18 Penyebab Kanker Otak Yang Harus Kita Ketahui
Kanker otak merupakan tumor otak yang bersifat ganas yang dapat menyebar dengan cepat kebagian lainnya,dari otak dan tulang belakang,banyak hal yang dapat menyebabkan kanker otak,mulai dari makanan yang tidak sehat dan aktifitas yang dapat memicu meningkatnya resiko terkena kanker otak.

Penyebab kanker otak.Kanker otak merupakan penyakit yang sangat mematikan,karena peluang untuk sembuh sangatlah kecil,di samping itu perkembangan kanker ini sangatlah cepat.

Seperti dilansir dari alodokter.com,kanker otak adalah tumor otak yang bersifat ganas yang dapat menyebar dengan cepat ke bagian lainnya,dari otak dan tulang belakang.

Tumor otak atau kanker otak bisa menyerang siapa saja,tidak mengenal siapapun dan usia berapapun,dari mulai anak-anak hingga lansia bisa terjangkiti penyakit ini.

Adapun penyebab kanker otak yang perlu kita ketahui,adalah sebagai berikut.

1.Memiliki Penyakit HIV atau AIDS

penyebab kanker otak
Image : lgbt.org.ua

Seseorang yang memiliki penyakit HIV Aids beresiko tinggi terjangkit penyakit kanker otak,karena penyakit HIV Aids menyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh,hingga sel-sel kanker dapat mudah masuk dan menyebar.

2.Karena Keturunan

penyebab kanker otak
Image : businessinsider.com

Seseorang yang dalam keluarganya,ada yang mempunyai riwayat kanker otak,maka dirinya juga beresiko tinggi mengalami hal yang sama,yaitu terjangkit penyakit kanker otak.

3.Paparan Bahan Kimia

penyebab kanker otak
Image : mongabay.co.id

Orang yang sering terkena paparan bahan kimia industri cendrung beresiko tinggi terjangkit kanker otak,biasanya seseorang yang bekerja di penyulingan minyak,manufaktur karet dan pembuatan obat.

4.Usia

penyebab kanker otak
Image : landasanteori.com

Walaupun kanker otak bisa menjangkiti segala usia,namun yang paling sering dan umum adalah pada orang dewasa,semakin bertambahnya usia maka semakin meningkat juga resiko kanker otak.

5.Jenis Kelamin

penyebab kanker otak
Image : rocketmanajemen.com

Penyebab kanker otak lainnya adalah jenis kelamin,jenis kanker Medulloblastomas lebih sering terjadi pada laki-laki,sedangkan kanker jenis Meningioma lebih sering terjadi pada wanita.

6.Paparan Radiasi Medis

penyebab kanker otak
Image : obatpascaradioterapi.wordpree.com

Orang yang sering melakukan pengobatan radiasi yang di arahkan ke kepala langsung,seperti pemeriksaan CT scan untuk kanker pada saat kanak-kanak dan orang yang sering menjalani radioterapi,beresiko lebih tinggi terjangkiti kanker otak.

7.Obesitas

penyebab kanker otak
Image : netralnews.com

Orang yang memiliki berat badan yang berlebihan lebih beresiko tinggi mengalami kanker otak,karena orang yang obesitas memiliki banyak lemak di tubuhnya,dan kelebihan lemak mengubah kadar hormon-hormon seks,seperti estrogen dan testosteron di dalam tubuh,yang menjadi penyebab meningkatnya resiko penyakit kanker.

8.Asap Rokok

penyebab kanker otak
Image : feed.merdeka.com

Orang yang mempunyai kebiasaan merokok dan orang yang sering terkena asap rokok mempunyai resiko lebih tinggi terkena kanker otak,seperti yang kita ketahui,bahwa di dalam rokok terdapat zat-zat kimia yang berbahaya,dan dapat menyebabkan masalah kesehatan,salah satunya dapat menyebabkan kanker otak dan paru-paru.

