12 Jurusan Terbaik Dengan Prospek Lapangan Kerja Menjanjikan
Mencari jurusan terbaik saat ingin melanjutkan kuliah kadang membingungkan. Selain karena memikirkan tingkat kerumitan mata pelajaran, prospek lapangan kerja saat lulus pun jadi pertimbangan.

Menyelesaikan pendidikan di bangku SMA menjadi hal yang sangat menyenangkan. Hiruk pikuk saat pawai kelulusan adalah moment yang sangat membahagiakan. Namun setelah semuanya berlalu, saat kembali ke rumah dan memikirkan langkah selanjutnya. Mulailah kebingungan itu muncul.

Kebingungan untuk melanjutkan kuliah pada jurusan terbaik. Mulai dari materi mata pelajaran sampai prospek lapangan kerja setelah lulus pasti menjadi pertimbangan. Bagi anda yang mulai berpikir tentang peluang mendapatkan pekerjaan saat lulus nanti, tentunya harus mempertimbangkan dengan matang dari awal. Salah memilih jurusan dapat berdampak pada masa depan.

Jurusan Kuliah Terbaik Dengan Prospek Lapangan Kerja Menjanjikan

Setidaknya ada 12 jurusan kuliah terbaik yang bisa anda pilih. Semuanya memiliki peluang mendapatkan pekerjaan yang sangat luas. Bahkan ketika tidak dapat masuk (diterima) bekerja pada perusahaan anda dapat bekerja secara mandiri atau membuka bisnis (jasa) sendiri.

Jurusan Teknik Informatika

Jurusan Kuliah Terbaik
Jurusan Kuliah Teknik Informatika

Jurusan pertama yang memiliki peluang kerja yang sangat luas adalah teknik informatika. Jurusan ini ternyata belum terlalu familiar di kalangan pelajar SMA yang ada di daerah. Terkecuali mereka yang sekolah pada sekolah kejuruan yang berhubungan dengan teknik informatika itu sendiri.

Ternyata jurusan ini memiliki peluang kerja yang sangat luas. Adapun peluang kerja yang bisa didapatkan adalah:

  1. Tenaga pendidik (Guru/ Dosen)
  2. Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  3. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
  4. Perusahaan Swasta
  5. Wirausaha (Internet Marketing)

Jurusan Fotografi

Jurusan Kuliah Terbaik
Jurusan Kuliah Fotografi

Jurusan fotografi berada pada urutan kedua. Meskipun jurusan ini belum terlalu familiar dan belum banyak instansi perguruan tinggi yang membuka jurusan ini. Namun ternyata seiring perkembangan teknologi informasi. Lulusan dari jurusan fotografi semakin dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Selain itu jurusan fotografi juga mempunyai peluang bisnis yang sangat cerah. Fotografer adalah sebuah profesi yang bisa saja dimulai dari hobi dan akan lebih baik lagi ketika ditopang oleh latar belakang pendidikan formal.

Karena sifat pekerjaan yang termasuk profesi, kebanyakan fotografer hanya menjadi mitra kerja. Jadi, tidak terikat secara langsung dengan instansi atau perusahaan tertentu. Meskipun ada banyak perusahaan yang punya karyawan khusus untuk bagian pengambilan gambar.

Jurusan Pariwisata

Jurusan Kuliah Terbaik
Jurusan Kuliah Pariwisata

Jurusan pariwisata memiliki peluang kerja yang sangat spesifik. Oleh karena itu jurusan ini tidak banyak dibuka pada instansi perguruan tinggi. Tetapi hanya pada perguruan tinggi khusus pariwisata atau Akademi Pariwisata.

Jurusan ini memiliki peluang pekerjaan yang sangat jelas, karena biasanya kampus membangun kerjasama dengan berbagai perusahaan. Mulai dari program magang sampai penempatan kerja setelah lulus. Peluang kerjanya mulai dari Hotel, Tour & Travel, maskapai penerbangan, Kapal Pesiar dan sampai pada wirausaha.

Jurusan Akuntansi

Jurusan Kuliah Terbaik
Jurusan Kuliah Akuntansi

Anda pastinya tahu bahwa semua perusahaan butuh bagian keuangan. Butuh seorang akuntan untuk mengatur keuangan perusahaan. Peran seorang akun sangat vital karena ilmunya tidak dapat digantikan oleh sembarang orang.

Penempatan kerja untuk jurusan ini tentunya terbuka untuk semua intansi. Baik itu pegawai negeri, swasta, bahkan usaha jenis UMKM pun sudah membutuhkan tenaga akuntan. Meski sangat jarang ditemukan lulusan akuntan yang buka bisnis sendiri. Mungkin karena daya serap lulusan ini yang sangat tinggi.

Jurusan Desain Grafis

Jurusan Kuliah Terbaik
Jurusan Kuliah Desain Grafis

Awalnya jurusan desain grafis ini dianggap hanya akan punya peluang kerja pada perusahaan percetakan. Namun seiring dengan perkembangan teknologi dan semakin cepatnya pertukaran informasi dan promosi bisnis. Tenaga desain grafis mulai dilirik banyak perusahaan, selain percetakan.

Tenaga desain grafis sangat dibutuhkan untuk membuat materi promosi online dan offline. Maka perusahaan yang ingin mengurangi pengeluaran dengan menggunakan jasa desain dari perusahaan percetakan tentu lebih memilih karyawan tetap. Selain bekerja pada perusahaan tertentu, peluang kerja mandiri menyediakan jasa desain pun sangat terbuka lebar.

