32 Manfaat dan Khasiat Jahe Merah Bagi Kesehatan dan Kecantikan Yang Perlu Kita Ketahui
Selain dapat melegakan tenggorokan,masih banyak khasiat jahe merah lainnya,diantaranya dapat mencegah diabetes,mencegah perut buncit,menambah nafsu makan dan juga mencegah kanker usus.

Jahe merah merupakan rempah yang sudah tidak asing lagi bagi kita,karena selain mudah di temukan di Indonesia,juga karena jahe biasa dijadikan sebagai bumbu masakan penambah rasa oleh para ibu.Selain itu jahe merah juga biasa dimanfaatkan sebagai tanaman obat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan,karena jahe merah mengandung banyak sekali nutrisi dan meneral lainnya yang berguna bagi tubuh,seperti kandungan minyak atsiri dan senyawa gingerolnya yang bersifat antiimflamasi,anti jamur,dan anti bakteri,yang berfungsi untuk melawan dan membasmi bakteri,jamur serta virus penyebab penyakit.Adapun khasiat jahe merah bagi kesehatan yang perlu kita ketahui adalah sebagai berikut.

1.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Khasiat jahe merah yang pertama yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh,karena jahe merah mengandung senyawa yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.Itu artinya kita tidak akan mudah terserang penyakit.

2.Mengobati sakit kepala

Khasiat jahe merah bagi kesehatan yang lainnya yaitu dapat mengobati sakit kepala,itu karena kandungan senyawa yang terdapat pada jahe merah dapat membuat rasa pusing dan sakit kepala hilang.Nah,jadi bila kita mulai merasakan pusing,cobalah untuk membuat minuman dari jahe merah ini.

3.Mengatasi sakit gigi

Sakit gigi itu memang tidak enak dan sangat menyiksa,tapi jangan khawatir,karena banyak sekali cara untuk mengobati sakit gigi,salah satunya dengan meminum minuman jahe yang hangat.Kandungan senyawa antibakteri yang ada pada jahe merah dipercaya dapat melawan dan membasmi bakteri dan jamur penyebab sakit gigi.

4.Melegakan pernafasan

Khasiat jahe merah bagi kesehatan yang lainnya adalah dapat melegakan pernafasan.Mengkonsumsi minuman jahe terbukti dapat membuat tenggorokan dan pernafasan menjadi nyaman dan lega.selain minuman jahe,permen jahe juga dapat membuat nafas menjadi lega.

5.Mengatasi tenggorokan gatal

Gatal dan sakit tenggorokan akan membuat kita tak nyaman,saat mengalami kondisi tersebut,cobalah untuk mengkonsumsi minuman jahe merah hangat,karena kandungan gingerol yang ada pada jahe merah bersifat antiimflamasi yang dipercaya dapat mengatasi peradangan dan mengatasi sakit pada tenggorokan.

6.Menjaga kesehatan jantung

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam jahe merah dapat memperlebar pembuluh darah sehingga peredaran darah menjadi lancar,dan otomatis kinerja jantung dalam memompa darah keseluruh tubuhpun dapat berjalan dengan baik.

7.Mengatasi perut kembung

Perut kembung biasanya merupakan gejala masuk angin,cobalah untuk mengkonsumsi minuman jahe hangat untuk mengatasinya.Nutrisi yang terkandung dalam jahe merah dipercaya dapat mengobati gangguan pencernaan dan iritasi pada usus serta mengatasi perut kembung akibat masuk angin.

8.Meningkatkan nafsu makan

Kandungan minyak atsiri yang terdapat dalam jahe merah bermanfaat untuk membuang gas pada usus yang menyebabkan rasa kenyang berlebihan,dan tentunya hal tersebut dapat merangsang nafsu makan kita.

9.Mengobati luka akibat di gigit ular

Jahe juga bisa digunakan sebagai pertolongan pertama bagi orang yang terkena gigitan ular,caranya dengan menempelkan jahe merah yang sudah ditumbuk halus dan di beri tambahan garam ke kulit yang terkena gigitan.

10.Melancarkan peredaran darah

Jahe merah mengandung senyawa yang bernama gingerol,yang apabila jahe merah kita konsumsi secara rutin,dipercaya dapat melancarkan peredaran darah.

11.Mengobati batuk berdahak

Mengkonsumsi minuman jahe juga bermanfaat untuk mengobati batuk berdahak,itu karena kandungan gingerol yang terdapat di dalam jahe merah.

12.Menjaga kesehatan tulang

Kandungan nutrisi pada jahe merah dipercaya dapat menjaga kesehatan tulang,mencegah rematik dan nyeuri otot.

13.Menurunkan berat badan

Jahe juga baik di konsumsi oleh orang yang sedang melakukan diet,itu karena kandungan kalori dalam jahe sangatlah sedikit sehingga tidak akan menyebabkan kegemukan,dan karena kandungan dalam jahe juga dapat mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh,sehingga berat badanpun akan cepat turun. 

14.Mengatasi jerawat

Percaya atau tidak,dengan mengkonsumsi jahe merah secara rutin namun tidak berlebihan ternyata dapat mengatasi dan mencegah tumbuhnya jerawat di kulit kita.Cobalah untuk mengkonsumsi jahe merah tidak lebih dari 4 gr perhari.

