31 Manfaat Buah Pir yang Bagus Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Buah yang mengandung antioksidan ini mempunyai banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Tidak hanya buahnya saja, bahkan kulitnya pun dapat dimanfaatkan untuk kesehatan.

Manfaat Buah Pir - Buah yang berasal dari Eropa ini mengandung flavonoid dan antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu, buah pir juga mengandung serat yang baik untuk tubuh. Buah pir memiliki kadar air yang cukup tinggi, ditambah dengan rasanya yang manis dan segar membuat buah yang satu ini menjadi favorit banyak orang. Buah pir memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Mari kita simak berbagai manfaat buah pir berikut.

1. Anti Radikal Bebas

Manfaat Buah Pir
Anti Radikal Bebas

Manfaat buah pir yang pertama adalah menangkal radikal bebas yang ada pada tubuh. Buah pir mengandung banyak vitamin K, vitamin C, serta tembaga, zat-zat ini lah yang berguna melawan radikal-radikal bebas yang kerap merusak sel tubuh.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Buah pir mengandung serat yang cukup tinggi yang berfungsi mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Dengan demikian, tubuh tidak akan mudah terserang penyakit jantung. Buah pir juga dapat mengurangi resiko terjadinya serangan stroke.

3. Mencegah Kanker

Lagi-lagi kandungan serat yang terdapat pada buah pir memiliki manfaat yang luar biasa. Buah pir mampu membersihkan sel-sel karsinogenik dari tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya kanker, terutama kanker usus besar. Kanker payudara juga bisa dicegah dengan mengonsumsi buah pir secara teratur setiap harinya. 

4. Tidak Menyebabkan Alergi

Buah pir bisa dikonsumsi oleh siapa saja, mulai dari bayi, balita hingga orang dewasa. Bila dibandingkan dengan buah lainnya, buah pir tidak menimbulkan alergi bagi yang mengonsumsinya.

5. Menjaga Gula Darah

Manfaat Buah Pir 5
Menjaga gula darah

Bagi penderita diabetes, mengonsumsi buah pir sangat dianjurkan, karena indeks gliserin yang terkandung dalam buah pir yang rendah namun tinggi serat. Walaupun buah pir memiliki rasa yang manis, tetapi kadar gliserin yang ada didalamnya dapat mengatur kadar gula darah agar tetap stabil. 

6. Mencegah Osteoporosis

Untuk mencegah osteoporosis, rajin mengonsumsi buah pir adalah pilihan yang tepat. Kandungan boron yang ada pada buah pir berguna untuk membantu penyerapan kalsium dalam tubuh, sehingga osteoporosis dapat dihindari dengan baik.

7. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat buah pir berikutnya adalah dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh sehingga tidak mudah terkena penyakit. Kandungan buah pir yang sangat berperan untuk meningkatkan sistem imun tubuh ialah vitamin A, vitamin C dan tembaga. 

8. Baik Untuk Pencernaan

Buah pir mengandung serat tidak larut. Serat jenis ini akan mudah bergerak melewati usus besar. Karena itu, buah pir sangat membantu proses pencernaan. Selain baik untuk pencernaan, buah pir juga dapat mencegah polip usus. 

9. Menambah Energi

Saat tubuh mulai terasa lemah, konsumsilah buah pir. Buah pir mengandung glukosa yang cukup tinggi, sehingga dapat menambah energi dengan cepat.

10. Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Pir 10
Nutrisi untuk ibu hamil

Buah pir sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Asam folat berperan untuk mencegah bayi lahir cacat. 

11. Baik untuk sendi, usus dan empedu

Kandungan yang terdapat dalam buah pir sangat baik untuk kesehatan sendi, usus dan empedu, sehingga terhindar dari berbagai penyakit seperti radang sendi, asam urat dan radang usus. 

12. Untuk Menyapih Anak

Saat anak berhenti menyusui atau disapih, buah pir adalah pilihan yang tepat untuk dikonsumsi oleh anak. Resiko alergi dan tingkat keasaman buah pir sangat rendah, sehingga aman untuk pencernaan. Anda dapat memberikan buah pir secara langusng atau boleh juga dengan dicampur bubur. 

13. Menjaga Tekanan Darah

Manfaat lainnya dari buah pir adalah menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Antioksidan dan karsinogen glutathione yang ada pada buah pir sangat berperan dalam menjaga kestabilan tekanan darah.

14. Mengatasi Sesak Nafas

Jika anda sering mengalami sesak nafas, baik pada cuaca panas ataupun dingin, maka sebaiknya anda mengonsumsi buah pir secara rutin, karena buah pir sangat baik untuk mengatasi sesak nafas. 

15. Mengatasi Radang

Manfaat buah pir berikutnya yang perlu anda ketahui adalah mengatasi radang. Zat anti inflamasi yang terkandung dalam buah pir lah yang sangat berperan mengatasi radang.

