36 Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Selain rasanya yang enak dan nikmat,ternyata manfaat kacang almond juga sangat banyak bagi manusia,terutama bagi kesehatan dan kecatikan,dan itu sudah pasti karena kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalamnya.

Kacang almond adalah kacang yang mempunyai rasa yang enak,kacang ini merupakan kacang berasal dari negara timur tengah,kacang almond memiliki harga yang lebih mahal di bandingkan jenis kacang lainnya itu di sebabkan karena kacang almond tidak dapat dihasilkan di Indonesia,almond memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang sangat banyak diantaranya,kaya akan kandungan minyak,asam lemak omega-3,omega-9,magnesium,serat,kalsium,potassium serta mineral lainnya yang baik bagi tubuh,karena kandungan nutrisi itulah,manfaat kacang almond bagi manusia sangatlah banyak.

Selain nikmat untuk di jadikan cemilan karena rasanya yang enak,kacang almond juga di yakini dapat menyehatkan tubuh kita dan juga dapat merawat kecantikan kulit serta rambut kita.Untuk mengetahui apa saja manfaat kacang almond bagi kesehatan dan kecantikkan,yuk simak ulasannya berikut ini.

1.Memberi gizi untuk kulit

Manfaat kacang almond yang pertama adalah dapat memberikan gizi untuk kulit tubuh,itu karena dalam kacang almond terdapat kandungan nutrisi seperti vitamin E yang terbukti dapat menutrisi kulit kita.

2.Memanjangkan bulu mata

Minyak yang diekstrak dari kacang almond juga dipercaya dapat memanjangkan bulu mata kita,caranya dengan mencampurkan minyak almond ke maskara yang sering kita gunakan.

Baca Juga : 65 Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan dan Kecantikan

3.Membuat bibir merona

Manfaat kacang almond lainnya yaitu dapat membuat bibir merona alami,caranya dengan mengoleskan minyak kacang almond pada bibir secara rutin sebelum tidur.

4.Mengatasi mata bengkak

Kacang almond juga dapat mengatasi mata bengkak,caranya dengan mengoleskan beberapa tetes kacang almond yang di campur madu langsung ke kulit mata yang bengkak.

5.Menghilangkan mata panda

Lingkaran hitam di bawah mata atau disebut juga mata panda bisa disebabkan karena kecapean,untuk mengatasinya gunakanlah minyak almond,dengan cara mencampurkan beberapa tetes minyak almond dengan madu,lalu mengoleskannya pada mata menggunakan kapas.

6.Mengangkat sel-sel kulit mati

Konsumsilah kacang almond secara teratur atau menggunakan minyak almond ketubuh sebagai body lotion untuk mengangkat sel-sel kulit mati,karena kacang almond kaya akan kandungan minyak yang bisa mengangkat sel kulit mati.

7.Melembabkan kulit

Vitamin E yang terkandung dalam kacang almond juga bermanfaat untuk melembabkan kulit.

8.Menghaluskan kulit

Kacang almond juga berguna untuk menghaluskan kulit tubuh,karena mengandung mineral dan asam lemak essensial.

9.Mnciptakan rambut sehat

Kandungan tembaga dan vitamin E yang terkandung di dalam kacang almond dipercaya dapat menyehatkan jaringan rambut.

10.Mencegah radikal bebas

Zat antioksidant yang terdapat pada kacang almond mampu menangkal radikal bebas dan mencegah tubuh dari berbagai serangan penyakit.

11.Menyehatkan kulit

Kandungan vitamin E yang ada pada kacang almond berguna untuk membuat kulit tubuh menjadi lebih sehat,dan mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV.

12.Mencegah kerusakan sel

Kerusakan sel dalam tubuh juga dapat di cegah dengan cara mengkonsumsi kacang almond secara rutin,karena kacang almond kaya akan kandungan antioksidan.

13.Menghindari gangguan metabolisme

Mangan yang terkandung dalam kacang almond dapat kelenjar tiroid bekerja secara maksimal sehingga sistem metabolisme tubuh akan lancar dan tidak terganggu.

14.Mengurangi radang sendi

Radang sendi merupakan suatu kondisi terjadinya peradangan (imflamasi) dalam satu atau beberapa sendi,radang sendi dapat di kurangi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-9,salah satunya kacang almond.

15.Mengobati peradangan

Kacang almond juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang di percaya dapat mengobati peradangan.

16.Mengurangi di asma

Asam lemak omega-3 yang ada pada kacang almond juga dapat mengurangi asma,konsumsilah kacang almong ketika asma mulai kambuh.

17.Meningkatkan kolesterol baik

Mengkonsumsi kacang almond juga dapat meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh,karena dalam kacang almond terkandung asam lemak omega-3.

