36 Manfaat DAh Khasiat Buah Nanas Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Buah nanas memang terkenal akan manfaatnya yang tidak terhitung banyaknya. Pada kesempatan kali ini sendiri kita akan membahas 36 manfaat buah nanas untuk kesehatan dan kecantikan. Buat kamu yang masih penasaran, cek langsung di bawah ini ya.

Manfaat Buah Nanas – Buah nanas merupakan salah satu tanaman tropis yang kaya akan manfaat. Buah nanas sendiri saat ini sudah dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan, misal dimanfaatkan untuk berbagai keperluan mengenai kesehatan, dan lain sebagainya.

Nah, pada kesempatan kali ini sendiri kita akan mengulas sejumlah manfaat buah nanas untuk kesehatan dan kecantikan. Buat kamu yang hidup di sekitar ladang nanas, wajib simak ulasan berikut ini ya.

1. Membantu Mengobati Radang Sendi

Nanas mampu mengatasi radang otot dan sendi, khususnya dalam hal artritis. Diketahui juga nanas mengandung enzim proteolitik atau yang sering dikenal dengan sebutan bromelain. Dimana enzim ini berkerja untuk memecah protein kompleks.

2. Meningkatkan Imunitas

Satu buah nanas mengandung begitu banyak vitamin c, bahkan sangat cukup jika untuk mencukupi kebutuhan vitamin c manusia adalam sehari-hari. Vitamin c ini berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Menciptakan Kolagen

Vitamin c sangat berperan penting dalam membantu proses penciptaan kolagen. Nanas sendiri memiliki kandungan vitamin c yang cukup tinggi.

4. Mencegah Kanker

Nanas mengandung sejumlah antioksidan, meliputi beta karoten, vitamin a, bromelain dan mangan. Kandungan nanas tersebut mampu mencegah sejumlah penyakit kanker, seperti kanker payudara, tenggorakan dan mulut.

5. Menunjang Kesehatan Pencernaan

Nanas merupakan buah yang unik karena mengandung serat yang bisa larut dan tidak bisa larut. Dimana hal ini mampu melindungi seseorang yang mengonsumsinya dari berbagai macam jenis gangguan pencernaan.

6. Mengatasi Batuk dan Pilek

Manfaat Buah Nanas
Batuk dan Pilek

Nanas mengandung bromelain yang mampu menghilangkan lendir dan dahak yang mengganggu sistem pernafasan.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Tak hanya kalsium saja yang mampu menjaga kesehatan tulang, namun mineral dan mangan yang terkandung dalam buah nanas juga dapat menjaga kesehatan tulang.

8. Menjaga Kesehatan Mulut

Antioksidan dalam nanas mampu mencegah kanker mulut, sedangkan astringent dalam nanas mampu memperkuat gusi dan gigi.

9. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat Buah Nanas
Mata Sehat

Degenerasi makula adalah salah satu faktor yang menyebabkan orang lanjut usia mengalami gangguan penglihatan, dan beta karoten dalam nanas mampu mencegah hal tersebut.

10. Mengatur Tekanan Darah

Nanas mengandung potassium. Potassium sendiri merupakan salah satu jenis mineral yang berperan sebagai vasolidator yang berguna dalam mengatur tekanan terhadap pembuluh darah.

11. Menjaga Sirkulasi Darah

Nanas juga mengandung mineral tembaga yang berfungsi untuk meningkatkan oksigenasi ke seluruh organ tubuh, dimana hal ini mampu menjaga sirkulasi darah tetap optimal.

12. Solusi Efektif untuk Jerawat

Manfaat Buah Nanas
Jerawat

Dalam nanas terdapat vitamin c, enzim anti inflamasi dan bromelain. Dimana kandungan-kandungan tersebut sangat berperan penting dalam me-regenerasi sel kulit, sehingga jerawat membandel pun dapat teratasi dengan mengonsumsi nanas.

13. Membantu Kulit Tampak Lebih Muda

Sama seperti sebelumnya, vitamin c, enzim inflamasi dan bromelain dalam nanas memang mampu mengatasi berbagai macam permasalahan kulit, termasuk menjaga kulit agar tampak lebih muda.

14. Mencerahkan Wajah

Untuk mencerahkan wajah menggunakan nanas, kamu tidak perlu mengkonsumsinya. Cukup dengan mengiris nanas tipis-tipis dan menjadikannya sebagai masker wajah.

15. Mengatasi Telapak Kaki Pecah-Pecah

Manfaat Buah Nanas
Telapak Kaki Pecah-Pecah

Tak hanya buahnya saja yang bermanfaat, kulit nanas juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi telapak kaki yang pecah-pecah. Caranya cukup dengan menggosokkan kulit nanas kebagian telapak kaki.

16. Memperkuat dan Mempercantik Kuku

Untuk mengatasi permasalahan kuku rapuh dan kering, kamu bisa menggunakan jus nanas sebagai lotion kuku.

17. Merawat Kecantikan Kulit

Untuk merawat kecantikan kulit, kamu bisa membuat lotion nanas. Caranya, campurkan jus nanas dengan sedikit susu dan kuning telur. Lalu gunakan sebagai lotion.

18. Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Nanas mampu memberikan nutrisi dan menghidrasi kulit, termasuk bibir. Caranya, campurkan jus nanas dan minyak kelapa, oleskan ke bibir secara merata.

19. Mencegah Rambut Rontok

Manfaat Buah Nanas
Rambut Rontok

Vitamin c yang terkandung dalam buah nanas merupakan salah satu elemen yang sangat penting dalam mencegah kerontokan rambut.

20. Mencegah Gatal Pada Kulit Kepala

Bromelain dalam buah nanas merupakan antioksidan yang sangat berperan sebagai anti inflamasi, sehingga mampu meredakan peradangan kulit kepala yang menyebabkan gatal pada kulit kepala.

21. Menebalkan Rambut

Ekstrak nanas mampu memberikan sejumlah nutrisi penting pada rambut, sehingga dapat mempercepat pertumbuhan folikel pada rambut. Folikel sendiri berperan sebagai elemen yang memperkuat rambut.

22. Mencegah Kerusakan Akibat Radikal Bebas

Nanas merupakan buah yang kaya akan antioksidan, sehingga mampu melawan dan mengatasi sejumlah kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas.

23. Menjaga Gusi Tetap Sehat

Ingin mempunyai gusi yang sehat? Cobalah untuk mengkonsumsi nanas secara rutin. Karena nanas terbukti ampuh dalam menjaga mulut agar tetap sehat dan terhindar dari kanker, termasuk juga menjaga gusi dan gigi agar tetap sehat dan kuat.

24. Sebagai Anti-Inflamasi

Antioksidan dalam nanas bersifat anti inflamasi, dimana hal ini mampu membantu memperkuat tulang dan mampu mencegah sejumlah peradangan yang sering menyerang pasien arthritis.

25. Dapat Menyembuhkan Sinusitis

Menurut berbagai sumber, kandungan dalam nanas juga dapat menyembuhkan sinusitis.

26. Menyembuhkan Sakit Tenggorokan

Nanas terbukti ampuh dalam mengatasi berbagai macam penyakit kanker, termasuk kanker payudara, mulut dan tenggorokan. Begitu juga dalam mengatasi dan menyembuhkan sakit tenggorokan.

27. Menyembuhkan Asam Urat dan Pembengkakkan

Nanas juga bisa kamu jadikan sebagai obat alternatif dalam menyembuhkan penyakit asam urat dan berbagai macam pembengkakkan.

28. Membersihkan Parasit dalam Usus

Bromelain dalam nanas mampu membunuh cacing pita dan sejumlah parasit dalam usus lainnya.

Baca Juga : 65 Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan dan Kecantikan

29. Mencegah Atherosclerosis

Atherosclerosis merupakan pengerasan pembuluh darah yang diakibatkan oleh radikal bebas. Antioksidan dalam nanas mampu mencegah penyakit tersebut.

30. Meredakan Mual Pada Wanita Hamil

Buah nanas bisa meredakan mual pada wanita hamil. Namun banyak yang mengatakan bahwa buah nanas cukup berbahaya bagi wanita hamil. Sebenarnya tidak masalah jika wanita hamil mengkonsumsi nanas, hanya saja dengan porsi yang sudah di tentukan oleh dokter.

31. Mampu Mengatasi Catarrh

Catarrh merupakan kondisi dimana lendir dalam hidung dan tenggorokan menumpuk pada saat batuk atau pilek. Dan sejumlah kandungan dalam nanas mampu mengatasi kondisi tersebut.

32. Meningkatkan Imunitas

Antioksidan, asam amino dan vitamin c yang bisa kamu temukan dalam nanas mampu meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh.

33. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat dan bromelain dalam nanas mampu memecah protein, sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan.

34. Mencegah Hipertensi

Kalium tinggi dan sodium rendah bisa mengatasi dan mencegah hipertensi. Diketahui juga bahwa dua hal tersebut terkandung dalam buah nanas.

35. Mempercepat Penyembuhan Luka

Sebelumnya sudah kita ketahui bahwa nanas memiliki sifat anti-inflamasi yang terbukti efektif dalam mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit.

36. Mencegah Asma

Manfaat buah nanas yang terakhhir yakni dapat mencegah penyakit asma. Dalam nanas terkandung beta karoten. Beta karoten yang terdapat dalam buah nanas sendiri ternyata mampu menjaga tubuh kita agar terhindar dari penyakit asma.

Baca Juga