18 Manfaat Gula Aren Yang Perlu Kita Ketahui
Selain rasanya yang manis dan legit,ternyata gula aren mempunyai banyak sekali manfaat bagi kita,di antaranya bisa di pakai untuk bahan dasar pembuatan makanan dan minuman,juga bisa menambah tenaga,dan mencegah kekurangan darah,Kandungan kalorinya yang rendah tidak akan menyebabkan obesitas.

Siapa yang tidak tahu gula aren,gula aren adalah pemanis yang terbuat dari bahan yang alami,yaitu dari buah aren,gula aren banyak sekali di jadikan bahan dasar makanan dan minuman.

Di bandingkan dengan pemanis yang lainnya,gula aren adalah pemanis yang banyak di gunakan,karena selain terbuat dari bahan yang alami hingga aman untuk di konsumsi,gula aren juga mempunyai rasa yang sangat manis dan legit,dan yang terpenting adalah gula aren mengandung kalori yang rendah,hingga tidak akan menyebabkan obesitas.

Membuat gula aren membutuhkan proses yang panjang,pertama nira aren yang sudah di sadap di masak terlebih dahulu,dan setelah nira aren menjadi pekat,kecilkan api,siapkan cetakan,lalu masukan gula aren ke dalam cetakan,tunggulah gula sampai dingin dan mengeras.

Selain tidak menyebabkan obesitas karena jumlah kalorinya yang rendah,gula aren juga mempunyai banyak sekali manfaat di antaranya bisa mengatasi penyakit maag,bisa menambah tenaga,dan masih banyak lagi manfaat gula aren.

Apa saja manfaat gula aren selain bisa mengatasi maag dan menambah tenaga?yuk simak ulasannya berikut ini.

1.Mencegah Anemia

manfaat gula aren
Mencegah Anemia

Bila anda sering merasa lemah,lesu dan tidak bersemangat serta rentan terserang penyakit,mungkin saja anda kekurangan darah atau di sebut Anemia,nah untuk mengatasi anemia,seringlah mengkonsumsi gula aren,karena di dalam gula aren terdapat kandungan zat besi yang cukup tinggi yang akan meningkatkan produksi sel-sel darah merah hingga dapat mengatasi Anemia.

2.Menjaga Kadar Kolesterol

manfaat gula aren
Mencegah Kadar Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol yang tinggi dapat memicu penyakit berbahaya,seperti stroek dan diabetes,untuk mencegah hal itu terjadi,konsumsilah gula aren,karena didalam gula aren terkandung Niacin yang bermanfaat untuk menormalkan kadar kolesterol tubuh.

3.Menjaga Sistem Pencernaan

manfaat gula aren
Menjaga sistem pencernaan

Selain bisa menjaga kadar kolesterol tubuh,Niacin yang terkandung dalam gula aren juga dapat meningkatkan sistem pencernaan,hingga terhindar dari gangguan pencernaan.

4.Baik untuk Penderita Diabetes

manfaat gula aren
Aman di konsumsi penderita diabetes

Di bandingkan dengan pemanis lainnya,gula aren lebih cocok dan aman untuk penderita diabetes,karena kandungan kalorinya yang rendah bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Jadi bagi kalian penderita diabetes,sebaiknya konsumsi pemanis alami,seperti gula aren.

5.Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Makanan

manfaat gula aren
Sebagai bahan dasar pembuatan makanan

Tak bisa di pungkiri bahwa dalam kehidupan sehari-hari,banyak makanan dan minuman yang terbuat dari gula aren sebagai bahan dasarnya,seperti wedang,es cendol,kue-kue dan makanan lainnya yang menggunakan pemanis dari gula aren.

6.Mengobati Sariawan

manfaat gula aren
Mengobati sariawan

Bila kalian sedang sariawan,jangan susah-susah mencari obatnya,gunakan saja gula aren,karena kandungan Niacin yang ada di dalam gula aren bisa mengobati penyakit sariawan,yaitu dengan cara menempelkan guLa aren ke mulut yang terkena sariawan.

