15 Tips Menjadi Mahasiswa Sukses
Menjadi mahasiswa sukses itu bukanlah hal yang mudah. Tetapi bukan berarti hal yang mustahil, bahkan menjadi sebuah keharusan. Tips berikut ini akan membantu anda untuk mencapai impian tersebut.

Dunia kampus menjadi tempat untuk memulai langkah membangun masa depan. Tempat dimana melambungkan impian untuk mencapai kesuksesan. Namun kampus ternyata memiliki sisi lain yang bisa jadi menjadi awal dari semua kegagalan.

Tidak sedikit mahasiswa yang harus berhenti ditengah jalan. Dengan berbagai alasan dan juga kejadian yang tidak diingikan. Kesalahan pergaulan di dunia kampus tentu menjadi penyebabnya. Untuk itu dalam menjalankan berbagai aktivitas di kampus anda butuh beberapa kiat-kiat tersendiri agar bisa sukses.

Tips Menjadi Mahasiswa Sukses Di Dalam dan Luar Kampus

Kesuksesan mahasiswa pada dasarnya bisa dilihat dari dalam dan luar kampus. Bagaimana mahasiswa bisa menunjukkan jati diri yang sesungguhnya dalam proses perkuliahan dan interaksi sosialnya dengan masyarakat. Untuk mencapainya anda bisa mencoba tips sukses menjadi mahasiswa.

1. Mengikuti Jadwal Perkuliahan

Tips Menjadi Mahasiswa Sukses
Ikuti Jadwal Kuliah

Perbedaan pertama yang mungkin akan anda temukan ketika masuk ke perguruan tinggi adalah jadwal. Tidak sama halnya dengan jadwal belajar waktu SMA yang berurutan, misalnya dari pagi sampai siang. Jadwal perkuliahan bisa tidak berurutan misalnya dari pagi ada satu mata kuliah mungkin bisa lanjut siang atau sore bahkan malam.

Maka sangat penting untuk mencatat jadwal berikut mata kuliahnya. Pastikan anda mengikuti semua mata kuliah yang anda programkan pada semester berjalan. Jika, ada mata kuliah yang tertinggal (Tidak lulus) pada semester sebelumnya segera programkan lagi pada semester yang sama berikutnya.

2. Rajin Konsultasi Dengan Penasehat Akademik

Tips Menjadi Mahasiswa Sukses
Konsultasi Dengan Penasehat Akademik

Ketika waktu SMA dulu ada guru bimbingan konseling (BK) sebagai tempat untuk mengadukan berbagai permasalah sekolah. Maka di kampus anda akan memiliki seorang dosen penasehat akademik. Dosen tersebut menjadi tempat 'curhat' dan juga sebagai orang yang akan memberikan saran terbaik.

Maksimalkan peran dosen penasehat akademik untuk mendapatkan saran terbaik dalam menjalani perkualiahan. Beliau yang akan menjadi 'orang tua' anda di kampus. Tanggung jawabnya mengantarkan anda pada kesuksesan menjalani proses perkuliahan mulai dari semester pertama sampai selesai.

3. Rajin Konsultasi Dengan Dosen Mata Kuliah

Selain konsultasi dengan dosen penasehat akademik. Anda bisa konsultasi permasalahan yang lebih spesifik terkait mata kuliah dengan dosen bersangkutan. Meskipun hal ini akan sangat sulit karena kesibukan masing-masing dosen. Anda tetap bisa mencobanya dan berusaha mendapatkan kesempatan.

Dengan melakukan konsultasi secara langsung dengan dosen. Anda akan lebih dikenal, mungkin istilah yang sering didengar adalah 'cari muka'. Namun tujuan anda tentunya bukan hanya itu, tetapi bagaimana agar bisa betul-betul paham atau menemukan solusi tepat terhadap masalah yang anda hadapi pada mata kuliah tertentu.

4. Aktif di Organisasi Intra Kampus

Tips Menjadi Mahasiswa Sukses
Aktif di Organisasi Intra Kampus

Anda perlu butuh tambahan wawasan dan pengetahuan. Tidak terpaku hanya pada aktivitas akademik yang mungkin hanya butuh beberapa jam sehari. Untuk memanfaatkan waktu luang yang anda miliki anda bisa bergabung pada organisasi intra kampus.

