25 Manfaat Meminum Teh Bagi Kesehatan
Di China, teh menjadi sebuah obat untuk berbagai macam penyakit. Hal ini terbukti ampuh setelah beberapa peneliti melakukan penelitian apa saja yang terkandung di dalam teh sehingga menjadi dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Teh adalah minuman sehari-hari yang selalu bisa dinikmati dalam berbagai waktu. Panas atau dingin pun terasa begitu menyegarkan. Banyak peneliti yang melakukan berbagai penelitaian tentang kandungan yang terkandung dalam teh yang ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.  

1. Menghambat HIV.

25 Manfaat Teh Bagi Kesehatan
Menghambat HIV

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa zat dalam teh hijau dapat menghambat peningkatan virus HIV dan dapat menjadi sebuah penanggulangan bagi para penderitanya.  

2. Memperlambat penuaan

25 Manfaat Teh Bagi Kesehatan
Memperlambat penuaan

Teh mengandung antioksidan yang dapat membantu memperlambat penuaan dan membantu memperbaiki serta regenerasi sel tubuh.

3. Menjaga kesehatan tubuh.

25 Manfaat Teh Bagi Kesehatan
Menjaga kesehatan tubuh

Teh mengandung polifenol antioksidan tinggi yang mampu menjaga kesehatan tubuh dari berbagai macam penyakit.

4. Menjaga kualitas tidur.

25 Manfaat Teh Bagi Kesehatan
Menjaga kualitas tidur

Kandungan kafein yang ada di dalam teh lebh sedikit dibandingkan dengan kandungan kafein yang ada di dalam kopi. Meminum teh berguna untuk menjaga kebutuhan kafein yang diperlukan oleh tubuh dan mampu membantu mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

5. Membantu menciptakan keadaan pikiran yang lebih tenang dan tetap waspada.

25 Manfaat Teh Bagi Kesehatan
Pikiran tetap tenang


Asam amino L-theanin yang di temukan di dalam teh dapat mengubah jaringan otak dan dapat memberi efek nyata pada gelombang otak, dapat membuat rileks sehingga mampu berkonsentrasi penuh dan lebih baik.

6. Menurunkan kemungkinan gangguan kognitif.

25 Manfaat Teh Bagi Kesehatan
Menurunkan gangguan kognitif

Menurut penelitian di Jepang, orang yang meminum 2 cangkir teh hijau setiap hari dapat mengurangi resiko kerusakan kognitif hampir setengahnya.

7. Mengurangi Stres.

25 Manfaat Teh Bagi Kesehatan
Mengurangi stres

Stres adalah gejala yang selalu dialami olrah semua orang. Menurut penelitian teh hitam terbukti mengurangi efek stres hingga mencapai 20% setelah minum 4 cangkir setiap hari dalam satu bulan.

8. Mengurangi iritasi, Insomnia, ketegangan saraf.

25 Manfaat Teh Bagi Kesehatan
Mengurangi insomnia

Teh merah atau juga dikenal dengan rooibos adalah teh herbal yang berasal dari Afrika yang telah terbukti memiliki banyak efek relaksasi dan mampu mencegah iritasi.

9. Membantu memperbaiki ingatan.

25 Manfaat Teh Bagi Kesehatan
Meningkatkan ingatan

Ada sebagian orang yang lupa akan kejadian yang telah terjadi beberapa jam yang lalu. Jika, itu terjadi kepada, disarankan untuk meminum teh. Kandungan kafein didalamnya mampu memperbaikki ingatan selama beberapa jam.

10. Mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.

25 Manfaat Teh Bagi Kesehatan
Mengurangi resiko jantung

Teh mampu membantu mencegah bekuan darah yang berbahaya yang seringkali menjadi penyebab serangan jantung dan stroke. Peminum teh hitam berisiko 70% lebih rendah mengalami serangan jantung yang fatal.

11. Menjaga kesehatan tulang.

25 Manfaat Teh Bagi Kesehatan
Menjaga kesehatan tulang

Sebuah studi menunjukkan jika seorang peminum teh setiap hari mempunyai tulang yang lebih kuat daripada mereka yang jarang meminum teh.

12. Membantu menurunkan kolesterol.

25 Manfaat Teh Bagi Kesehatan
Menurunkan kolesterol

Sebuah penelitian yang baru-baru ini dilakukan di China. Kombinasi antara diet rendah lemak dengan teh mampu menghasilkan penurunan rata-rata 16% selama kurang lebih 12 minggu dibandingkan dengan mereka yang hanya melakukan diet rendah lemak saja. Cobalah menambahkan sedikit teh kepada makanan anda untuk membuktikan penelitian tersebut.

