16+ Penyebab Kanker Usus Yang Perlu Kita Waspadai
Kanker usus terjadi karena berkembangnya sel-sel yang tidak normal di dalam usus,kanker usus dapat menyerang siapa saja,tak pandang bulu dan usia,banyak faktor yang dapat menyebabkan kanker usus,diantaranya,karena terlalu sering minum alkohol,dan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang di panggang.

Penyebab kanker usus.Kanker usus merupakan kanker yang menyerang usus,kanker usus merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan mengerikan,bila terlambat di tangani,dapat menyebabkan kematian pada si penderita.

Dilansir dari transferfactorformula.com,kenker usus bermula dari terbentuknya gumpalan lunak atau polip pada jaringan usus,yang semakin lama semakin mengganas.

Kanker usus bisa menyerang siapa saja,dari mulai anak-anak,dewasa serta lansia,namun yang lebih berisiko tinggi terkena kanker usus ini adalah para lansia yang berumur di atas 50 tahun.

Seseorang yang baru terkena penyakit kanker usus,biasanya tidak menyadari bahwa dirinya terkena kanker usus,karena memang pada stadium awal,gejala kanker usus tidak terlalu terlihat,mereka baru sadar setelah sel kanker menyebar dan melangkah ke stadium yang selanjutnya.

Adapun penyebab pasti kanker usus memang belum di ketahui,namun ada beberapa faktor yang di yakini sebagai faktor yang dapat menyebabkan kanker usus,apa saja faktor yang menjadi penyebab kanker usus?yuk simak ulasannya berikut ini.

1.Terlalu Sering Mengkonsumsi Minuman Bersoda

penyebab kanker usus
Image : manfaatcantiksehat.com

Faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kanker usus yang pertama yaitu,terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda atau soft drink,minuman bersoda mengandung beberapa zat kimia yang berbahaya bila di konsumsi dalam jangka panjang,seperti zat pewarna,zat pengawet dan zat perasa serta pemanis buatan.

Jadi untuk mencegah terkena kanker usus,batasilah mengkonsumsi minuman bersoda dan soft drink sejak dini.

2.Sering Mengkonsumsi Saus Tomat Dalam Kemasan

penyebab kanker usus
Image : m.timesindonesia.co.id

Siapa sangka,saus tomat yang mungkin sering kita konsumsi untuk menambah kelezatan makanan,ternyata dapat menyebabkan kanker usus,hal itu dikarenakan didalam saus tomat terkandung bisphenol-A yang dapat menjadi racun didalam tubuh,racun yang menumpuk di dalam tubuh dapat memicu penyakit serius termasuk kanker usus.

3.Terlalu Sering Mengkonsumsi Daging Olahan

penyebab kanker usus
Image : satuharapan.com

Perlu diketahui,bahwa selain sebagai penyumbang kalori dan protein yang di butuhkan oleh tubuh,daging merah juga dapat menyebabkan penyakit kanker usus bila dikonsumsi secara berlebihan dan dalam jumlah banyak,apalagi yang dikonsumsi adalah aneka daging olahan,seperti sosis,nugget,hot dog dan lain-lain,karena terkandung zat yang tidak baik untuk tubuh yaitu natrium nitrat dan natrium nitrit.

Bukan tidak boleh mengkonsumsinya,namun yang perlu kita lakukan adalah hanya membatasinya pengkonsumsianya,untuk mencegah berkembangnya sel kanker di dalam tubuh.

4.Terlalu Banyak Mengkonsumsi Daging Yang Dipanggang

penyebab kanker usus
Image : youtube.com

Faktor yang menyebabkan kanker usus yang lainnya adalah terlalu sering mengkonsumsi makanan atau daging yang di olah dengan cara di panggang,hal itu disebabkan karena zat arang yang ikut menempel di makanan dan termakan oleh kita,dapat menyebabkan bangunnya sel-sel jahat dalam tubuh,dan memicu penyakit kanker usus.

5.Sering Mengkonsumsi Kentang Goreng

penyebab kanker usus
Image : diginomica.com

Terlalu sering mengkonsumsi kentang goreng atau keripik kentang ternyata juga dapat menyebabkan seseorang terkena kanker usus,hal itu di sebabkan karena suhu yang panas pada saat proses penggorengan kentang akan menyebabkan aktifnya zat karsegonik yang dapat memicu penyakit kanker.

6.Sering Minum Minuman Beralkohol

penyebab kanker usus
Image : vietnambiz.vn

Seperti yang kita tahu bahwa minuman beralkohol itu tidak menyehatkan bagi tubuh,dan malah dapat merusak tubuh,seperti merusak hati,usus,jantung dan bagian tubuh lainnya,termasuk alkohol juga dapat menyebabkan penyakit kanker usus,hal itu karena alkohol mengandung banyak zat kimia yang berbahaya bagi tubuh.

7.Genetik/Ketururnan

penyebab kanker usus
Image : foodandnutrition.org

Faktor genetik atau keturunan juga berpengaruh pada tingginya risiko terkena penyakit kanker usus,bila seseorang mempunyai saudara atau keluarga yang memiliki riwayat kanker usus,maka dirinyapun juga berisiko tinggi terkena penyakit kanker usus juga,maka dari itu cegahlah penyakit tersebut sejak dini.

8.Mempunyai Penyakit Diabetes

penyebab kanker usus
Image : linkedin.com

Orang yang mempunyai penyakit diabetes juga lebih tinggi berisiko terkena penyakit kanker usus dari pada orang yang tidak terkena diabetes,karena seseorang yang mempunyai penyakit diabetes mengalami masalah pada insulin dalam tubuhnya,dan karena ketergantungan pada insulin itulah yang dapat meningkatkan resiko kanker usus.

9.Faktor Usia

penyebab kanker usus
Image : kaltara.prokal.co

Meskipun kanker usus bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu,namun yang paling berisiko tinggi mengalaminya adalah orang yang berusia diatas 50 tahun,hal itu di karenakan,di usia tua sistem pencernaan dan sistem metabolisme dalam tubuh akan mengalami kemunduran.

10.Rokok

penyebab kanker usus
Image : pemerikasaanpajak.com

Selain dapat menyebabkan penyakit paru-paru dan kanker mulut,zat berbahaya yang terkandung dalam rokok juga dapat memicu penyakit kanker usus,jadi berhentilah merokok.

11.Radang Usus

penyebab kanker usus
Image : hellosehat.com

Seseorang yang menderita radang usus,lebih berisiko tinggi terkena penyakit kanker usus,karena radang usus biasanya di tandai dengan kondisi seperti penyakit chron dan ulcerative colitis yang dapat meningkatkan resiko terkena kanker usus,jadi bila anda menderita radang usus,segeralah atasi kerena bila terlambat di atasi,dapat memicu kanker usus.

12.Kurang Olahraga

penyeebab kanker usus
Image : boldsky.com

Kurang olahraga atau jarang melakukan aktifitas fisik juga dapat menyebabkan seseorang beresiko tinggi terkena penyakit kanker usus.

13.Cara Diet Yang Salah

penyebab kanker usus
Image : dailymoslem.com

Penyakit kanker usus juga dapat disebabkan karena cara diet yang salah,yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi,dan mengkonsumsi makanan yang rendah serat,cara diet yang salah itulah dapat menyebabkan meningkatnya resiko terkena penyakit kanker usus.

14.Daging Babi

penyebab kanker usus
Image : scottishcountryfoods.co.uk

Penyebab kanker usus lainnya adalah mengkonsumsi daging babi,karena di dalam daging babi terdapat jenis cacing yang tidak akan mati bila di masak dengan suhu paling panas sekalipun,cacing yang termakan itu akan bersarang dalam tubuh dan merusak jaringan usus yang menjadi penyebab kanker usus.

15.Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Berlemak

penyebab kanker usus
Image : litbangkemendagri.go.id

Seringnya mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi juga dapat menyebabkan meningkatnya resiko terkena kanker usus.

16.Makanan yang Tidak Steril

penyebab kanker usus
Image : groupon.com

Makanan yang tidak steril bisa saja mengandung toksin yang akan menyerang dan merusak jaringan tubuh,termasuk usus,hal itu dapat memicu penyakit serius seperti kanker usus.

Demikianlah beberapa faktor penyebab kanker usus yang perlu kita waspadai.

Baca Juga