20 Bahasa Pemrogaman Terpopuler di Dunia
Dengan semakin berkembangnya teknologi, membuat bahasa pemrogaman yang ada di dunia juga mengalami peningkatan. Bahasa pemrogaman biasanya digunakan untuk mengembangkan website, aplikasi mobile dan desktop, game, dll.

Menjadi seorang programmer dituntut untuk tidak ketinggalan zaman dan terus belajar hal-hal baru. Itu karena perkembangan dunia teknologi dunia terus meningkat terus meningkat dair tahun ke tahun.

Sama seperti halnya memelajari bahasa manusia, memelajari banyak bahasa pemrogaman juga menjadi tantangan tersendiri bagi para developer untuk menjadikan dirinya sebagai poliglot dalam dunia programming.

Untuk mengetahui bahasa apa saja yang ada, berikut 20 bahasa pemrogaman paling populer di dunia yang bisa kamu pelajari.

1. PHP

PHP
PHP

PHP (Personal Home Page) adalah sebuah bahasa pemrogaman palin gpopuler yang banyak digunakan untuk suatu website dinamis. Bahasa ini ditemukan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Ketika itu, PHP masih berbentuk sekumpulan program yang digunakan sebagai pengolah data formulir dari suatu web.

2. Java

Java
Java

Java adalah bahsa pemrogaman yang dibuat pertama kali oleh james Gosling. Java adalah salah satu bahasa pemrogaman yang paling populer, dan secara umum digunakan untuk pengembangan berbagai jenis software atau aplikasi. Bahasa pemrogaman berlambang secangkir kopi ini juga merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat aplikasi Android.

3. C

C
C

Bahasa C adalah bahasa pemrogaman yang dikembangkan oleh Dennis Ritchie di Bell Labs dari tahun 1969 sampa tahun 1973 untuk sistem operasi Unix. Bahasa pemrogaman ini banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer untuk mengembangkan software aplikasi.

4. C++

C++
C++

C++ adalah bahasa pemrogaman yang diciptakan oleh Bjarne Stroustrup pada awal tahun 1980-an. Bersma dengan bahasa C, Csebagai turunannya C++ juga biasanya sering dipakai sebagai pengantar di mata kuliah pemrogaman dan algoritma. Bahasa ini bisa digunakan untuk membangun aplikasi desktop atau mobile, serta untuk membuat game.

5. C#

C#
C#

C# (dibaca: C Sharp) adalah bahasa pemrogaman yang berbasis bahasa C++ yang dirancang oleh Anders Hejlsberg dan dikembangkan oleh Microsoft pada akhir tahun 1990-an. C# dapat digunakan untuk berbagai kegunaan seperti membangun aplikasi desktop atau mobile, pemrogaman game, pemrogaman server-side pada suatu website, dll.

6. Python

Python
Python

Python bahasa pemrogaman tingkat tinggi yang mendukung paradigma pemrogaman imperatif, berorientasi objek, dan fungsional. Bahasa ini dirancang oleh Guido van Rossum ppada tahun 1991 di Amsterdam. Pyhton adalah bahasa pemrogaman resmi di Google yang sudah digunakan untuk mengembangkan berbagai produk software Google.

7. Ruby

Ruby
Ruby

Ruby adalah bahasa pemrogaman yang diciptakan oleh Yukihiro "Matz" Matsumoto pada tahun 1995 dengan menggabung berbagai bahasa lainnya seperti Perl, Eiffel, Lisp, Ada, dan Smalltalk. Bahasa ini bisa digunakan untuk membangun sebuah aplikasi yang sifatnya multi-platform.

8. Pascal

Pascal
Pascal

Bahasa Pascal biasanya menjadi bahasa pertama yang dipelajari oleh kebanyakan mahasiswa teknik informatika atau ilmu koputer. Bahasa ini memang cocok digunakan untuk memelajari algoritma dan pemrogaman komputer bagi pemula. Bahasa Pascal diciptakan oleh Niklaus Wirth yang merupakan anggota dari International Federation of Information Processing (IFIP).

