30 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh Selain Mencegah Rasa Kantuk
Orang minum kopi biasanya untuk menahan rasa kantuk. Tetapi, manfaat kopi tidak hanya itu saja. Kopi juga ternyata bisa menambah energi dan bagus untuk dijadikan bahan kosmetik maupun untuk perawatan tubuh.

Beberapa orang kerap mengkonsumsi kopi di pagi maupun malam hari. Dengan kandungan kafeinnya, minuman ini sering dimanfaatkan untuk mencegah rasa kantuk. Selain itu, ada banyak manfaat kopi yang bisa diperoleh jika mengkonsumsinya secara teratur. Kopi sendiri mengandung vitamin B, mineral, dan antioksidan.

1. Meningkatkan Stamina

Kopi hitam
Kopi hitam

Banyak yang belum tahu, jika kafein pada kopi tak hanya mampu menahan kantuk tapi juga bisa menjadi stimulus dalam meningkatkan stamina tubuh.

2. Menstimulasi Kerja Otak

Kafein tidak melulu berdampak negatif pada tubuh. Sebab faktanya kopi yang dikonsumsi secara teratur di waktu yang tepat justru dapat menstimulasi otak agar berfungsi dengan baik.

3. Mengurangi Resiko Penyakit Berat

Penyakit akut seperti parkinson, diabetes, kanker, dan penyakit liver dapat dikurangi resiko terjadinya jika seseorang rutin mengkonsumsi kopi. 

4. Mengurangi Depresi

Minum kopi bisa menenangkan pikiran asal diminum di waktu yang tepat dengan dosis secukupnya. Hal ini terjadi karena terdapat senyawa dalam kopi yang dapat berfungsi dalam mengurangi ketegangan otot dan sistem syaraf pada otak.

5. Mengurangi Berat Badan

Kopi bisa mengurangi berat badan asal dikonsumsi dengan tidak menambahkan gula berlebihan. Kafein pada kopi mampu meningkatkan metabolisme tubuh yang jika dikonsumsi pada orang gemuk bisa membantu metabolisme lemak dalam tubuhnya.

Baca juga : 37 Manfaat Teh Hijau yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

6. Bahan Kosmetik

Masker kopi
Masker kopi

Sudah banyak kosmetik yang diolah dari bahan kopi. Karena kopi memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, sehingga kopi pun diolah dalam berbagai macam varian kosmetik dari lulur, masker, hingga parfum.

7. Mengangkat Sel Kulit Mati

Menggunakan kopi sebagai lulur ternyata mampu mengangkat sel- sel kulit mati dan memberi efek dalam menghaluskan kulit.

8. Mengencangkan Kulit Wajah

Pada kulit yang mudah keriput, rutin menggunakan masker kopi ini bisa mengembalikan kekencangan kulit wajah dan menghilangkan keriput serta flek hitam.

9. Mengurangi Selulit

Tak hanya kerutan, kopi juga mampu menghilangkan selulit yang biasa muncul pada kulit perut dan paha akibat penumpukan lemak pada kulit orang yang mengalami kegemukan. Caranya cukup dengan rutin mengoleskan masker atau lulur kopi pada bagian yang terkena.

10. Mengurangi Kantong Mata

Keripik rasa kopi
Keripik rasa kopi

Ramuan dari kopi juga bisa menghilangkan kantung mata dan kerutan yang terdapat pada kulit sekitar mata. Kopi bahkan bisa mengurangi mata bengkak.

11. Mencerahkan Kulit

Bagi yang menginginkan kulit putih cerah berseri, masker kopi ini bisa jadi solusi buat kamu.

12. Mencegah Kanker

Sebuah penelitian di Jepang menyebutkan bahwa wanita yang rutin mengkonsumsi kopi tiap hari, mengalami penurunan resiko terkena kanker usus dibanding mereka yang jarang minum kopi.

13. Menjaga Kesehatan Mulut

Kopi bersifat anti bakteri yang jika dikonsumsi dapat mengurangi resiko gangguan pada mulut.

14. Mencegah Diabetes

Terdapat senyawa bernama asam klorogenat pada kopi yang diketahui berfungsi untuk meningkatkan produksi insulin sehingga gula darah dapat lebih terkontrol.

15. Mencegah Penyakit Parkinson

Parkinson adalah jenis penyakit yang biasanya menyerang sistem syaraf dan kerap menyebabkan kepikunan. Mengkonsumi kopi dapat mencegah terjadinya penyakit ini.