7.Mengatasi Penyakit Maag

manfaat gula aren
Mengatasi sakit maag

Di dalam gula aren terdapat kandungan Vitamin B1,Vitamin B2,Vitamin B3,Vitamin B6 dan B12 yang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan virus penyebab maagh.

Bagi yang sering mengalami sakit maagh,cobalah obati dengan menggunakan seduhan gula aren,caranya dengan menyeduh gula aren dengan air panas,tunggu sampe gulanya ikut mencair,lalu minumlah selagi hagat.

8.Menambah Tenaga

manfaat gula aren
Menambah tenaga

Walaupun gula aren mengandung kalori yang rendah,tapi dengan mengkonsumsi gula aren juga akan menambah tenaga,karena rasa manis dan legitnya,yang akan membuat kita bersemangat dan menjadi bertenaga.

9.Melancarkan peredaran darah

manfaat gula aren
Melancarkan peredaran darah

Di dalam gula aren terkandung zat besi yang cukup tinggi dan memiliki unsur kimia yang bisa meningkatkan fungsi-fungsi sel darah merah,hingga bisa melancarkan peredaran darah,dengan peredaran darah yang lancar,tubuh mampu terhindar dari macam-macam gangguan kesehatan.

10.Meningkatkan daya tahan tubuh

manfaat gula aren
Meningkatkan daya tahan tubuh

Gula aren mempunyai khasiat yang cukup tinggi dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh,hingga mencegah dari berbagai serangan penyakit.

11.Sebagai Antioksidan

manfaat gula aren
Sebagai antioxidant

Gula aren mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi,hingga tubuh terbebas dari radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya,seperti kanker kulit dan penyakit berbahaya lainnya.

12.Baik untuk Diet

manfaat gula aren
Baik untuk diet

Gula aren terbuat dari bahan alami,yaitu dari buah aren,dan gula aren juga mempunyai kandungan kalori yang tidak tinggi,hingga tidak akan menjadi lemak di tubuh,karena itu,gula aren aman di konsumsi bagi kamu sedang melakukan penurunan berat badan.

13.Sebagai Campuran Obat Tradisional

manfaat gula aren
Sebagai campuran obat tradisional

Gula aren juga bisa di gunakan sebagai bahan campuran obat-obat tradisional,fungsi dari gula aren ini sebagai pemanis dan memaksimalkan khasiat dari obat-obatan tersebut.

14.Menghangatkan tubuh

manfaat gula aren
Menghangatkan tubuh

Banyaknya nutrisi dan senyawa yang bermanfaat bagi tubuh,gula aren juga bisa menghangatkan tubuh,hingga terhindar dari flu.

15.Menghilangkan Kram

manfaat gula aren
Mengatasi kram saat menstruasi

Selain mengandung kalori rendah dan Niacin,gula aren juga mengandung selenium yang mampu membantu menghilangkan kram saat menstruasi,cocok sekali untuk kaum wanita.

16.Bisa menyembuhkan rematik dan gangguan ginjal

manfaat gula aren
Bisa menyemuhkan rematik dan gangguan ginjal

Gula aren juga bisa menyembuhkan rematik dan gangguan ginjal,dengan cara mencampurkan gula aren dengan ramuan herbal lainnya.

17.Melawan kanker dan penuaan dini

manfaat gula aren
Mencegah kanker dan penuaan dini

Antioksidan tinggi yang terkandung dalam gula aren bermanfaat untuk melawan penyakit kanker dan penuaan dini.

18.Membuat Rilex

manfaat gula aren
Membuat rilex

kandungan Selenium yang tinggi dalam gula aren juga berguna untuk melemaskan urat saraf,dan membuat kita menjadi rilex.

Itulah 18 Manfaat gula aren untuk kita.

Baca Juga