23 Manfaat Kubis Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit Yang Perlu Kita Ketahui
Perlu kita ketahui,kubis yang selama ini biasa kita olah menjadi sayur sop yang lezat,ternyata banyak memberikan manfaat bagi kita,terutama bagi kesehatan tubuh dan kulit,salah satu manfaat kubis yaitu dapat mencegah kanker dan mengatasi sariawan.

Kubis,pasti kalian sudah tidak aneh lagi dengan sayuran yang satu ini.Kubis atau biasa disebut kol merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia,karena didalamnya terkandung banyak sekali nutrisi dan mineral yang tentunya baik bagi tubuh.Maka tak heran bila kol atau kubis sering kita temukan di berbagai menu makanan sehat,salah satunya di sayur sop yang sering kita makan.Adapun manfaat kubis bagi manusia itu sangat banyak sekali,terutama bagi kesehatan tubuh dan juga kulit.Nah kali ini kita akan membahas apa saja manfaat mengkonsumsi sayur kubis bagi kita,yuk simak ulasannya berikut ini.

1.Mencegah kanker

Manfaat kubis yang pertama adalah dapat mencegah kanker,karena kubis mengandung zat antioksidan tinggi yang mampu menangkal radikal bebas penyebab berkembangnya sel kanker dalam tubuh.

2.Mencegah anemia

Manfaat kubis bagi kesehatan lainnya yaitu dapat mencegah anemia,karena zat besi yang terkandung dalam kubis mampu membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

Baca Juga :40 Khasiat Daun Mint Bagi Kesehatan dan Kecantikan Yang Belum Banyak Orang Ketahui

3.Meredakan nyeuri otot

Bila anda sering merasakan nyeuri otot,cobalah untuk memasukan kol pada menu makan anda,karena kol atau kubis mengandung lactic acid yang dipercaya mampu meredakan nyeuri otot.

4.Mengatasi bengkak payudara

Mengatasi payudara bengkak juga merupakan salah satu manfaat kubis lainnya.Payudara bengkak biasanya di alami oleh wanita yang baru saja melahirkan dan menyusui.Untuk mengatasinya,cobalah untuk menggunakan kol atau kubis.Caranya dengan mendinginkan 2 lembar kol di dalam freezer,lalu kompreskan ke masing-masing payudara yang bengkak.

5.Mencegah bayi lahir cacat

Kubis juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil,karena kol mengandung asam folat yang di butuhkan untuk perkembangan otak janin,sehingga mencegah bayi terlahir cacat.

6.Mengatasi susah buang air besar

Mengkonsumsi sayur kol atau kubis juga dipercaya dapat mengatasi sembelit atau susah buang air besar,itu karena kubis kaya akan kandungan serat yang mampu melancarkan sistem pencernaan.

7.Membersihkan lambung

Nutrisi yang banyak terkandung dalam kubis juga berguna untuk membersihkan lambung dan membuat lambung menjadi lebih sehat.

8.Mencerahkan kulit

Kandungan vitamin C dan E yang terdapat dalam kubis mampu meregenerasi kulit dan menjadikan kulit cerah alami.Konsumsilah kubis sebagai lalapan atau mengolahnya mencadi sayur sop.

9.Mencegah penuaan dini

Munculnya keriput di wajah membuat kita merasa kurang percaya diri.Maka dari itu cobalah konsumsi sayur kubis secara rutin,karena kandungan vitamin serta zat antioksidannya dapat mencegah penuaan dini yang dapat mengganggu penampilan kita.

10.Mengatasi sakit kepala

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam kubis juga mampu mengatasi sakit kepala,caranya dengan mengolah kubis menjadi jus atau menumbuknya lalu meletakkannya di dahi.

11.Mencegah hipertensi

Dengan mengkonsumsi kubis atau kol dipercaya dapat mencegah kita dari hipertensi atau tekanan darah tinggi,karena kandungan kalium yang ada pada kubis mampu menurunkan tekanan darah.

12.Membuang racun dalam tubuh

Kandungan vitamin C,sulfur dan antioksidan yang ada pada sayur kubis mampu membantu mengeluarkan racun dalam tubuh dan mengganti sel sel tubuh yang rusak.

13.Mencegah osteoporosis

Mengkonsumsi sayur kubis juga di percaya dapat mencegah kita dari osteoporosis,karena di dalam kubis terkandung kalsium,magnesium serta kalium yang dapat membuat tulang kita tetap sehat.

14.Meningkatkan konsentrasi

Mengkonsumsi sayur kubis secara rutin juga dipercaya dapat mencegah penyakit alzheimer dan kerusakan syaraf,itu karena dalam kubis terkandung zat antisionin dan vitamin K yang bagus untuk kesehatan mental dan otak kita,serta dengan mengkonsumsi kol juga dapat meningkatkan konsentrasi.

15.Bagus untuk diet

Kandungan serat yang cukup tinggi yang menjadikan kubis bagus untuk dijadikan salah satu menu diet anda,selain itu kubis juga mengandung kalori yang rendah sehingga dengan mengkonsumsi kubis tidak akan menyebabkan kegemukan.

16.Menyehatkan mata

Kubis merupakan salah satu sayuran yang kaya akan nutrisi seperti zat betakaroten yang bermanfaat untuk menyehatkan mata dan mencegah penyakit katarak yang selama ini menghantui banyak orang didunia.Konsumsilah kubis secara rutin,namun jangan terlalu berlebihan.

17.Mengatasi peradangan

Mengkonsumsi kubis secara rutin juga sangat dipercaya dapat mencegah dan mengatasi peradangan,seperti radang sendi dan radang tenggorokan,karena dalam kubis terkandung glutamine yang bersifat anti imflamasi atau anti peradangan.

18.Menyehatkan pencernaan

Kandungan serat tinggi dan kalorinya yang rendah di percaya dapat menyehatkan pencernaan dan mencegah dari masalah susah buang air besar.

19.Menyehatkan jantung

Mau jantung anda sehat? Konsumsilah sayur kubis atau kol secara rutin,karena kubis mengandung kalium yang dapat mencegah penyumbatan di pembuluh darah sehingga aliran darah menuju jantung pun menjadi lancar,dan jantung pun tetap sehat.

20.Mencegah jerawat

Kandungan sulfur yang terdapat dalam sayur kubis juga berguna untuk melawan dan membasmi bakteri jahat penyebab timbulnya jerawat.

21.Meningkatkan sistem imun

Mengkonsumsi sayur kubis juga dipercaya dapat membuat tubuh kita tidak mudah terserang penyakit,karena kubis juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

22.Mengatasi sariawan

Bila anda sariawan,cobalah untuk rutin mengkonsumsi kubis,karena kandungan vitamin C yang ada pada kubis juga dipercaya dapat mengatasi mulut sariawan dengan segera.

23.Mengatasi mual

Mual saat hamil memang sangat menyiksa dan juga mengganggu aktivitas kita,untuk itu redakanlah mual dengan cara mengkonsumsi sayur kubis hangat secara rutin,karena kandungan nutrisi serta mineral pada kubis dapat meringankan rasa mual tersebut.

Demikianlah beberapa manfaat kubis bagi kesehatan tubuh dan kulit yang perlu kita ketahui,konsumsilah sayur kubis secara rutin,namun jangan terlalu berlebihan karena terlalu berlebihan mengkonsumsi kubis juga kurang baik bagi kesehatan.

Baca Juga