16 Efek Samping Suntik Vitamin C Bagi Kulit dan Kesehatan
Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit putih cerah, salah satunya adalah dengan suntik vitamin c. Dibalik hasilnya yang instan, suntik vitamin c juga memiliki banyak efek samping yang sangat tidak baik untuk tubuh.

Kata.co.id - Memiliki kulit yang putih merupakan keinginan bagi sebagian besar wanita. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memutihkan kulit secara cepat adalah dengan suntik vitamin C. Prosedur penyuntikan vitamin C biasanya dilakukan melalui pembuluh vena dengan tujuan membuat kulit menjadi cerah merata hanya dalam beberapa kali suntikan.

Kebanyakan orang hanya memikirkan cara yang instan tanpa menyadari bahaya yang ditimbulkan dari suntik vitamin C bagi kesehatan. Jika anda berniat untuk mencoba suntik vitamin C, ada baiknya anda mengetahui efek samping apa saja yang mungkin timbul. 

Berikut ini adalah beberapa efek samping akibat suntik vitamin C yang perlu diketahui:

1. Alergi

Efek Samping Suntik Vitamin C
Menimbulkan alergi

Suntik vitamin C bagi orang yang daya imunitasnya rendah dapat menyebabkan reaksi alergi, ditambah lagi jika dosis yang diberikan sangat tinggi. Untuk itu, sebelum melakukan penyuntikan vitamin C, sebaiknya dilakukan skin tes terlebih dahulu, jika timbul reaksi alergi sebaiknya urungkan niat anda untuk suntik vitamin C.

2. Pembentukan Melanin Berkurang

Efek Samping Suntik Vitamin C
Pembentukan melanin berkurang

Efek samping lainnya yang dapat timbul setelah suntik vitamin C yaitu berkurangnya pembentukan melanin. Penyuntikan vitamin C menekan pertumbuhan melanin sehingga kulit tampak cerah. Melanin sangat dibutuhkan dalam regenerasi sel-sel kulit dan pembentukan jaringan kulit. Jika suntik vitamin dilakukan dengan dosis yang tinggi, maka kadar melanin pada kulit akan semakin berkurang bahkan menghilang. 

3. Gatal Pada Kulit

Efek Samping Suntik Vitamin C 3
gatal pada kulit

Selain alergi, suntik vitamin C juga dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit. Hal ini biasanya terjadi jika dosis vitamin C yang diberikan terlalu tinggi. Meskipun terlihat remeh, tapi rasa gatal pada kulit dapat menjadi tanda awal penyakit kulit bahkan kematian. 

4. Menyebabkan Iritasi

Efek Samping Suntik Vitamin C 4
Iritasi

Iritasi juga bisa saja terjadi sesaat setelah penyuntikan vitamin C. Hal ini disebabkan oleh tingginya sensitivitas tubuh terhadap vitamin C. Iritasi biasanya ditandai dengan adanya ruam kemerahan pada kulit yang cukup parah. 

5. Menopause Dini

Efek Samping Suntik Vitamin C 5
Menopause Dini

Suntik vitamin C ternyata juga dapat mengakibatkan menopause dini. Menopause rata-raat dialami wanita saat memasuki usia 50 tahun keatas. Namun, akibat suntik vitamin C yang dilakukan berulang-ulang, menopause akan terjadi lebih cepat. Menopause dini bisa terjadi pada usia 40 tahun atau lebih cepat. 

6. Diabetes

Efek Samping Suntik Vitamin C 6
Diabetes

Bagi penderita diabetes, harus berpikir ulang jika ingin melakukan suntik putih. Vitamin C dosis tinggi yang disuntikkan ke dalam tubuh dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Walaupun penyuntikan vitamin C dilakukan oleh ahli dengan dosis yang wajar, tetapi suntik vitamin C tetap harus dihindari bagi pengidap diabetes.

7. Membebani Ginjal

Efek Samping Suntik Vitamin C 7
Membebani ginjal

Untuk mebuat kulit lebih cerah dan putih, suntik vitamin c untuk kulit biasanya diberikan dengan dosis yang tinggi yaitu sekitar 4 gram. Sedangkan dosis vitamin C paling maksimal yang bisa diterima tubuh adalah 2 gram. Kelebihan vitamin C tersebut tentunya akan memberatkan ginjal Vitamin C, dan jika dilakukan terus-menerus akan merusak organ ginjal.

