31 Manfaat Buah Pisang yang Bagus Untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh
Buah pisang adalah salah satu buah yang banyak digemari karena rasanya yang manis. Disamping enak untuk dikonsumsi, ternyata pisang sangat banyak manfaatnya, baik dari segi kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat Buah Pisang - Pisang adalah salah satu buah yang memiliki rasa manis dan sangat mudah didapatkan. Buah yang satu ini juga banyak diolah menjadi makanan ringan, seperti keripik pisang, pisang goreng, pisang keju dan semacamnya. Banyaknya kandungan vitamin dan mineral membuat buah pisang kaya akan manfaat. Berikut adalah berbagai manfaat buah pisang yang dapat digunakan untuk kecantikan dan kesehatan tubuh.

1. Membantu Program Diet

Manfaat Buah Pisang
Membantu program diet

Manfaat buah pisang yang pertama adalah membantu program penurunan berat badan. Kandungan fruktosa yang rendah dan berprotein tinggi membuat buah pisang cocok untuk dikonsumsi saat diet. Selainitu, kandungan karbohidrat dan lemak dalam pisang juga tidak menyebabkan berat badan bertambah, sehingga dapat memberi rasa kenyang tanpa mengganggu program diet. 

2. Baik Untuk Ginjal

Buah pisang mengandung kalium yang cukup tinggi. Kalium adalah zat yang sangat berpengaruh untuk kesehatan ginjal. Oleh karena itu, mengonsumsi buah pisang setiap hari sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal. 

3. Mengatasi Maag

Jiak anda bermasalah dengan asam lambung atau penyakit maag, maka pisang adalah pilihan tepat untuk anda konsumsi. Buah pisang mengandung zat yang dapat mengurangi rasa nyeri dan asam lambung berlebih. 

4. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Potassium yang ada dalam buah pisang dapat membantu memperlancar perederan darah dan sekaligus mencegah kerusakan. Untuk itu, mengonsumsi buah pisang secara rutin dapat menghindari resiko penyakit jantung.

5. Mengatasi Jerawat

Manfaat Buah Pisang 5
Mengatasi jerawat

Buah pisang yang ditumbuk sampai halus dan dijadikan masker dapat membantu mengatasi jerawat sekaligus menghilangkan noda-noda hitam bekas jerawat pada wajah. 

6. Baik Untuk Penderita Diabetes

Untuk penderita diabetes, ada satu jenis pisang yang sangat baik untuk dikonsumsi, yaitu pisang goroho. Pisang goroho sangat dipercaya untuk menormalkan kembali gula darah dalam tubuh, sehinngga penyakit diabetes dpat teratasi dengan baik. 

7. Mengatasi Luka Bakar

Buah pisang juga dapat digunakan untuk mengatasi luka bakar. Hal ini karena kandungan dalam buah pisang dapat membantu proses pembentukan jaringan baru pada kulit. Cara mengatasi luka bakar dengan pisang yaitu dengan mengoleskan buah pisang yang telah dihaluskan pada kulit yang terkena luka bakar.

8. Membantu Metabolisme

Kandungan serat tinggi yang terdapat pada buah pisang sangat berguna dalam sistem pencernaan. Untuk menjaga sistem metabolisem agar tetap bekerja dengan baik, konsumsilah satu buah pisang setiap hari.

9. Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri haid adalah salah satu penyakit yang sangat mengganggu para wanita. Ternyata, buah pisang mampu mengatasi nyeri haid. Kandungan mineral dlam buah pisang lah yang berperan dalam mengatasi nyeri haid tersebut. 

10. Memperbaiki Mood

Manfaat Buah Pisang 10
Memperbaiki mood

Hormon yang mempengaruhi perubahan mood disebut hormon serotonin. Triptofan yang terkandung dalam buah pisang sangat berguna untuk meningkatkan hormon serotonin. Semakin banyak hormon serotonin dalam tubuh, maka semakin baik suasana hati seseorang.

11. Menghaluskan Kulit

Untuk kecantikan wajah, buah pisang dapat dimanfaatkan sebagai masker. Vitamin dan mineral pada buah pisang sangat baik untuk menghaluskan kulit wajah. Anda dapat menambahkan sedikit madu dengan pisang yang telah dihaluskan.

12. Melancarkan Aliran Darah

Buah pisang mengandung mineral yang sangat pentng untuk melancarkan aliran darah dalam tubuh. Mineral tersebut adalah kalium dan potasium. 

13. Mengobati Rabun Dekat

Vitamin A sangat berpengaruh bagi kesehatan mata. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin A, buah pisang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi. Jika dikonsumsi secara rutin, buah pisang mmapu mengobati rabun dekat. 

14. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Untuk mengindari dehidrasi, tentunya kebutuhan cairan dalam tubuh harus tercukupi dengan baik. Selain minum air putih yang cukup, mengonsumsi buah pisang yang tinggi akan kalium juga dapat membantu mencukupi cairan dalam tubuh. 

