42 Manfaat Buah Naga yang Jarang Diketahui Banyak Orang
Buah naga merupakan salah satu buah yang mempunyai banyak manfaat. Buah ini sendiri bisa kamu temukan di daerah tropis maupun subtropis. Mengingat manfaat dari buah naga yang begitu banyak, maka tak heran jika kali ini saya merasa tertarik untuk mengulas sejumlah manfaat dari buah naga.

Manfaat Buah Naga - Buah naga merupakan buah yang berasal dari amerika selatan. Secara umum, buah naga bisa kamu temukan di sejumlah daerah subtropis maupun tropis. Sedangkan di indonesia sendiri buat naga sekarang sudah banyak yang membudidayakannya, sehingga kamu bisa dengan mudahnya menemukan buah naga.

Buah yang memiliki bentuk unik ini ternyata memiliki sejumlah manfaat. Nah berikut ini adalah sejumlah manfaat buah naga yang jarang diketahui oleh banyak orang.

1. Mengurangi Tanda-tanda Penuaan

Manfaat Buah Naga
Mengurangi Tanda-Tanda Penuaan

Umumnya penuaan disebabkan oleh sejumlah kerusakan pada sel-sel tubuh, dimana kerusakan tersebut merupakan akibat dari radikal bebas dalam tubuh kita. Sedangkan buah naga mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

2. Mengatasi Jerawat

Manfaat Buah Naga
Mengatasi Jerawat

Vitamin c pada buah naga mampu menghilangkan jerawat di wajah. Cukup dengan menghaluskan buah naga dan alpukat, bisa menjadikannya sebagai masker wajah yang ampuh dalam mengatasi jerawat.

3. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Kandungan vitamin c dan e dalam buah naga dapat kamu jadikan sebagai pelindung kulitmu dari sinar matahari.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Mengonsumsi 1 gelas jus buah naga pada saat pagi hari terbukti mampu meningkatkan kesehatan kulit yang kendur dan kusam.

5. Melembabkan Kulit

Sekitar 90% dari buah naga sendiri terdiri dari air, yang tentunya terbilang sangat mampu untuk menghidrasi dan meningkatkan kelembaban kulit.

Baca Juga : 36 Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan dan Kecantikan

6. Membuat Rambut Bersinar

Selain antioksidan, buat naga juga mengandung enzim yang cukup banyak. Dimana enzim-enzim tersebut mampu membuat rambut tampak sehat, halus dan bersinar.

7. Menguatkan Tulang Janin

Buah naga juga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, karena boneka mengandung fosfor dan kalsium. Di mana kedua kandungan tersebut sangat berperan baik bagi pertumbuhan tulang pada janin.

8. Mencegah Bayi Lahir Cacat

Selain itu, asam folat dalam buah naga juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan janin. Tak hanya itu saja, buah naga juga mengandung vitamin b1 dan b2 yang juga berperan dalam menjaga kesehatan janin.

9. Mengobati Asam Lambung

Rasa manis dan kesegaran buah naga terbukti mampu mengobati maag atau asam lambung.

10. Menurunkan Kolesterol

Manakah juga mengandung omega 3, omega 6 dan asam lemak yang mampu menurunkan kolesterol.

11. Mengobati Sembelit

Mineral dan serat yang tinggi bisa kamu temukan pada buah naga. Dimana kedua kandungan tersebut terbukti mampu mengobati sembelit.

12. Menurunkan Gula Darah

Buah naga merupakan salah satu sumber gizi yang kaya akan polifenol, thiols, karotenoid, glucosinolates dan tokoferol. Di mana semua kandungan tersebut mampu menurunkan gula darah.

13. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah naga mampu mengatasi kerusakan oksidatif yang diakibatkan oleh radikal bebas. Bahkan juga terbukti mampu mengendurkan arteri, sehingga dapat menurunkan resiko terjadinya serangan jantung.

14. Mencegah Anemia

8% dari seluruh kebutuhan zat besi pada tubuh dalam sehari-harinya bisa tercukupi hanya dengan satu buah buah naga. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin c pada buah naga dapat meningkatkan fungsi tubuh dalam menyerap zat besi.

15. Membantu Diet

Diketahui juga buah naga merupakan salah satu buah yang rendah kalori. Selain itu, buah naga mengandung serat yang cukup tinggi. Dimana hal ini bisa membuatmu merasa kenyang, dan mencegah dirimu untuk makan terlalu banyak.

16. Mencegah Kanker

Dalam sebuah studi menyimpulkan, bahwa lycopene, karoten dan vitamin c pada buah naga mampu mencegah perkembangan sel kanker.

17. Mencegah Diabetes

Meskipun merupakan buah yang manis, namun buah naga mampu mencegah diabetes. Hari ini dikarenakan rasa manis dalam buah naga merupakan rasa manis alami, layaknya rasa manis pada kurma.

18. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin c yang cukup tinggi pada buah naga mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

19. Mengobati Arthritis

Dalam hal ini, zat besi dalam buah naga sangat berperan penting dalam meningkatkan produksi sel darah merah.

20. Mencegah Penyakit Ginjal dan Tulang

100 gram buah naga mampu mencegah penyakit ginjal dan tulang. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan kalsium pada buah naga itu sendiri.

21. Menguatkan Gigi

Manfaat Buah Naga
Menguatkan Gigi

Dalam hal ini, kandungan fosfor dan kalsium pada buah naga terbukti sangat ampuh untuk menguatkan gigi.

22. Memperbaiki Sel-sel Tubuh

Enzim dan protein yang terkandung dalam buah naga terbukti mampu memperbaiki dan meregenerasi sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan.

23. Membasmi Virus dan Bakteri

Vitamin c yang tinggi dalam buah naga dapat memerangi sejumlah bakteri dan virus yang menyebabkan berbagai macam penyakit.

24. Meningkatkan Nafsu Makan

Seperti yang sudah kita ketahui, buah naga mengandung vitamin b1 dan b2. Dimana kedua vitamin tersebut mampu meningkatkan nafsu makan.

25. Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat Buah Naga
Mata

Buah naga mengandung beberapa elemen yang mampu melindungi mata dari berbagai macam penyakit, yakni beta-karotendan pigmen.

26. Meningkatkan Fungsi Otak

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah naga, mampu melindungi otak dari berbagai macam kerusakan.

27. Mengatasi Asma

Vitamin c pada buah naga juga mampu menyembuhkan sejumlah gangguan pernapasan seperti asma.

28. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Umumnya, tekanan darah tinggi terjadi karena adanya penyumbatan dalam arteri. Sedangkan buah naga sendiri bermanfaat untuk melancarkan aliran darah pada tubuh kita.

29. Menghilangkan Racun dalam Tubuh

Penyakit biasanya timbul karena adanya racun dalam tubuh. Untuk menghilangkan racun racun tersebut, kamu bisa memanfaatkan buah naga.

30. Menjaga Kesehatan Usus

Manfaat buah naga selanjutnya adalah menjaga kesehatan usus. Makanan yang terlalu banyak masuk ke dalam usus, tentu akan membuat sistem kerja usus jadi kesulitan untuk memproses makanan. Buah naga sendiri sangat berperan baik dalam hal ini.

31. Mencegah Kelumpuhan Otot

Umumnya sistem kerja otot sangat dipengaruhi oleh asupan protein. Sedangkan buah naga sendiri sangat baik untuk menambah asupan protein dalam tubuh kita.

32. Melancarkan Sistem Pencernaan Bayi

Buah naga juga bisa kamu gunakan sebagai jus yang bermanfaat dalam melancarkan sistem pencernaan pada bayi. Dalam hal ini pastikan bayi berumur diatas 1 tahun.

33. Menjaga Kesehatan Syaraf

Fosfor dan kalsium yang bisa kamu temukan dalam buah naga mampu menjaga kesehatan sistem saraf.

34. Mengobati Radang Tenggorokan

Vitamin c yang cukup tinggi dalam buah naga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga sanggup mempercepat proses penyembuhan tenggorokan yang mengalami peradangan.

35. Mencegah Infeksi

Dalam buah naga terdapat berbagai macam zat yang sangat bermanfaat. Misalnya vitamin c, b1 dan b3 serta mineral yang cukup bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan tubuh yang sehat, berbagai macam infeksi tentu bisa dicegah dengan mudah.

36. Mengobati Sariawan

Selain itu, vitamin c pada buah naga juga terbukti ampuh dalam menyembuhkan sariawan.

37. Meningkatkan Produksi ASI

Manfaat Buah Naga
ASI

Mineral dan sejumlah gizi pada buah naga mampu meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

38. Mengatasi Kram

Fosfor, mineral dan vitamin yang terdapat dalam buah naga mampu mengatasi kram.

39. Mengobati Batuk

Vitamin c yang tinggi dalam buah naga juga sangat berperan baik dalam mengatasi sakit batuk.

40. Pewarna Alami

Betalain pada buah naga bisa kita manfaatkan sebagai pewarna alami. Sehingga aman jika kita gunakan untuk mewarnai sejumlah makanan.

41. Sumber Antioksidan

Secara garis besar, buah naga bisa dikatakan sebagai salah satu buah yang memiliki banyak manfaat lantaran mengandung antioksidan yang cukup tinggi.

42. Menjaga Ion Tubuh

Mineral dan sejumlah kandungan lainnya pada buah naga juga sangat berperan baik dalam menjaga ion tubuh.

Baca Juga