18 Fakultas di UGM Beserta Jurusannya Lengkap
Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri favorit yang terletak di Yogyakarta. UGM merupakan perguruan tinggi yang pertama kali didirikan di Indonesia dan saat merupakan yang terbaik di Indonesia versi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi tahun 2017.

Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah perguruan tinggi yang berdiri sejak tanggal 19 Desember 1946 dan menjadikannya sebagai universitas tertua di Indonesia. UGM merupakan perguruan tinggi yang bertahun-tahun meraih predikat sebagai universitas terbaik di Indonesia menurut Kemristekdikti (Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi).

Ketika pertama kali didirkan, UGM baru memiliki enam fakultas. Namun saat ini, di UGM telah ada 18 fakultas. Apa-apa saja ke-18 fakultas itu? Dan apa saja jurusan yang terdapat pada fakultas-fakultas itu? Berikut pembahasannya.

1. Fakultas Farmasi

Fakultas Farmasi
Fakultas Farmasi

Ketika didirikan pada tahun 1946, awalnya Fakultas Farmasi UGM masih diberi nama Perguruan Tinggi Ahli Obat (PTAO) dan diresmikan oleh Kementrian Kesehatan RI pada tanggal 27 September. Ketika itu Fakultas Farmasi masih bertempat di Kompleks RSU Tegalyoso, Klaten. Dalam sejarahnya, ketika pemberontakan PKI, banyak dari para dosen dan mahasiswa yang ikut bergabung dengan tim Palang Merah.

Daftar Program Studi/Jurusan:

1. Sarjana: Farmasi Sains dan Teknologi, Farmasi Industri, Farmasi Komunitas dan Klinik, Farmasi Bahan Alam
2. Magister: Farmasi SainTek, Manajemen Farmasi, Magister Farmasi Klinik
3. Doktor: Farmasi Sosial

Baca juga: 16 Fakultas di Unpad Beserta Jurusannya Lengkap

2. Fakultas Geografi

Fakultas Geografi
Fakultas Geografi

Pada awalnya, sejak tahun 1950, Fakultas Geografi UGM merupakan bagian dari Fakultas Sasta, Paedogogik dan Filsafat UGM dan waktu itu masih dengan nama Jurusan Ilmu Bumi. Kemudian berganti nama menjadi Fakultas Sastra dan Kebudayaan di tahun 1956. Namun, karena semakin pesatnya perkembangan ilmu ini dan kiprahnya semakin luasnya ilmu ini, Jurusan Ilmu Bumi lantas berpisah dan menjadi fakultas tersendiri sejak 1 September 1963 hingga saat ini.

Daftar Program Studi/Jurusan:

1. Sarjana: Geografi dan Ilmu Lingkungan, Kartografi dan Penginderaan Jauh, Jurusan Pembangunan Wilayah
2. Magister: Geografi, Penginderaan Jauh

3. Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM pertama kali didirikan pada 19 September 1955. Pada awalnya fakultas ini masuh berupa Jurusan Ekonomi yang berada di bawah Fakultas HESP (Bagian Hukum, Fakultas Hukum, Ekonomi, Sosial dan Politik). Kemudian sejak tahun akademi 1955/1956, fakultas ini pecah menjadi tiga fakulats: Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Sosial Politik.

Daftar Program Studi/Jurusan:

1. Sarjana: Ilmu Ekonomi, Manajemen,Akuntansi
2. Magister: Sains Akuntansi, Manajemen, Ekonomika Pembangunan
3. Doktor: Akuntansi, Ilmu Ekonomi, Manajemen

4. Fakultas Kedokteran

Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran

Fakultas Kedokteran UGM merupakan fakultas tertua yang ada di Indonesia. Pada awal dibentuk, fakultas ini masih menggunakan nama Perguruan Tinggi Kedokteran dan bertempat di Jakarta. Namun karena situasi keamaan di ibukota tidak memungkinkan, Kementrian pun memindah lokasi Perguruan Tinggi Kedokteran ke Yogyakarta sejak tanggal 5 Maret 1946.

Daftar Program Studi/Jurusan:

1. Sarjana: Pendidikan Dokter, Ilmu Keperawatan, Gizi dan Kesehatan
2. Spesialis: Ilmu Kesehatan Anak, Ilmu Bedah, Orthopaedi dan Traumatologi, Bedah Anak, Ilmu Penyakit Dalam, Obstetri dan Ginekologi, Anestesi dan Terapi Intensif, Ilmu Kedokteran Forensik dan Mediko Legal, Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin, Ilmu Kesehatan Mata, Ilmu Kedokteran Jiwa, Radiologi, Ilmu Penyakit Saraf, Ilmu Kesehatan THT-KL, Patologi Anatomi, Patologi Klinik, Urologi, Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah, Mikrobiologi Klinik, Bedah Syaraf
3. Magister: Ilmu Kedokteran Klinik

5. Fakultas Kedokteran Gigi

Fakultas Kedokteran Gigi
Fakultas Kedokteran Gigi

Pembentukan Fakultas Kedokteran Gigi UGM ini bermula ketika berdirinya Perguruan Tinggi Kedokteran Gigi pada tanggal 5 Maret 1948. Pada saat itu, Fakultas Kedoteran Gigi masih menajdi satu dengan Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Farmasi. Barulah pada 29 Desember 1960, fakultas ini memisahkan diri hingga saat ini.