15. Mengatasi Sembelit

Manfaat Buah Pisang 15
Mengatasi sembelit

Manfaat buah pisang berikutnya yang dapat kita ambil adalah mengatasi masalah sembelit. Sembelit biasanya terjadi akibat kurangnya asupan serat dalam tubuh. Buah pisang yang mengandung serat tinggi dapat melancarkan pencernaan sehingga sembelit dapat teratasi. 

BACA JUGA: 31 Manfaat Buah Pir yang Bagus Bagi Kesehatan dan Kecantikan

16. Mengurangi Rasa Gatal Pada Kulit

Rasa gatal pada kulit biasanya disebabkan oleh alergi atau gigitan serangga. Untuk mengatasinya, buah pisng menjadi solusi yang tepat. Caranya yaitu dengan mengoleskan buah pisang yang telah dihaluskan ke bagian kulit yang terasa gatal. 

17. Menambah Energi

Kebutuhan energi harus tercukupi untuk menunjang aktivitas agar tetap bertenaga dan tidak mudah lelah. Salah satu  huah yang dapat menambah energi adalah buah pisang. Untuk itu, buah pisang sangat baik untuk dijadikan makanan pendamping. 

18. Mengobati Asma

Asma pada umumnya disebabkan oleh faktor keturunan. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan bagi penderita untuk sembuh. Dari sejumlah penelitian, mengonsumsi buah pisang secara rutin setiap hari dapat mengurangi resiko kekambuhan pada penyakit asma. 

19. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Selain dapat menyembuhkan beberapa penyakit, buah pisang juga sangat baik dalam meningkatkan kecerdasan. Untuk itu, buah pisang sangat baik untuk dijadikan makanan pendamping untuk bayi dan anak-anak. 

20. Mengatasi Hipertensi

Manfaat Buah Pisang 20
Mengatasi hipertensi

Untuk mengatasi penyakit hipertensi, buah pisang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Kandungan kalium dalam pisang dapat menstabilkan tekanan darah bahkan dapat menurunkan tekanan darah dengan cepat saat terlalu tinngi. 

21. Mengobati Diare

Selain itu, kalium pada buah pisang juga mampu mengatasi diare dengan cepat. Saat mengalami diare, cairan tubuh akan semakin berkurang dan mengakibat tubuh menjadi lemas, Untuk itu segeralah mengonsumsi buah pisang saat diare agar tidak bertambah parah.

22. Menjaga Kardiovaskuler

Selain baik untuk kesehatan jantung, potassium yang ada dalam buah pisnag juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskuler. Konsumsilah buah pisang secara teratur agar kardiovaskuler tetap berfungsi dengan baik. 

23. Mengatasi Anemia

Anemia adalah penyakit yang diakibatkan oleh kurangnya zat besi dalam tubuh. Zat besi kita temukan dalam buah pisang. Jika anda mengalami masalah anemia, konsumsilah buah pisang agar kadar hemoglobin meningkat dan anemia dapat teratasi dengan baik. 

24. Menjaga Suhu Tubuh

Kondisi lingkungan dan cuaca yang berubah-ubah dapat mepngaruhi kestabilan suhu tubuh. Suhu yang normal pada tubuh adalah 36 derajat C. Jika anda mendapati suhu tubuh yang kurang atau lebih dari itu, maka konsumsilah buah pisang, agar suhu tubuh anda kembali normal. 

25. Baik Untuk Tulang dan Gigi

Manfaat Buah Pisang
Baik untuk tulang dan gigi

Mengandung mineral yang tinggi pada buah pisang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Untuk mencegah pengeroposan tulang dan gigi, maka anda perlu mengonsumsi buah pisang secara rutin setiap hari.

26. Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Wanita yang sedang hamil tentu memerlukan nutrisi yang optimal, terutama kebutuhan asam folat. Asam folat sangat berguna untuk mencegah resiko cacat pada bayi. Buah pisang yang mengandung asam folat tinggi sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

27. Mengatasi Penyakit Liver

Buah pisang juga dapat dimanfaat kan untuk menyembuhkan penyakit liver. Jka anda sendiri bermasalah dengan penyakit liver, maka tidak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi buah pisang. Anda dapat menambahkan sedikit madu untuk campuran jus pisang.

28. Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun yang baik sangat diperlukan agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh, kandungan mineral dan vitamin dalam buah pisang cukup bisa diandalkan.

29. Melancarkan Aliran Oksigen ke Otak

Pisang juga sangat baik untuk melancarkan peredaan oksigen menuju otak. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat. 

30. Mengatasi Gangguan Usus

Buah pisang juga dipercaya untuk mengatasi gangguan pada usus. Dalam hal ini jenis pisang yang dapat digunakan adalah pisang ambon. Cukup tambahkan sedikit susu dalam jus pisang, lalu konsumsilah secara teratur.

31. Mengatasi Kolesterol

Serat pektin yang terkandung dalam buah pisang sangat bermanfaat untuk mengatasi kolesterol. Menurut penelitian, buah pisang ternyata sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh tanpa mengurangi kadar kolesterol baik (HDL). 


Baca Juga