19 Manfaat Sari Kurma Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
Kurma adalah salah satu buah yang memiliki rasa sangat manis. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, kurma kerap dikonsumsi dalam bentuk sari kurma karena dirasa lebih praktis tanpa mengurangi nutrisi dari buah kurma. itu sendiri.

Manfaat Sari Kurma - Kurma adalah buah khas dari Negara Arab Saudi. Buah yang mempunyai rasa manis ini banyak beredar dipasaran, terutama saat bulan puasa. Tak hanya saat bulan puasa saja, di hari biasa pun sebagian orang masih tetap suka mengonsumsi kurma, biasanya buah kurma banyak dikemas dalam bentuk sari kurma. Sari kurma memiliki banyak sekali manfaat bagi orang yang rutin mengonsumsinya. Berikut ini kami uraikan secara lengkap berbagai macam manfaat sari kurma.

1. Penambah Energi

Manfaat Sri Kurma
Menambah energi

Manfaat buah kurma yang paling terasa adalah sebagai penambah energi. Kandungan fruktosa, glukosa dan sukrosa yang ada pada sari kurma sangat berperan penting untukk mencukupi asupab energi dalam tubuh. Dengan mengonsumsi sari kurma setiap hari, aktivitas anda akan berjalan dengan baik dan tidak mudah lelah.

2. Mengatasi Demam Berdarah

Sudah bukan rahasia lagi bahwa sari kurma sangat baik dikonsumsi oleh penderita demam berdarah. Hal ini didukung dengan penelitian para ahli bahwa mengonsumsi kurma bisa mebuat kadar trombosit meningkat dapat mengatasi demam berdarah dengan cepat. 

3. Mencegah Rematik

Sari kurma juga dapat mencegah penyakit rematik banyaknya kandungan mineral didalam buah kurma. Mineral sangat dibutuhkan untuk otot dan tulang yang sehat. Jika anda tidak ingin terkena rematik, maka konsumsilah sari kurma setiap hari.

4. Mencegah Kanker Otak

Masih berkaitan dengan kandungan mineral yang tinggi dalam kurma. Beberapa mineral yang terdapat dalam kurma yaitu potasium, sulfur, magnesium, kalsium dan boron. Semua mineral tersebut berperan aktif untuk kesehatan organ otak sehingga terhindar dari kanker otak.  

5. Mengandung Serat Tinggi

Manfaat Sari Kurma 5
Mengandung serat

Serat sangat dibutuhkan oleh usus membersihkan sisa-sisa makanan, usus dapat mencerna makanan dengan maksimal. Sari kurma mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga baik untuk dikonsumsi.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan

Selain membersihkan usus dari sisa makanan, serat larut yang terdapat dalam sari kurma juga berguna untuk melancarkan sistem pencernaan. Untuk itu, konsumsilah sari kuma setiap hari agar pencernaan tetap lancar.

7. Mencegah Struk

Penyakit struk dapat dihindari dengan mencukupi kebutuhan kalium harian. Untuk memenuhi kebutuhan kaliu, tersebut sangat mudah, anda cukup mengonsumsi sari kurma 3x sehari saja. 

8. Menyehatkan Jantung

Sari kurma selain mencegah penyakit struk juga dapat menyehatkan jantung. Kalium dalam sari kurma dapat membantu mencegah penyakit jantung dan menyehatkan tubuh.

9. Aman Untuk Hipertensi

Hipertensi sangat sensitif terhadap apa yang dikonsumsi. Sari kurma sangat aman untuk dikonsumsi penderita hipertensi kronis. Penyebabnya adalah kandungan kurma yang tinggi kalium namun rendah natrium. 

BACA JUGA: 18 Manfaat dan Khasiat Daun Jarak yang Sangat Baik Untuk Kesehatan

10. Meningkatkan Kinerja Otak

Manfaat Sari Kurma 10
Meningkatkan kinerja otak

Manfaat mengonsumsi sari kurma berikutnya adalah meningkat kinerja otak dan mepertajam daya ingat. Karena kalium dalam sari kurma dapat melancarkan peredaran oksigen dalam darah menuju otak. 

11. Mengatasi Insomnia

Sulit tidur atau sering dikenal dengan istilah insomnia dapat membuat keseimbangan tubuh menjadi terganggu dan sistem metabolisme dalam tubuh menjadi tidak teratur. Sari kurma dengan vitamin B3 didalamnya merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi insomnia.

12. Mencegah Anemia

Sari kurma sangat bagus untuk dikonsumsi oleh penderita anemia, terutama bagi wanita hamil. Sari kurma mengandung zat besi yang berguna untuk pembentukan sel darah merah sehingga sangat baik untuk mengatasi anemia.

13. Membantu Pembentukan Otot

Manfaat lain dari buah kurma adalah membantu proses pembentukan otot. Kurma memiliki kandungan protein yang sangat tingi yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan otot. Selain itu, kurma juga mengandung lysine yang berguna untuk merangsang perkembangan otot. 

14. Melebatkan Rambut

Sari kurma merupakan solusi yang baik untuk menebalkan rambut yang tipis bahkan botak. Sari kurma mengandung zat khusus dan vitamin E yang berperan dalam memperbaiki folikel rambut. Selain itu, mengonsumsi sari kurma secaa teratur juga dapat menyuburkan rambut.

15. Aman untuk Diabetes

Manfaat Sari Kurma 15
Aman untuk diabetes

Selain aman dikonsumsi oleh penderita hipertensi, sari kurma juga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Karbohidrat yang terdapat pada kurma yakni fruktosa dan glukosa sangat mudah dicerna oleh tubuh dan tidak membutuhkan insulin untuk diserap tubuh sehingga sangat aman dikonsumsi penderita diabetes tanpa harus khawatir kadar gula darah akan meningkat. 

16. Mengatasi Penggumpalan Darah

Penggumpalan darah juga bisa diatasi dengan mengonsumsi sari kurma secara rutin. Kandungan buah kurma yang berguna dalam mengatasi gumpalan darah sekaligus mengatur tekanan darah adalah asam salisilat. Menggumpalnya aliran darah sangat berbahaya bagi tubuh karna dapat mengakibatkan serangan jantung bahkan struk. Maka dari itu, untuk menjaga peredaran darah agar tetap lancar, anda perlu mengonsumsi sari kurma setiap hari.

17. Tinggi Polifenol

Kurma terbukti mengandung polifenol yang sangat tinggi jika dibandingkan sayuran dan buah-buahan lainnya. Hal ini terjadi karena kurma tumbuh di wilayah gurun yang mana kondisi tanahnya sangat kering. Polifenol sendiri berfungsi sebagai antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh dan dapat mencegah penyakit jantung bahkan kanker.

18. Bagus Untuk Kulit

Sari kurma banyak mengandung vitamin A dan E yang sangat bagus untuk kesehatan kulit. Sari kurma jika dikonsumsi secara teratur juga dapat mejadikan kulit lebih cerah dan tidak kusam. Disamping itu, sari kurma juga dapat mencegah timbulnya kanker kulit. 

19. Sebagai Antioksidan Alami

Sudah tidak diragukan lagi bahwa sari kurma mengandung antioksidan yang tinggi. Itu artinya, dengan rajin mengonsumsi sari kurma, tubuh akan terhindar dari radikal bebas yang dapat membahayakan kesehatan tubuh dan memicu tumbuhnya sel kanker. Mulai sekarang, rutinlah mengonsumsi sari kurma agar terhindar dari kanker dan kesehatan tubuh pun akan terjaga.

Baca Juga