37 Manfaat Kunyit Asam Bagi Kecantikan dan Kesehatan Yang Perlu Kita Ketahui
Kunyit asam adalah minuman tradisional Indonesia yang banyak sekali manfaatnya,terutama bagi kacantikan dan kesehatan.Salah satu manfaat kunyit asam yaitu dapat mempertahankan berat badan ideal,mencegah diabetes serta mengatasi perut kembung.

Kunyit asam adalah minuman tradisional Indonesia yang cukup menyehatkan.Seperti namanya,kunyit asam adalah minuman yang terbuat dari perpaduan kunyit dan asam jawa serta beberapa bahan lain sebagai pelengkap.Minuman ini baik sekali dikonsumsi oleh pria ataupun wanita,karena minuman tradisional ini mengandung banyak sekali nutrisi dan mineral yang baik bagi tubuh.Karena kandungan itulah yang menjadikan kunyit asam mempunyai banyak sekali manfaat bagi manusia,terutama bagi kecantikan serta kesehatan.Adapun manfaat kunyit asam yang perlu kita ketahui adalah sebagai berikut.

1.Mengatasi perut kembung

Manfaat kunyit asam yang pertama adalah dapat mengatasi perut kembung akibat panas dalam,konsumsilah kunyit asam setidaknya dua kali dalam sehari.

2.Mengobati anemia

Mengobati anemia juga merupakan salah satu manfaat kunyit asam bagi kesehatan,karena kunyit asam mengandung zat besi yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah.Konsumsilah kunyit asam secara rutin dan teratur.

3.Mengobati sariawan

Senyawa antibakteri yang ada pada kunyit asam mampu membasmi bakteri penyebab sariawan dan kandungan senyawa atsirinya berguna untuk meredakan luka yang ada di mulut.

Baca Juga :35 Manfaat Markisa Bagi Kesehatan dan Kecantikan Yang Jarang Orang Ketahui

4.Mengobati penyakit tifus

Manfaat kunyit asam bagi kesehatan yang lainnya adalah dapat mengobati penyakit tifus,konsumsilah kunyit asam secara teratur dan dengan dosis yang sesuai.

5.Mencegah diabetes

Mengkonsumsi kunyit asam secara rutin dipercaya dapat mencegah kita dari diabetes,karena kandungan senyawa yang ada pada kunyit asam mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

7.Mencegah kanker

Kandungan antioksidat yang terdapat dalam kunyit asam mampu menangkal radikal bebas penyebab tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

8.Mengatasi keputihan

Kandungan senyawa atsiri serta mineral lainnya yang ada pada kunyit asam mampu menyeimbangkan hormon ketika menstruasi,dan mencegah keputihan.

9.Melancarkan peredaran darah

Mineral yang terkandung dalam kunyit asam bermanfaat untuk mencegah penggumpalan darah dan membuat aliran darah selalu lancar.

10.Membersihkan lambung

Konsumsilah kunyit asam secara rutin agar lambung sehat,karena senyawa atsiri yang dikandungnya dapat membersihkan lambung dari bakteri dan kotoran di lambung.

11.Membuat awet muda

Kandungan zat antioksidan yang terdapat dalam kunyit asam dipercaya dapat membantu meremajakan kulit,sehingga dengan mengkonsumsi kunyit asam secara teratur,anda akan terlihat lebih awet muda.

12.Menyehatkan mata

Kunyit asam juga mengandung vitamin A yang mampu menyehatkan mata,mempertajam penglihatan dan menyembuhkan mata yang terlalu sensitip terhadap cahaya.

13.Membuat kulit bercahaya

Dengan mengkonsumsi kunyit asam secara rutin dan teratur dapat membuat kulit kita nampak selalu bercahaya,itu karena kandungan vitamin serta mineral yang ada pada kunyit asam tersebut.

14.Mempercepat penyembuhan luka

Sifat anti imflamasi yang di miliki kunyit asam dapat mencegah terjadinya peradangan dan dapat mempercepat penyembuhan luka dan luka bakar.

15.Mengatasi radang tenggorokan

Sifat anti imflamasi dan ati bakteri yang dimiliki kunyit asam berguna untuk mengatasi radang tenggorokan dan membasmi bakteri yang menyebabkan infeksi.

16.Mempertahankan berat badan ideal

Untuk anda yang takut gemuk,jangan khawatir,karena dengan mengkonsumsi kunyit asam tidak akan menyebabkan kegemukan,justru kunyit asam akan mempertahankan berat badan ideal anda,karena dalam kunyit asam terkandung senyawa yang dapat menekan rasa lapar dan membuat kenyang lebih lama,sehingga kunyit asam baik sekali di jadikan menu diet anda.

17.Membuang racun dalam tubuh

Konsumsilah kunyit asam secara teratur karena kunyit asam baik sekali untuk di konsumsi dan karena senyawa yang terkandung di dalamnya mampu mengeluarkan racun dalam tubuh,sehingga menjadikan tubuh menjadi lebih sehat.

