36 Manfaat Daun Seledri Bagi Kesehatan dan Kecantikkan
Selain bermanfaat untuk menambah aroma pada masakan,daun seledri juga banyak sekali khasiatnya dan sering di gunakan untuk mengobati berbagai penyakit dan merawat kecantikan kulit wajah,karena daun seledri mengandung banyak sekali nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh.

Manfaat daun Seledri.Seledri adalah tanaman obat yang biasa digunakan untuk memasak,aroma khas yang dikeluarkan daun seledri dapat membuat masakan menjadi lebih sedap dan nikmat.

Selain bermanfaat untuk digunakan sebagai bumbu penyedap pada masakan,daun seledri juga bermanfaat baik bagi dunia kesehatan maupun dunia kecantikkan.

Seperti dilansir dari manfaat.co.id.Kandungan yang terdapat dalam daun seledri meliputi :

  • Vitamin A,B1,B2.B3,B5,B6,C,E dan K
  • Asam folat
  • Asam amino essensial 
  • Mineral.

Daun seledri banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit,seperti batuk,anemia dan masih banyak lagi khasiat daun seledri.

Berikut beberapa manfaat daun seledri bagi kesehatan dan kecantikan.

1.Memerangi Kanker

manfaat daun seledri
Memerangi kanker

Khasiat daun seledri yang pertama adalah dapat memerangi sel kanker,karena daun seledri mengandung vitamin A yang berguna untuk mencegah penyakit kanker,dan mengandung zat acetylenics,yaitu zat anti kanker yang berguna untuk menghentikan sel tumor.

Caranya:

  • Bisa di jadikan sebagai lalapan
  • Bisa di olah menjadi jus
  • Bisa di olah menjadi sup hangat.

2.Menurunkan Kadar Kolesterol

manfaat daun seledri
Menurunkan kadar kolesterol

Banyak sekali manfaat yang di timbulkan daun seledri,karena daun seledri mengandung banyak sekali nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh,diantara banyaknya manfaat daun seledri,salah satunya dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah penyumbatan di pembuluh darah.

Caranya:

  • Daun seledri di olah menjadi jus
  • Di jadikan sebagai lalapan
  • Di jadikan campuran dalam masakan.

3.Mengatasi Hipertensi

manfaat daun seledri
Mengatasi tekanan darah tinggi

Daun seledri apabila di konsumsi secara rutin dan teratur dapat mengatasi tekanan darah tinggi (Hipertensi),kerena daun seledri mengandung zat flavonoid yang berguna untuk menurunkan tekanan darah.

4.Mengobati Mata Kering

manfaat daun seledri
Mengobati mata kering

Daun seledri juga berkhasiat dapat mengobati mata kering,karena vitamin A yang terkandung dalam daun seledri dapat menyehatkan mata.

Caranya:

  • Siapkan daun seledri,daun kelor dan daun bayam
  • Tumbuk semua daun hingga halus,tambahkan air secukupnya
  • Saring airnya,lalu minum hingga habis.

5.Menghilangkan Jerawat

manfaat daun seledri
Mengobati jerawat

Nutrisi yang terkandung dalam daun seledri juga di percaya mampu menghilangkan jerawat yang mengganggu penampilan.

Caranya:

  • Daun seledri di olah menjadi masker wajah.

6.Menjadikan Awet Muda

manfaat daun seledri
Menjadikan awet muda

Khasiat daun seledri yang selanjutnya adalah dapat menjadikan awet muda,karena daun seledri mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kulit dan tubuh,nutrisi tersebut,salah satunya dapat mengencangkan kulit dan mencegah kerutan di wajah.

Untuk menjadikan tetap awet muda dengan menggunakan daun seledri,kita perlu mengolah daun seledrri menjadi masker untuk di oleskan ke wajah.

7.Mengatasi Kulit Berminyak

manfaat daun seledri
Mengatasi kulit berminyak

Selain dapat mencegah kerutan,daun seledri juga berkhasiat untuk mengatasi kulit yang berminyak,daun seledri yang di olah menjadi masker wajah,berkhasiat untuk mengecilkan pori-pori,sehingga kulit kita terhindar dari bakteri penyebab bisul serta komedo.

8.Mengatasi Anemia

manfaat daun seledri
Mengatasi anemia

Daun seledri juga berkhasiat untuk menyembuhkan anemia dan mencegah anemia,karena daun seledri mempunyai kandungan zat besi yang dapat mencegah kekurangan sel darah merah.

