15 Posisi Tidur Ibu Hamil yang Nyaman dan Aman bagi Bayi
Satu diantara problem bagi seorang ibu hamil selain nutrisi janin dan morning sickness adalah mencari tahu posisi tidur yang baik saat kondisi hamil. Memang kondisi perut yang tengah hamil memungkinkan bagi ibu hamil untuk kesulitan saat tidur dan mencari posisi yang nyaman. Lantas, bagaimana posisi tidur yang baik untuk ibu hamil demi menjaga kesehatan sang ibu dan calon bayi? Berikut ulasannya untuk anda, yuk simak.

Kehamilan menjadi salah satu masa yang dinantikan bagi sebagian besar wanita. ketika mengetahui dirinya hamil, tentu sang calon ibu akan mencoba melakukan yang terbaik agar janin yang ada dalam kandungannya bisa lahir dengan sehat. Ya, beberapa hal menjadi pertimbangan para ibu hamil agar bisa memastikan kondisi janinnya dalam keadaan baik-baik saja. Selain rutin mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan bagi janin dan ibu hamil itu sendiri, hal lainnya juga harus dipikirkan.

Satu diantara problem bagi seorang ibu hamil selain nutrisi janin dan morning sickness adalah mencari tahu posisi tidur yang baik saat kondisi hamil. Memang kondisi perut yang tengah hamil memungkinkan bagi ibu hamil untuk kesulitan saat tidur dan mencari posisi yang nyaman. Beberapa gangguan tidur pun menjadi sering dialami seperti kram perut, sakit punggung, atau keluhan lainnya. Umumnya, keluhan tersebut memang merupakan dampak dari posisi tidur yang tidak lagi bisa nyaman seperti semula. Lantas, bagaimana posisi tidur yang baik untuk ibu hamil demi menjaga kesehatan sang ibu dan calon bayi? Berikut ulasannya untuk anda, yuk simak!

1.  Memakai Bantal

15 Posisi Tidur Ibu Hamil yang Nyaman dan Aman bagi Bayi
pakai bantal

Bantal termasuk salah satu kebutuhan yang paling penting ketika anda memasuki usia kehamilan muda. Menggunakan bantal ketika tidur akan membantu anda untuk menopang sebagian besar tubuh seperti kepala dan kaki. Selain itu, dengan menggunakan bantal maka sirkulasi darah juga bisa lancar sehingga meminimalkan risiko buruk lainnya. Gunakan bantal yang empuk dan lembut di bagian kepala dan bahu anda.

2. Bantal Diantara Perut

15 Posisi Tidur Ibu Hamil yang Nyaman dan Aman bagi Bayi
bantal diantara perut

Bantal tidak hanya dibutuhkan untuk menopang bagian kepala anda, tetapi juga bisa menopang perut yang mengalami ketidaknyamanan selama hamil muda. Biasanya posisi tidur dengan bantal di atas perut akan membantu ibu hamil agar tidur lebih nyaman.

3. Bantal di Punggung

15 Posisi Tidur Ibu Hamil yang Nyaman dan Aman bagi Bayi
bantal di punggung

Meletakkan bantal di bagian punggung juga bisa membantu tubuh anda semakin rileks saat istirahat. Ibu hamil membutuhkan sandaran yang empuk di hampir setiap bagian tubuhnya. Biasanya ketika punggung sudah mulai terasa sakit dan tidak nyaman, meletakkan bantal di punggung menjadi solusinya.

4. Bantal Dibawah Lutut

15 Posisi Tidur Ibu Hamil yang Nyaman dan Aman bagi Bayi
bantal di bawah lutut

Meletakkan bantal di bawah lutut juga bisa direkomendasikan bagi ibu hamil. Badan yang terasa berat ketika hamil menyebabkan penumpu tubuh yaitu kaki membutuhkan sandaran untuk sejenak merasakan rileks. Dengan meletakkan bantal di bawah lutut, otomatis akan memberikan kenyamanan sehingga otot di bagian tersebut tidak selalu tegang.

5. Dengan Memeluk Guling

15 Posisi Tidur Ibu Hamil yang Nyaman dan Aman bagi Bayi
peluk guling

Selain lebih nyaman, guling juga bisa membuat stres pada ibu hamil sedikit mereda. Ya, memeluk guling saat posisi hamil membuat ibu hamil akan terasa nyaman ketika beristirahat.

6. Posisi miring

15 Posisi Tidur Ibu Hamil yang Nyaman dan Aman bagi Bayi
posisi miring

Posisi tidur miring adalah yang paling baik ketika usia kandungan sudah memasuki 5 bulan lebih. Ahli kesehatan mengatakan jika posisi miring ke kiri akan lebih baik bagi ibu hamil, namun miring ke kanan juga bisa anda coba tergantung dengan kebiasaan anda. Posisi miring ini akan memberikan ruang gerak yang lebih banyak bagi janin. Ibu pun akan merasa nyaman karena tidak menjadi tumpuan dari bayi yang ada dalam kandungan.

Manfaat posisi tidur miring lainnya adalah akan membantu perkembangan janin menjadi lebih baik. Tak hanya itu, posisi ini akan nyaman bagi organ ginjal ibu sehingga bisa berfungsi dengan baik

7. Posisi bersandar

15 Posisi Tidur Ibu Hamil yang Nyaman dan Aman bagi Bayi
posisi bersandar

Posisi ini dapat dilakukan ketika ibu hanya ingin bersantai sejenak. Ketika anda bosan dengan posisi miring, anda bisa beristirahat sejenak dengan mengistirhatkan punggung pada bantal yang diposisikan berdiri. Posisi bersandar ini akan memberikan kenyamanan pada punggung ibu.