Misalnya menjadi bagian dari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan terus berkarir sampai Badan Eksekutif Mahasisa (BEM). Selain itu anda juga bisa memilih kegiatan pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) seperti seni, olahraga dan pecinta alam dan lainnya.

5. Bergabung Dengan Organisasi Ekstra Kampus

Selain organisasi intra kampus, anda juga dapat bergabung pada organisasi ekstra kampus. Organisasi ekstra akan memberikan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas lagi. Anda akan bertemu dengan berbagai macam karakter mahasiswa dari berbagai jurusan bahkan dari kampus berbeda.

Dari organisasi ekstra kampus anda dapat mengikuti berbagai macam kegiatan sosial yang sangat bermanfaat untuk anda. Membangun karakter dan menemukan jati diri anda yang sesungguhnya. Anda akan lebih mudah menggali dan mengembangkan potensi lain dalam diri anda.

Pastikan bahwa kegiatan anda di organisasi tidak menghambat kegiatan akademik anda. Ingat bahwa tujuan utama anda adalah menyelesaikan kuliah tepat waktu dengan hasil memuaskan kalau bisa Cumlaude.

6. Rajin Berdiskusi Dengan Teman Seangkatan dan Senior

Tips Menjadi Mahasiswa Sukses
Rajin Diskusi Dengan Teman Seangkatan dan Senior

Terus tingkatkan kemampuan bersosialisasi dengan mengikuti forum-forum diskusi. Entah itu forum resmi dalam lembaga kemahasiswaan atau diskusi-diskusi lepas di waktu senggang. Kegiatan diskusi akan memberikan efek yang sangat positif.

Kegiatan diskusi akan melatih kemampuan berbicara di depan umum. Memperluas wawasan menambah pengetahuan baru, melatih kemampuan analisis terhadap sebuah permasalahan. Semua yang anda butuhkan ketika keluar dari kampus nantinya bisa ditempa melalui kegiatan diskusi yang efektif.

7. Bentuk Kelompok Belajar Dengan Tema Sekelas

Anda tentunya tidak asing dengan istilah gen (Kelompok). Bahkan mungkin di waktu SMA anda adalah bagian penting dari komunitas tersebut. Dalam perkuliahan sesungguhnya anda membutuhkan itu.

Hanya saja anda arahkan kelompok tersebut untuk mendongkrak pencapaian akademik. Tentunya ini akan berbeda dengan kegiatan organisasi. Ketika organisasi membahas tentang berbagai hal yang sifatnya sosial dan tidak berhubungan secara langsung dengan akademik. Maka kelompok belajar ini fokus untuk belajar tentang mata kuliah pada semester berjalan.

8. Maksimalkan Fasilitas Belajar Kampus

Tips Menjadi Mahasiswa Sukses
Baca Buku di Perpusatakaan Kampus

Kampus sesungguhnya adalah gudang ilmu. Banyak fasiltas yang bisa digunakan untuk menemukan ilmu pengetahuan. Salah satu tempat terbaik yang bisa dimaksimalkan adalah perpustakaan kampus.

Waktu luang yang anda miliki sebaiknya diisi dengan membaca berbagai macam buku di perpustakaan. Entah buku-buku yang berhubungan jurusan yang anda ambil atau tidak. Intinya bahwa buku yang anda baca itu akan menjadi bekal pengetahuan anda nantinya ketika keluar dari kampus.

9. Atur Jadwal dengan Baik

Tips Menjadi Mahasiswa Sukses
Atur Jadwal Dengan Baik

Meskipun tuntutan untuk sukses menjadi mahasiswa mengharuskan anda menjadi mahasiswa aktif. Namun jangan lupa bahwa anda adalah manusia biasa. Anda butuh istirahat dan refreshing. Oleh karena itu anda perlu mengatur jadwal dengan baik.

Tentukan waktu tersendiri untuk beristirahat, terbebas dari beban kegiatan di kampus. Temukan diri anda dalam bentuk yang bukan mahasiswa. Sesekali anda perlu liburan ke tempat-tempat wisata di daerah terdekat di tempat anda kuliah.

10. Biasakan Membuat Catatan Kecil

Tips Menjadi Mahasiswa Sukses
Buat Catatan Kecil

Catatan-catatan kecil mungkin terlihat sepele. Seperti mencatat rencana dalam satu minggu. Mencatat hal-hal yang masih belum dipahami pada mata kuliah tertentu. Mencatat target pencapaian jangka pendek dan jangka panjang.

