20 Penyebab Bau Mulut Yang Perlu Kita Ketahui
Bau mulut umumnya terjadi karena kebersihan gigi dan mulut kurang terjaga,namun jangan terlalu meremehkan kondisi ini,karena bisa jadi,bau mulut yang kita alami merupakan tanda bahwa ada penyakit serius dalam tubuh kita.

Penyebab bau mulut.Pasti diantara kita ada yang pernah mengalami bau mulut,kondisi tersebut memang sangat mengganggu,dan menyebabkan seseorang tidak percaya diri,apalagi ketika berbicara dengan orang lain,tentunya orang yang kita ajak bicarapun akan jaga jarak karena tidak nyaman dengan aroma mulut kita.

Bau mulut atau disebut juga halitosis adalah bau tidak sedap yang berasal dari mulut seseorang,akibat kurangnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Namun,perlu diketahui bahwa penyebab bau mulut sebenarnya tidak hanya di sebabkan karena kurangnya kebersihan pada gigi dan mulut saja,bau mulut yang di derita seseorang,mungkin saja merupakan sebuah gejala penyakit dalam tubuhnya,seperti penyakit diabetes,alergi,dan yang paling di takutkan adalah tanda adanya sel kanker bersarang di tubuh.

Untuk lebih jelasnya,inilah beberapa penyebab bau mulut yang perlu kita ketahui.

1.Tingginya Kadar Asam Lambung

penyebab bau mulut
Image : tienspasuruan.my.id

Penyebab bau mulut yang pertama adalah disebabkan karena kadar asam lambung yang tinggi,saat asam lambung naik,isi perut yang mengandung cairan asam akan berkali-kali menyentuh lapisan halus kerongkongan,dan ketika itu terjadi,maka akan menyebabkan banyak kerusakan pada lapisan kerongkongan,dan jaringan mati yang menumpuk secara terus-menerus itu akan menghasilkan bau yang tidak sedap.

2.Mulut Kering

penyebab bau mulut
Image : beautyhealthtips.in

Penyebab bau mulut juga bisa disebabkan karena mulut kering,mulut kering terjadi saat produksi air liur melambat,dan melambatnya produksi air liur akan menyebabkan kesulitan menyingkirkan bakteri dan sisa makanan yang ada pada mulut,hal tersebut menyebabkan bakteri dan kotoran mulai terurai dan menimbulkan bau tak sedap dari mulut.

3.Mengkonsumsi Makanan Yang Berbau Tidak Sedap

penyebab bau mulut
Image : palembang.tribunnews.com

Tentunya sudah hal yang tidak aneh lagi bila mulut mengeluarkan bau yang tidak sedap,setelah kita mengkonsumsi makanan yang barbau tak sedap juga,contohnya seperti jengkol,bawang putih,kol dan makanan berbau lainnya.

4.Sinusitis

penyebab bau mulut
Image : stylecraze.com

Penyakit sinusitis juga dapat menjadi penyebab bau mulut,karena disebabkan oleh infeksi bakteri dan terbentuknya asbes di dalam rongga sinus,dan apabila asbes tersebut dibiarkan di dalam tubuh,tentu saja akan menyebabkan bau yang tidak menyenangkan,seperti bau busuk.

Baca juga : 20 Cara Mengatasi Bau Mulut Yang Ampuh dan Cepat

5.Merokok

penyebab bau mulut
Image : pemeriksaanpjak.com

Merokok dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan,termasuk dapat merusak gusi dan juga gigi,dan kerusakan pada gusi dan gigi itu lah yang akan menyebabkan bau mulut.

6.Bronkitis

penyebab bau mulut
Image : alodokter.com

Penyebab bau mulut yang selanjutnya yaitu karena penyakit bronkitis,penyakit ini bisa menyebabkan bau mulut karena infeksi bakteri streptococcus pneumonia.

7.Infeksi Gusi

penyebab bau mulut
Image : bukalapak.com

Infeksi gusi juga menyebabkan bau tidak sedap pada mulut,karena bakteri dan kotoran yang berkembang dalam mulut,jadi jagalah selalu kesehatan mulut kita.

8.Radang Tenggorokkan

penyebab bau mulut
Image : doktoroz.com

Radang tenggorokan juga bisa menjadi penyebab bau mulut,karena butiran-butiran kalsium yang sebabkan oleh infeksi amandel,yang menyebabkan mulut mengeluarkan bau yang tidak sedap.

9.Lidah Kurang Bersih

penyebab bau mulut
Image : alodokter.com

Lidah yang kurang bersih juga dapat menyebabkan bau mulut,karena bakteri dapat berkembang di belakang lidah tanpa oksigen,sehingga mengeluarkan bau tidak sedap,jadi selain harus memperhatikan kebersihan gigi,kita juga harus memperhatikan kebersihan lidah,dengan cara berkumur dengan menggunakan obat kumur.

10.Gigi Kurang Bersih

penyebab bau mulut
Image : caramedis.com

Gigi yang kurang dijaga kebersihannya dapat menyebabkan bau mulut,bagaimana tidak,jika gigi tidak di jaga atau tidak sering menggosok gigi setelah makan,maka akan ada sisa makanan menempel di sela-sela gigi,dan menyebabkan bakteri berkembang di dalam mulut,dan menyebabkan bau tidak sedap pada mulut.

11.Kurang Minum

penyebab bau mulut
Image : solusisehatku.com

Kurang minum air putih juga dapat menyebabkan bau mulut,hal itu di karenakan,bila kita kurang minum,maka tubuhpun akan mengalami dehidrasi,atau kekurangan cairan,otomatis produksi air liurpun berkurang,dan menjadikan bakteri menumpuk didalam mulut,dan mengeluarkan bau tidak sedap.

12.Penyakit Kanker

penyebab bau mulut
Image : bramardianto.com

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa 90% akurasi dalam mengidentifikasi kanker lambung pada 130 pasien dan menentukan seberapa jauh perkembangan kanker.

13.Alergi

penyebab bau mulut
Image : farmakologidiny.blogspot.com

Penyebab bau mulut berikutnya yaitu karena alergi,ketika kita mengalami alergi,tentunya kita akan meminum obat,yaitu obat antihistamin,dan penggunaan obat itulah yang menyebabkan mulut kering yang menimbulkan bau mulut.

14.Diabetes

penyebab bau mulut
Image : radionacional.com

Beberapa gejala diabetes miletus bermanifestasi dalam rongga mulut,salah satunya bau mulut,dan gigi goyang,bau mulut disini disebabkan karena mulut yang kering,dan ketika mulut kering karena produksi air liur berkurang,bakteripun mulai berkembang dan mengeluarkan bau yang tidak sedap dari mulut.

15.Penyakit Liver

penyebab bau mulut
Image : hariansehat.com

Penyebab bau mulut selanjutnya adalah penyakit liver,menurut penelitian,orang yang menderita penyakit liver,juga mengalami bau mulut,jadi jangan remehkan bau mulut,mana tahu bau mulut yang kita alami merupakan gejala bahwa kita mempunyai penyakit liver.

16.Gagal Ginjal

penyebab bau mulut
Image : obatgagalginjal.co

Bau mulut pada penderita gagal ginjal,disebabkan perubahan metabolisme yang menyebabkan mulut kering karena produksi air liur berkurang,yang menyebabkan bakteri menumpuk dalam mulut dan mengeluarkan bau tidak sedap dari mulut.

17.Kawat Gigi

penyebab bau mulut
Image : rona.metrotvnews.com

Pemakaian gigi dapat menyebabkan sisa makanan dan kotoran menempel pada kawat,dan terus menumpuk,lama kelemaan,sisa makanan yang menumpuk tadi membusuk dan mengeluarkan bau tidak sedap.

18.Gigi Berlubang

penyebab bau mulut
Image : health.kompas.com

Lubang pada gigi menyebabkan kotoran dan sisa makanan menumpuk pada lubang,dan lama kelamaan membusuk dan menyebabkan bau busuk yang tidak sedap.

19.Kehamilan

penyebab bau mulut
Image : essentialbaby.com.au

Bukan kehamilannya yang menyebabkan bau mulut,namun karena mual dan muntah yang biasa terjadi saat hamil.

20.Tindikkan di Lidah

penyebab bau mulut
Image : perawatankulitwajah212.com

Lidah yang ditindik menyebabkan berkembangnya jamur yang bernama candida albicans,yaitu jamur yang biasa berkembang dibawah kulit dan di lendir-lendir dalam organ pernafasan,sehingga menyebabkan bau nafas.

Demikianlah penyebab bau mulut yang perlu kita ketahui,jangan terlalu meremehkan bau mulut,karena selain dapat menyebabkan orang lain jaga jarak dengan kita,juga di takutkan,bau mulut yang kita alami,merupakan sebuah gejala penyakit.

Baca Juga