9. Swift

Swift
Swift

Swift adalah bahasa pemrogaman dicptakan Apple untuk pengembangan aplikasi-aplikasinya seperti pada iOS, Mac, Apple Watch, dan Apple TV. Bahasa ini dibuat pada tahun 2014 dan dirancang untuk bisa bekerja dengan Objectve-C.

10. Delphi

Delphi
Delphi

Delphi adalah bahasa pemrogaman yang dibuat pada tahun tahun 1995 untuk pengembangan aplikasi desktop, mobile, konsol dan web. Bahasa yang kadang dikenal sebagai object pascal ini awalnya hanya dirancang untuk platform Microsoft Windows, namun saat ini Delphi sudah bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi dari berbagai platform lain.

11. Go

Go
Go

Go atau biasa disebut dengan Golang adalah dikembangkan oleh Google pada tahun 2009. Bahasa ini dirancang oleh Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson dengan bahasa dasar C dan C++. Bahasa ini telag digunakan oleh banyak produk-produk ternama seperti Google (sebagai pengembangya), Dropbox, Netflix, Uber, SoundCloud, dll.

12. Perl

Perl
Perl

Perl adalah bahasa pemrogaman yang dikembangkan oleh Larry Wall dan dirilis pertama kali di akhir tahun 1987. Bahasa ini merupakan bahasa pemrogaman tingkat tinggi yang digunakan untuk mengembangkan sistem administrasi, mengembangkan program keuangan, membuat jaringan, membuat program yang membutuhkan grafis, dll.

13. JavaScript

JavaScript
JavaScript

JavaScript adalah sebuah bahasa pemrogaman tingkat tinggi dan dinamis muncul pertama kali di tahun 1995. Bahasa yang populer ini digunakan oleh sebagian besar browser dan website.

14. Scala

Scala
Scala

Scala (kependekan dari Scalable Language) adalah bahasa pemrogaman yang dirancang oleh Martin Odersky, seorang profesor di École Polytechnique Fédérale de Lausanne, Swiss. Bahasa selain Java yang bisa berjalan di atas Java Virtual Machine (JVM) ini dirancang sebagai bahasa pemrogaman untuk berbagai platform.

15. Objective-C

Objective-C
Objective-C

Objective-C adalah bahasa pemrogaman utama yang digunakan untuk operasi sistem dari Apple seperti OS X dan iOS. Bahasa ini dikembangkan oleh Tom Love dan Brad Cox pada awal tahun 1980-an dan dirilis pertama kali di tahn 1984.

16. Haskell

Haskell
Haskell

Haskell adalah sebuah bahasa pemrogaman yang dirilis pada pertama kali pada tahun 1990 yang dinamai dari nama seorang pemikir bernama Haskell Curry. Bahasa ini bisa dihunakan untuk pengembangan berbaga program seperti pengembangan web, pengembangan game, dll. Haskell biasnya juga digunakan untuk kepentingan sistem distribusi.

17. D

D
D

Bahasa pemrogama D adalah sebuah basha yang berorientasi objek dan bersistem multi-paradigma. Bahasa ini dibuat oleh Walter Bright dari Digital Mars pada tahun 2001. Bahasa ini gabungan antara ketangguan dan kinerja tnggi dari bahasa C dan C++.

18. Erlang

Erlang
Erlang

Erlang adalah bahasa pemrogaman yang dikembangkan oleh produsen telekomunikasi asal Swedia, Ericsson, pada tahun 1986. Meski namanya kurang begitu populer, namun Erlang adalah bahasa yang digunakan pada salh satu aplikasi chatting paling populer di dunia, WhatsApp.

19. Eiffel

Eiffel
Eiffel

Eiffel adalah sebuah bahasa pemrogaman berorientasi objek yang dirancang oleh Bertrand Meyer dari Eiffel Software di tahun 1986. Bahasa pemrogaman ini digunakan untuk mpengembangan berbagai aplikasi seperti aplikasi keuangan, kesehatan, video game, dll.

20. Oxygene

Oxygene
Oxygene

Oxygene (sebelumnya dikenal sebagai Chrome) adalah bahasa pemrogaman yang dikembangkan oleh RemObjects Software untuk platform Java dan Cocoa. Bahasa ini menggunakan basis Object Pascal yang juga dipengaruhi dari C#, Eiffel, Java, F#, dan bahasa-bahasa lainnya.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.