41 Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Siapa yang tak tahu buah jeruk. Selain warnanya yang mencolok cerah, aromanya juga segar dan wangi. Tak hanya dimanfaatkan sebagai pengharum, jeruk juga sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Hampir semua orang tahu buah jeruk. Buah yang identik dengan warna jingga cerah ini memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, olahan buah jeruk juga enak dijadikan bahan kue ataupun minuman segar. Jeruk yang sudah matang biasanya ditandai dengan rasa manis segar. Nah, jeruk matang inilah yang memiliki banyak khasiat yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan atau disantap langsung.

Sebagain orang mungkin hanya tahu bahwa jeruk baik untuk kecantikan kulit dan menjadi sumber vitamin C. Vitamin C banyak dikenal sebagai sumber imunitas dan antioksidan. Sepotong jeruk bahkan bisa digunakan untuk mengobati sariawan. Rutin mengkonsumsi vitamin C bisa mencegah penyakit gusi dan mulut. 

1. Bahan Kue 

Kue Kurma Jeruk
Kue Kurma Jeruk

Potongan buahnya yang segar pas dijadikan bahan kue dan pewarna alami makanan. Parutan kulit jeruk juga bagus digunakan sebagai penambah aroma wangi kue. 

2. Pelepas Dahaga

Es Jeruk
Es Jeruk

Buah jeruk mengandung 90% air dan mineral alkali, sehingga dapat mencegah dehidrasi. Saat haus, minum segelas jeruk peras dapat mengembalikan energi tubuh.

3. Sumber Vitamin

Rujak Jeruk Bali
Rujak Jeruk Bali

Hampir semua orang tahu jika jeruk mengandung banyak vitamin C. Pada buah jeruk juga terkandung vitamin A, B1, folat, dan antioksidan. 

4. Pengharum Ruangan

Kesegaran aroma jeruk memang banyak disukai. Tak hanya buahnya, kulitnya juga ternyata bisa dijadikan pengharum ruangan.

5. Obat Pengusir Nyamuk

Ternyata nyamuk tidak menyukai aroma jeruk. Makanya, sering dijumpai lotion anti nyamuk yang memanfaatkan kulit jeruk sebagai bahan utamanya.

6. Mengobati Asma

Merebus Kulit Jeruk
Merebus Kulit Jeruk

Mungkin belum banyak yang tahu jika kulit jeruk bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk penyakit asma. Cukup dengan merebus kulit jeruk dan air rebusannya diminum secara rutin.

Baca juga: 22 Obat Asma Alami dan Paling Ampuh

7. Mengatasi Sakit Kelapa

Pengharum Ruangan Dari Kulit Jeruk
Pengharum Ruangan Dari Kulit Jeruk

Kulit jeruk bisa digunakan untuk aromaterapi yang mampu mengurangi sakit kepala hingga depresi.

8. Mengatasi Mabuk

Kulit jeruk cukup direbus dan dicampur garam lalu diminum saat merasa mabuk.

9. Mengatasi Ketombe

Kulit jeruk ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengusir ketombe. Cukup giling kulit jeruk dan campurkan air lalu diamkan semalam sebelum digunakan sebagai pengganti shampoo.

10. Untuk Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah jeruk sangat baik untuk daya tahan tubuh.

11. Untuk Kecantikan Kulit

Masker Jeruk
Masker Jeruk

Tidak hanya sebagai imunitas, vitamin C dan antioksidan juga sangat baik untuk kecantikan terutama kecantikan kulit. Tempelkan irisan jeruk ke kulit wajah, jadikan masker dan rasakan manfaatnya.

12. Mencegah Penuaan Dini

Buah yang berwarna cerah dan gelap mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan dikenal mampu jadi obat untuk mencegah penuaan dini. Jadi, mengkonsumsi jeruk bisa membantu tetap awet muda.

13. Mencerahkan Kulit 

Kulit jeruk bisa dimanfaatkan sebagai masker untuk mencerahkan kulit. Cukup dengan menggiling kulit jeruk dan dicampur madu oleskan pada wajah dan tubuh.

14. Mencegah Stroke

Saat mengkonsumsi makanan berlemak kita sering dianjurkan minum air jeruk. Hal ini dikarenakan vitamin C dan kalium dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh. 

15. Mengatasi Darah Tinggi

Kita dianjurkan mengkonsumsi sayur dan buah- buahan agar terhindari dari berbagai macam penyakit. Hal ini karena sayur dan buah mengandung sejumlah nutrisi yang sangat baik untuk menjaga hormon tubuh. Rajin mengkonsumsi jeruk ternyata juga bisa mengatasi tekanan darah tinggi.

16. Mencegah Penyakit Jantung

Jika pembuluh darah sehat sebagai efek rutin mengkonsumsi buah, maka kesehatan jantung pun akan terjaga.

17. Mencegah Kanker

Jeruk Mandarin
Jeruk Mandarin

Tak hanya kesehatan jantung, rajin makan buah ternyata juga dapat mencegah pertumbuhan sel yang tak wajar alias kanker.

