28 Manfaat Susu Kedelai Untuk Kecantikan dan Kesehatan
Susu kedelai sering dijadikan alternatif minuman bernutrisi bagi orang yang alergi dengan susu sapi. Nutrisi yang terkandung dalam susu sapi memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Kata.co.id - Susu kedelai adalah salah satu minuman sehat yang terbuat dari kacang kedelai. Susu kedelai banyak dijadikan alternatif pengganti susu sapi, karena kandungan kalori yang terdapat didalamnya jauh lebih rendah dibandingkan dengan susu sapi. Susu kedelai memiliki banyak sekali manfaat baik dari segi kesehatan maupun kecantikan. Berikut ini ada beberapa manfaat susu kedelai yang baik untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Melembabkan Kulit

Manfaat Susu Kedelai
Melembabkan Kulit

Manfaat susu kedelai yang paling baik untuk kecantikan adalah sebagai pelembab. Susu kedelai mengandung senyawa yang mampu meregenerasi sel kulit mati. Untuk mendapatkan kulit yang selalu lembab, minumlah susu kedelai secara rutin setiap harinya. 

2. Mengatasi Kulit Berminyak

Kulit berminyak dapat menyebabkan wajah terlihat kusam dan tidak bercahaya. Solusi terbaik dan alami untuk mengatasi wajah berminyak adalah dengan mengonsumsi susu kedelai. Susu kedelai dapat memproduksi kolagen pada tubuh secara alami dan meningkatkan serat elastin yang dapat mengendalikan kadar minyak yang berlebih pada wajah.

3. Mencegah Timbulnya Jerawat

Selain mengendalikan kadar minyak pada wajah, susu kedelai juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya jerawat. Menurut hasil penelitian, memgonsumsi susu sapi secara berlebihan dapat memicu timbulnya jerawat. Untuk itu, mengonsumsi susu kedelai adalah alternatif paling baik untuk dikonsumsi.

4. Menghilangkan Flek Hitam

Salah satu masalah kulit yang sering mengganggu adalah flek hitam. Untuk menghilangkan flek hitam sangat mudah, Anda hanya perlu mengonsumsi susu kedelai secara teratur setiap hari, flek hitam akan pudar secara bertahap. 

5. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat Susu Kedelai 5
Mencegah penuaan dini

Semakin bertambahnya umur seseorang, maka produksi kolagen didalam tubuh akan semakin berkurang. Kolagen sangat berperan untuk menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit. Untuk mencegah penuaan karena kekurangan kolagen, Anda hanya perlu mengonsumsi susu kedelai secara rutin.

6. Sebagai Antioksidan

Manfaat lain dari susu kedelai adalah sebagai antioksidan. Vitamin E yang banyak terkandung dalam susu kedelai bersifat antioksidan. Antioksidan sendiri berfungsi untuk melindungi kulit dari polusi, zat kimia dan radikal bebas. Dengan mengonsumsi susu kedelai secara rutin, Anda akan mendapatkan kulit yang sehat. 

7. Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Susu kedelai sangat bagus jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Susu kedelai banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, seperti omega 3, asam folat, kalsium, protein dan mineral. Selain itu, susu kedelai juga dapat mengatasi rasa mual yang kerap terjadi pada kehamilan muda.

8. Pencegahan Kanker Prostat

Selain untuk kecantikan kulit wanita, susu kedelai juga baik dikonsumsi oleh pria. Kandungan phytoestrogen pada susu kedelai dapat mencegah terjadinya kanker prostat, karena phytoestrogen berperan dalam menghambat proses produksi hormon testosteron. Untuk pengobatan kanker prostat, susu kedelai perlu dikonsumsi setiap harinya.

9. Mencegah Kolesterol

Salah satu keunggulan susu kedelai jika dibandingkan dengan susu sapi adalah tidak mengandung kolesterol. Mengonsumsi susu kedelai secara rutin akan membantu menurunkan kolesterol dalam darah. 

10. Menjaga Elastisitas Kulit

Manfaat Susu Kedelai 10
Menjaga elastisiats kulit

Manfaat susu kedelai lainnya yang baik untuk kecantikan adalah menjaga elastisitas kulit. Isoflavon yang terkandung dalam susu kedelai berguna untuk mencegah kerutan pada kulit dan membuat kulit terlihat awet muda.

11. Mengatasi Migrain

Susu kedelai juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit migrain. Penyakit yang satu ini biasanya lebih sering menyerang wanita daripada pria. Karena salah satu penyebab migrain berkaitan dengan hormon wanita. Susu kedelai sangat berguna untuk menyeimbangkan hormon-hormon pada tubuh wanita. Karena itu, mengonsumsi susu kedelai sangat baik untuk penderita migrain. 

12. Menjaga Kesehatan Mental

Selain untuk menjaga kesehatan fisik, susu kedelai juga baik untuk menjaga kesehatan mental. Vitamin B6 dalam susu kedelai berperan dalam memproduksi serotonin neurokimia yang mampu memperbaiki mood. Selain itu, susu kedelai juga mengandung magnesium yang dapat berfungsi sebagai anti depresi.

13. Pencegahan Osteoporosis

Susu kedelai banyak mengandung vitamin D dan kalsium yang sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Osteoporosis adalah suatu penyakit yang sering terjadi pada usia lanjut karena berkurangnya fungsi hormon-hormon didalam tubuh. Fitoesterogen dalam susu kedelai dapat membuat kalsium lebih mudah diserap oleh tubuh, sehingga dapat mencegah osteoporosis. 

