16+ Penyebab Katarak Yang Perlu Kita Ketahui
Katarak merupakan kondisi dimana lensa mata yang tadinya jelas menjadi tidak jelas,keruh dan penglihatan buram,katarak dapat disebabkan karena banyak faktor,diantaranya,karena faktor usia dan faktor genetik.

Penyebab katarak.Katarak merupakan masalah yang berhubungan dengan penglihatan,katarak adalah suatu kondisi dimana lensa mata yang tadinya jelas menjadi buram dan keruh,dan menyebabkan menurunnya penglihatan.

Umumnya katarak di alami oleh para lansia (lanjut usia),karena protein dalam lensa mata menurun dari waktu kewaktu,namun tak sedikit pula orang yang mengalami mata katarak di usia muda,hal itu di sebabkan karena beberapa faktor.

Dilansir dari mediskus.com.katarak terbentuk pada lensa yang letaknya di belakang selaput pelangi/iris (bagian yang memberi warna pada mata),tekstur yang tugasnya meneruskan cahaya kedalam mata ini menjadi semakin kurang fleksibel seiring bertambahnya usia.

Perlu kita ketahui bahwa ada 5 tipe penyakit katarak,diantaranya sebagai berikut:

1.Katarak Subcapsular (sekunder)

Katarak yang disebabkan karena mempunyai penyakit tertentu,seperti diabetes dan hipertensi,dan pernah menjalani operasi sakit mata.

2.Katarak Traumatik

Katarak yang terjadi karena mengalami cedera mata atau trauma pada mata.

3.Katarak bawaan

Katarak yang terjadi sejak lahir.

4.Katarak Radiasi

Katarak yang terjadi akibat terkena radiasi.

5.Katarak Senilis

Katarak yang terjadi karena bertambahnya usia.

Adapun gejala katarak antara lain adalah,menurunnya ketajaman mata,sering melihat adanya lingkar cahaya di sekitar lampu,melihat objek tampak ganda dan mata jadi sensitif ketika melihat cahaya.

Adapun faktor yang dapat menyebabkan mata katarak adalah sebagai berikut.

1.Terlalu Banyak Terpapar Sinar Ultraviolet

penyebab katarak
Image : tokoauraglowkrim.blogspot.com

Teralu banyak terpapar sinar ultraviolet juga dapat menyebabkan masalah pada penglihatan,salah satunya dapat menyebabkan mata katarak,karena sinar ultraviolet dapat merusak metabolisme pada mata dan dapat menyebabkan kekeruhan pada lensa mata.

2.Mengkonsumsi Jenis Obat Kortikosteroid

penyebab katarak
Image : pharmaclick2012.blogspot.com

Penyebab mata katarak yang lainnya adalah karena mengkonsumsi jenis obat kortikosteroid,penggunaan jenis obat ini memang dapat mempengaruhi kondisi mata,dan dapat menyebabkan katarak,selain obat kortikosteroid,ada beberapa jenis obat lainnya yang juga dapat mempengaruhi kondisi mata.

3.Menderita Diabetes

penyebab katarak
Image : merdeka.com

Orang yang menderita diabetes juga beresiko tinggi mengalami mata katarak,untuk itu,penyakit diabetes harus segera di tangani dan lakukan pencegahan,agar tidak terkena penyakit katarak.

4.Faktor Keturunan

penyebab katarak
Image : boldsky.com

Penyebab katarak berikutnya adalah karena faktor keturunan,dimana seseorang juga beresiko tinggi mengalami mata katarak,bila di keluarganya terdapat seseorang yang memiliki riwayat mata katarak.

5.Trauma/Cedera Mata

penyebab katarak
Image : westsideeyeclinick.com

Penyebab mata katarak yang lainnya adalah trauma atau cedera pada mata akibat benturan keras pada saat kecelakaan,trauma tersebutlah yang dapat menyebabkan pembengkakan,penebalan dan munculnya warna putih pada serat lensa mata,yang akhirnya menyebabkan mata katarak.