Catatan kecil ini akan menjadi alarm untuk mengembalikan fokus anda. Catatan yang bisa anda tempel pada mading yang ada di kamar anda akan selalu mengingatkan apa yang harus dilakukan. Dengan terbiasa mencatat maka anda memiliki dokumentasi perjalanan di dunia kampus yang tersimpan dengan rapi.

11. Buat Target Pencapaian Anda

Tips Menjadi Mahasiswa Sukses
Buat Target Pencapaian

Anda tentunya bisa mengukur kemampuan anda. Tahu batas maksimal yang bisa anda lakukan. Oleh karena itu anda perlu membuat target pencapaian dari aktivitas anda di kampus.

Misalnya anda ingin menjadi ketua HMJ ketika masuk semester 3 nanti. Anda ingin mendapatkan nilai A untuk 80% mata kuliah anda. Atau target lain yang membuat anda terpacu untuk terus belajar. Target yang membuat anda fokus dan tidak tergoda dengan aktivitas yang tidak bermanfaat.

12. Hindari Pergaulan Negatif

Dunia kampus adalah potret kecil kehidupan sosial yang ada di luar sana. Banyak karakter mahasiswa yang bisa anda temui. Banyak pergaulan yang bisa anda masuki. Maka anda harus pintar memilih dan memilah mana yang baik dan mana yang buruk.

Sekali anda masuk dalam pergaulan negatif, maka anda bisa terjebak di dalamnya. Dampak buruknya bisa menghentikan langkah anda dan gagal mencapai tujuan anda. Oleh karena itu anda harus bisa memilih mana yang bisa dijadikan teman dan mana yang sebaiknya dihindari.

13. Atur Pengeluaran Dengan Baik

Tips Menjadi Mahasiswa Sukses
Atur Pengeluaran Dengan Baik

Kuliah butuh banyak biaya, paling tidak itulah yang ada dalam pemikiran orang tua. Apalagi mahasiswa yang berasal dari daerah. Maka sebagai mahasiswa yang baik harus pintar mengatur pengeluaran.

Hidup di kota itu butuh banyak biaya, selain biaya untuk kebutuhan kuliah. Kebutuhan pribadi juga sangat membutuhkan banyak uang. Oleh karena itu dengan mengatur keuangan dengan baik akan menjadi bagian dari penentu kesuksesan.

14. Rajin Mencari Informasi Beasiswa

Tips Menjadi Mahasiswa Sukses
Cari Informasi Beasiswa

Selain mengandalkan biaya pendidikan dari orang tua. Anda juga bisa meringankan beban orang tua dengan mencari informasi tentang beasiswa. Mulai dari menanyakan kepada teman, senior, dosen, sampai mencari sendiri melalui internet.

Banyak kategori beasiswa yang bisa anda pilih. Tinggal menyesuaikan semua persyaratannya lalu mengajukan. Jangan pernah berkecil hati jika permohonan pada satu program beasiswa di tolak karena masih banyak program lain yang bisa anda coba.

15. Cari Pekerjaan Sampingan

Tips Menjadi Mahasiswa Sukses
Cari Pekerjaan Sampingan

Jika anda memiliki waktu luang yang sangat banyak. Anda bisa mencoba untuk mencari pekerjaan part time (Paruh waktu). Bisa dengan ikut membantu di tempat fotocopy dekat kampus, rumah makan, atau menjadi Freelancer.

Sangat banyak pekerjaan dengan sistem freelancer yang bisa anda ikuti seperti menjadi penulis di kata.co.id atau tempat lain. Menjadi guru privat, atau jasa desain grafis atau kegiatan lain sesuai dengan skill yang anda miliki. Bekerja sambil kuliah akan melatih kemangatan anda ketika memasuki dunia kerja nantinya.

Dari 15 tips menjadi mahasiswa sukses di atas tentunya anda dapat memilih sesuai dengan waktu yang anda miliki. Intinya bahwa apapun yang anda lakukan tidak mengganggu aktivitas akademik anda. Karena sesungguhnya tujuan anda kuliah adalah menjadi sarjana cerdas yang siap memasuki dunia kerja atua bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Baca Juga