Jurusan Arsitektur

Jurusan Kuliah Terbaik
Jurusan Kuliah Arsitektur

Jurusan asitektur mungkin tidak banyak dikenal beberapa tahun terakhir. Jurusan ini mulai menjadi jurusan pavorit setelah melihat kenyataan perkembangan pembangun yang terjadi. Karya-karya arsitek handal yang menciptakan konsep desain hunian yang nyaman menjadi motivasi tersendiri.

Mulai banyaknya tumbuh perusahaan-perusahaan properti baru membuat lulusan arsitek semakin dicari. Meski tidak semua kampus membuka lulusan ini, namun tentunya anda bisa mencari informasi tentang perguruan tinggi terbaik yang membuka jurusan arsitektur.

Jurusan Kedokteran

Jurusan Kuliah Terbaik
Jurusan Kuliah Kedokteran

Jurusan kedokteran telah menjadi jurusan pavorit sejak lama. Profesi seorang dokter menjadi profesi yang sangat membanggakan. Bahkan hampir tidak pernah ditemukan alumni dari Fakultas Kedokteran yang menganggur. Selain bisa bekerja di rumah sakit seorang dokter bisa membuka praktek sendiri.

Jurusan dengan biaya yang terbilang sangat mahal ini memang menjanjikan peluang kerja yang sangat luas. Mulai dari menjadi pegawai negeri sipil sampai dengan dokter praktek atau dokter spesialis.

Jurusan Kebidanan

Jurusan Kuliah Terbaik
Jurusan Kuliah Kebidanan

Jurusan yang menjadi pavorit wanita ini bisa menjadi pertimbangan berikutnya. Peluang lapangan kerjanya juga sangat luas. Jurusan ini juga tersedia pada perguruan tinggi khusus kebidanan yaitu Akademi Kebidanan.

Selain karena lapangan kerja yang luas. Jurusan ini dipilih karena merupakan bentuk pengabdian pada masyarakat. Seorang bidan berinteraksi langsung dengan masyarakat untuk membantu proses melahirkan baik itu di rumah sakit, maupun di rumah pasien.

Jurusan Keperawatan

Jurusan Kuliah Terbaik
Jurusan Kuliah Keperawatan

Hampir sama dengan jurusan kebidanan, jurusan keperawatan juga memiliki peluang lapangan kerja yang sangat luas. Meski persaingannya sangat ketat. Jurusan ini tetap menjadi jurusan pavorit. Bukan hanya calon mahasiswi tetapi juga calon mahasiswa.

Perawat dibutuhkan disemua instansi kesehatan mulai dari tingkat kecamatan sampai kota. Bahkan jurusan perawat juga dibutuhkan dibeberapa perusahan swasta dan BUMN.

Jurusan Manajemen

Jurusan Kuliah Terbaik
Jurusan Kuliah Manajemen

Jurusan manajemen yang terbagi menjadi manajemen keuangan dan sumber daya manusia ini juga menjadi jurusan pavorit. Peluang kerja yang terbuka lebar karena dibutuhkan oleh banyak instansi. Jurusan ini sangat cocok bagi anda yang suka dengan penampilan rapi atau pekerja kantoran.

Semua perusahaan tentunya membutuhkan tenaga yang dapat mengatur jalannya perusahaan. Mulai dari perekrutan karyawan sampai dengan perencanaan promosi produk. Oleh karena itu terkadang beberapa perusahaan butuh lebih dari satu lulusan manajemen.

Jurusan Pertanian

Jurusan Kuliah Terbaik
Jurusan Kuliah Pertanian

Jurusan pertanian mungkin bukanlah jurusan pavorit di beberapa kampus. Bahkan jurusan ini juga tidak banyak dibuka pada perguruan tinggi. Namun ada juga perguruan tinggi yang khusus dibuat untuk jurusan ini yaitu insititut pertanian.

Jurusan pertanian memiliki peluang untuk mendapatkan pekerjaan di instansi pemerintahan, perusahaan swasta bahkan bekerja mandiri. Jadi, jangan langsung mengatakan bahwa jurusan ini hanya akan terjun ke lapangan mengawasi tanah-tanah pertanian. Lulusan dari jurusan pertanian inilah yang menghasilkan bibit unggul, pupuk dan lain sebagainya yang mempercepat proses panen.

Jurusan Perikanan

Jurusan Kuliah Terbaik
Jurusan Kuliah Perikanan

Jurusan perikanan mungkin terlihat akan sama halnya dengan jurusan pertanian. Namun perlu dipahami bahwa Indonesia memiliki lautan yang sangat luas. Lebih dari itu perikanan air tawar pun sangat banyak.

Oleh karena itu peluang kerja jurusan perikanan tentunya juga sangat terbuka lebar. Ketika jurusan ini belum juga menjadi jurusan pavorit maka tingkat persaingannya masih sangat rendah. Sehingga daya serap tenaga kerjanya tentunya sangat tinggi.

Tentunya anda sudah tidak bingung lagi dalam memilih jurusan kuliah terbaik yang nantinya anda pilih. Pastikan bahwa anda memiliki ketertarikan terlebih dahulu sebelum melihat prospek lapangan kerjanya. Karena pada dasarnya setiap jurusan yang dibuka di kampus memiliki peluang kerjanya masing-masing.

Baca Juga