23 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit
Kiwi adalah buah unik dengan rasa yang manis. Buah kiwi mengandung banyak vitamin, terutama vitamin C nya yang sangat tinggi. Tak heran jika buah yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh.

Manfaat Buah Kiwi - Buah kiwi adalah buah dengan bentuk unik yang berasal dari Negeri China. Buah yang satu ini pertama kali dibudidayan di New Zealand. Buah kiwi yang telah matang memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang lunak. Buah manis ini memiliki banyak kandungan vitamin, diantaranya yaitu thiamin, zat besi, fosfor, kalsium, kalium, vitamin E, serta vitamin C yang tinggi. Karena banyaknya nutrisi yang terkandung didalamnya, buah kiwi pun memiliki manfaat yang banyak pula, baik dari segi kecantikan maupun kesehatan. Berikut ini adalah berbagai manfaat buah kiwi yang perlu anda ketahui.

1. Melembabkan dan Menghaluskan Kulit

Manfaat Buah Kiwi
Melembabkan dan menghaluskan kulit

Manfaat buah kiwi yang pertama adalah untuk melembabkan dan menghaluskan kulit. Buah kiwi mengandung vitamin E yang cukup tinggi, sehingga dapat membuat tampak lembab dan sehat. Buah kiwi juga mengandung banyak air yang mampu menjaga kulit dari kekeringan. Dlam hal ini anda cukup menempelkan irisan buah kiwi pada wajah secara rutin.

2. Menghilangkan Jerawat

Jerawat masih menjadi masalah yang seringkali dialami banyak orang. Buah kiwi sangat bisa diandalkan untuk mengatasi jerawat. Caranya penggunaannya yaitu dengan menjadikan kiwi sebagai masker wajah.

3. Sebagai Antioksidan

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada buah kiwi mampu berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan sangat dibutuhkan untuk menghindari tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Untuk mengambil manfaat antioksidan yang ada pada buah kiwi, anda hanya perlu mengonsumsinya secara teratur.

4. Mengatasi Kulit Berminyak

Kulit wajah yang mengandung minyak berlebih tentu sangat mengganggu penampilan dan rentan terhadap timbulnya jerawat. Untuk mengurangi minyak tersebut, anda dapat memanfaatkan buah kiwi sebagai masker wajah. Haluskan buah kiwi dan campur dengan air lemon secukupnya, kemudian oleskan pada wajah dan diamkan hingga mengering. 

5. Meremajakan Kulit

Manfaat Buah Kiwi 5
Meremajakan Kulit

Selain menghilangkan jerawat, buah kiwi juga mampu meremajakan kulit. Dibantu dengan vitamin E dan vitamin C yang bersifat antioksidan, kulit akan mendapat nutrisi yang cukup dan terlihat lebih muda. 

6. Mengatasi Rambut Kering

Manfaat buah kiwi selanjutnya berkaitan dengan rambut kering. Kandungan omega 3 yang ada dalam buah kiwi sangat bermanfaat untuk melembabkan rambut yang kering sehingga rambut menjadi terawat dan mudah diatur. Anda bisa menjadikan buah kiwi sebagai masker rambut alami.

7. Mengatasi Rambut Rontok

Selain dapat melembabkan rambut, buah kiwi juga baik untuk mengatasi rambut rontok. Rambut rontok jika dibiarkan akan membuat rambut menjadi tipis bahkan botak. Vitamin C dan vitamin E dalam buah kiwi dapat membantu menguatkan akar rambut sehingga tidak mudah rontok. 

8. Sebagai Penunjang Diet

Untuk anda yang sedang diet, mengonsumsi buah kiwi adalah pilihan tepat tanpa harus khawatir dengan penambahan kalori. Karena kandungan vitamin C nya yang tinggi, maka buah kiwi dapat mengurangi lemak yang tertimbun di dalam tubuh. Kandungan serat pada buah kiwi juga dapat memperlancar proses pencernaan.

9. Mengatasi Anemia

Anemia umumnya terjadi karena kurangnya asupan zat besi di dalam tubuh. Zat besi ini sangat penting dalam pembentukan sel-sel darah merah. Untuk meningkatkan kembali sel darah merah dalam tubuh, anda bisa mengonsumsi buah kiwi yang kaya akan zat besi. 

10. Melancarkan Pencernaan

Manfaat Buah Kiwi 10
Melancarkan pencernaan

Untuk pencernaan yang lancar, kita membutuhkan asuoan serat yang cukup. Buah kiwi mengandung serat yang tinggi. Dengan mengonsumsi buah kiwi, kebutuhan serat akan tercukupi sehingga pencernaan menjadi lancar serta terhindar dari kanker usus.

