32 Manfaat Kayu Manis yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
Kayu manis merupakan jenis rempah yang memiliki segudang manfaat. Tak hanya bermanfaat sebagai penyedap rasa ataupun bumbu dapur saja, namun kayu manis juga memiliki sejumlah manfaat lainnya. Pada kesempatan kali ini sendiri saya akan menuliskan 32 manfaat kayu manis yang mungkin belum kamu ketahui.

Manfaat Kayu Manis – Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang sering kali dijadikan sebagai bumbu dapur. Namun apakah kamu tahu jika kayu manis ternyata memiliki sejumlah manfaat lainnya yang cukup berguna?

Pada kesempatan kali ini sendiri, saya merasa tertarik untuk menuliskan sejumlah manfaat kayu manis yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Mencegah Penggumpalan Darah

Ketika kita terluka, atau ketika tubuh mengalami peradangan, umumnya darah akan menggumpal. Dimana kondisi ini bisa saja mengakibatkan terhambatnya aliran darah. Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat mencoba untuk mengonsumsi kayu manis supaya penggumpalan darah bisa dicegah.

2. Meredakan Nyeri Haid

Manfaat Kayu Manis

Nyeri Haid

Nyeri haid memang salah satu hal yang pernah dirasakan oleh setiap wanita. Meskipun bukan masalah yang serius, namun seringkali rasa nyeri tersebut sangat mengganggu aktivitas. Ramuan kayu manis yang disajikan sesuai dosis yang baik tentu bisa mengatasi hal tersebut.

3. Mengatasi Reumatik

Selain itu, kayu manis juga bisa kamu manfaatkan untuk menyembuhkan penyakit reumatik.

4. Menstabilkan Hormon Tubuh

Cinnamaldehyde yang terkandung dalam kayu manis bisa kamu manfaatkan unntuk menyeimbangkan hormon tubuh.

5. Mengatasi Penyakit Jantung

Mengonsumsi kayu manis secara rutin terbukti mampu mengobati dan mencegah penyakit jantung. Hal ini terbukti efektif lantaran antioksidan dalam kayu manis berkerja dengan baik dalam menangkal radikal bebas.

6. Mengatasi Diabetes

Kayu manis memiliki sejumlah kandungan yang mampu meningkatkan produksi insulin. Insulin sendiri berperan sebagai pengontrol gula darah. Dengan meningkatnya produksi insulin, tentu diabetes dapat dicegah dan diatasi.

7. Mengobati Kolesterol

Meningkatnya kadar kolesterol jahat dalam tubuh tentu merupakan kondisi yang sangat mengkhawatirkan. Dengan mengonsumsi kayu manis, kadar kolesterol dalam tubuh bisa stabil dan normal.

8. Sebagai Anti Bakteri

Dalam mengatasi sejumlah penyakit yang diakibatkan oleh bakteri, kamu bisa menggunakan kayu manis. Hal ini dikarenakan kayu manis memiliki sifat anti bakteri yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi sejumlah penyakit akibat bakteri.

9. Menghangatkan Tubuh

Sama seperti jahe, kamu bisa merebus kayu manis dan meminum air hasil rebusan tersebut sebagai penghangat tubuh di saat cuaca dingin.

10. Sumber Mineral

Meskipun kandungan mineral pada kayu manis tidak begitu banyak. Namun mineral dalam kayu manis mampu membantu asupan mineral dalam tubuh tercukupi.

Baca Juga : 27 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

11. Menjadikan Tubuh Lebih Rileks

Aroma terapi yang terdapat dalam kayu manis mampu membuatmu rileks dan menghilangkan rasa penat ataupun stres.

12. Mengobati Maag

Manfaat Kayu Manis

Maag

Kayu manis bisa kamu jadikan sebagai obat alternatif dalam mengobati penyakit maag. Dengan mengonsumsi air hasil rebusan kayu manis secara rutin, tentu dapat membantu dalam mengatasi pernyakit maag.

13. Meningkatkan Kesuburan

Selain itu, kayu manis juga bermanfaat bagi kesuburan pria maupun wanita. Tak hanya itu saja, kayu manis juga dapat meningkatkan kualitas sperma pria dan mengencangkan otot-otot organ kewanitaan.

14. Mengatasi Radang Sendi

Dalam mengatasi radang sendi, kayu manis bekerja dengan cara mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh peradangan itu sendiri.

15. Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat Kayu Manis

Rambut Rontok

Dalam hal ini, kamu perlu menyediakan kayu manis bubuk, minyak zaitun, dan madu. Campurkan semua bahan, dan oleskan pada kulit kepala secara merata.

16. Mengatasi Infeksi Kandung Kemih

Umumnya, infeksi yang terjadi pada kandung kemih diakibatkan oleh bakteri. Sedangkan kayu manis cukup efektif dalam membasmi bakteri lantaran memiliki sifat anti bakteri.

17. Mengobati Sakit Gigi

Manfaat Kayu Manis

Sakit Gigi

Dalam hal ini, kamu perlu menyediakan satu sendok teh kayu manis dan sedikit madu. Campurkan dan oleskan pada bagian gigi yang sakit.

18. Mengatasi Batuk dan Pilek

Meskipun tidak berbahaya, namun kedua jenis penyakit ini benar-benar dapat membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Cukup konsumsi hasil campuran kayu manis dengan madu sebanyak 3 kali sehari, dengan begitu batuk dan pilek akan mereda.

19. Mengatasi Bisul

Manfaat Kayu Manis

Bisul

Dalam hal ini kamu bisa mengonsumsi kayu manis secara langsung, atau juga bisa mencampuri kayu manis dengan madu dan mengoleskannya di area bisul.

20. Mengobati Perut Kembung

Begah yang terjadi karena perut kembung memang kerapkali membuat sejumlah orang merasa tidak nyaman. Sedangkan kayu manis terbukti mampu menghilangkan gas dalam perut.

21. Mengurangi Kerutan Wajah

Kayu putih juga bisa kamu manfaatkan untuk mengurangi kerutan pada wajah. Cukup campurkan minyak zaitun dengan minyak kayu manis. Lalu oleskan pada wajah secara merata.

22. Mencegah Tanda-Tanda Penuaan

Senyawa dalam kayu manis terbukti mampu meningkatkan produksi kolagen. Sehingga sejumlah tanda-tanda penuaan bisa dicegah dengan perlahan-lahan.

23. Mengganti Sel Kulit Mati

Sejumlah kandungan dalam kayu manis juga bermanfaat dalam membantu mempercepat proses regenerasi pada kulit.

24. Mengatasi Jerawat

Tak hanya mampu mengganti sel kulit mati saja, namun kayu manis sudah terbukti secara klinis dapat mengatasi jerawat secara efektif.

25. Mengatasi Gatal

Gatal pada kulit umumnya terjadi karena sejumlah hal, seperti jamur, alergi dan lain sebagainya. Dalam hal ini kayu manis bisa kamu manfaatkan untuk meredakan rasa gatal tersebut.

26. Mencerahkan Kulit

Manfaat kayu manis pada kulit lainnya yakni mampu mencerahkan kulit. Cukup campurkan kayu manis dengan yogurt dan pisang. Lalu jadikan hasil campuran tersebut sebagai masker.

27. Mencegah Kanker

Menurut hasil sebuah penelitian, kayu manis mampu mencegah kanker dengan cara menghambat poliferasi pada sel kanker.

28. Mengatasi Gangguan Neurologis

Diketahui juga kayu manis dapat meningkatkan fungsi otak dan mampu mengurangi sejumlah gangguan yang terjadi pada saraf dan otak. Sehingga dengan mengonsumsi kayu manis secara rutin dapat membantu mengatasi gangguan neurologis.

29. Menghilangkan Bau Mulut

Umumnya semua orang tentu tahu bahwa kayu manis memiliki aroma yang cukup khas. Nah, aroma tersebut bisa menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.

30. Pengawet Alami

Mengingat kayu manis memiliki sifat antibakteri, sehingga kayu manis bisa kamu manfaatkan sebagai pengawet alami.

31. Sumber Antioksidan

Kayu manis juga terkenal dengan kandungan antioksidan-nya yang cukup tinggi. Dimana kandungan tersebut terbukti mampu mengatasi sejumlah penyakit akibat radikal bebas, bahkan mampu menangkal timbulnya radikal bebas.

32. Sebagai Anti-Inflamasi

Selain berperan sebagai sumber antioksida, kayu manis juga memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mengatasi sejumlah peradangan. Bahkan sifat anti-inflamasi dalam kayu manis ini juga dapat menurunkan risiko terserang penyakit jantung dan kaker.

Baca Juga