksidan dan vitamin a di dalamnya dapat membantu menjaga kesehatan mata.

30. Mencegah Demensia

Bagi orang yang menderita demensia, sebenarnya teh hijau sangat baik jika dikonsumsi secara rutin. Karena sangat bermanfaat dalam mencagah munculnya plak yang mengakibatkan gangguan otak.

31. Mencegah Kebotakan

Teh hijau memiliki kandungan yang mampu memperbaiki sejumlah kerusakan pada jaringan rambut. Sehingga mampu memperkuat rambut dan mencegah kebotakan ataupun rambut rontok.

32. Mengatasi Jerawat

Manfaat Teh Hijau
Mengatasi Jerawat

Antioksidan dalam teh hijau memang sangat berperan pennting dalam menjaga kesehatan kulit. Tak hanya menjaga saja, namun teh hijau juga mampu mengatasi berbagai macam permasalahan kulit, salah satunya jerawat.

33. Menjaga Kesehatan Organ Liver

Liver berkerja dengan cara mengeluarkan sejumlah racun dalam tubuh. Mengingat banyaknya gaya hidup tak sehat yang mengakibatkan tingginya racun dalam tubuh menyebabkan liver tidak dapat bekerja dengan sempurna. Teh hijau sendiri mampu membantu kesehatan liver dalam mengeluarkan racun dalam tubuh.

34. Mengatasi Flu

Meskipun tidak mengandung vitamin c yang cukup banyak, namun kandungan vitamin c dalam teh hijau tersebut terbukti mampu mengatasi penyakit flu.

35. Mengatasi Asma

Manfaat Teh Hijau
Asma

Theophyline yang terkandung dalam teh hijau sangat berperan baik dalam mengendurkan otot-otot dalam saluran bronkial. Dengan melemasnya otot-otot tersebut, tentu dapat mencegah dan mengatasi asma.

36. Mengatasi Herpes

Dalam hal ini, teh hijau tidak dikonsumsi secara langsung, namun untuk mengatasi herpes dengan teh hijau, kamu perlu mengompres bagian tubuh yang mengalami herpes dengan teh hijau.

37. Mencegah Kanker Kulit

Teh hijau sendiri memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, dimana antioksidan tersebut terbukti secara klinis mampu menangkal radikal bebas yang kerapkali menyebabkan kanker, termasuk kanker kulit.

Baca Juga