BACA JUGA: 20 Manfaat Air Beras Bagi Kecantikan yang Jarang Diketahui

11. Mengontrol Kadar Gula Dalam Darah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa buah kiwi mengandung serat yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan mengatur kadar gula dalam darah. Untuk itu, bagi penderita diabetes sangat dianjurkan mengonsumsi buah kiwi agar kadar gula dalam darah tetap stabil.

12. Mengatasi Kolesterol

Tingginya kadar kolesterol sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Buah kiwi cukup bisa diandalkan untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Hal ini didukung oleh adanya lemak tak jenuh dan serat pada buah kiwi. Dengan mengonsumsi kiwi 2 sampai 3 buah sehari, kita akan terhindar dari penyakit yang berkaitan dengan kardiovaskuler.

13. Mengatasi Asma

Manfaat lainnya dari buah kiwi adalah mampu mengatasi asma karena mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Hasil penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi buah kiwi bersama buah jeruk sebanyak 6-7 porsi seminggu dapat mengurangi tingkat kekambuhan asma sebanyak 33%. 

14. Memperbaiki Mood

Kandungan lainnya dari buah kiwi yang sangat berguna adlah serotonin. Serotonin sangat berpengaruh dalam meningkatkan mood seseorang. Selain meningkatkan mood, serotonin juga dapat membantu mengatasi insomnia atau sulit tidur.

15. Mengatasi Rematik

Manfaat Buah Kiwi 15
Mengatasi rematik

Penyakit rematik pada umumnya menyerang pada usia lanjut. Rematik dapat menghambat kemudahan oennderita dalam menggerakkan tubuh. Untuk mengatasinya, buah kiwi sangat bisa diandalkan. Lagi-lagi yang berperan disini adalah kandungan vitamin C nya yang tinggi. Hasil penelitian mengatakan bahwa vitamin C dapat mengurangi gejala rematik.

16. Mengatasi Hipertensi

Buah kiwi mengandung lemak tak jenuh dan omega 3 serta omega 6 yang mampu mengatasi plak dalam pembuluh darah yang menyebabkan pembuluh darah menjadi sempit sehingga tekanan darah naik. Untuk penderita hipertensi, sangat dianjurkan mengonsumsi buah kiwi secara rutin.

17. Menyehatkan Tulang dan Gigi

Selain banyak vitamin, buah kiwi juga mengandung mineral yang berperan penting bagi kesehatan tulang dan gigi. Dalam hal ini, mineral yang terdapat dalam buah kiwi adalah fosfor dan kalsium. Disamping itu, buah kiwi juga mengandung vitamin D dan Vitamin K yang membantu kinerja mineral agar berjalan dengan maksimal.

18. Menyehatkan Jantung

Jantung yang sehat adalah jantung yang terhindar dari kolesterol jahat. Kandungan kalium dan lemak tak jenuh yang ada pada buah kiwi bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh serta menyehatkan jantung. Untuk itu konsumsilah buah kiwi setiap harinya agar terhindar dari penyakit jantung.

19. Mengatasi Sariawan

Sariawan biasanya terjadi akibat kurangnya asuoan vitamin C dalam tubuh. Solusi yang paling baik untuk mengatasi sariawan adalah dengan rajin mengonsumsi buah kiwi karena kandungan vitamin C nya sangat tinggi. Selain itu, buah kiwi juga mengandung banyak air sehingga mulut tidak kering dan sariawan cepat hilang. 

20. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat Buah Kiwi 20
Menjaga kesehatan mata

Buah kiwi ternyata juga bermanfaat untuk menyehatkan mata, terutama untuk usia lanjut. Selain vitamin C nya yang terkenal tinggi, kiwi juga mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Mengonsumsi buah kiwi secara rutin akan membuat mata tetap sehat. 

21. Menjaga Organ Hati

Selain menjaga kesehatan mata, kiwi juga bermanfaat untuk menjga organ hati yang sngat penting dalam mengatur pengolahan zat-zat didalam tubuh. Buah kiwi yang bersifat antioksidan mampu memperbaiki kerusakan hati sehingga dapat kembali berfungsi dengan baik. 

22. Mengatasi Perdarahan

Vitamin K yang terkandung dalam buah kiwi berfungsi untuk mempercepat proses pembekuan daran sehingga dapat mengatasi perdarahan dengan baik. Selain itu, mengonsumsi buah kiwi dapat meningkatkan trombosit sehingga sangat baik untuk penderita demam berdarah.

23 Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Buah kiwi sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini karena buah kiwi mengandung asam folat yang sangat penting utnuk pertumbuhan janin dalam kandungan. Selain itu, buah kiwi juga membantu ibu hamil agar terhindar dari sembelit.


Baca Juga