8. Posisi meninggikan kaki

15 Posisi Tidur Ibu Hamil yang Nyaman dan Aman bagi Bayi
meninggikan kaki

Sambil dengan posisi tidur bersandar maupun miring, anda juga bisa sekalian meninggikan posisi kaki. Kaki ibu hamil biasanya akan menadi bengkak dan sensitif karena kaki menjadi tumpuan tubuh yang kini telah menampung dua mahluk hidup. Beban yang akan dirasakan kaki menjadi semakin berat. Terlebih lagi, kaki merupakan bagian tubuh yang letaknya jahu dari jantung, sehingga aliran darah yang didapat kaki kurang optimal.

Dengan meninggikan posisi kaki saat tidur akan lebih melancarkan sistem peredaran darah. Tidak hanya mencegah kaki dari merasakan nyeri akibatnya terhambatnya sirkulasi darah, tapi posisi meninggikan kaki juga akan menguntungkan karena memperlancar sistem peredaran ke otak sehingga mencegah anda dari mengalami rasa pusing.

9. Posisi Tidur Untuk Hamil 3 Bulan

15 Posisi Tidur Ibu Hamil yang Nyaman dan Aman bagi Bayi
hamil 3 bulan

Saat memasuki usia kehamilan 1 bulan hingga tiga bulan pertama mungkin tidak ada rasa tidak nyaman yang anda rasakan ketika tidur. Namun, ketika memasuki bulan ketiga biasanya seorang wanita hamil akan mulai tidak nyaman dengan posisi tidurnya. Terlentang menjadi solusi bagi anda yang tengah hamil memasuki bulan ketiga.

Baca Juga: 15 Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air Secara Mudah

10. Posisi Tidur Hamil 4 Bulan

15 Posisi Tidur Ibu Hamil yang Nyaman dan Aman bagi Bayi
hamil 4 bulan

Perut pada usia kehamilan 4 bulan akan semakin membesar. Inilah yang membuat sebagian besar ibu hamil disarankan untuk menggunakan posisi tidur miring saat usia memasuki bulan keempat. Sebaiknya, posisi tidur saat empat bulan kehamilan ini adalah miring ke kanan. Hal ini disebabkan ketika miring ke kanan, pada organ yang ada di sebelah kiri tidak menjadi tumpuan.

11. Posisi Tidur Hamil 5 Bulan

15 Posisi Tidur Ibu Hamil yang Nyaman dan Aman bagi Bayi
hamil 5 bulan

Perut yang semakin membesar dibandingkan bulan sebelumnya membuat rasa tidak nyaman semakin menjadi-jadi di bulan kelima masa kehamilan. Pada bulan ini disarankan bagi anda yang sudah melakukan posisi tidur miring ke kanan di bulan sebelumnya, untuk menggantinya dengan posisi miring ke kiri. Hal ini sebagai upaya untuk menjaga keseimbangan organ yang menjadi tumpuan, sehingga posisi organ juga tetap stabil.

12. Posisi Tidur Hamil 6 Bulan

15 Posisi Tidur Ibu Hamil yang Nyaman dan Aman bagi Bayi
hamil 6 bulan

Berbagai posisi mungkin akan terasa tidak nyaman ketika memasuki bulan ke 6 usia kehamilan anda. Ada satu posisi saja yang bisa menyelamatkan kualitas tidur anda yaitu dengan tidur menyamping sementara lengan serta kaki lurus ke bawah.

13. Posisi Tidur Hamil 7 Bulan

15 Posisi Tidur Ibu Hamil yang Nyaman dan Aman bagi Bayi
hamil 7 bulan

Pada bulan ke tujuh, anda disarankan untuk hati-hati dalam memilih posisi tidur yang tepat. Tidak hanya itu, anda juga wajib menjaga pola istirahat anda untuk menghindari sakit atau kondisi lemah akibat kehamilan yang semakin membesar. Gunakan posisi tidur miring dengan tangan berada di pipi anda.

14. Posisi Tidur Hamil 8 Bulan

15 Posisi Tidur Ibu Hamil yang Nyaman dan Aman bagi Bayi
hamil 8 bulan

Kontraksi bisa saja anda rasakan memasuki bulan ke delapan usia kehamilan. Nah, pada bulan ini biasanya anda perlu menyediakan bantal  di bawah punggung. Anda boleh tidur dengan miring ke kanan dan kiri secara bergantian. Sambil meletakkan bantal di belakang punggung anda serta bagian kepala. Ini akan membuat tubuh anda rileks dan merasa bangun lebih ringan.

15. Posisi Tidur Hamil 9 Bulan

15 Posisi Tidur Ibu Hamil yang Nyaman dan Aman bagi Bayi
hamil 9 bulan

Tinggal menghitung hari saja, masa-masa tidur tidak nyaman akan anda rasakan. Namun, pada bulan ke sembilan ini anda perlu menjaga pola makan, tidur serta konsumsi makanan yang bernutrisi. Anda pun disarankan untuk tidur dalam posisi miring secara bergantian. Namun, saat anda terbangun dalam kondisi tubuh terlentang, anda tidak perlu cemas. Anda bisa pindah kembali ke posisi miring agar tetap merasa nyaman.

Demikian artikel informatif tentang 15 posisi tidur ibu hamil yang disarankan. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi sumber referensi anda!

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.