15+ Fakultas di USU Beserta Jurusannya Lengkap
Universitas Sumatera Utara (USU) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang seringkali menjadi pilihan para lulusan SMA/SMK yang ingin melanjutkan studinya. Berikut telah penulis rangkum 15 fakultas yang ada di USU, lengkap beserta jurusannya.

Universitas Sumatera Utara (USU) terletak di Kota Medan, Indonesia. USU adalah salah satu universitas terbaik di pulau Sumatera. Selain itu, USU merupakan universitas pertama di pulau Sumatera yang mempunyai Fakultas Kedokteran.

USU didirikan sebagai Yayasan Universitet Sumatera Utara pada tanggal 4 Juni 1952. Fakultas pertama adalah Fakultas Kedokteran yang didirikan pada 20 Agustus 1952, yang kini diperingati sebagai hari jadi USU. Presiden Indonesia, Soekarno kemudian meresmikan USU sebagai universitas negeri ketujuh di Indonesia pada tanggal 20 November 1957.

Hingga kini, USU telah memiliki 15 fakultas. Apa-apa saja ke-15 fakultas itu? Dan apa saja jurusan yang terdapat pada fakultas-fakultas itu? Simak pembahasannya di bawah ini:

1. Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB)

15 Fakultas di USU Beserta Jurusannya
FEB USU

Fakultas Ekonomi USU pertama kali didirikan oleh Yayasan USU berlokasi di Kutaraja (sekarang Kota Banda Aceh) pada tahun 1959. Berhubung Fakultas Ekonomi USU yang berkedudukan di Banda Aceh menjadi bagian dari Universitas Syiah Kuala, pada tahun 1961 USU membuka kembali Fakultas Ekonomi di Medan. Penetapan dilakukan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Tinggi RI No. 64/1961 tanggal 24 November 1961 yang berlaku surut terhitung mulai 1 Oktober 1961. Berdasarkan surat keputusan tersebut, tanggal 24 November diperingati sebagai hari lahir atau Dies Natalis Fakultas Ekonomi USU.

Program Studi/Jurusan

1. Sarjana (S1): Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Profesi Akuntan

2. Diploma (D-III): Kesekretariatan, Keuangan

3. Magister (S2): Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, Manajemen

4. Doktoral (S3): Ilmu Ekonomi, Ilmu Manajemen, Ilmu Akuntansi

2. Fakultas Farmasi (FF)

15 Fakultas di USU Beserta Jurusannya
FF USU

Jurusan Farmasi di lingkungan USU dibuka pada tahun 1969 di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) USU berdasarkan kenyataan bahwa sangat dibutuhkannya tenaga Apoteker di Sumatera, ketika itu untuk wilayah Sumatera hanya ada satu Jurusan Farmasi yaitu di Universitas Andalas Padang, Sumatera Barat.

Program Studi/Jurusan

1. Sarjana (S1): Farmasi, Profesi Apoteker

2. Diploma (D-III): Analis Farmasi dan Makanan

3. Magister (S2): Farmasi

4. Doktoral (S3): Ilmu Farmasi

3. Fakultas Hukum (FH)

15 Fakultas di USU Beserta Jurusannya
FH USU

Pada bulan Januari 1954, Yayasan Universitas Sumatera Utara mendirikan Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat dibawah panji-panji Yayasan Universitas Sumatera Utara. Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat diresmikan pada tanggal 12 Januari 1954.

Program Studi/Jurusan

1. Sarjana (S1): Ilmu Hukum

2. Magister (S2): Ilmu Hukum Reguler, Ilmu Hukum Paralel, Hukum Ekonomi, Hukum dan HAM, Kenotariatan

3. Doktoral (S3): Ilmu Hukum

4. Fakultas Ilmu Budaya (FIB)

15 Fakultas di USU Beserta Jurusannya
FIB USU

Berdirinya Fakultas Sastra diawali dengan keluarnya Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi Ilmu Pengetahuan Nomor: 190/1965 terhitung mulai 25 Agustus 1965. Pada awalnya Fakultas Sastra hanya mempunyai satu jurusan yakni jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Pada tanggal 30 Januari 2010 dalam rapat Dewan Pertimbangan Fakultas (DPF) menghasilkan keputusan untuk mengubah nama Fakultas Sastra menjadi Fakultas Ilmu Budaya, dan hasil Rapat Dewan Pertimbangan Fakultas (DPF) tersebut kemudian disetujui dan diterbitkan Surat Keputusan perubahan namanya oleh Rektor USU (Prof. Dr. dr. Syahril Pasaribu, DTM&H, M.Sc (CTM), Sp.A(K) pada tanggal 5 April 2011.