18.Mengatasi bau badan

Senyawa atsiri dan anti bakteri yang terkandung dalam kunyit asam juga berguna untuk membasmi bakteri yang menyebabkan bau badan tidak sedap,caranya dengan mengkonsumsi minuman kunyit asam secara rutin dan teratur.

19.Mengatasi rasa kulit terbakar

Kandungan nutrisi yang ada pada kunyit asam mampu melindungi kulit dari rasa terbakar akibat terlalu lama terpapar sinar ultraviolet.

20.Melancarkan datang bulan

Nutrisi yang terdapat dalam kunyit asam juga dipercaya dapat melancarkan datang bulan atau menstruasi,dan juga dapat membuat siklus menstruasi menjadi teratur.

21.Mengatasi pembengkakan rongga mulut

Kunyit asam mengandung zat yang bersifat anti imflamasi yang dapat mengatasi peradangan yang terjadi di seputar rongga mulut.

22.Mengatasi perut buncit

Kunyit asam mengandung vitamin C dan nutrisi lainnya yang dapat mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh dan mengecilkan perut buncit.

23.Menjaga stamina

Kandungan vitamin dan nutrisi yang ada pada kunyit asam,mampu menjaga stamina tubuh dan menjaga tubuh agar selalu tetap bugar,konsumsilah kunyit asam secara teratur agar badan selalu berenergi.

24.Mencegah alzheimer

Penyakit alzheimer adalah penyakit serius yang membuat ingatan penderitanya melemah,untuk mencegah alzheimer kita bisa dengan mengkonsumsi kunyit asam secara teratur dan rutin.Karena zat yang terdapat dalam kunyit asam memperkuat pembuluh darah disekitar otak dan mampu memperbaiki sel-sel otak yang mulai rusak.

25.Mengobati penyakit kulit

Kandungan senyawa atsiri dan anti bakteri yang terdapat dalam kunyit asam dipercaya dapat mencegah bakteri penyebab penyakit kulit.

26.Mengobati amandel

Untuk mengobati penyakit amandel yang menyiksa,kita hanya perlu mengkonsumsi jamu kunyit asam maksimal 2 kali sehari,zat yang terkandung dalam kunyit asam dipercaya mampu mengempiskan amandel yang membesar.

27.Mengobati diare

Mengkonsumsi kunyit asam juga berguna untuk mengatasi diare,karena kandungan minyak atsirinya dapat mengentalkan cairan dan membuat feses tidak encer lagi.

28.Melancarkan ASI

Kandungan nutrisi serta vitamin yang terdapat dalam kunyit asam juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI.

29.Mengobati maag

Maag di sebabkan karena naiknya asam lambung dan mengiritasi lambung.Dengan mengkonsumsi kunyit asam dipercaya dapat membuat asam lambung tetap stabil,dan sakit karena maag pun dapat teratasi.

30.Mempercepat proses persalinan

Tak disangka ternyata dengan mengkonsumsi kunyit asam juga bermanfaat untuk mempercepat proses persalinan,itu karena didalam kunyit asam terdapat banyak nutrisi yang dapat melancarkan aliran darah disekitar rahim dan menguatkan panggul,sehingga ibu melahirkan tidak terlalu merasakan nyeuri yang berkepanjangan.

31.Mengobati masuk angin

Masuk anginpun juga bisa di atasi dengan mengkonsumsi kunyit asam,karena kandungan nutrisi didalamnya mampu membuat perut terasa nyaman dan menghangatkan badan.

32.Mencegah penuaan dini

Vitamin dan zat antioksidan yang terkandung dalam kunyit asam mampu mencegah terjadinya penuaan dini.

33.Menjaga kecantikan kulit

Konsumsilah kunyit asam secara rutin dan teratur karena itu akan berdampak baik pada kulit tubuh anda,kulit akan senantiasa terlihat cantik dan cerah.

34.Mencegah serangan jantung

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam kunyit mampu menurunkan kadar kolesterol dan mampu mencegah penyumbatan arteri yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

35.Mencegah keriput

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang terdapat dalam kunyit asam dipercaya dapat mencegah munculnya keriput di wajah,jadi konsumsilah kunyit asam secara teratur untuk menjaga kecantikan wajah anda.

36.Mengatasi gatal

Kandungan nutrisi yang ada pada kunyit asam juga di percaya dapat mengatasi gatal di kulit.

37.Mencegah jerawat

Dengan mengkonsumsi kunyit asam secara rutin dan teratur,dapat mencegah munculnya jerawat di kulit.

Demikianlah manfaat kunyit asam bagi kecantikan dan kesehatan yang perlu kita ketahui,konsumsilah kunyit asam secara teratur dan rutin untuk hasil mendapatkan manfaatnya.Namun jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya dan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak di bawah 6 tahun.

Baca Juga