15.Membasmi bakteri

Kandungan senyawa dan mineral lainnya yang terdapat pada jahe merah bersifat antibakteri,yang artinya dapat membasmi dan melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.

16.Menyembuhkan rematik

Minumlah wedang jahe maksilmal 3 kali sehari untuk menyembuhkan rematik.Kandungan senyawa yang ada pada jahe merah berguna untuk meredakan nyeuri otot.

17.Mengatasi gangguan pencernaan

Sejak dulu jahe memang dikenal dan sering di gunakan untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan,karena jahe merah berkhasiat melancarkan pencernaan,menghangatkan dan melembutkan perut serta menetralkan racun dalam perut.

18.Mencegah kanker usus

Kandungan zat antioksidan yang ada pada jahe merah dapat mencegah berkembangnya sel sel kanker dalam tubuh,terutama kanker usus dan kanker ovarium.

19.Mengatasi mual dan masuk angin

Rasa mual dan masuk angin juga bisa diatasi dengan mengonsumsi minuman jahe,karena jahe dapat menghangatkan dan melembutkan perut,hingga mual saat masuk anginpun dapat segera teratasi.

20.Mengatasi alergi

Mengkonsumsi minuman jahe hangat atau wedang jahe juga dipercaya dapat mengatasi alergi secara efektif,karena jahe mengandung senyawa yang bersifat antialergen.

21.Meringankan nyeuri haid

Khusus bagi wanita,sebagian banyak wanita yang sedang menstruasi mengalami yang namanya nyueri haid,untuk mengatasi nyeuri tersebut,cobalah untuk mengkonsumsi minuman yang terbuat dari jahe merah yang di tambah dengan gula.Kandungan senyawa yang terdapat dalam jahe merah di percaya dapat meredakan nyeuri dan kram saat menstruasi.

22.Mengontrol gula darah

Mengkonsumsi jahe merah juga baik untuk penderita diabetes,karena kandungan beberapa nutrisi yang ada pada jahe merah dapat membantu zat insulin dalam mengendalikan kadar gula dalam darah.

23.Mengobati batuk kering

Kandungan gingerol yang terdapat pada jahe merah juga berguna untuk mengobati batuk kering.Konsumsilah minuman jahe hangat atau permen jahe saat mengalami batuk kering.

24.Mengatasi gangguan seksual

Efek hangat dari mengkonsumsi jahe dapat melancarkan peredaran darah pada organ seksual,dan kandungan shogaol yang terdapat pada jahe yang sudah dikeringkan,dipercaya dapat merangsang saraf pusat dan mencegah ejakulasi dini.

25.Mengatasi nyeuri otot

Tersiksa karena sering mengalami nyeuri otot?cobalah untuk mengkonsumsi jahe merah secara rutin dan teratur setiap hari,karena kandungan yang terdapat dalam jahe merah di percaya dapat mengatasi nyeuri otot.

26.Menangkal radikal bebas

Zat antioksidan yang terkandung dalam jahe merah,mampu menangkal radikal bebas penyebab timbulnya penyakit.

27.Mengobati mual saat hamil

Kandungan senyawa yang terdapat pada jahe merah,mampu mengobati rasa mual yang sering di alami oleh wanita hamil,namun jangan terlalu berlebihan mengkonsumsinya,dan sebaiknya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter,supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada ibu dan janin.

28.Mengatasi mabuk perjalanan

Untuk kamu yang sering mengalami mabuk perjalanan,sebaiknya sebelum bepergian,konsumsilah permen jahe atau minuman jahe hangat terlebih dahulu,karena di dalam jahe terkandung senyawa yang dapat mengurangi rasa mual.

29.Mencegah peradangan

Senyawa yang terkandung dalam jahe merah juga bersifat anti imflamasi yang dapat mencegah terjadinya peradangan,seperti radang sendi dan radang tenggorokan.

30.Menghangatkan tubuh

Saat cuaca dingin atau malam hari,cobalah untuk mengkonsumsi minuman jahe hangat.Minuman yang terbuat dari jahe memang sudah terkenal sejak dulu dapat menghangatkan badan di kala cuaca sedang dingin.

31.Menurunkan kolesterol

Kadar kolesterol tinggi dalam darah dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan di pembuluh darah dan menyebabkan masalah pada jantung,untuk mengatasinya,cobalah untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah,salah satunya dengan mengkonsumsi minuman dari jahe merah,karena jahe merah mengandung senyawa yang dapat mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah.

32.Mengatasi perut buncit

Nutrisi yang terkandung dalam jahe merah di percaya dapat melancarkan pencernaan dan melancarkan sistem metabolisme dalam tubuh serta dapat mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh.Jadi bila kita rutin mengkonsumsi jahe merah beberapa saat sebelum makan,dapat mencegah kita dari kebuncitan atau obesitas.

Demikianlah khasiat jahe merah bagi kesehatan yang perlu kita ketahui,jangan mengkonsumsi jahe merah secara berlebihan karena bisa menimbulkan efek samping,seperti mulas dan diare.

Baca Juga