Daftar Program Studi/Jurusan:

1. Sarjana: Pendidikan Dokter Gigi, Higiene Gigi
2. Magister: Ilmu Kedokteran Gigi
3. Doktor: Ilmu Kedokteran Gigi
4. Spesialis: Konservasi Gigi, Kedokteran Gigi Anak, Prostodonsia, Ortodonsia, Ilmu Bedah Mulut dan Maxilofacial

6. Fakultas Kedokteran Hewan

Fakultas Kedokteran Hewan
Fakultas Kedokteran Hewan

Pada awalnya, Fakultas Kedokteran Hewan UGM sempat bergabung dengan Fakultas Peternakan, Ketika itu FKH memiliki dua jurusan, dokter hewan dan peternakan. Pada tanggal 10 November 1969, Fakultas Kedokteran Hewan dan Fakultas Peternakan menjadi fakultas sendiri-sendiri.

Daftar Program Studi/Jurusan:

1. Sarjana: Kedokteran Hewan
2. Magister: Sains Veteriner

7. Fakultas Kehutanan

Fakultas Kehutanan
Fakultas Kehutanan

Fakultas Kehutanan UGM pada awalnya masih menjadi satu dalam Fakultas Pertanian dan Kehutanan di tahun ajaran 1951/52. barulah pada tanggal 17 Agustus 1963, fakultas itu kemudian dipisah dan menjadi tiga fakultas hingga saat ini: Fakultas Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian dan Fakultas Kehutanan.

Daftar Program Studi/Jurusan:

1. Sarjana: Kehutanan
2. Magister: Ilmu Kehutanan

8. Fakultas MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam)

Fakultas MIPA
Fakultas MIPA

Fakultas MIPA UGM pada awalnya masih bergabung dengan Fakultas Teknik dengan nama Persatuan Fakultas Ilmu Pasti dan Alam dan Fakultas Teknik. Namun, pada tanggal 1 September 1956 kedua fakultas ini pun berpisah.

Daftar Program Studi/Jurusan:

1. Sarjana: Elektronika dan Instrumentasi, Fisika, Geofisika, Kimia, Matematika, Statistika, Ilmu Komputer
2. Magister: Ilmu Fisika, Ilmu Komputer, Ilmu Kimia, Matematika
3. Doktor: Ilmu Fisika, Ilmu Komputer, Ilmu Kimia, Matematika

9. Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian
Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian UGM didirikann untuk menghasilan sumber daya manusia yang nantinya bisa berguna dalam pembangunan pertanian di Indonesia. Selain itu juuga peka akan perkembangan ilmu dan teknologi pertanian.

Daftar Program Studi/Jurusan:

1. Sarjana: Budidaya Pertanian, Perlindungan Tanaman, Tanah, Sosial Ekonomi Pertanian, Mikrobiologi Pertanian, Perikanan
2. Magister: Agronomi, Ekonomi Pertanian, Fitopatologi, Ilmu Hama Tumbuhan, Pemuliaan Tanaman, Manajemen Agribisnism Perikanan, Ilmu Tanah
3. Doktor: Ilmu Pertanian

10. Fakultas Teknik

Fakultas Teknik
Fakultas Teknik

Pada awal didirikan, Fakultas Teknik UGM merupakan bagian dari Sekolah Tinggi Teknik (STT) Bandung yang mengungsi ke Yogyakarta pada tahun 1946. Baru di tahun 1949, STT bergabung dengan Universitas Gadjah Mada hingga saat ini.

Daftar Program Studi/Jurusan:

1. Sarjana: Arsitektur, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Elektro, Teknik Geodesi, Teknik Geologi, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Nuklir, Teknik Sipil
2. Magister: Teknik Elektro, Teknik Fisika, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Geomatika, Teknik Sistem, Teknologi Informasi
3. Doktor: Ilmu Teknik Elektro, Ilmu Arsitektur, Ilmu Teknik Geomatika, Ilmu Teknik Kimia, Teknik Geologi, Ilmu Teknik Sipil, Teknik Industri

11. Fakultas Psikologi

Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi

Fakultas Psikologi UGM pada awalnya adalah merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Pendidikan UGM pada tahun ajaran 1958/59. Namun, pada tahun 1964, Fakultas Ilmu Pendidikan UGM dijadikan satu dengan IKIp Yogyakarta. Oleh karena itulah, jurusan Psikologi di UGM tetap berdiri dengan fakultas tersendiri. Pembentukan itu dimulai sejak 8 Januari 1965.

