17 Penyebab Sering Kentut Yang Perlu Kita Ketahui
Normalnya manusia mengalami kentut maksimal 20 kali dalam sehari,bila jumlahnya lebih dari itu,mungkin saja ada masalah dalam tubuh kita,seperti sembelit,karena sakit maag,dan yang paling mengerikan adalah adanya sel kanker bersarang di dalam usus.

Penyebab sering kentut.Kentut adalah hal yang manusia dan wajar di alami setiap orang,terbentuknya kentut di sebabkan karena udara atau oksigen yang masuk kedalam perut saat kita makan atau minum,kemudian oksigen tersebut masuk dan berkumpul di saluran pencernaan dan akhirnya menjadi metana,karbondioksida dan juga hidrogen.

Walaupun kentut merupakan hal yang wajar,namun kebanyakan dan hampir setiap orang akan merasa malu bila keceplosan kentut di depan orang,karena selain dapat menimbulkan bunyi,kentut juga dapat menimbulkan bau menyengat seperti bau telur busuk.

Perlu kita ketahui bahwa bau menyengat yang di timbulkan oleh kentut di sebabkan karena dua senyawa yaitu hidrogen sulfida dan merkaptan yang keduanya mengandung sulfur atau belerang,jadi semakin banyak kandungan sulfur di dalam usus,semakin menyengat pula bau kentut yang kita timbulkan.

Normalnya setiap orang mengalami kentut 15-20 kali sehari,bila lebih dari itu,kita pantas curiga,karena kentut yang terlalu sering bisa jadi adalah sebuah gejala adanya sebuah penyakit bersarang di tubuh kita,seperti sembelit,penyakit maag,atau bahkan penyakit yang lebih serius seperti kanker usus besar.

Ngomong-ngomong mengenai kentut,kali ini saya akan membahas tentang penyebab sering kentut yang perlu kita ketahui,untuk itu simak ulasannya berikut ini.

1.Kentut di sebabkan karena gelisah

penyebab sering kentut
Karena gelisah

Kentut akan lebih sering terjadi ketika kita sedang merasa gelisah,ketika perasaan gelisah,pikiran tegang dan cemas melanda,tentu dalam kondisi tersebut kita akan lebih banyak menelan udara,dan menyebabkan sering kentut,jadi ketika kita mulai merasa gelisah,usahakan jangan dulu berdekatan dengan orang lain,untuk menghindari rasa malu,ketika kita keceplosan kentut.

2.Karena sindrom iritasi usus

penyebab sering kentut
Karena sindrom iritasi usus

Sindrom iritasi usus adalah sebuah kondisi yang mempengaruhi saluran pencernaan dan memiliki banyak gejala,dan si penderita mengalami gangguan gastrointesnital seperti sakit perut,perut kembung dan lain-lain.

Iritasi pada usus akan menyebabkan perut menjadi kembung karena terisi banyak gas dan hal tersebut memicu seseorang akan mengalami kentut yang lebih sering dari pada normalnya.

3.Makan sambil berbicara

penyebab sering kentut
Makan sambil berbicara

Sebagian orang pasti sering melakukan kebiasaan buruk ini yaitu makan sambil berbicara,selain dapat menyebabkan tersedak,ternyata makan sambil ngobrol juga dapat menyebabkan kita sering kentut,karena saat itu kita akan lebih banyak menelan udara.

4.Karena mengunyah permen karet

penyebab sering kentut
Karena mengunyah permen karet

Mungkin belum banyak yang tahu kalau dengan mengunyah permen karet,kita akan lebih sering mengalami kentut,itu disebabkan karena terlalu sering mengunyah permen karet maka gas di dalam perutpun akan semakin menumpuk,dan menyebabkan gas keluar melalui kentut.

Selain dari kunyahannya tadi,pemanis buatan yang terdapat dalam permen karet juga menjadi penyebab sering kentut,karena pemanis buatan sulit untuk di cerna oleh tubuh,dan menyebabkan gas di dalam perut penuh dan terjadilah kentut yang sering.

5.Sering meminum minuman keras

penyebab sering kentut
Karena minuman keras

Seperti yang kita tahu bahwa minuman keras atau minuman yang mengandung alkohol akan menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh dan memicu penyakit berbahaya.

Selain itu,minuman keras seperti bir,juga dapat menyebabkan seringnya kentut,karena bir mengandung alkohol dan karbonasi.

6.Menghisap ganja

penyebab sering kentut
Menghisap ganja

Selain dapat merusak kesehatan dan memengaruhi jiwa serta pikiran si pengguna,ternyata ganja juga dapat menyebabkan si pengguna sering kentut,karena dengan menghisap ganja,tentunya akan lebih banyak udara masuk kedalam perut yang menyebabkan seseorang sering kentut.