16. Memperbaiki Mood

Es kopi kelapa muda
Es kopi kelapa muda

Karena efek konsumsi kafein sangat berpengaruh ke otak, sehingga minum kopi bisa membuat pikiran jadi lebih lega dan bahagia.

17. Merawat Kulit Kepala

Tak hanya pada kulit wajah dan tubuh, kopi juga dapat merawat kulit kepala dan mencegah rambut dari kerusakan.

18. Membersihkan Kuku

Merendam kulit kuku pada cairan kopi dapat membuat kuku jari lebih bersih. Kopi sendiri sangat baik dalam mengangkat kotoran pada kuku dan kulit kuku. Hal ini sangat baik dilakukan setelah memotong kuku.

19. Menetralisir Bau

Bubuk kopi bisa digunakan sebagai pengharum karena mampu menyerap bau tak sedap. Bubuk kopi juga baik digunakan untuk menghilangkan bau amis pada makanan. Jika membersihkan ikan, kamu bisa mengganti jeruk nipis dengan kopi bubuk untuk menghilangkan bau amis pada ikan.

20. Mengatasi Sesak Nafas

Kue kopi
Kue kopi

Aroma kopi dapat menetralisir racun udara dan kandungan mineral pada kopi mampu mengatasi gejala sesak nafas. Kopi sendiri diketahui mengandung mangan, kalium, dan magnesium.

21. Menghasilkan Energi

Orang yang dipenuhi banyak aktivitas terutama di outdoor seringkali membutuhkan kopi untuk memacu adrenalin tubuh. Kopi sendiri diketahui dapat memicu metabolisme tubuh agar berjalan lebih optimal.

22. Mengurangi Resiko Stroke

Efek kopi yang bisa melancarkan metabolisme tubuh dapat memacu otot jantung agar berfungsi lebih optimal. Dengan kondisi metabolisme lancar dan jantung sehat maka resiko stroke pun dapat dicegah.

23. Cegah Gigi Berlubang

Kopi hangat
Kopi hangat

Karena sifatnya yang mampu membunuh bakteri sehingga orang yang mengkonsumsinya dapat terhindari dari resiko gigi berlubang. Meski kopi cenderung membuat gigi kuning namun sifat antibakterinya dapat menjaga gigi dari resiko berlubang.

24. Melancarkan Pencernaan

Meskipun hanya berupa minuman tapi kopi juga mengandung serat tinggi yang sangat baik untuk pencernaan tubuh.

25. Mengatasi Penyakit Encok

Sakit encok biasanya terjadi saat tubuh kekurangan kalsium sehingga menyebabkan pinggang kerap terserang nyeri. Minum kopi secara teratur ternyata bisa mengatasi hal ini.

26. Mencegah Penyakit Batu Empedu

Batu empedu biasanya terjadi akibat tubuh kelebihan lemak sehingga empedu sudah tak mampu lagi mengurai lemak tersebut menjadi senyawa yang lebih kompleks. Ternyata mengkonsumsi kopi bisa mengurangi resiko tubuh terkena penyakit ini.

27. Mencegah Kerontokan Rambut

Kopi krim
Kopi krim

Antioksidan pada kopi mampu menguatkan akar rambut agar tidak mudah rontok.

28. Meningkatkan Memori Otak

Sebuah penelitian pada tahun 2005 di Amerika Utara menyebutkan jika orang yang mengkonsumi kopi dua cangkir sehari memiliki daya ingat yang lebih baik.

29. Membantu Menyembuhkan Luka

Karena kopi bersifat anti bakteri dan mengandung sejumlah mineral sehingga sangat baik digunakan untuk menyembuhkan luka terutama pada luka kulit.

30. Meningkatkan Nafsu Makan

Ternyata kopi bisa meningkatkan nafsu makan. Inilah salah satu yang membuat orang kerap meminum kopi di pagi hari.

Meskipun manfaat kopi sangat baik untuk kesehatan, tapi ada baiknya tetap membatasi konsumsinya. Minum kopi cukup dua cangkir sehari dan tidak perlu ditambahkan gula ataupun pemanis berlebihan seperti krim. Pada ibu hamil dan yang memiliki riwayat maaf ada baiknya menghindari minuman berkafein ini.

Loading...

Baca Juga