30 Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Dibalik aromanya yang banyak orang tak suka, manfaat jengkol yang luar biasa ini bisa menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan. Tak perlu risau mengkonsumsinya, sebab olahan jengkol memang selalu menggugah selera.

Banyak yang tidak suka jengkol karena khawatir bisa menyebabkan bau mulut dan urine. Padahal ada banyak cara mengolah makanan ini agar tidak bau saat dikonsumsi. Meskipun dianggap bau, tapi segelintir orang tetap menyukai jengkol karena rasanya yang memang enak dan tentunya manfaat jengkol sungguh banyak.

1. Mencegah Anemia

Jengkol mentah
Jengkol Mentah

Ternyata jengkol memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga jika kerap dikonsumsi akan mencegah resiko terkena penyakit anemia. Wanita yang sedang mengalami haid ada baiknya mengkonsumsi jengkol agar kebutuhan sel darah merahnya tetap bisa terpenuhi.

2. Mencegah Osteoporosis

Jengkol mengandung banyak mineral yang berfungsi mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Jadi konsumsi jengkol juga sangat dianjurkan pada anak untuk pertumbuhan tulang dan giginya.

3. Membantu Pembentukan Jaringan Tubuh

Protein yang terdapat pada jengkol berfungsi dalam pembentukan sel- sel tubuh. Protein pada jengkol bahkan lebih banyak dari pada protein yang terdapat pada kacang kedelai dan kacang hijau.

4. Menangkal Radikal Bebas

Jengkol mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dan melindungi tubuh dari pengaruh buruk lingkungan, makanan maupun polusi.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Antioksidan, vitamin C, dan mineral yang terdapat pada jengkol mampu menjaga kesehatan jantung dari gangguan berbagai macam penyakit. Jengkol mampu menjaga kesehatan pembuluh darah sehingga peredaran darah ke jantung pun dapat berjalan dengan baik.

6. Makanan Diet

Jengkol jadi lalapan
Jengkol jadi lalapan

Dengan kandungan serat yang tinggi, jengkol sangat cocok dijadikan sebagai makanan diet. Jengkol bahkan bisa memberi efek langsing dan perut jadi ramping jika dikonsumsi secara rutin.

Baca juga : 20 Manfaat Jagung Rebus Untuk Kesehatan

7. Sumber Vitamin

Vitamin yang terdapat pada jengkol antara lain vitamin A, B1, B2, dan C.

8. Sumber Mineral

Mineral pada jengkol antara lain kalsium, fosfor, dan zat besi.

9. Menambah Energi

Karena mengandung karbohidrat dan protein sehingga mengkonsumsi jengkol pun dapat menambah energi tubuh.

10. Mencegah Diabetes

Terdapat zat yang bernama asam jengkolat yang mampu mencegah tubuh dari penyakit diabetes. Uniknya senyawa ini hanya ditemukan pada jengkol. Bentuknya menyerupai kristal sehingga tidak disarankan dikonsumsi bagi penderita ginjal. Karena dikhawatirkan kristalnya bisa mengendap dalam ginjal.

11. Mengatasi Sembelit

Keripik jengkol
Keripik jengkol

Jengkol mengandung serat tinggi yang jika dikonsumsi bisa memperlancar buang air besar.

12. Menstabilkan Organ Tubuh

Mengkonsumsi jengkol bisa menjaga kestabilan kinerja organ tubuh.

13. Membantu Pertumbuhan Janin

Dengan protein yang sangat tinggi, jengkol mampu menjadi nutrisi penting dalam pembentukan organ tubuh janin. Jadi, ibu hamil sangat dianjurkan konsumsi jengkol untuk kesehatan bayi dalam kandungannya.

14. Memelihara Kesehatan Pembuluh Darah

Mineral yang terdapat pada jengkol berfungsi dalam menjaga elastisitas pembuluh darah dan memastikan peredaran darah tetap lancar.

