15 Kutipan Dan Makna Film Dilan Yang Paling Bikin Baper
Asmara Dilan dan Milea ini tidak hanya ditampilkan lewat adegan film saja, tetapi lebih kepada kalimat-kalimat yang diucapkan Dilan kepada si cantik Milea. Beberapa kutipan dari novel Dilan pun kembali menarik minat pembaca untuk ditelusuri serta dipahami kembali makna yang tersirat di dalamnya.

Dilan menjadi salah satu figure yang tengah menjadi perbincangan hangat di awal tahun 2018 ini. Pasalnya, film Dilan 1990 yang diperankan oleh Iqbal Aufkhari dan Vanessa Prescilla ini berhasil menarik jutaan penonton dalam waktu singkat. Film yang diangkat dari novel Dilan 1990 karya Pidi Baiq tersebut memang termasuk kisah romantis sepasang remaja yang masih malu-malu ketika mengungkapkan rasa cintanya. Asmara Dilan dan Milea ini tidak hanya ditampilkan lewat adegan film saja, tetapi lebih kepada kalimat-kalimat yang diucapkan Dilan kepada si cantik Milea.

Beberapa kutipan dari novel Dilan pun kembali menarik minat pembaca untuk ditelusuri serta dipahami kembali makna yang tersirat di dalamnya. Nah, seperti apa makna dari beberapa kutipan dalam novel Dilan yang banyak mengandung arti mendalam tersebut? Simak 15 diantaranya berikut ini ya!

1. “Aku tidak ingin mengekangmu. Terserah! Bebas ke mana engkau pergi. Asal aku ikut.”

15 Makna Dari Kutipan Novel Dilan
tak ingin mengekang, asal ikut

Kebebasan yang diungkapkan dalam kutipan ini bermakna sangat mendalam. Memang terlihat memberikan kebebasan yang luar biasa kepada seseorang yang dicintai. Akan tetapi, kebebasan tersebut masih dihinggapi rasa ingin tahu serta ketidakmampuan melepaskan orang yang disayangi begitu saja.

2. “Kalau mencintaimu adalah kesalahan, ya sudah. Biar. Aku salah terus saja.”

15 Makna Dari Kutipan Novel Dilan
biar aja salah

Berani melakukan kesalahan meski sebenarnya mencintai bukanlah sebuah kesalahan. Makna dari ungkapan pada kutipan tersebut semakin menjelaskan kerelaan untuk berkorban seorang pria yang sungguh-sungguh ingin membuktikan cintanya.

3. “Malam ini, kalau tidur jangan ingat aku, ya! Tapi kalau mau, silakan.”

15 Makna Dari Kutipan Novel Dilan
jangan ingat aku, tapi silakan kalau mau

Antara penawaran dan pembatasan yang dilakukan Dilan dalam novel ini. Kutipan kalimat tersebut memberitahukan bahwa sejatinya dia berharap untuk dirindukan. Namun, pengharapan tersebut dijadikan sebagai awal sebuah kepastian yang cenderung memaksa secara halus.

4. “Pemberitahuan: Sejak sore kemarin. Aku sudah mencintaimu.”

15 Makna Dari Kutipan Novel Dilan
pemberitahuan cinta

Seperti sajak pujangga, Dilan mengungkapkan cintanya dengan cara yang “sederhana”. Simpel dan praktis bila melihat ungkapan cinta yang bermakna pemberitahuan seperti yang ada dalam kutipan ini.

5. “Angin, untuk meniup rambutmu. Aku, untuk mencintaimu."

15 Makna Dari Kutipan Novel Dilan
aku untuk mencintaimu

Mensejajarkan dirinya dengan angin yang sama-sama dibutuhkan oleh orang terkasih. Setidaknya, makna tersebut diungkapkan Dilan dengan bahasa yang puitis di kutipan ini. Menjelaskan bahwa ketika sudah memiliki perasaan pada seseorang maka sebaiknya hanya orang tersebut yang menjadi prioritas.

6. “Tapi kalau gak ada kamu, aku suka rindu."

15 Makna Dari Kutipan Novel Dilan
Rindu

Kutipan kalimat Dilan ini juga melambangkan keinginan untuk memiliki yang sulit diungkapkan. Meski tergantikan dengan kerinduan, nyatanya makna dari kutipan ini lebih pada tidak ingin kehilangan.

7. “Jika hujan, aku tak akan memberimu jaket. Sebab jika aku sakit, lalu siapa yang akan menjagamu?”

15 Makna Dari Kutipan Novel Dilan
ingin selalu menjagamu

Wow! Kutipan Dilan yang satu ini bisa membuat wanita klepek-klepek sepertinya. Pasalnya, kutipan ini bisa membuat seorang wanita salah duga terlebih dulu. Dua sisi yang berbeda diungkap Dilan bahwa dirinya adalah seorang yang peduli dan mau berkorban.

8. “Asal kamunya tetap ada di bumi. Udah cukup, udah bikin aku senang.”

15 Makna Dari Kutipan Novel Dilan
yang penting kamu tetap di bumi

Makna kutipan Dilan kali ini adalah tentang kerelaan untuk melihat seseorang yang dicintai bahagia. Hal ini tentu tidak mudah, mengingat kebanyakan orang justru akan mempertahankan atau berusaha keras untuk mendapatkan hati wanita yang dicintainya. Tapi dengan kerelaan yang luar biasa, Dilan mengajarkan pada siapapun untuk selalu ikhlas termasuk dalam persoalan cinta.

9. “Jangan rindu, ini berat. Kau tak akan kuat. Biar aku saja.”

15 Makna Dari Kutipan Novel Dilan
biar aku yang rindu

Bisa dikatakan bahwa kalimat ini mengandung rasa cinta yang mendalam. Bahkan bagi seorang pria yang mencintai wanitanya, rindu yang berat pun tidak diizinkan untuk mampir walau sesaat saja. Seperti yang kita tahu bahwa rindu memang berat ya Guys?

10. “Kalau kamu bohong, itu hak kamu. Asal jangan aku yang bohong ke kamu.”

15 Makna Dari Kutipan Novel Dilan
aku nggak ingin bohongi kamu

Nah, kutipan ini tidak hanya menghadirkan gambaran sikap bijak seorang pria tetapi juga sarat akan makna etika. Setidaknya, dari kutipan ini kita akan tahu bahwa kejujuran adalah modal bagi diri sendiri dan harus tertanam pada diri sendiri untuk orang lain.

Baca Juga: 20 Manfaat Jagung Rebus untuk Kesehatan

11. “Aku gak pandai cemburu. Malahan, kalau kamu ninggalin aku, aku gak bisa apa-apa. Bisaku cuma mencintaimu.”

15 Makna Dari Kutipan Novel Dilan
yang kubisa cuma mencintaimu

Wujud kepasrahan ketika rela berkorban atas sakit hati yang dirasakan. Kecemburuan memang merupakan bentuk sakit hati yang paling rendah. Tetapi, rasa cemburu juga bisa membuat seseorang yang tulus mencintai justru rela hanya pasrah dan menerima semua keadaan itu.

12. “Resiko tinggi mencintaimu”

15 Makna Dari Kutipan Novel Dilan
risiko mencintaimu

Kalimat yang menggambarkan kesadaran bahwa mencintai seseorang yang memiliki kepribadian baik, cantik serta nyaris sempurna bukanlah perkara mudah. Inilah yang diungkapkan sosok pria ketika harus bersaing dengan pria lainnya atau dengan egonya sendiri.

13. “Milea, kamu cantik, tapi aku belum mencintaimu. Enggak tahu kalau sore. Tunggu saja.”

15 Makna Dari Kutipan Novel Dilan
tunggu aja aku mencintaimu

Bisa dikatakan kutipan ini sebagai bentuk rayuan Dilan pada Milea. Kutipan ini juga menggambarkan bagaimana sosok Dilan mengagumi kecantikan gadis pujaannya itu. Hanya saja, karena masih malu dan ingin membuat rasa penasaran, Dilan pun mengungkapkan dengan gaya yang hati-hati. Kamu ingin mencobanya?

14. “Nanti kalau kamu mau tidur, percayalah, aku sedang mengucapkan selamat tidur dari jauh. Kamu nggak akan dengar.”

15 Makna Dari Kutipan Novel Dilan
selamat tidur

Makna dari kutipan romantis ini adalah bentuk perhatian serta kasih sayang yang tergambar dari seseorang pada pujaan hatinya. Perhatian yang setiap detik diungkapkan meski harus terhalang oleh jarak jauh yang memisahkan keduanya.

15. “Milea, jangan bilang ke aku ada yang menyakitimu. Nanti besoknya, orang itu akan hilang.”

15 Makna Dari Kutipan Novel Dilan
tak ingin ada yang menyakitimu

Kutipan ini menggambarkan bagaimana seorang pria ingin menjaga seseorang yang dicintainya dengan nyaman. Bahkan ketika ada orang lain yang ingin menyakitinya, sang pria pun tidak akan membiarkan hal itu terjadi.

Demikian artikel informatif tentang 15 makna kutipan novel Dilan yang banyak membuat publik penasaran. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga