21 Penyebab Penyakit Jantung Yang Perlu Kita Ketahui
Penimbunan lemak di dalam pembuluh darah adalah penyebab utama penyakit jantung,dan penimbunan lemak tersebut bisa di sebabkan banyak faktor diantaranya karena kadar kolesterol tinggi,kelebihan berat badan dan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Penyebab penyakit jantung.Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia,seperti yang di lansir dari alodokter.com,penyakit jantung adalah kondisi dimana pembuluh darah yang menyuplai darah ke jantung mengalami kerusakan.

Serangan jantung adalah terhambatnya aliran darah menuju jantung secara total karena menyempitnya pembuluh darah koroner yang di sebabkan oleh penumpukan kolesterol atau plak.

Penyebab utama penyakit jantung adalah karena aterosklerosis yaitu penimbunan lemak di dalam pembuluh darah,dan banyak faktor yang menyebabkan penimbunan lemak tersebut yang berujung dengan penyakit jantung di antaranya yaitu karena rokok,tekanan darah tinggi,diabetes serta masih banyak lagi penyebab aterosklerosis yang berakhir dengan penyakit jantung.

Apa sajakah faktor yang menyebabkan penyakit jantung?,simak ulasannya berikut ini,beberapa faktor penyebab penyakit jantung.

1.Rokok

penyebab penyakit jantung
Merokok

Selain dapat menyebabkan penyakit kanker dan gangguan pada janin,merokok juga dapat menyebabkan penyakit jantung dan serangan jantung,kerena rokok dapat menyebabkan rusaknya lapisan arteri,menebalnya dinding arteri dan menyebabkan penumpukan lemak dan plak yang menghambat aliran darah di sepanjang arteri,dan penumpukan tersebut akan menyebabkan menurunnya pasokan darah yang kaya akan oksigen menuju jantung yang memicu terjadinya penyakit jantung.

2.Diabetes Miletus

penyebab penyakit jantung
Diabetes miletus

Diabetes juga dapat memicu penyakit jantung,hal tersebut di sebabkan karena penyakit diabetes miletus dapat menyebabkan rusaknya pembuluh darah dalam tubuh,dan kerusakan tersebut di sebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi membuat penumpukan lemak di dinding pembuluh darah meningkat,penumpukan lemak itulah yang membuat aliran darah ke jantung menjadi terhambat dan akhirnya menyebabkan penyakit jantung.

3.Menopause dini

penyebab penyakit jantung
Menopause dini

Seperti yang kita tahu,menopause dapat menurunkan kesehatan tubuh wanita,dan orang yang mengalami menopause dini cendrung lebih beresiko tinggi mengalami penyakit jantung,hal tersebut di sebabkan karena jantung mereka tidak mampu memompa darah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

4.Hipertensi 

penyebab penyakit jantung
Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi berpengaruh terhadap penebalan dinding pembuluh darah yang akan mendorong terjadinya peningkatan kolesterol yang terakumulasi pada dinding pembuluh darah,hal tersebut akan menyebabkan penyumbatan aliran darah ke jantung yang memicu penyakit jantung.

5.Aneurisma aorta

penyebab penyakit jantung
Aneurisma aorta

Aneurisma merupakan kondisi pelebaran dan sering terjadi di arteri,terjadinya aneurisma diakibatkan karena melemahnya dinding arteri yang akhirnya akan membentuk semacam kantung,dan lama kelamaan kantung tersebut akan membesar dan pecah hingga menimbulan pendarahan.

Jika aneurisma terjadi di pembuluh koroner akan mnyebabkan aliran darah ke jantung terhambat dan akhirnya terjadilah penyakit jantung.

6.Kelebihan berat badan atau obesitas

penyebab penyakit jantung
Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat memicu penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi,dan kedua penyakit tersebut merupakan faktor penyebab terjadinya penyakit jantung,jadi secara tidak langsung,orang yang memiliki kelebihan berat badan juga beresiko tinggi terkena penyakit jantung.

7.Hipoksia

penyebab penyakit jantung
Hipoksia

Orang yang menderita hipoksia juga beresiko tinggi mengalami penyakit jantung.Hipoksia adalah kurangnya pasokan oksigen di sel dan jaringan tubuh untuk menjalankan fungsi normalnya,dan akibatnya tubuh di aliri darah yang tidak mengandung oksigen dan akhirnya terjadilah penyakit jantung.

8.Minuman keras

penyebab penyakit jantung
Minuman keras

Terlalu banyak meminum minuman beralkohol dapat menyebabkan jantung melemah dan memicu detak jantung tidak teratur dan terkadang sangat fatal,selain itu meminum alkohol dapat memicu tekanan darah tinggi,dan seperti yang telah kita ketahui bahwa hipertensi adalah salah satu penyebab penyakit jantung.