Program Studi/Jurusan

1. Sarjana (S1): Sastra Indonesia, Sastra Daerah untuk Sastra Melayu, Sastra Daerah untuk Sastra Batak, Sastra Arab, Sastra Inggris, Ilmu Sejarah, Etnomusikologi, Sastra Jepang, Sastra Cina, Ilmu Perpustakaan

2. Magister (S2): Ilmu Sejarah, Ilmu Linguistik, Penciptaan dan Pengkajian Seni, Bahasa Inggris

3. Doktoral (S3): Ilmu Linguistik

5. Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Fasilkom-TI)

15 Fakultas di USU Beserta Jurusannya
Fasilkom-TI

Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Fasilkom-TI) Universitas Sumatera Utara dibentuk pada tanggal 6 September 2011 dengan diterbitkannya surat keputusan Rektor USU Nomor 2360/UN5.1.R/SK/PRS/2011. Pembentukan Fasilkom-TI USU mempunyai sejarah yang cukup panjang dan melibatkan banyak pihak. Jika dihitung sejak dikeluarkannya izin pembukaan program studi Ilmu Komputer oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tanggal 22 November 2001 sampai terbentuknya Fakultas, waktu yang dibutuhkan adalah 10 tahun.

Program Studi/Jurusan

1. Sarjana (S1): Ilmu Komputer, Teknologi Informasi

2. Magister (S2): Teknik Informatika

3. Doktoral (S3): Ilmu Komputer

6. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)

15 Fakultas di USU Beserta Jurusannya
FISIP USU

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (FISIP USU) berdir sejak tahun 1982 berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 1982 dan menjadi fakultas yang ke-9 (kesembilan) di lingkungan Universitas Sumatera Utara. FISIP USU merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam aktivitas mencerdaskan kehidupan bangsa, menguatkan suasana demokrasi, dan kesejahteraan masyarakat.

Program Studi/Jurusan

1. Sarjana (S1): Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis

2. Magister (S2): Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Studi Pembangunan

3. Doktoral (S3): Studi Pembangunan

7. Fakultas Kedokteran (FK)

15 Fakultas di USU Beserta Jurusannya
FK USU

Fakultas Kedokteran (FK) USU berdiri pada tanggal 20 Agustus 1952. FK USU memiliki visi menjadi institusi pendidikan kedokteran terdepan menuju centre of excellence dalam bidang kedokteran tropis (tropical medicine) dan penyakit keganasan (oncology) di Indonesia.

Program Studi/Jurusan

1. Sarjana (S1): Profesi Dokter (Spesialis: Ilmu Bedah, Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Kesehatan Anak, Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan, Ilmu Penyakit Jiwa, Ilmu Penyakit Mata, Ilmu Kesehatan Penyakit Kulit dan Kelamin, Ilmu Penyakit THT, Ilmu Patologi Anatomi, Ilmu Patologi Klinik, Ilmu Kedokteran Forensik, Ilmu Penyakit Syaraf, Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah, Anestesiologi dan Reanimasi, Ilmu Bedah Orthopaedi dan Traumatologi, Radiologi, Ilmu Bedah Syaraf, Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi, Kardiologi dan kedokteran Vaskuler)

2. Magister (S2): Ilmu Biomedik, Kedokteran Klinik, Ilmu Kedokteran Tropis, Ilmu Kedokteran Klinik Alih Kredit

3. Doktoral (S3): Ilmu Kedokteran

Baca Juga: 15 Tips Menjadi Mahasiswa Sukses

8. Fakultas Kedokteran Gigi (FKG)

15 Fakultas di USU Beserta Jurusannya
FKG USU

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara (FKG USU) berdiri pada tanggal 3 Nopember 1961. Fakultas Kedokteran Gigi USU mempunyai sepuluh departemen yaitu Departemen Ortodonti, Prostodonsia, llmu Bedah Mulut, llmu Konservasi Gigi, Periodonsia, llmu Penyakit Mulut, llmu Kesehatan Gigi Anak, Biologi Oral, llmu Material dan Teknologi, llmu Kedokteran Gigi Pencegahan/Kesehatan Gigi Masyarakat dan satu Unit yaitu Unit Radiologi Dental. Disamping itu untuk melaksanakan berbagai kegiatan dibentuk beberapa Unit Pelaksana Teknis (UPT).

Program Studi/Jurusan

1. Sarjana (S1): Pendidikan Dokter Gigi (Spesialis: Ortodonsia, Konservasi Gigi, Periodonsia, Prostodonsia)

2. Magister (S2): Ilmu Kedokteran Gigi

3. Doktoral (S3): Ilmu Kedokteran Gigi

9. Fakultas Kehutanan (Fahutan)

15 Fakultas di USU Beserta Jurusannya
Fahutan USU

Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara memunyai visi yaitu menjadi institusi pendidikan tinggi yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di bidang kehutanan yang mendukung pengelolaan dan pemanfaatan hutan yang berkelanjutan.

Program Studi/Jurusan

1. Sarjana (S1): Kehutanan

10. Fakultas Keperawatan (FKep)

15 Fakultas di USU Beserta Jurusannya
FKep USU

Pembukaan Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara diawali dari hasil kesepakatan Consortium Health Sciences (CHS) dan para Dekan Fakultas Kedokteran PTN seluruh Indonesia. Fakultas Kedokteran USU termasuk salah satu yang dipercaya untuk menyelenggarakan Program Studi Ilmu Keperawatan. Berdasarkan surat usulan Dekan No. 1471/PT05.H4/FK/C.91 diterbitkanlah Surat Keputusan Rektor No. 1214/PT05.H/SK/C.1991 tentang Pembentukan Panitia Persiapan Pembukaan Program PSIK FK USU.

Program Studi/Jurusan

1. Sarjana (S1): Ilmu Keperawatan, Profesi NERS

2. Diploma (D-IV): Keperawatan

3. Magister (S2): Keperawatan

11. Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM)

15 Fakultas di USU Beserta Jurusannya
FKM USU

Program Studi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat diresmikan pada tanggal 31 Juli 1985 tapi masih berada di bawah asuhan Fakultas Kedokteran USU (PSKM - USU). Kemudian berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0376/0/1993 tanggal 21 Oktober 1993 Program Studi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat yang selama ini masih di bawah asuhan Fakultas Kedokteran USU Medan telah berubah menjadi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara yang diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 25 Januari 1994 sebagai fakultas yang ke-10 di USU.

Program Studi/Jurusan

1. Sarjana (S1): Kesehatan Masyarakat

2. Magister (S2): Ilmu Kesehatan Masyarakat

3. Doktoral (S3): Ilmu Kesehatan Masyarakat

12. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)

15 Fakultas di USU Beserta Jurusannya
FMIPA USU

Pendirian Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) mulai dirintis sejak tahun 1959 melalui berbagai pembahasan dalam sidang pimpinan USU yang ketika itu disebut Rapat Presidium dan Asesor dengan Nama Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA). Rencana pendirian FIPIA USU mendapat persetujuan dari Menteri dengan Surat Keputusan Nomor 9638/Sekret/BUP/1965.

Program Studi/Jurusan

1. Sarjana (S1): Fisika, Biologi, Kimia, Matematika

2. Diploma (D-III): Kimia, Teknik Informatika, Statistika, Fisika, Metrologi dan Instrumentasi

3. Magister (S2): Biologi, Fisika, Matematika, Kimia

4. Doktoral (S3): Ilmu Matematika, Ilmu Kimia, Ilmu Biologi, Ilmu Fisika

13. Fakultas Pertanian (FP)

15 Fakultas di USU Beserta Jurusannya
FP USU

Yayasan Universitas Sumatera Utara mendirikan Fakultas Pertanian pada tanggal 16 Nopember 1956 dan menyerahkannya kepada Pemerintah RI tanggal 25 Agustus 1958 sehingga resmi menjadi Fakultas Pertanian USU Negeri berdasarkan SK Menteri P dan K No. 8691/S dan menjadi fakultas ke-3 tertua di USU serta Fakultas Pertanian tertua di Sumatera.

Program Studi/Jurusan

1. Sarjana (S1): Agroekoteknologi, Agribisnis, Peternakan, Keteknikan Pertanian, Manajemen Sumber Daya Perairan, Ilmu dan Teknologi Pangan

2. Magister (S2): Agroekoteknologi, Ilmu Peternakan, Agribisnis, Ilmu Pangan

3. Doktoral (S3): Ilmu Pertanian

14. Fakultas Psikologi (FPsi)

15 Fakultas di USU Beserta Jurusannya
FPsi USU

Program Studi (PS) Psikologi USU didirikan pada tahun 1999 dan mulai menerima mahasiswa angkatan pertamanya untuk mengikuti program pendidikan Sarjana Strata 1 pada tahun ajar 1999/2000. Sistem penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN) yang kemudian menjadi jalur UMB (Ujian Masuk Bersama), dan jalur PMP (Penelusuran Minat dan Prestasi). Dalam beberapa tahun terakhir ini seleksi penerimaan ditambah lagi melalui jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SPMPRM (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Reguler Mandiri).

Program Studi/Jurusan

1. Sarjana (S1): Psikologi

2. Magister (S2): Psikologi Sains, Psikologi Profesi

15. Fakultas Teknik (FT)

15 Fakultas di USU Beserta Jurusannya
FT USU

Pada tanggal 1 September 1959 dijadikan awal berdirinya Fakultas Teknik USU setelah keluarnya Surat Keputusan Menteri Muda Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 83303/S tertanggal 26 Agustus 1959 tentang persiapan berdirinya Fakultas Teknik di Medan yang bernaung di bawah panji-panji Universitas Sumatera Utara terhitung mulai 1 September 1959 sebagai fakultas yang ke-4.

Program Studi/Jurusan

1. Sarjana (S1): Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Kimia, Arsitektur, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Linkungan

2. Magister (S2): Arsitektur, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Sipil

3. Doktoral (S3): Ilmu Teknik Sipil, Ilmu Teknik Mesin, Ilmu Teknik Industri, Ilmu Teknik Kimia, Ilmu Teknik Arsitektur

Baca Juga