Caranya:

  • Sediakan daun seledri,nanas,dan susu murni
  • Haluskan semua bahan dengan blender
  • Jus daun seledri siap di konsumsi.

9.Mengobati Batuk

manfaat daun seledri
Mengobati batuk

Senyawa yang terkandung dalam daun seledri juga di percaya dapat mengobati batuk yang berlangsung terus menerus.

Caranya:

  • Siapkan daun seledri sesuai kebutuhan
  • Bersihkan lalu rebus hingga mendidih
  • Diamkan hingga dingin,lalu saring airnya
  • Dan ramuan siap di konsumsi.

10.Mengobati Rematik

manfaat daun seledri
Mengatasi rematik

Daun seledri mengandung banyak vitamin dan mineral,serta memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang mampu meredakan rasa nyeri pada persendian,hingga dapat mengobati rematik.

Caranya:

  • Daun seledri bisa di jadikan sebagai lalapan
  • Bisa juga di olah menjadi jus.

11.Baik untuk Diet

manfaat daun seledri
Cocok untuk diet

Daun seledri cocok sekali di konsumsi oleh seseorang yang sedang menjalankan program diet,karena daun seledri merupakan tanaman yang rendah kalori dan mudah dicerna oleh tubuh.

Caranya:

  • Daun seledri dapat bisa di olah menjadi jus
  • Dapat di olah menjadi sup
  • Di olah menjadi teh yang hangat.

12.Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

manfaat daun seledri
Menjaga sistem imunitas tubuh

Seperti yang sudah kita ketahui,bahwa daun seledri mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh,daun seledri dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh,yang bisa mencegah penyakit menyerang tubuh kita.

13.Meningkatkan Nafsu Makan

manfaat daun seledri
Meningkatkan nafsu makan

Aroma khas yang di timbulkan oleh daun seledri dapat menggugah selera makan kita,dan tentunya akan menambah nafsu makan kita.

14.Menjaga Kesehatan Ginjal

manfaat daun seledri
Menjaga fungsi ginjal

Daun seledri mempunyai banyak nutrisi yang dapat memperbaiki fungsi ginjal,hingga ginjal bisa bekerja dengan baik,ginjal menjadi lebih mudah dalam mengeluarkan dan menyaring racun dalam tubuh.

15.Mencegah Sembelit

manfaat daun seledri
Mengatasi sembelit

Daun seledri dapat mencegah sembelit.karena daun seledri mengandung banyak vitamin dan asam amino essensial yang dapat melancarkan pencernaan,sehingga BAB lancar,dan perut tidak kembung.

16.Menenangkan Saraf

manfaat daun seledri
Menenangkan saraf

Daun seledri dapat menenangkan syaraf,karena mengandung nutrisi yang dapat mengendurkan syaraf disekitar kepala akibat ketegangan yang disebabkan oleh aktifitas dan rutinitas yang terlalu berat.

17.Mengobati Asma

manfaat daun seledri
Mengatasi asma

Kandungan vitamin dan mineral lengkap yang terdapat dalam daun seledri di percaya dapat mengobati penyakit asma,dan mencegah asma kembali kambuh ketika sedang di lingkungan yang penuh debu.

18.Dapat Menyeimbangkan Hormon

manfaat daun seledri
Menyeimbangkan hormon

Daun seledri berkhasiat juga untuk menstabilkan suhu tubuh,jika suhu tubuh stabil,maka akan membuat hormon dalam tubuhpun seimbang.

19.Mencegah Obesitas

manfaat daun seledri
Mencegah obeitas

Daun seledri juga berkhasiat untuk mengatasi kelebihan berat badan,karena nutrisi yang terkandung dalam daun seledri dapat menekan rasa lapar hingga seseorang dapat mengendalikan nafsu makan berlebihan.

20.Menyuburkan Rambut

manfaat daun seledri
Menyuburkan rambut

Manfaat daun seledri yang berikutnya adalah dapat menyuburkan rambut,kandungan vitamin yang terdapat di daun seledri dapat menutrisi akar rambut,sehingga menjadikan rambut lebih kuat dan tidak rontok.

21.Membersihkan Jaringan Empedu

manfaat daun seledri
Menyehatkan empedu

Daun seledri dapat membersihkan jaringan empedu dari serangan bakteri dan kuman yang dihasilkan oleh sisa makanan,karena daun seledri bertindak sebagai antioksidan dan memiliki sifat diuretik.