18.Meningkatkan sistem imun

Mengkonsumsi kacang almond secara rutin dapat mencegah tubuh kita dari berbagai serangan penyakit,itu karena dalam kacang almond terkandung vitamin C yang cukup tinggi.

19.Menciptakn energi

Kacang almond juga kaya akan kandungan karbohidrat dan kalori,sehingga dapat menciptakan energi di dalam tubuh dan juga bermanfaat sebagai cadangan energi di dalam tubuh.

20.Membuat peredaran darah lancar

Magnesium yang terkandung dalam kacang almond juga berguna untuk melancarkan peredaran darah di dalam pembuluh darah.

21.Membuat tulang kuat

Kandungan fosfor,kalsium,magnesium,potassium serta mangan yang terdapat dalam kacang almond berguna untuk menciptakan tulang yang padat dan kuat serta dapat membuat tulang tetap sehat.

22.Mengobati maag

Maag disebabkan karena tingginya asam lambung sehingga menyebabkan lambung iritasi dan menimbulkan rasa nyeuri,maag dapat di atasi dengan cara mengkonsumsi kacang almond secara rutin,itu karena kacang almond memiliki banyak minyak yang dapat menurunkan kadar asam lambung di dalam lambung.

23.Melancarkan pencernaan

Kacang almond mengandung serat yang cukup tinggi,sehingga dengan mengkonsumsi kacang almond,dapat mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan.

24.Mencegah kecacatan bayi

Asam folat yang terdapat dalam kacang almond berguna untuk membantu perkembangan otak janin dan pertumbuhan sel jaringan di dalam tubuh bayi.

25.Menjaga berat badan

Kandungan serat,lemak tak jenuh serta protein yang terdapat dalam kacang almond dipercaya dapat menurunkan berat badan,sehingga mengkonsumsi kacang almond baik untuk pelaku diet,asal di konsumsi dengan porsi yang sesuai.

26.Meningkatkan kinerja otak

Vitamin E dan mineral yang terkandung dalam kacang almond dapat mencegah penurunan kognitif didalam otak,meningkatkan kewaspadaan memori otak dan dapat meningkatkan kapasitas memori otak,serta dapat mencegah sel-sel dan saraf yang ada di otak dari kerusakan.

27.Menciptakan jantung sehat

Kandungan magnesium yang terdapat dalam kacang almond bermanfaat untuk melancaran dan meningkatkan aliran darah ke jantung,lemak tak jenuh dan vitamin E serta antioksidan yang tinggi dapat mencegah terjadinya peradangan pembuluh darah arteri dan kerusakan arteri dan dapat menyehatkan jantung.

28.Pengontrol gula darah

Kandungan kacang almond berupa lemak sehat,lemak tak jenuh,serat dan mineral bisa membuat tubuh menyerap glukosa dan mengolah glukosa secara cepat.

29.Menurunkan kadar kolesterol jahat

Dengan mengkonsumsi kacang almond secara teratur,dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh,sehingga mengurangi resiko disfungsi jantung.

30.Mencegah penuaan dini

Kacang almond mengandung senyawa yang bersifat anti penuaan,untuk itu konsumsilah kacang almon secara rutin dan dengan porsi yang sesuia,agar kulit terhindar dari penuaan.

31.Mencegah alzheimer

Penyakit alzheimer juga dapat dicegah dengan rutin mengkonsumsi kacang almond,kandungan gizi dan nutrisi yang ada didalamnya.

32.Sebagai antioksidan alami

Kacang almond mengandung senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas,hingga tubuh terhindar dari serangan bakteri dan virus penyebab penyakit.

33.Menstabilkan tekanan darah

Kandungan potassium yang terdapat dalam kacang almond juga berguna untuk menstabilkan tekanan darah dalam tubuh.

34.Mencegah kerontokan rambut

Biotik yang terkandung dalam kacang almond juga dipercaya dapat mencegah rambut dari kerontokkan,caranya dengan mengekstrak kacang almond menjadi minyak,dan mengaplikasikannya pada rambut.

35.Menebalkan alis

Kacang almond yang sudah di olah menjadi minyak,dapat di jadikan obat untuk menebalkan bulu mata,caranya dengan mengoleskan minyak almond pada alis saat mau beranjak tidur.

36.Mencegah penyakit parkinson

Kandungan fenilalanin yang terdapat dalam kacang almond dapat mencegah penyakit parkinson,parkinson adalah suatu gangguan sistem saraf pusat yang mempengaruhi gerakan,sering disertai tremor.

Demikianlah manfaat kacang almond bagi manusia yang perlu kita ketahui,konsumsilah kacang almond secara teratur dan dengan porsi yang benar,agar manfaatnya bisa kita rasakan.

Baca Juga