BACA JUGA: 28 Manfaat Susu Kedelai Untuk Kecantikan dan Kesehatan

16. Mengatasi Gangguan Tenggorokan

Manfaat Buah Pir 16
Mengatasi gangguan tenggorokan

Buah pir juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi gangguan tenggorokan. Anda hanya perlu menjadikannya jus atau bisa juga dimakan langsung saat mengalami gangguan tenggorokan.

17. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin K, vitamin C dan tembaga yang ada didalam buah pir mampu mencegah terjadinya kerutan-kerutan halus pada kulit wajah. Zat-zat tersebut berperan sebagai penangkal radikal bebas pada kulit, sehingga kulit terlindungi dan terhindar dari penuaan.

18. Mencegah Kerusakan Kulit

Selain mencegah penuaan dini, mengonsumsi buah pir juga baik untuk mencegah kerusakan kulit. Dalam hal ini, yang berperan adalah kandungan serat dalam buah pir yang menjadikan kulit sehat dan halus. 

19. Mengatasi Kulit Berminyak

Kulit yang berminyak dapat diatasi dengan buah pir. Anda perlu mencampurkan buah pir dengan madu secukupnya, kemudian gunakan sebagai masker untuk wajah Anda. Gunakan ramuan tersebut 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal. 

20. Melembabkan Kulit

Manfaat Buah Pir 20
Melembabkan kulit

Manfaat lain buah pir adalah melembabkan kulit yang kering. Humectants yang ada pada buah pir berperan dalam menyeimbangkan kadar air pada kulit, sehingga kelembaban kulit tetap terjaga. 

21. Mengatasi Jerawat

Buah pir juga tidak kalah ampuh untuk mengatasi jerawat. Buah yang satu ini dapat membuat kulit jadi lebih kuat melawan jerawat dan infeksi dari dalam tubuh. Hal ini terjadi karena buah pir mengandung vitamin dan mineral yang sangat tinggi. 

22. Merawat Bibir

Jika Anda memiliki bibir yang cenderung kering atau pecah-pecah, buah pir merupakan solusi yang baik. Buah pir mengandung Asam laktat yang membuat sel-sel pada bibir terhidrasi dan terhindar dari kekeringan, sehingga bibir akan menjadi lembab dan halus.

23. Sebagai Scrub Kulit

Buah pir bisa menjadi scrub alami yang dibutuhkan oleh kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Tumbuk buah pir hingga halus kemudian gosok-gosokkan pada kulit secara teratur pada kulit wajah agar kulit tetap sehat dan tidak kusam.

24. Anti Inflamasi

Buah pir bersifat anti inflamasi yang bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Karena bersifat anti inflamasi, menggunakan produk kecantikan dengan bahan dasar buah pir sangat aman digunakan untuk kulit. 

25. Menutrisi Rambut

Manfaat Buah Pir 25
Menutrisi rambut

Sorbitol, alkohol gula alami yang terkandung dalam buah pir sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit kepala, menguatkan akar rambut dan melembabkan rambut. Dalam hal ini, buah pir bisa digunakan sebagai masker rambut. 

26. Baik Untuk Penderita Diabetes

Untuk penderita diabetes, mengonsumsi buah pir sangat dianjurkan. Hal ini dikarenakan rendahnya kadar kalori dan karbohidrat yang terdapat dalam buah pir, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. 

27. Mengatasi Rambut Kering

Bagi yang memiliki rambut kering bahkan bercabang, buah pir adalah solusi tepat yang harus dicoba. Vitamin C yang ada dalam buah pir dapat berperan sebagai anti oksidan yang dapat melembabkan rambut.

28. Rambut Menjadi Mudah diatur

Buah pir dapat mengatasi rambut kusut dan kusam. Konsumsilah buah pir secara teratur setiap harinya untuk mendapatkan rambut yang indah dan mudah diatur, atau anda juga bisa menjadikannya sebagai masker rambut.

29. Mengatasi Alzheimer

Buah pir juga dipercaya sebagi obat penyakit alzheimer. Penelitian membuktikan bahwa kulit buah pir mengandung quercetin yang dapat menyembuhkan penyakit alzheimer. Untuk mencegah terjadinya penyakir alzheimer, tidak ada salahnya jika kita mengonsumsi buah pir berikut dengan kulitnya.

30. Mengatasi Sakit Kepala

Manfaat Buah Pir 30
Mengatasi sakit kepala

Buah pir bisa menjadi pilihan ketika Anda mengalami sakit kepala. Karena buah pir mengandung antibiotk alami yang ampuh untuk mengatasi sakit kepala. Anda cukup mengonsumsi buah pir secara teratur saat sakit kepala menyerang.

31. Merawat Rambut Ikal

Rambut ikal tentunya membutuhkan perawatan yang ekstra jika dibandingkan dengan rambut lurus. Untuk membuat rambut ikal Anda tetap cantik dan mudah diatur, jadikanlah buah pir sebagai conditioner alami rambut Anda. Lakukan secara rutin dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga