20 Penyebab Jantung Berdebar Yang Perlu Kita Tahu
Jantung berdebar memang biasa terjadi,dan tak perlu dikhawatirkan bila jantung berdebar terjadi beberapa saat atau bebarapa menit,namun apabila terjadi terus menerus,kita perlu waspada dan khawatir,karena mungkin itu adalah tanda bahwa ada masalah pada jantung kita.

Penyebab jantung berdebar.Semua orang pasti pernah mengalami jantung berdebar dengan kencang,itu memang hal yang biasa dan umum,kondisi ini biasanya tidak berlangsung lama,sekitaran beberapa detik atau beberapa menit.

Jantung berdebar atau biasa disebut palpitasi adalah sensasi yang dirasakan saat jantung berdentum lebih kencang dari biasanya,biasanya detakan pada jantung yang normal sekitar 70 ketukan permenit dan pada orang dewasa sekitar 40-100 bpm.

Biasanya jantung berdebar disebabkan karena sesuatu hal yang di luar kontrol dan kemampuan kita,namun perlu diwaspadai apabila jantung berdebar berlangsung terus menerus tanpa sebab,dan di sertai sesak dan pusing,karena bisa saja itu merupakan tanda bahwa ada masalah pada jantung kita.

Banyak sekali hal atau faktor yang menjadi penyebab jantung berdebar,diantaranya,adalah hal-hal berikut ini.

1.Obesitas

penyebab jantung berdebar
Obesitas

Penyebab jantung berdebar yang pertama adalah Obesitas,orang yang memiliki berat badan berlebihan,mempunyai banyak lemak didalam tubuhnya,dan lemak tersebut akan mengikat jantung sehingga menyebabkan jantung berdebar-debar,selain itu lemak juga dapat menghambat pembuluh darah dan membebani kinerja jantung.

2.Konsumsi Makanan yang Mengandung Kafein

penyebab jantung berdebar
Mengkonsumsi kafein berlebihan

Zat yang bernama kafein ini memang pada dasarnya tidak sehat untuk jantung,apalagi bila di konsumsi berlebihan,karena mengkonsumsi kafein secara berlebihan dapat menyebabkan penyempitan dipembuluh darah,dan dapat membebani kinerja jantung saat memompa darah keseluruh tubuh,akibatnya jantung berdebar lebih kencang.

3.Jantung Koroner

penyebab jantung berdebar
Jantung koroner

Penyebab jantung yang lainnya adalah karena memiliki penyakit jantung koroner,serangan jantung koroner dapat menyebabkan kematian mendadak,orang yang memiliki jantung koroner sering mengalami jantung berdebar disertai rasa nyeri pada dada.

4.Stress

penyebab jantung berdebar
Stress

Ketika kita sedang gugup,cemas dan stress,biasanya kita akan mengalami jantung berdebar-debar,karena pada saat kondisi cemas dan stress,saraf dan pembuluh darah mengalami penyempitan,sehingga kinerja jantung terbebani,saat memompa darah keseluruh tubuh.

5.Kurangnya Magnesium dan Kalium

penyebab jantung berdebar
Kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium dan kalium

Makanan yang mengandung magnesium dan kalium akan membantu pembentukan sel darah merah yang dapat membuat kita terhindar dari anemia,untuk itu konsumsilah makanan yang mengandung magnesium dan kalium,seperti buah-buahan dan sayuran,karena bila kita kekurangan magnesium dan kalium akan menyebabkan jantung berdebar-debar.

6.Anemia

penyebab jantung berdebar
Anemia

Kekuarangan sel darah merah atau anemia akan menyebabkan jantung berdebar-debar,karena tidak tercukupinya sel darah merah yang mengirimkan oksigen ke otot jantung.

7.Tekanan Darah Tinggi

penyebab jantung berdebar
Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan pengerasan pembuluh darah,hal tersebut menyebabkan terbebaninya kinerja jantung,dan membuat jantung kesulitan memompa darah ke seluruh tubuh,akibatnya jantung berdebar kencang.

8.Keturunan

penyebab jantung berdebar
Keturunan

Orang yang mempunyai anggota keluarga yang mempunyai riwayat sakit jantung atau jantung koroner,maka dia juga beresiko tinggi memiliki penyakit jantung,dan penyakit jantung menyebabkan jantung berdebar-debar.

9.Diabetes

penyebab jantung berdebar
Diabetes

Penyakit diabetes dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang membebani kerja jantung untuk memompa darah keseluruh tubuh,akibatnya jantung berdebar debar.

10.Radikal Bebas

penyebab jantung berdebar
Radikal bebas

Radikal bebas dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah,dan bila terjadi penyumbatan pembuluh darah,maka otomatis akan membebani kinerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh,yang menyebabkan jantung berdebar kencang.

11.Konsumsi Obat-obatan

penyebab jantung berdebar
Obat-obatan tertentu

Mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung stimulan pseudeophedrine dapat memicu jantung berdebar-debar,namun tak perlu panik,karena itu hal yang biasa.

12.Merokok

penyebab jantung berdebar
Merokok

Orang yang mempunyai kebiasaan merokok,pasti sering mengalami jantung berdebar,karena rokok mengandung zat berbahaya yang bernama nikotin,zat tersebut dapat menyebabkan kinerja jantung lebih berat.

13.Junk Food

penyebab jantung berdebar
Junk food

Mengkonsumsi junk food berlebihan juga dapat menyebabkan jantung berdebar-debar,karena bahan pengawet dan bahan kimia yang terkandung didalam junk food dapat menyebabkan kinerja jantung terbebani saat memompa darah keseluruh tubuh.

14.Alkohol

penyebab jantung berdebar
Alkohol

Alkohol mempunyai kandungan zat kimia yang sama sekali tidak menyehatkan bagi tubuh,bila di konsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah,sehingga kinerja jantung tebebani saat memompa darah keseluruh tubuh dan menyebabkan jantung berdebar,bahkan bisa berujung ke serangan jantung yang menyebabkan kematian.

15.Bocor Jantung

penyebab jantung berdebar
Jantung bocor

Kebocoran di bilik jantung dapat menyebabkan anemia,jika anemia terjadi,jantung akan terbebani saat memompa darah ke seluruh tubuh,dan akibatnya jantung berdetak lebih cepat.

16.Kolesterol Tinggi

penyebab jantung berdebar
Kolesterol tinggi

Kadar kolesterol yang tinggi didalam darah akan mengakibatkan penyempitan pada pembuluh darah,dan penyempitan pembuluh darah menyebabkan jantung kesulitan memompa darah keseluruh tubuh,yang menyebabkan jantung sering berdebar-debar.

17.Asam Urat

penyebab jantung berdebar
Asam urat

Asam urat akan menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah,sehingga dapat membebani kinerja jantung saat memompa darah ke seluruh tubuh,akibatnya jantung berdebar lebih kencang.

18.Panik

penyebab jantung berdebar
Panik

Ketika kita merasa panik dan cemas,maka jantung akan berdetak lebih kencang,namun tak usah khawatir,karena itu hal yang biasa,dan bukan merupakan gejala penyakit serius.

Maka dari itu,tenangkan diri anda dan jangan panik berlebihan.

19.Latihan Fisik Yang Berat

penyebab jantung berdebar
Ltihan fisik yang berat

Penyebab jantung berdebar lainnya adalah karena latihan fisik atau olahraga,itu juga hal yang sudah biasa dan lumrah,tidak perlu dicemaskan.

Justru olahraga diperlukan,,karena dapat menyehatkan tubuh.

20.Merasakan Jatuh Cinta

penyebab jantung berdebar
Jatuh Cinta

Ketika seseorang merasakan jatuh cinta kepada lawan jenis,apalagi bila bertemu pada pertama kalinya,maka akan membuat jantung berdebar lebih kencang,hal itu sudah biasa terjadi,dan tak perlu dikhawatirkan.

Demikianlah penyebab jantung berdebar yang perlu kita tahu.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.