15 Manfaat Dan Khasiat  Bawang Merah yang Jarang Diketahui Banyak Orang
Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki sejumlah manfaat berguna lainnya. Pada kesempatan kali ini sendiri saya merasa tertarik untuk membahas sejumlah manfaat bawang merah yang jarang diketahui banyak orang.

Manfaat Bawang Merah - Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat berperan baik dalam menambahkan citarasa suatu makanan. Namun di luar itu, ternyata bawang merah juga memiliki sejumlah manfaat lainnya. Pada artikel kali ini kita akan membahas 15 manfaat bawang merah yang jarang diketahui banyak orang.

Buat kamu yang merasa penasaran akan sejumlah manfaat bawang merah, bisa langsung menyimak ulasan berikut ini.

1. Mengurangi Kolesterol

Kandungan quercetin pada bawang merah mempunyai manfaat untuk menurunkan kolesterol jahat atau yang sering disebut dengan istilah LDL. Tidak hanya itu saja, namun kandungan bawang merah tersebut juga mampu meningkatkan lemak baik. Quercetin sendiri merupakan sebuah komponen dari flavonoid atau yang sering disebutkan sebagai antioksidan.

2. Mengurangi Peradangan

Quercetin dalam bawang merah tidak hanya berperan baik untuk mengurangi kolesterol sehat saja, namun sifat anti inflamasi yang kuat tersebut juga mampu mengatasi sejumlah peradangan.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat Bawang Merah
Kekebalan Tubuh

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa bawang merah memiliki sifat antioksidan yang cukup kuat. Sehingga mampu menjaga sel-sel tubuh dari berbagai macam jenis kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

4. Detoksifikasi Tubuh

Kandungan sulfur yang dapat kamu temukan di dalam bawang merah, mampu membantu detoksifikasi pada tubuh. Selain itu, vitamin c yang terdapat dalam bawang merah sangat berperan baik dalam membersihkan darah dari timbal, arsenik dan kadmium.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat Bawang Merah
Tekanan Darah

Sama halnya dengan obat pengencer darah, bawang merah juga terbukti sangat efektif dalam mencegah pembekuan darah. Saking efektif nya, banyak ahli jantung yang menyarankan sebagian besar pasiennya untuk menambahkan bawang merah pada resepnya.

Baca Juga : 36 Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan dan Kecantikan

6. Mencegah Kanker

Dalam hal ini sebenarnya bawang merah tidak hanya berperan dalam mencegah kanker namun juga sanggup dalam mengatasi kanker. Menurut sebuah penelitian, bawang merah memiliki antioksidan yang mampu mencegah kanker dengan cara mengurangi sejumlah kerusakan pada DNA yang diakibatkan oleh radikal bebas. Tak cukup sampai di situ saja, antioksidan dalam bawang merah juga efektif dalam menghancurkan sel tumor dan sel kanker, terutama pada sejumlah kasus leukemia.

7. Menyembuhkan Asma

Manfaat Bawang Merah
Asma

Sudah tidak heran lagi apabila bawang merah dapat mengatasi atau menyembuhkan penyakit asma. Hal ini dikarenakan oleh adanya senyawa aktif yang terkandung dalam bawang merah. Dimana senyawa aktif tersebut bekerja dengan baik dalam menghambat zat-zat pemicu kejang otot, bahkan juga memberikan efek tenang pada otot-otot pernapasan.

8. Mengobati Infeksi

Diketahui juga zat aktif dalam bawang merah ternyata mempunyai sifat anti bakteri yang sangat efektif dalam menangkal infeksi dari bakteri salmonella dan e.coli. Umumnya bakteri-bakteri tersebut mampu menimbulkan sejumlah masalah bagi kesehatan tubuh, salah satunya yakni diare.

9. Menghilangkan Jerawat

Manfaat Bawang Merah
Jerawat

Antioksidan dan flavonoid yang terdapat pada daging bawang merah terbukti efektif dalam menghilangkan jerawat dan mengurangi noda hitam di wajah. Bahkan sifat anti bakteri pada bawang merah dapat mencegah timbulnya jerawat di masa yang akan datang.

10. Meringankan Sakit Gigi

Pada saat sakit gigi, mulut akan dipenuhi oleh sejumlah bakteri dan saraf-saraf gusi juga akan terasa begitu sakit. Sedangkan anti bakteri dan anti inflamasi yang sudah menjadi sifat bawang merah dapat membunuh berbagai macam bakteri yang menyebabkan sakit gigi itu sendiri, dan juga mampu menenangkan saraf gusi yang terasa begitu sakit.

11. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan sulfur yang terdapat dalam bawang merah mampu meningkatkan produksi asam amino yang sangat dibutuhkan oleh otak dan sistem sistem saraf. Dengan mengonsumsi bawang merah sejarah rutin, tentu bisa membantu sel otak tetap terjaga dan meningkatkan memorinya.

12. Meredakan Masalah Perut

Untuk mengatasi berbagai macam masalah perut seperti sakit perut, kamu bisa mengkonsumsi bawang merah secara langsung untuk meningkatkan produksi asam lambung. Atau kamu juga bisa menggosok kan bawang merah ke bagian perut, dengan begitu berat akan merasa lega dan terhindar dari rasa sakit.

13. Menjaga Kesehatan Tulang

Bawang merah juga mengandung gamma l glutamyl yang sangat bermanfaat guna menjaga kekuatan dan kesehatan tulang. Sistem kerja kandungan tersebut yakni dengan memperlambat sejumlah aktivitas osteoklas atau sel yang berkerja sebagai pemecah tulang.

14. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat Bawang Merah
Nafsu Makan

Kandungan asam glutamat yang terdapat dalam bawang merah mampu meningkatkan citarasa pada suatu makanan. Zat adiktif alami tersebut tentunya mampu meningkatkan nafsu makan seseorang.

15. Mengobati Diabetes

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, menyimpulkan bahwa bawang merah merupakan salah satu obat alami yang cukup efektif dalam mengobati diabetes. Penelitian tersebut dilakukan pada dua orang pasien penderita diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Hasilnya, bawang merah mampu membantu hiperglikemia terhadap dua kelompok pasien itu.

Efek Samping Mengkonsumsi Bawang Merah

Meskipun memiliki sejumlah manfaat dan khasiat yang sangat berguna bagi kesehatan, namun bawang merah juga mempunyai efek samping yang kurang baik untuk kesehatan tubuh. Efek samping mengkonsumsi bawang merah secara berlebihan, antara lain :

  • Bawang merah yang dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan bau badan yang tidak sedap, muntah, mual, pusing, perut kembung dan mulas.
  • Bagi kamu yang mengonsumsi obat anti koagulan, kamu harus berkonsultasi dengan seorang dokter terlebih dahulu saat sebelum mengkonsumsi bawang merah. Hal ini dikarenakan mengkonsumsi bawang merah bisa mengganggu sistem kerja obat tersebut.
  • Buat kamu yang memiliki alergi, pastikan tidak memakan atau mengkonsumsi bawang merah secara berlebihan, karena juga akan berdampak buruk terhadap alergi yang kamu miliki.

Baca Juga