9.Memiliki Kanker Dibagian Tubuh Lain

penyebab kanker otak
Image : pasangansehat.com

Orang yang memiliki kanker di bagian tubuh lain,seperti kanker paru-paru,kanker payudara,kanker ginjal dan kanker lainnya,juga beresiko tinggi mengalami kanker otak,karena sel kanker mudah menyebar melalui pembuluh darah yang akhirnya mendarat di otak.

Kanker otak juga dapat disebabkan karena pola makan yang tidak sehat,dan inilah makanan yang dapat menyebabkan kanker otak.

10.Makanan Kemasan

penyebab kanker otak
Image : hemagijifemaipb.blogspot.com

Sebagian banyak makanan kemasan mengandung banyak bahan kimia,dan bahan kimia tersebut yang menyebabkan sel kanker mudah berkembang.

Jadi jangan mengkonsumsi makanan kemasan secara berlebihan,karena selain menyebabkan kanker otak,juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.

11.Mengkonsumsi Daging Merah Secara Berlebihan

penyebab kanker otak
Image : makananmu.com

Daging merah,seperti daging sapi,daging babi dan daging kambing,merupakan makanan yang dapat menyebabkan kanker otak bila di konsumsi secara berlebihan.

Konsumsilah secukupnya saja,jangan terlalu sering dan dalam jumlah banyak.

12.Buah Durian Dengan Jumlah Banyak

penyebab kanker otak
Image : healthline.com

Mengkonsumsi buah durian dengan jumlah banyak,dapat meningkatkan resiko terkena kanker otak,hal tersebut karena buah durian mengandung zat yang menyebabkan radikal bebas terjadi di tubuh menjadi sangat aktif.

13.Makanan yang Mengandung Bahan Pengawet

penyebab kanker otak
Image : papayan.desa.id

Makanan yang mengandung pengawet,adalah makanan yang dapat meningkatkan resiko terkena kanker otak,karena zat kimia dalam makanan yang diawetkan jika dibiarkan,akan berubah menjadi karsinogen yang merupakan zat yang berbahaya,yang dapat menyebabkan masalah kesehatan,salah satunya dapat menyebabkan kanker otak.

14.Konsumsi Alkohol Secara Berlebihan

penyebab kanker otak
Image : alodokter.com

Minuman beralkohol sama sekali tidak menyehatkan bagi tubuh,malah dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan,salah satunya dapat menyebabkan kanker otak,karena minuman beralkohol mengandung zat kimia berbahaya yang bernama karsinogen.

15.Makanan Yang Berlemak Tinggi

penyebab kanker otak
Image : netralnews.com

Makanan yang mengandung lemak tinggi,seperti gorengan dan makanan berlemak lainnya,bila di konsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan resiko terkena kanker otak,karena didalam gorengan terdapat kandungan senyawa yang dapat mengaktifkan sel kanker.

16.Softdrink

penyebab kanker otak
Image : dreams.metroeve.com

Mengkonsumsi sofdrink secara berlebihan juga dapat meningkatkan resiko kanker otak,hal tersebut di karenakan softdrink memiliki kandungan yang menyebabkan terganggunya peredaran darah,jika peredaran darah ke otak terganggu,maka akan menyebabkan sel kanker berkembang pesat.

17.Buah Duku Yang Dikonsumsi Berlebihan

penyebab kanker otak
Image : rumahbuah.com

Buah duku bila di konsumsi dalam jumlah banyak dan berlebihan,dapat menyebabkan masalah kesehatan,salah satunya kanker otak,karena kandungan yang terdapat dalam buah duku,dapat mengaktifkan sel kanker,jadi bila tidak ingin terkena kanker otak,maka jangan mengkonsumsi buah dukuh secara berlebihan.

18.Kentang Goreng

penyebab kanker otak
Image : pinkkorset.com

Kentang goreng yang di konsumsi secara berlebihan juga dapat menyebabkan penyakit kanker otak,karena kentang goreng mengandung MSG,yang bila terlalu berlebihan,akan menyebabkan masalah pada kesehatan.

Demikianlah beberapa penyebab kanker otak yang perlu kita ketahui,untuk mencegah kanker otak sedini mungkin.

Baca Juga