27 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan
Kunyit putih merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki sejumlah manfaat, terbukti dengan banyaknya jumlah obat tradisional yang menjadikan kunyit putih sebagai bahan dasarnya. Berikut ini ada 27 manfaat kunyit putih untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Kunyit Putih – Kunyit putih merupakan salah satu bumbu dapur yang kaya akan manfaatnya yang sangat berguna bagi kesehatan dan kecantikan. Kunyit sendiri terdiri dari dua jenis, yakni kunyit kuning dan kunyit putih. Sedangkan pada kesempatan kali ini kita akan mengulas sejumlah manfaat kunyit putih untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Mengatasi Peradangan

Kunyit mengandung zat curcumin yang berguna sebagai anti-inflamasi, sehingga kunyit dapat dikatakan mampu mengatasi sejumlah peradangan karena sifatnya yang membantu proses penyembuhan infeksi.

2. Meningkatkan Imunitas

Manfaat Kunyit Putih
Kekebalan Tubuh

Kunyit putih mengandung zat flavonoid saponin yang sangat berperan baik dalam membantu meningkatkan produksi sistem imun pada tubuh. Sistem imun yang normal tentu bisa membuat tubuh anda terhindar dari sejumlah penyakit.

3. Melindungi DNA

Umumnya tubuh seseorang tersusunan atas sejumlah susunan DNA yang sangat rumit. Anti oksidan dalam kunyit putih terbukti mampu menjaga dan melindungi proses penyusunan gen DNA.

4. Mengobati Berbagai Macam Penyakit Kronis

Kunyit putih juga mampu mengatasi sejumlah penyakit kronis seperti darah tinggi, jantung koroner, diabetes, asam urat dan masih banyak lagi. Hal ini dikarenakan kandungan zat anti lipid yang terdapat pada kunyit putih mampu mempercepat prosess penyembuhan penyakit kronis.

5. Mengatasi Maag

Buat kamu yang sering mengalami maag atau permasalahan lambung lainnya, kamu perlu mencoba mengonsumsi sejumlah makanan yang mengandung kunyit putih. Karena beberapa kandungan dalam kunyit putih itu sendiri sangat beperan baik dalam mengatasi berbagai macam penyakit lambung.

6. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat Kunyit Putih
Meningkatikan Nafsu Makan

Setiap harinya tubuh memang harus diberi asupan makanan yang cukup agar semua organ tubuh  tetap bisa berjalan dengan normal dan terhindar dari rasa lesu dan letih. Namun bagaimana jika untuk makan saja tidak nafsu? Jawabannya adalah kunyit putih. Ya, kunyit putih mampu menambah nafsu makan seseorang.

7. Mengobati Bisul

Biasanya bisul timbul ketika produksi hormon tidak normal. Untuk mengobati bisul, kamu bisa menggunakan kunyit putih. Caranya, rebus kunyit dengan air segelas. Ketika sudah mendidih, celupkan kapas dan oleskan ke area bisul.

8. Menghambat Penuaan Dini

Antioksidan dalam kunyit puti terbukti ampuh dalam meregenerasi sel kulit mati, sehingga dengan mengonsumsi kunyit putih sudah dapat mengencangkan kulit dan menghindari penuaan dini. Mengonsumsi kunyit putih sendiri bisa dilakukan dari luar maupun dari dalam.

9. Melembabkan Kulit

Antioksidan dan antiseptik yang terkandung dalam kunyit putih memang sangat berperan baik dalam menjaga kesehatan kulit, termasuk juga memberikan nutrisi pada kulit agar tetap lembab dan terhindar dari kulit kusam serta kering.

10. Menyegarkan Kulit

Tak hanya melembabkan kulit saja, namun kunyit putih juga bisa kamu jadikan sebagai lulur tubuh yang sangat ampuh dalam memberikan kesegaran pada kulit.

Baca Juga : 36 Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan dan Kecantikan

11. Mengatasi Keputihan

Keputihan seringkali muncul dengan bau tak sedap dan rasa gatal yang begitu membuat tidak nyaman sebagian besar wanita. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan air hasil rebusan kunyit putih untuk membersih organ intim kewanitaan.

12. Mengobati Diare

Dengan meminum air rebusan kunyit putih yang sudah dicampur dengan madu terbukti mampu mengatasi diare secara efektif.