18. Nutrisi Otak

Kandungan vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah jeruk bagus sekali untuk menutrisi otak. Itulah mengapa sejak masih bayi, dianjurkan banyak mengkonsumsi buah untuk kecerdasan otak anak.

19. Mencegah Diabetes

Buah- buahan memang banyak yang rasanya manis, tapi kandungan gula pada buah justru gula yang baik bagi tubuh. Beberapa jenis buah bahkan bisa menjadi pengganti kebutuhan gula sehari- hari.

20. Untuk Kesehatan Mata

Tak hanya vitamin C, buah jeruk juga banyak mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata.

21. Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal akan bekerja lebih ekstra untuk mengolah racun dalam tubuh agar tidak membahayakan tubuh. Nah, rutin mengkonsumsi jeruk bisa membantu menetralisir racun dalam tubuh. Jika sudah demikian artinya akan sangat membantu menjaga kesehatan ginjal.

22. Mengatasi Sariawan

Seperti diketahui, orang yang kekurangan vitamin C cenderung mengalami sariawan. Sedangkan buah jeruk mengandung banyak vitamin C.

23. Membentuk Otot Tubuh

Buah jeruk mengandung banyak serat sehingga dapat memperlancar pencernaan. Bagi yang ingin membentuk otot tubuh, ada baiknya rutin minum jus jeruk.

24. Bahan Makanan Diet

Seperti diketahui, makanan diet adalah makanan berserat. Adapun buah jeruk mengandung banyak air dan serat. Bagi yang ingin menurunkan berat badan sebaiknya rutin mengkonsumsi buah yang satu ini.

25. Meningkatkan Stamina

Jeruk Keprok
Jeruk Keprok

Jeruk mengandung banyak air dan gula alami yang dapat meningkatkan stamina tubuh. Minum segelas jus jeruk atau jeruk peras dapat mengembalikan energi tubuh setelah beraktivitas.

26. Untuk Kesehatan Tulang

Jeruk mengandung sejumlah mineral yang sangat baik untuk kesehatan tulang.

27. Mengobati Iritasi Pada Mata

Kandungan vitamin A pada jeruk mampu mengobati iritasi pada mata. Cukup teteskan sedikit pada bagian mata yang terkena iritasi lalu bilas bersih.

28. Mengatasi Jerawat

Jeruk yang sudah dibelah bisa langsung dioleskan pada bagian yang berjerawat atau perasan air jeruk dicampur lagi dengan air hangat.

29. Menyehatkan Rambut

Kandungan vitamin C, B, dan A yang terdapat pada buah jeruk ternyata juga mampu menyehatkan rambut.

30. Melebatkan Rambut

Cukup buat masker yang terbuat dari perasan air jeruk, minyak zaitun, dan madu. Lalu, oleskan pada rambut dan diamkan sebelum dibilas. Lakukan rutin untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

31. Menghilangkan Bekas Luka

Jeruk yang sudah dibelah bisa langsung digosokkan pada bagian bekas luka. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal. 

32. Mencegah Munculnya Kutu Rambut

Aroma segar pada buah maupun kulit jeruk tidak disukai serangga, termasuk serangga pada rambut alias kutu.

33. Mencegah Kerontokan Rambut

Masker Jeruk
Masker Jeruk

Jeruk mengandung sejumlah mineral yang tak hanya bagus untuk kesehatan tulang. Rutin menggunakan masker rambut dari jeruk juga bisa mencegah kerontokan pada rambut.

34. Untuk Kesehatan Syaraf

Buah jeruk diketahui mampu mencegah saraf terjepit.

35. Mencegah Kram 

Kandungan potasium dan kalium pada jeruk mampu menjaga sel- sel tubuh agar berfungsi dengan baik. Jika sudah demikian, kram yang seringkali datang menyerang pun bisa dicegah.

36. Melancarkan Pencernaan

Seperti diketahui, jeruk mengandung banyak serat dan serat dapat memperlancar proses pencernaan.

37. Sumber Kalori dan Karbohidrat

Meskipun hanya buah namun jeruk juga mengandung karbohidrat yang mampu mengembalikan energi tubuh.

38. Menyegarkan Pernafasan

Aroma segar pada buah jeruk ternyata juga bisa menyegarkan pernafasan.

39. Memutihkan Gigi

Dalam kulit jeruk terkandung zat d-limonene yang dapat membantu memutihkan gigi. Cukup cuci bersih kulit jeruk dan oleskan pada gigi. Lakukan rutin untuk hasil maksimal.

40. Mengatasi Insomnia

Kulit jeruk bisa digunakan sebagai aromaterapi untuk mengatasi kesulitan tidur. Minyak esensial yang terdapat pada kulit jeruk dapat menimbulkan efek tenang.

41. Menghilangkan Noda Hitam Pada Wajah

Tak hanya jerawat ternyata rutin menggunakan masker dari kulit jeruk ternyata juga bisa menghilangkan noda hitam pada kulit wajah.

Loading...

Baca Juga