22.Mengatur Volume Darah

manfaat daun seledri
Mengatur volume darah

Kandungan zat yang ada dalam daun seledri juga dapat mengatur volume darah,sehingga dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah.

23.Mencegah Dehidrasi

manfaat daun seledri
Mengatasi dehidrasi

Nutrisi yang terkandung dalam daun seledri juga mampu menggantikan cairan yang hilang,yang disebabkan oleh kelelahan.

24.Melindungi Jantung

manfaat daun seledri
Melindungi jantung

Asam amino essensial yang terkandung dalam daun seledri dipercaya dapat menyehatkan jantung dan mencegah penyempitan pada arteri,dan melancarkan kinerja jantung dalam memompa darah.

25.Sebagai Antiaging

manfaat daun seledri
Sebagai antiaging

Daun seledri dapat menjaga dan meningkatkan kollagen kulit,dapat menyeimbangkan minyak alami yang terdapat di bawah kulit,hingga kulit terhindar dari keriput dan penuaan dini,semua itu karena kandungan vitamin A,B5,B6,C dan Vitamin E yang terkandung di daun seledri.

26.Mencegah Diabetes

manfaat daun seledri
Mencegah diabetes

Nutrisi lengkap yang terkandung di daun seledri dapat memecahkan gula darah yang menggumpal,hingga kita akan terhindar dari penyakit diabetes.

27.Menyehatkan Dinding Lambung

manfaat daun seledri
Menyehatkan dinding lambung

Antiimflami yang dimiliki daun seledri berguna untuk membersihkan dinding lambung sari sisa makanan yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh.

28.Mencegah Osteoporosis

manfaat daun seledri
Mencegah osteoporosis

Kandungan nutrisi di daun seledri dapat memperkuat massa tulang dan menjadikan tulang tidak terserang pengapuran atau retak pada tulang,hingga mencegah osteoporosis,jadi konsumsilah daun seledri secara rutin dan teratur.

29.Melindungi Jaringan Otak

manfaat daun seledri
Melindungi jaringan otak

Daun seledri berkhasiat untuk mencegah penimbunan lemak jahat yang dihasilkan dari makanan yang telah dikonsumsi agar jaringan otak selalu sehat,dan dapat mencegah penyumbatan otak dan serangan bakteri,itu semua karena nutrisi yang terdapat dalam daun seledri.

30.Menjaga Kesehatan Otot Tubuh

manfaat daun seledri
Menjaga kesehatan otot tubuh

Nutrisi yang terdapat di daun seledri juga dapat menjaga kesehatan otot tubuh,dan menghindari otot tubuh dari cedera yang disebabkan karena terkilir,keselo dan lain-lain.

31.Sebagai Antiradang

manfaat daun seledri
Sebagai antiimflamasi

Daun seledri mempunyai efek antiimflamiasi yang dapat mempercepat penyembuhan luka,pembengkakan dan mempercepat pengeluaran racun dari dalam tubuh.

32.Mempercepat Penyerapan Kalsium

manfaat daun seledri
Mempercepat penyerapan kalsium

Khasiat daun seledri selanjutnya adalah dapat mempercepat penyerapan kalsium,karena zat yang terkandung dalam daun seledri mampu mengikat kalsium.

33.Menyehatkan Saluran Usus

manfaat daun seledri
Membersihkan saluran usus

Daun seledri dapat menyehatkan saluran usus,karena nutrisi yang terkandung dalam daun seledri dapat membersihkan usus dari sisa makanan,dan mencegah endapan bakteri dan kolesterol di dalam usus.

34.Sebagai Antibiotik

manfaat daun seledri
Sebagai antibiotik

Didalam daun seledri terdapat antibiotik yang dapat meningkatkan imunitas tubuh,hingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

35.Menurunkan Demam

manfaat daun seledri
Menurunkan demam

Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di daun seledri di percaya mampu menurunkan demam atau panas.

Caranya:

  • Siapkan seledri sesuai kebutuhan
  • Cuci hingga bersih
  • Haluskan dengan blender
  • Tambahkan sedikit air
  • Ramuan siap di konsumsi.

36.Mencegah Penuaan Dini

manfaat daun seledri
Mencegah penuaan dini

Nutrisi yang terkandung dalam daun seledri di percaya mampu mencegah penuaan dini,hinga wajah nampak lebih muda,dan kulit menjadi lebih kencang.

Demikian manfaat daun seledri bagi kesehatan dan kecantikkan.

Baca Juga