7.Pemasangan gigi palsu tidak tepat

penyebab sering kentut
Pemasangan gigi tidak tepat

Siapa sangka kalau pemasangan gigi palsu yang kurang tepat dapat menyebabkan seseorang mengalami kentut lebih sering,itu karena pemasangan gigi yang kurang tepat dapat menyebabkan udara terjebak diantara bagian gigi yang satu dengan gigi yang lainya,hingga otomatis udara akan tertelan dan masuk ke perut,hingga menyebabkan seringnya kentut.

8.Karena naik pesawat

penyebab sering kentut
Naik pesawat

Bila anda pernah atau sering naik pesawat,mungkin anda juga pernah mengalami ingin selalu kentut,itu hal yang wajar,karena saat kita melakukan perjalanan lewat transportasi udara,di saat itu kita lebih banyak menelan udara,dan udara tersebut menumpuk di dalam perut dan menyebabkan sering kentut.

9.Memakan makanan yang menimbulkan gas

penyebab sering kentut
Mengkonsumsi makanan yang menimbulkan gas

Ada beberapa jenis makanan yang menimbulkan gas di dalam usus,seperti brokoli,kubis,kacang-kacangan dan makanan lainnya yang menimbulkan gas,ketika kita mengkonsumsi makanan tersebut,otomatis gas akan menumpuk di dalam perut dan menyebabkan sering kentut.

10.Menderita anoreksia

penyebab sering kentut
Menderita anoreksia

Penyebab sering kentut berikutnya adalah karena menderita anoreksia,penderita anoreksia akan cendrung lebih sering kentut karena tidak adanya makanan yang masuk ke perut dan menyebabkan usus mengecil,hingga gas dan bakteri terjebak di dalam perut yang menyebabkan sering kentut.

11.Intoleransi laktosa

penyeba sering kentut
Intoleransi laktosa

Penyebab sering kentut berikutnya adalah intoleransi laktosa,yaitu keadaan dimana seseorang tidak mempunyai enzim laktase yang cukup sehingga tidak mampu mencerna laktosa atau gula susu yang menyebabkan gangguan pencernaan seperti sakit perut dan sering kentut.

12.Intoleransi gluten

penyebab sering kentut
Intoleransi gluten

Tak hanya intoleransi laktosa saja yang dapat menyebabkan seseorang menjadi sering kentut,ada juga penyebab lainnya yaitu intoleransi gluten,dimana seseorang tidak mampu mencerna gluten,yaitu pencernaan tidak dapat memecah protein sehingga gas di dalam perut menumpuk dan keluar sebagai kentut.

13.Konstipasi atau sembelit

penyebab sering kentut
Konstipasi atau sembelit

Pasti semua orang pernah mengalami yang namanya susah buang air besar,nah dalam kondisi tersebut kita akan selalu ingin kentut,dan aroma kentut yang di timbulkan juga lebih bau menyengat dari biasanya.

14.Faktor usia

penyebab sering kentut
Faktor usia

Siapa sangka ternyata faktor usia juga menjadi penyebab seseorang sering kentut,karena bila bertambahnya usia tidak di imbangi dengan produksi air liur dan cairan lainnya dalam jumlah banyak,akan menyebabkan kemampuan bakteri dalam menjalankan peragian karbohidrat yang masuk di dalam perut akan menjadi berlebihan,dan menjadi sebab menumpuknya gas di dalam perut.

15.Penyakit maag

penyebab sering kentut
Karena penyakit maag

Ketika sakit maag melanda,perut akan menjadi kembung karena menumpuknya gas di dalam perut yang mebjadi penyebab sering kentut.

16.Kanker usus besar

penyebab sering kentut
Gejala kanker usus

Dari beberapa penyebab kentut,sepertinya inilah yang paling berbahaya dan tidak dapat di anggap enteng,karena bisa saja penyebab seseorang sering kentut adalah karena adanya kanker yang bersarang di dalam usus besar.

17.Pasca melahirkan

penyebab sering kentut
Pasca melahirkan

Bagi wanita yang baru saja melahirkan pasti mengalami sering kentut yang tak tertahankan,karena pada wanita yang sudah melahirkan,otot serta saraf yang ada pada area anus akan mengalami kerusakan yang menyebabkan wanita tidak bisa menahan kentut.

Itulah beberapa penyebab sering kentut,bila terlalu sering,sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter,karena bisa saja penyebab anda mengalami sering kentut adalah karena adanya penyakit serius dalam tubuh.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.