8. Mempersulit Kinerja Hati

Efek Samping Suntik Vitamin C
Mempersulit kinerja hati

Selain memberatkan kerja ginjal, suntik vitamin C juga membawa pengaruh buruk bagi kinerja hati dan berakibat sangat fatal. Suntik vitamin C dengan dosis yang berlebihan jauh lebih berbahaya jika dibandingkan dengan mengonsumsi vitamin C dosis tinggi secara oral. Karena vitmain c yang digunakan berbentuk cairan dan langsung disuntikkan ke pembuluh vena, sehingga langsung menyebar keseluruh tubuh tanpa proses yang panjang. 

BACA JUGA: 16 Efek Samping Pil KB Bagi Wanita yang Perlu Diwaspadai

9. Serangan Jantung

Efek Samping Suntik Vitamin C
Serangan jantung

Organ tubuh lainnya yang dapat terganggu fungsinya akibat suntik vitamin c adalah jantung. Sejauh ini, belum ada kasus serangan jantung akibat mengonsumsi vitamin C dosis rendah. Akan tetapi, bagi pengidap penyakit jantung, sebaiknya hindari suntik vitamin C walapun dengan dosis yang rendah. 

10. Memicu Kanker

Efek Samping Suntik Vitamin C
Memicu kanker

Efek samping suntik vitamin C yang sangat berbahaya adalah kanker. Walaupun vitamin C mengandung antioksidan yang cukup tinggi, namun penyuntikan vitamin C yang dilakukan terus-menerus dengan dosis yang tinggi mampu menyebabkan berkembangnya sel-sel kanker dalam tubuh. 

11. Memperparah Penyakit Thalasemia

Efek Samping Suntik Vitamin C
Thalasemia

Thalasemia merupakan suatu penyakit dimana jumlah hemoglobin dalam tubuh hanya sedikit. Hemoglobin sendiri merupakan salah satu bentuk protein bentuk yang berfungsi dalam pembentukan sel darah merah. Dengan penyuntikan vitamin C dengan kadar yang berlebihan akan memperburuk penyakit halasemia meningkat.

12. Kerontokan Rambut

Efek Samping Suntik Vitamin C
Kerontokan rambut

Suntik vitamin c juga membawa efek yang buruk terhadap rambut. Suntik vitamin C yang dilakukan berulang-ulang akan menyebabkan rambut rontok dan rapuh. Kerontokan rambut merupakan reaksi penolakan terhadap vitamin c yang berlebihan pada tubuh.

13. Menyebabkan Ketergantungan 

Efek Samping Suntik Vitamin C
Ketergantungan

Suntik vitamin C memang dapat memutihkan kulit secara cepat, namun hasil yang diperoleh tidak permanen. Sehingga jika pengguna merasa kulitnya kembali gelap dan kusam, mereka merasa harus melakukan suntik vitamin C kembali. Hal ini ssecara tidak langsung membuat mereka ketergantungan terhadap suntikan vitamin C.

14. Hormon Menjadi Tidak Stabil

Efek Samping Suntik Vitamin C
Hormon tidak stabil

Akibat lain yang sering terjadi karena suntik vitamin c adalah ketidakstabilan hormon. Hormon akan bereaksi apabila ada benda asing yang dimasukkan kedalam tubuh, ditambah lagi dengan dosis yang tinggi. Hormon yang tidak stabil juga dapat membuat tubuh mengalami kegemukan. 

15. Mengganggu Sistem Pencernaan

Efek Samping Suntik Vitamin C
Mengganggu sistem pencernaan

Suntik vitamin C bersifat asam dan berakibat buruk untuk sistem pencernaan. Salah satu dampak yang paling sering terjadi adalah diare. Terlebih lagi jika pengguna suntik vitamin c memiliki penyakit maag. Seperti yang kita ketahui, pengidap penyakit maag tidak bisa mentolerir sesuatu yang bersifat asam. Suntik vitamin C akan sangat memperburuk kondisi penderita maag.

16. Menganggu penyerapan tembaga 

Efek Samping Suntik Vitamin C
Mengganggu penyerapan tembaga

Tembaga merupakan salah satu jenis mineral yang berfungsi untuk membantu proses metabolisme glukosa dan kolesterol serta membantu pembentukan enzim-enzim dalam tubuh. Tubuh tidak memproduksi mineral tembaga, jadi untuk memenuhi kadar tembaga di dalam tubuh, diperlukan makanan yang banyak mengandung tembaga. 

Suntik vitamin yang berlebihan dapat mengganggu proses penyerapan tembaga dalam tubuh. Hal tersebut akan berakibat fatal jika terjadi terus-menerus. Karena tanpa asupan tembaga yang cukup organ-organ dan proses metabolisme dalam tubuh akan terganggu.

Loading...

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.