14. Menunjang Program Diet

Bagi yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, susu kedelai sangat baik untuk dikonsumsi. Dalam satu gelas susu kedelai terdapat 4,5 gram lemak, 8 gram protein, dan 12 gram karbohidrat. Ini berarti susu kedelai memiliki jumlah kalori yang rendah sehingga sangat cocok untuk menunjang program diet.

BACA JUGA: 19 Manfaat Dan Khasiat Es Batu yang Baik Untuk Kecantikan Wajah

15. Mencegah Diabetes

Manfaat Susu Kedelai 15
Mencegah diabetes

Diabetes biasanya disebabkan oleh kurangnya kadar insulin pada tubuh. Susu kedelai dapat menjadi minuman yang sangat baik untuk mencegah diabetes. Kandungan asam amino yang terdapat dalam susu kedelai dapat menjaga hormon insulin agar tetap seimbang. Kandungan proteinnya juga lebih ramah bagi ginjal jika dibandingkan dengan protein hewani.

16. Mencegah Kanker

Susu kedelai juga dipercaya untuk mencegah penyakit berbahaya seperti kanker. Karena selenium yang terdapat susu kedelai berperan penting sebagai antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas.

17. Menjaga Kardiovaskular

Sari kedelai sangat baik untuk sistem kardiovaskuler dalam tubuh. Susu kedelai mengandung vitamin E yang dapat mencegah adanya plak pada pembuluh darah yang menyebabkan peredaran darah tersumbat. Selain itu adanya magnesium pada susu kedelai sangat berguna untuk menghambat pelepasan tromboksan.

18. Baik Untuk Autisme

Pada penderita autisme, kasein serta protein yang biasa terdapat pada susu sapi sebaiknya dihindari, karena dapat menjadikan penderita semakin hiperaktif. Untuk menjaga asupan nutrisi pada tubuh, susu kedeali merupakan alternatif yang baik untuk dikonsumsi penderita autisme. 

19. Mengurangi Gejala Pra-Menstruasi

Mengonsumsi susu kedelai pada siklus pra-menstruasi sangat dianjurkan bagi wanita. Kandungan kalsium dan magnesium dalam susu kedelai dapat membantu mengurangi gejala-gejala pra-menstruasi yang kerap mengganggu. 

20. Mencegah Anemia

Manfaat Susu Kedelai 20
Mencegah anemia

Susu sapi juga mempunya manfaat untuk mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah. Vitamin B12 yang terkandung dalam susu kedelai dapat membantu proses pembentukan sel darah merah pada tubuh sehingga kadar hemoglobin meningkat.

21. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, susu kedelai adalah solusi yang tepat. Vitamin B12 dan riboflavin yang terkandung didalam susu kedelai sangat berperan dalam proses metabolisme asam lemak dan pembentukan energi. Selain itu, susu kedelai mengandung serat yang tinggi yang dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama.

22. Menjaga Tekanan darah

Manfaat susu kedelai berikutnya yaitu menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Omega 6 dan omega 3 yang terdapat pada susu kedelai berperan penting dalam pengikatan lapisan pembuluh darah sekaligus mencegah penumpukan kolesterol sehingga aliran darah menjadi lebih stabil dan fleksibel.

23. Melancarkan Buang Air Besar

Jika Anda sering mengalami kesulitan saat buang air besar, susu kedelai adalah obat alami yang perlu anda coba. Oligosakarida atau probiotik yang terkandung dalam susu kedelai dapat membantu melancarkan buang air besar.

24. Memperbaiki Profil Lipid

Manfaat lainnya yang bisa diambil dari susu kedelai adalah memperbaiki profil lipid dalam darah. Susu kedelai tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh. Mengonsumsi susu kedelai secara rutin dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah.

25. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat Susu Kedelai 26
Menjaga kesehatan jantung

Susu kedelai hampir tidak memiliki lemak jenuh, sehingga sangat baik bagi kesehatan jantung. Susu kedelai memiliki kandungan lemak tak jenuh ganda serta lemak tak jenuh tunggal. Susu kedelai juga tidak mengandung kolesterol jahat, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

26. Mencegah sindrom postmenopause

Susu kedelai juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah dan mengatasi sindrom postmenopause. Pada saat menopause dan setelah menopause, kadar estrogen dalam tubuh wanita akan berkurang drastis dan beresiko terkena berbagai macam penyakit. Kandungan fitoestrogen yang ada pada susu kedelai dapat menggantikan kadar estrogen yang hilang.

27. Mengatasi Intoleransi Laktosa

Intoleransi laktosa adalah suatu keadaan dimana tubuh seseorang tidak mampu mencerna laktosa dengan baik. Laktosa biasanya terdapat dalam susu sapi, tak heran jika banyak orang yang alergi terhadap susu sapi. Untuk mendapatkan nutrisi yang tak kalah dengan susu sapi, penderita intoleransi laktosa bisa sangat dianjurkan untuk mengonsumsi susu kedelai, karena susu kedelai tidak mengandung laktosa. 

28. Anti Kanker

Susu kedelai adalah salah satu minuman yang sangat baik untuk mencegah kanker. Susu kedeali mengandung antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab terjadinya kanker dalam tubuh. Selain itu, kandungan genesti dan vitamin E pada susu kedelai bekerja secara sinergis melawan sel kanker.

Baca Juga