20 Manfaat Air Beras Bagi Kecantikan yang Jarang Diketahui
Air beras yang sering terabaikan ternyata memiliki banyak manfaat, khususnya untuk kecantikan kulit dan rambut. Untuk anda yang menghindari kosmetik berbahan kimia, air beras dapat dijadikan alternatif untuk merawat kulit.

Manfaat Air Beras - Kegiatan mencuci beras sebelum menanak nasi pastinya hal yang tidak pernah terlewatkan setiap harinya, terutama bagi wanita ibu rumah tangga. Setelah selesai mencuci beras, pada umumnya setiap orang pasti akan langsung membuang airnya. Padahal air cucian beras memiliki banyak manfaat, khususnya untuk kecantikan kulit dan rambut. Lalu, apa saja sih manfaat air beras ini? Mari kita simak selengkapnya uraian berikut.

1. Memutihkan Kulit Wajah

Manfaat Air Beras
Memutihkan kulit wajah

Manfaat air beras yang pertama dan diidamkan banyak wanita adalah memutihkan kulit wajah. Banyak sekali wanita indonesia yang terobsesi dengan kulit putih. Jika anda salah satunya, maka menggunakan air beras merupakan pilihan yang tepat. Selain sangat efektif untuk memutihkan kulit, menggunakan air beras dapat menghindari kulit dari kosmetik berbahan kimia. Caranya, endapkan air cucian beras semalaman, lalu gunakan endapannya yang berupa tepung sebagai masker wajah. Diamkan selama 20 menit kemudian basuh wajah dengan air biasa. 

2. Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Setelah jerawat menghilang dari wajah, biasanya akan menimbulkan noda bewarna merah atau kehitaman. Untuk menghilangkan noda tersebut, anda dapat memanfaatkan air beras sebagai masker.

3. Dapat dijadikan Sebagai Toner

Air beras juga dapat digunakan sebagai toner untuk mencerahkan wajah yang kusam karena kotoran yang menumpuk di kulit wajah. Cara membuat toner dari air beras sangat sederhana, ambil kapas dan celupkan pada air beras, lalu gosokkan pada wajah
sebelum mandi.

4. Mengurangi Minyak Pada Wajah

Minyak yang terdapat pada wajah sebenarnya mempunyai fungsi yang baik untuk kulit. Akan tetapi minyak yang berlebihan pada kulit dapat memicu timbulnya jerawat dan komedo. Untuk mengatasinya, gunakan masker yang terbuat dari air beras.

5. Merawat Bibir

Manfaat Air Beras 5
Merawat Bibir

Tak hanya wajah, bibir juga bisa dirawat dengan menggunakan air beras. Caranya hampir sama dengan sebelumnya, yaitu dengan menggunakan endapan air beras sebagai masker pada bibir. Diamkan hingga 10 menit kemudian bersihkan dengan air biasa.

6. Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Pori-pori wajah yang besar dapat mengakibat penumpukan kotoran pada kulit dan memicu timbulnya komedo dan masalah kulit lainnya. Untuk mengecilkan pori pori, air beras ternyata juga cukup bisa diandalkan. 

7. Mencegah Penuaan

Manfaat berikutnya adalah mencegah penuaan pada kulit. Air beras mengandung vitamin E yang cukup tinggi dan berguna untuk mengencangkan kulit wajah sehingga tampak lebih muda. Cucilah muka anda 2x sehari dengan air beras agar kulit wajah tetap sehat dan kencang.

8. Mengatasi Rambut Rontok

Selain untuk wajah dan bibir, air beras juga sangat baik untuk merawat rambut rontok. Cukup dengan menggunakan air beras untuk mencuci rambut saja sudah cukup membuat rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok. 

9. Menghaluskan Kulit Wajah

Dengan mencucui muka secara rutin dengan air beras, tekstur wajah semakin alam akan semakin halus dan lembut. Namun gunakanlah beras yang bebas dari bahan kimia. 

BACA JUGA: 19 Manfaat Sari Kurma Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

10. Mengatasi Kerusakan Rambut

Manfaat Air Beras 10
Mengatasi kerusakan rambut

Rambut yang kering dan bercabang tentu akan merusak keindahan alami rambut anda. Air cucian dapat dimanfaatkan untuk membuat rambut lembab. Air cucian beras mampu meregenerasi rambut dan mengatasi kekeringan pada rambut.

11. Memperindah Rambut

Air beras, selain digunakan untuk masker dan mencuci muka, ternyata juga aman untuk diminum. Dengan meminum air beras, maka rambut akan menjadi indah dan sehat. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang terdapat pada air beras yang mampu merawat rambut dari dalam.

12. Menghilangkan Kutu Rambut

Adanya kutu pada rambut, pasati akan membuat anda kehilangan ras percaya diri. Selain itu, rasa gatal yang ditimbulkan sngat mengganggu kenyamanan. Untuk menghilangkan kutut rambut tersebut, anda dapat mengoleskan rambut dan kepala anda dengan menggunakan air cucian beras.

13. Membuat Rambut Berkilau

Masih berkaitan dengan rambut, air cucian beras juga dapat membuat rambut menjadi berkilau dan indah. Biasakanlah mencuci rambut anda dengan ir cucian beras agar rambut tetap indah berkilau.

14. Mencegah Ketombe

Manfaat berikutnya yang dapat diambil dari air beras sadalah mencegah timbulnya ketombe pada kepala. Air cucian beras dapat memberikan efek segar di kulit kepala dan juga mengurangi ketombe.

15. Mengatasi Rambut Bercabang

Manfaat Air Beras 15
Mengatasi rambut bercabang

Manfaat lain dari air beras adalah mengangkat sel kulit mati akibat kotoran yang menumpuk pada kulit wajah. Dengan menjadikan air beras sebagai masker atau pencuci muka, kulit anda akan bebeas dari kusam.

16. Mengangkat Sel Kulit Mati Pada Wajah

Sel kulit mati umumnya disebabkan oleh kotoran yang menumpuk pada permukaan kulit wajah. Dengan menjadikan air beras sebagai masker atau pencuci muka, kulit anda akan bebeas dari kusam.

17. Mempercepat Tumbuhnya Rambut

Manfaat air beras berikutnya yaitu mempercepat tumbuhnya rambut. Jika anda tidak sabar ingin memanjangkan rambut, maka mencucui rambut dengan air beras merupakan alternatif terbaik.

18. Meremajakan Kulit

Air beras juga mampu meremajakan kulit wajah, membuatnya lebih terawat dan sehat. Selain itu, dengan rajin mencuci muka dengan air beras, kulit akan tampak lebih muda dan kencang.

19. Menjaga kulit Dari Ultra Violet

Sering mencuci wajah dengan menggunakan air beras sebelum beraktivitas diluar ruangan, mampu menjaga kulit dari pengaruh buruk sinar ultra violet sehingga kulit wajar tidak akan terbakar dan menjadi gelap. 

20. Meratakan Warna Kulit

Manfaat Air Beras 20
Meratakan warna kulit

Sering beraktivitas diluar ruangan dan terkena terik matahari secara langsung dapat menyebabkan kulit wajah menjadi belang. Air beras mampu mengatasi warna kulit yang belang. Gunakan endapat air beras dan jadikan masker untuk wajah. Ulangi cara tersebut hingga warna kulit kembali merata. 

Loading...

Baca Juga