13. Menurunkan tekanan darah.

25 Manfaat Teh Bagi Kesehatan
Menurunkan tekanan darah

Meminum setengah cangkir teh hijau atau teh oolong sehari dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi hingga 50%.

14. Membantu melancarkan pencernaan dan menghambat peradangan usus.

25 Manfaat Teh Bagi Kesehatan
Menghambat peradangan usus

Di China teh selalu tersaji di setiap hidangan makan dan sudah berlangsung sejak lama. Kandungan tanin membantu menghambat peradangan usus. Polifenol yang terkandung dalam teh terbukti memiliki efek pada peradangan usus. Teh hijau pun juga dipercaya sebagai obat alami yang lebih aman dan khasiatnya lebih nyata.

15. Mampu mengurangi rasa sakit saat kram perut.

25 Manfaat Teh Bagi Kesehatan
Mengurangi rasa sakit saat kram perut

Sifat teh merah menyebabkannya bertindak sebagai agen anti-spasmodik dan membiarkannya membantu menghilangkan rasa sakit pada saat kram perut.

Baca Juga : 15 Ular Terbesar di Dunia

16. Membuat gigi menjadi sehat. 

25 Manfaat Teh Bagi Kesehatan
gigi menjadi sehat

Teh sebenarnya mengandung fluoride dan tanin yang keduanya membantu mengurangi penumpukan plak dan kerusakan pada gigi yang membuat gigi menjadi sehat dan senyum akan terus terkembang.

17. Meningkatkan metabolisme.

25 Manfaat Teh Bagi Kesehatan
Meningkatkan metabolisme

Salah satu minuman yang sangat dianjurkan dalam program diet adalah teh hijau atau teh oolong. Menurut penelitian teh ini mampu membakar 70-80 kalori lemak di tubuh. Memang tidak terlalu banyak tetapi, jika dikonsumsi setiap hari makan dalam kurun waktu yang panjang cukup membantu program diet dan menurunkan berat badan.

18. Mencegah bau mulut.

25 Manfaat Teh Bagi Kesehatan
Mencegah Bau mulut

Menurut penelitian polifenol yang terdapat dalam teh mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut.

19. Membantu mencegah Arthritis.

25 Manfaat Teh Bagi Kesehatan
Mencegah arthritis

Arthritis adalah sebuah penyakit yang menyerang pria dan wanita yang berusia lebih dari 55 tahun. Pasien akan menderita pembengkakan dan kekauan pada sendi yang menimbulkan gerakan tubuh menjadi sulit dan menyakitkan. Penelitian menunjukkan seorang wanita yang berusia 60 tahun yang rajin meminum teh, lebih kecil kemungkinannya mengalami penyakit yang satu ini.

20. Melawan Infeksi.

25 Manfaat Teh Bagi Kesehatan
Melawan infeksi

Teh mengandung zat kimia yang disebut antigen alkylamine yang bekerja sama dengan beberapa sel tumor dan bakteri membentuk kekebalan tubuh. Bahkan terbukti memiliki efek pada infeksi parah seperti sepsis.

21. Mengurangi resiko penyakit Parkinson.

25 Manfaat Teh Bagi Kesehatan
Mencegah penyakit parkinson

Parkinson adalah degenerasi sel saraf secara bertahap pada otak bagian tengah yang berfungsi mengatur pergerakan tubuh. Dengan meminum teh setiap hari membantu melindungi tubuh dari perkembangan gangguan neurologis.

22. Melawan kanker.

25 Manfaat Teh Bagi Kesehatan
Melawan kanker

Penelitian baru-baru menunjukkan adanya penurunan penyakit kanker paru-paru, prostat, payudara apabila seseorang meminum teh hijau secara rutin.

23. Mencegah keracunan makanan.

25 Manfaat Teh Bagi Kesehatan
Mencegah keracunan makanan

Cathecin adalah salah satu bahan pahit yang ditemukan dalam teh hijau yang telah terbukti secara efektif membunuh bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan dan meminimalkan racun yang ada pada makanan tersebut.

24. Mencegah diabetes.

25 Manfaat Teh Bagi Kesehatan
Mencegah diabetes

Teh hijau mampu membantu menurunkan resiko diabetes tipe 2 karena teh mengandung katekin dan polisakarida yang memiliki efek nyata dalam menurunkan gula darah.

25. Mencegah kerusakan zat besi.

25 Manfaat Teh Bagi Kesehatan
Mencegah kerusakan zat besi

Mereka yang menderita kelainan zat besi seperti haemochromatosis dapat dibantu dengan minum the yang mengandung tanin yang mampu membatasi jumlah zat besi yang diserap oleh tubuh.





Baca Juga