13. Mengobati Sesak Nafas

Penyumbatan dan penyempitan saluran pernapasan menuju ke paru-paru merupakan salah satu penyebab sesak nafas. Dalam hal ini, kunyit putih sangat berperan baik dalam melancarkan sistem pernapasan tubuh.

14. Meningkatkan Vitalitas Pria

Mengkonsumsi kunyit putih dengan madu ternyata juga dapat meningkatkan vitalitas pada pria loh. Tidak percaya? Buktikan saja.

15. Mengatasi Perut Kembung

Seperti yang sudah kita kethaui sebelumnya bahwa kunyit putih memiliki manfaat yang cukup baik bagi kesehatan lambung. Sama halnya dengan jahe, kunyit putih juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi perut kembung.

16. Memperkuat Otot Organ Intim Kewanitaan

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kunyit putih secara teratur juga dapat meningkatkan kekuatan otot-otot pada organ intim kewanitaan.

17. Menghalau Asma

Manfaat Kunyit Putih
Asma

Kunyit putih bisa kamu jadikan sebagai obat alternatif untuk mengatasi dan mencegah penyakit asma. Hal ini karena kandungan kunyit putih yang sangat baik bagi kesehatan lambung dan memperlancar sistem pernapasan pada tubuh.

18. Menurunkan Demam

Air rebusan kunyit putih juga cukup efektif dalam menurunkan demam. Untuk menghilangkan rasa getir dari kunyit putih itu sendiri, kamu bisa mencampurkan sedikit madu atau gula merah.

19. Menonaktifkan Sel Kanker

Ribozom inacting protein atau yang sering dikenal dengan sebutan RIP ini mampu menonaktifkan sel kanker, dan hal ini sudah diuji serta terbukti secara klinis. RIP sendiri bisa kamu temukan dalam kandungan kunyit putih.

20. Mencegah Kanker Payudara

Manfaat Kunyit Putih
Mencegah Kanker Payudara

Kurkumin dan RIP pada kunyit putih juga sangat efektif dalam mencegah terjadinya kanker payudara.

21. Mengobati Kista

Produksi sel yang tidak terkendali bisa menyebabkan kista atau pembengkakkan yang terjadi pada sejumlah organ-organ tubuh tertentu. Sendangkan kunyit putih sendiri berperan untuk menyetabilkan produksi sel dalam tubuh.

22. Meningkatkan Kesehatan Otak

Kunyit putih mengandung kurkumin yang bermanfaat dalam membantu proses regenerasi sejumlah sel pada otak. Sedangkan aromatic turmerone yang terkandung dalam kunyit putih merupakan senyawa aktif yang mempu meningkatkan perkembangan sel induk pada saraf otak.

23. Mencegah Penyakit Jantung

Antioksidan yang cukup tinggi dalam kunyit putih mampu mengatasi radikal bebas dan mengurangi kadar kolesterol jahat pada tubuh, sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung.

24. Sebagai Antiseptik Alami

Kunyit putih juga berperan sebagai antiseptik alami, hal ini dikarenakan sifat antibakteri-nya yang sangat berperan baik dalam sejumlah bakteri seperti staphylococccus aureus, salmonella typhi dan e. coli.

25. Mendetoksifikasi Hati

Berdasarkan kesimpulan yang dinyatakan oleh University of Maryland Medical Center, kunyit mengandung kurkumin yang mampu merangsang produksi empedu.

26. Mengurangi Nyeri Haid

Manfaat Kunyit Putih
Nyeri Haid

Dalam studi yang dilakukan di Iran menyatakan bahwa kurkumin dan sifat anti-inflamasi dalam kunyit putih mampu mengurangi nyeri haid. Hal ini juga sudah dibuktikan oleh masyarakat Cina dan India kuno yang menggunakan kunyit putih sebagai obat tradisional.

27. Penghilang Rasa Sakit Alami

Manfaat kunyit putih yang terakhir yakni mampu berperan sebagai penghilang rasa sakit alami, terutama pada nyeri arthritis. Tak hanya itu saja, kunyit putih juga mampu melancarkan sirkulasi darah, sehingga bisa membantu meringankan rasa sakit.

Baca Juga