Daftar Program Studi/Jurusan:

1. Sarjana: Psikologi
2. Magister: Psikologi
3. Doktor: Ilmu Psikologi

12. Fakultas Peternakan

Fakultas Peternakan
Fakultas Peternakan

Fakultas Peternakan UGM pada awal dibentuknya masih bergabung menjadi Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan di tahun 1955. Barulah pada tanggal 1 September 1966 kedua fakultas sayang awalnya hanya sebuah jurusan itu menjadi fakultas resmi atas dasar surat dengan nomor 1449/KT/I/SP/1969 dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Daftar Program Studi/Jurusan:

1. Sarjana: Ilmu dan Industri Peternakan
2. Magister: Ilmu Peternakan
3. Doktor: Ilmu Peternakan

13. Fakultas Teknologi Pertanian

Fakultas Teknologi Pertanian
Fakultas Teknologi Pertanian

Kehadiran Fakultas Teknologi Pertanian di UGM merupakan hasil dari rapat Dewan Guru di Fakultas Pertanian dan Kehutanan pada tahun 1960-an. Fakultas ini pertama kali meluluskan sarjananya pada awal tahun 1966 dan terus berkembang hingga saat ini.

Daftar Program Studi/Jurusan:

1. Sarjana: Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, Teknik Pertanian, Teknologi Industri Pertanian
2. Magister: Ilmu dan Teknologi Pangan, Teknologi Hasil Perkebunan, Teknik Pertanian, Teknologi Industri Pertanian
3. Doktor: Ilmu Pangan, Teknik Pertanian

14. Fakultas Filsafat

Fakultas Filsafat
Fakultas Filsafat

Fakultas Filsafat UGM pertama kali didirkan pada tanggal 18 Agustus 1967 dan perkuliahannya dimulai pada tahun 1968. Sebelumnya menjadi fakultas sendiri, jurusan Filsafat masih menjadi satu dengan Fakultas Sastra, Paedagogik, dan Filsafat. Sempat ditiadakan di tahun 1961, Fakultas Filsafat kembali dibuka di UDm pada tahun 1967.

Daftar Program Studi/Jurusan:

1. Sarjana: Ilmu Filsafat

15. Fakultas Hukum

Fakultas Hukum
Fakultas Hukum

Fakultas Hukum UGM merupakan fakultas huukum pertama yang hadir di Indonesia. Fakultas ini telah didirkan sejak 17 Februari 1946 dan telah banyak memberikan kontribusi besar dalam perkembangan hukum di Indonesia.

Daftar Program Studi/Jurusan:

1. Sarjana: Ilmu Hukum
2. Magister: Ilmu Hukum, Hukum, Kenotariatan, Hukum Litigasi, Hukum Kesehatan
3. Doktor: Ilmu Hukum

16. Fakultas Ilmu Budaya

Fakultas Ilmu Budaya
Fakultas Ilmu Budaya

Fakultas Ilmu Budaya UGM didirkan sejak 3 maret 1946 dan ketika itu menggunakan nama Faculteit Sastra, Filsafat, dan Keboedajaan. Sementara nama Fakultas Ilmu Budaya sendiri baru digunakan dari tahun 2001 setelah melewati enam kali pergantian nama.

Daftar Program Studi/Jurusan:

1. Sarjana: Pariwisata, Antropologi Budaya, Arkeologi, Sastra Arab, Ilmu Sejarah, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jepang, Bahasa Korea, Sastra Nusantara, Sastra Prancis
2. Magister: Antropologi, Arkeologi, Sastra, Linguistik, Pengkajian Amerika
3. Doktor: Ilmu-ilmu Humaniora, Pengkajian Amerika

17. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM atau yang biasa disingkat dengan FISIPOL pada awalnya adalah Akademi Ilmu Politik yang kemudian didirkan secara terpisah sejak tahun 1955 dengan menggunakan nama Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Daftar Program Studi/Jurusan:

1. Sarjana:  Politik dan Pemerintahan, Hubungan Internasional, Manajemen & Kebijakan Publik, Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Ilmu Pembangunan Sosial & Kesejahteraan
2. Magister: Manajemen & Kebijakan Publik, Ilmu Komunikasi

18. Fakultas Biologi

Fakultas Biologi
Fakultas Biologi

Fakultas Biologi UGM dibentuk pada 19 September 1955 dan pada awal pembentukannya atas dasar pertimbangan bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya kaya akan sumber daya alam, baik flora maupun fauna. Pawa awal-awal berdiri, fakultas ini masih bernama Pendidikan Tinggi Biologi dan masih berbentuk pendidikan Baccalaureat Biologi pada Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Farmasi.

Daftar Program Studi/Jurusan:

1. Sarjana: Biologi
2. Magister: Biologi
3. Doktor: Ilmu Biologi

Baca Juga