15. Untuk Kesehatan Mata

Jengkol juga mengandung banyak vitamin A, vitamin B1, B2, dan C yang tentu saja ini sangat baik untuk kesehatan mata. Bagi yang terlanjur mengalami gangguan penglihatan, jengkol bisa mencegah kerusakan lebih lanjut pada sel- sel sistem indra penglihatan.

16. Menyehatkan Pencernaan

Semur jengkol
Semur Jengkol

Meskipun mengkonsumsi jengkol kadang membuat kentut lebih bau. Namun, nutrisi dan serat pada jengkol dapat menyehatkan sistem pencernaan.

17. Mengobati Perut Kembung

Meskipun berbau tapi ternyata jengkol bisa mengobati kembung pada perut.

18. Melancarkan Pembuangan Urine

Jengkol punya sifat diuratic yang mampu mempercepat melancarkan proses pembuangan urine.

19. Membantu Metabolisme Tubuh

Dengan kandungan protein dan serat yang tinggi, rutin konsumsi jengkol dapat memperlancar proses metabolisme tubuh terutama pada sistem pencernaan.

20. Membentuk Regenerasi Sel

Pada orang sakit maupun selama proses penyembuhan misalnya setelah operasi, makan jengkol bisa membantu proses pembentukan sel baru.

21. Untuk Kesehatan Kulit

Vitamin C pada jengkol dapat menjaga kesehatan kulit, melembabkan, serta membuat kulit jadi halus. Nutrisi pada jengkol juga mampu meminimalisir jerawat dan keriput pada kulit.

22. Menjaga Kerapatan Tulang

Kandungan fosfor dan kalsium pada jengkol tak hanya memperkuat tapi juga bermanfaat dalam menjaga kerapatan struktur tulang.

23. Mencegah Letih

Zat besi pada jengkol tak hanya berfungsi dalam menjaga sel darah merah tapi juga mencegah tubuh dari keletihan.

24. Membantu Suplai Oksigen Dalam Darah

Terdapat zat pada jengkol juga berfungsi dalam menyalurkan oksigen ke darah.

25. Membentuk Hormon Tubuh

Jengkol dengan sambel jeruk nipis
Jengkol dengan sambel jeruk nipis

Seperti diketahui hormon sangat penting untuk metabolisme tubuh. Protein pada jengkol dapat berfungsi sebagai pembentuk hormon.

26. Mencerdaskan Otak

Mungkin belum banyak yang tahu jika jengkol pun memiliki kandungan asam amino yang dapat menjaga kinerja otak dengan baik.

27. Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Menyusui

Selama hamil dan menyusui, seorang ibu sangat membutuhkan asupan kalsium untuk diri dan bayinya. Mengkonsumsi jengkol yang kaya akan kalsium akan bermanfaat untuk kesehatan sang ibu.

28. Menjaga Kepekaan Syaraf

Terdapat vitamin B1 pada jengkol dimana vitamin ini berfungsi menjaga kepekaan syaraf. Jadi jengkol dalam hal ini mampu meningkatkan konsentrasi dan sensitivitas sistem syaraf. 

29. Bantu Penyerapan Protein

Meskipun jengkol mengandung banyak protein tapi masih diperlukan mineral dan vitamin B2 agar proteinnya dapat terserap dengan baik dalam tubuh. 

30. Mencegah Gigi Berlubang

Kalsium dan fosfor pada jengkol dapat mengurangi resiko terjadinya gigi berlobang.

Jengkol kuah opor
Jengkol kuah opor

Meskipun manfaat jengkol banyak dan baik untuk kesehatan, namun sebaiknya jumlah konsumsinya dibatasi. Terutama bagi penderita gangguan ginjal sebaiknya menghindari makanan ini. Terdapat zat bernama asam jengkolat yang bisa menjadi racun dalam tubuh jika dosisnya berlebihan. 

Baca Juga