6.Pernah Operasi Mata

penyebab katarak
Image : obatmataminus.com

Seseorang yang pernah melakukan operasi mata seperti operasi mata karena mata minus,silinder dan lainnya,juga beresiko tinggi mengalami mata katarak.

7.Penyakit Peradangan Pada Mata

penyebab katarak
Image : mulaisehat.com

Penyebab mata katarak lainnya adalah karena seseorang menderita penyakit mata seperti terjadinya peradangan pada mata di bagian tengah,untuk itu bila mengalami masalah pada mata,harap segera di tangani,untuk mencegah penyakit yang lebih serius lagi,seperti katarak.

8.Kurang Asupan Nutrisi

penyebab katarak
Image : pelancarasi.net

Tak hanya kulit dan tubuh saja yang membutuhkan nutrisi,mata juga sangat membutuhkan nutrisi,apabila mata kekurangan asupan nutrisi,maka suatu hari nanti dapat menyebabkan mata katarak.

9.Penyakit Kulit

penyebab katarak
Image : warassehat.com

Orang yang juga beresiko tinggi mengalami katarak adalah orang yang mengidap penyakit kulit,seperti dermatitis atopik,pemfigus,ichtyosis dan penyakit eksim,maka dari itu,bila anda mengidap penyakit kulit seperti yang sudah disebutkan,segeralah tangani,untuk mencegah penyakit yang lebih serius.

10.Terkena Infeksi

penyebab katarak
Image : alodokter.com

Selain orang yang mengidap penyakit kulit,orang yang terkena infeksipun juga beresiko tinggi mengalami mata katarak,seperti cyticercosis,kusta dan toksoplasma.

11.Merokok

penyebab katarak
Image : wellnesslabinfo.blogspot.com

Orang yang mempunyai kebiasaan merokok juga beresiko tinggi mengalami katarak,hal tersebut di karenakan zat-zat yang terdapat dalam rokok dapat mengubah sel-sel lensa melalui oksidasi,dan menurut penelitian,bahwa merokok menyebabkan akumulasi logam berat seperti cadmium dalam lensa.

12.Alkohol

penyebab katarak
Image : amazine.co

Selain kebiasaan merokok,orang yang mempunyai kebiasaan meminum alkohol juga beresiko tinggi mengalami mata katarak,hal tersebut di sebabkan karena alkohol dapat mengganggu homeostasis kalsium dalam lensa,kerusakan membran,menghasilkan molekul pro-oksidan ketika dimetabolisme di hati,dan mengubah interaksi protein-protein.

13.Usia

penyebab katarak
Image : nuga.co

Penyebab mata katarak lainnya adalah karena faktor usia,umumnya katarak di alami oleh orang yang berusia lanjut,itu di sebabkan karena menurunnya protein dalam lensa dari waktu ke waktu.

14.Hipertensi

penyebab katarak
Image : darahtinggihipertensi.com

Selain orang yang menderita diabetes yang beresiko tinggi terkena penyakit katarak,orang yang memilki tekanan darah tinggi (hipertensi) juga beresiko tinggi mengalami mata katarak,untuk itu hipertensi harus segera di tangani.

15.Pola Makan Yang Tidak Sehat

penyebab katarak
Image : nationalgeographic.co.id

Penyebab katarak lainnya adalah pola makan yang tidak sehat,orang yang pola makannya tidak sehat dan tidak seimbang juga beresiko tinggi terkena katarak.

16.Cacat Bawaan

penyebab katarak
Image : blog.doktoroz.com

Orang yang memiliki cacat bawaan di bagian mata,bila tidak di jaga kesehatannya,dapat menyebabkan penyakit katarak,untuk itu jagalah kesehatan mata,dan jangan lupa untuk memakan makanan yang bergizi dan bernutrisi.

Demikianlah penyebab mata katarak yang perlu kita tahu,jagalah selalu kesehatan mata kita dengan menerapkan pola makan yang sehat,seimbang dan teratur.

Baca Juga