9.Faktor usia

penyebab penyakit jantung
Faktor usia

Penyebab penyakit jantung berikutnya adalah karena faktor usia,semakin bertambahnya usia,maka arteri kita biasanya menjadi kaku,dan hal inilah yang meningkatkan resiko tekanan darah tinggi yang memicu terjadinya penyakit jantung.

10.Kolestrol tinggi

penyebab penyakit jantung
Kolesterol tinggi

Kadar kolesterol yang tinggi di akibatkan oleh gaya hidup yang tidak baik dan pola makan yang tidak sehat,saat kadar kolesterol melebihi yang di butuhkan oleh tubuh maka kolesterol akan menyebabkan plak yang menumpuk di arteri yang menyebabkan terhambatnya aliran darah ke jantung,dan akhirnya terjadilah penyakit jantung.

11.Stress

penyebab penyakit jantung
Stress

Secara tidak langsung stress juga menyebabkan seseorang terkena penyakit jantung,hal tersebut di sebabkan karena ketika kita sedang stress maka tekanan darah akan meningkat,dan seperti yang sudah kita bahas sebelumnya,bahwa tekanan darah tinggi dapat memicu penyakit jantung.

12.Kurang olahraga

penyebab penyakit jantung
Kurang olahraga

Untuk menjaga keseimbangan kadar gula dan kolesterol dalam tubuh di perlukan aktifitas fisik seperti olahraga,apabila jumlah kolesterol dan gula darah dalam tubuh terlalu banyak,maka akan terjadi penyumbatan pada aliran darah yang menyebabkan penyakit jantung.

13.Polusi udara akibat bahan kimia

penyebab penyakit jantung
Polusi udara

Ternyata polusi udara tak hanya membuat pernafasan kita terganggu,juga membuat kita beresiko terkena penyakit jantung,karena bahan kimia yang terkandung dalam polusi udara akan menyebabkan peradangan dan oksidasi dalam tubuh serta akan mempengaruhi kesehatan arteri yang berakibat tekanan darah meningkat dan akhirnya berujung pada penyakit jantung.

14.Penyalahgunaan obat-obatan

penyebab penyakit jantung
Penyalahgunaan obat-obatan

Menyalahgunakan obat-obatan seperti kokain,shabu dan lain-lain akan mengakibatkan berisiko tinggi terkena serangan jantung karena obat-obatan tersebut akan menyebabkan menyempitnya pembuluh darah dan terhambatnya pasokan darah ke jantung yang mengakibatkan terjadinya penyakit jantung.

15.Kurang tidur

penyebab penyakit jantung
Kurang tidur

Kurangnya jam tidur bisa menyebabkan terganggunya keseimbangan 2 hormon dalam tubuh yaitu leptin dan ghrelin yang berfungsi mengontrol selera makan,kurang tidur dapat membuat seseorang lebih suka makan dan berisiko mengalami obesitas,hipertensi dan memicu penyakit jantung.

16.Riwayat keluarga yang mengalami penyakit jantung

penyebab penyakit jantung
Riwayat penyakit jantung anggota keluarga

Jika salah satu anggota keluarga anda memiliki riwayat penyakit jantung,maka andapun juga berisiko tinggi mengalami hal yang sama,hal ini tidak bisa di hindari,namun tetap bisa di obati.

17.Penggumpalan darah

penyebab penyakit jantung
Penggumpalan darah

Orang mengalami penggumpalan darah beresiko tinggi mengalami penyakit jantung,karena darah yang menggumpal tidak bisa dialirkan keseluruh tubuh,terutama ke jantung.

18.Preeklamsia

penyebab penyakit jantung
Preeklamsia

Preeklamsia biasanya terjadi pada wanita,bila pada saat hamil,seorang wanita mengalami preeklamsia,maka dia berisiko tinggi mengalami sakit jantung,karena pada saat mengalami preeklamsia,tekanan darah akan meningkat,dan hal tersebut memicu penyakit jantung.

19.Radikal bebas

penyebab penyakit jantung
Radikal bebas

Radikal bebas dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah,sehingga jantung kesulitan memompa darah dan menyebabkan jantung berdebar-debar dan sakit jantung.

20.Salah diet

penyebab penyakit jantung
Salah diet

Salah diet dapat memicu saluran arteri tersumbat yang menyebabkan darah tidak mengalir ke otot-otot jantung.

21.Olahraga berlebihan

penyebab penyakit jantung
Olahraga berlebihan

Olahraga memang di perlukan karena dapat menyehatkan tubuh,namun bila olahraga dilakukan secara berlebihan tentu akan memberikan dampak negatif seperti,jantung terpompa dengan cara yang tidak normal,dan menyebabkan arteri yang menyuplai darah ke jantung pecah dan tak berfungsi lagi.

Itulah penyebab penyakit jantung yang perlu kita ketahui untuk mencegah kita mengalami penyakit jantung.

Baca Juga