15 Penyakit Tidak Menular Namun Berbahaya Bagi Kesehatan
Penyakit tidak menular, meski tidak membahayakan orang lain namun tetap saja berbahaya bagi diri sendiri, bahka jika tak segera diobati dapat menimbulkan kematian. Apa saja penyakit – penyakit tidak menular namun berbahaya tersebut? Simak dalam artikel berikut ini.

Meski sejumlah penyakit dibawah ini tidak menular, namun tetap saja membahayakan kesehatan terutama jika tidak segera di obati. Berikut ini adalah sejumlah penyakit tidak menular namun berbahaya bagi kesehatan. Jika Anda mengalami satu atau dua penyakit dibawah ini segera konsultasikan dengan dokter. Selain gaya hidup sehat, pola makan yang baik, dibutuhkan juga kesadaran akan kondisi kesehatan tubuh sendiri.

1) Diabetes

15 Penyakit Tidak Menular Namun Berbahaya Bagi Kesehatan
Diabetes

Diabetes bukanlah penyakit menular, namun penyakit ini dapat membahayakan penderitanya jika tidak ditangai secara cermat dan tepat. Diabetes terjadi karena adanya peningkatan gula di dalam darah. Peningkatan tidak wajar ini biasanya diebabkan oleh gangguan Insulin. Penderita Diabetes disarankan untuk tidak mengkonsumsi karbohidrat terlalu banyak,

2) Penyakit Rematik

15 Penyakit Tidak Menular Namun Berbahaya Bagi Kesehatan
Penyakit Rematik

Rematik kerap menyerang orang orang yang sudah berusia senja. Penyakit ini menyerang sendi, tulang dan otot. Gejala atau tanda dari penyakit ini adalah bengkak, panas dan sendi susah digerakan. Belum ada yang berani memastikan sebab dari penyakit rematik, namun banyak yang sepakat bahwa kemunculan penyakit ini disebabkan oleh akumulasi banyak faktor, termasuk gaya hidup dan asupan gizi. Penyakit rematik tidak dapat menular dari satu penderita ke penderita lain.

3) Kanker Payudara

15 Penyakit Tidak Menular Namun Berbahaya Bagi Kesehatan
Kanker Payudara

Kanker payudara seringkali ditemukan pada wanita, namun hal ini tidak menutup kemungkinan menjangkit kaum pria. Kanker payudara menyerang susunan jaringan payudara. Pengobatan yang dapat dilakukan antara lain kemoterapi dan pembedahan.

4) Anemia

15 Penyakit Tidak Menular Namun Berbahaya Bagi Kesehatan
Anemia

Anemia atau kekurangan darah adalah penyakit yang tidak dapat menular namun demikian Anemia dapat membahayak penderitanya jika tidak segera diambil tindakan medis. Anemia terjadi akibat jumlah sel darah merah yang bertugas membawa oksigen berada di bawah normal. Tubuh yang kekurangan ksigen akan mengalami penurunan metabolisme hingga hilang kesadaran secara tiba tiba. Penderita Anemia disarankan tidak melakukan aktifitas berat, selain itu untuk menambah pasokan darah merah, penderita anemia dapat mengkonsumsi tablet penambah darah ataupun buah buahan yang emmeiliki khasiat penambah darah.

5) Alzheimer

15 Penyakit Tidak Menular Namun Berbahaya Bagi Kesehatan
Alzheimer

Alzhemir bukanlah penyakit menular. Alzheimer umumnya menyerang orang tua. Penyakit Alzheimer menyerang bagian otak penderitanya. Seiring bertambahnya umur seseorang maka semakin besar pula kemungkinan seseorang menderita penyakit Alzheimer. Disarankan bagi mereka yang sudah mendekati umur senja tetap melakukan aktifitas olahraga ringan untuk tetap menjaga otak bekerja seperti biasanya.

Baca Juga : 23 Cara Mengobati Batu Ginjal Secara Alami

6) Hipertensi

15 Penyakit Tidak Menular Namun Berbahaya Bagi Kesehatan
Hipertensi

Hipertensi atau yang akaran ditelinga dengan sebutan darah tinggi ini bukanlah penyakit yang dapat menular dari satu penderita ke penderita lain. Hipertensi dapat disebabkan gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang kurang tepat. Darah tinggi merupakan faktor utama penyebab serangan jantung, stroke, gagal jantung dan gagal ginjal. Perubahan gaya hidup dan pola makan sehat diyakini mampu menurunkan hipertensi.

7) Kanker Paru

15 Penyakit Tidak Menular Namun Berbahaya Bagi Kesehatan
Kanker Paru

Kanker paru tidak dapat menular dari satu orang ke orang lain. Tanda awal seseorang terkena kanker paru antara lain batuk dengan mengeluarkan darah, sesak napas dan penurunan berat badan. Kanker paru disebabkan oleh paparan asap tembkau dalam waktu yang lama. Tindakan pencegahan dapat dilakukan dengan memulai gaya hidup sehat dan hindari menghirup asap rokok. Hal ini juga membuktikan bahwa kegiatan merokok adalah kegiatan yang merugikan bagi kesehatan.

8) Leukemia

15 Penyakit Tidak Menular Namun Berbahaya Bagi Kesehatan
Leukimia

Kanker darah atau Leukemia bukanlah jensi penyakit yang dapat menular dari satu orang ke orang lain. Namun penderita kanker darah memiliki harapan hidup yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang tidak menderita Leukimia. Penderita kanker darah mempunyai sel darah putih yang terlalu berlebih didalam tubuhnya. Untuk menangani penderita Leukimia biasanya diambil tindakan medis berupa terapi.

9) Sariawan

15 Penyakit Tidak Menular Namun Berbahaya Bagi Kesehatan
Sariawan

Sariawan merupakan penyakit yang dianggap sepele oleh sebagian besar orang. Sariawan sendiri adalah luka terbuka pada bagian mulut, biasanya berbentuk bercak putih dan terasa perih. Terjadinya sariawan diduga akibat kekurangan zat besi dan vitamin C, penurunan kondisi tubuh, dan kondisi mulut yang tidak terawat. Sariawan dapat dicegah dengan rutin mengkonsumsi buah buahan yang mengandung vitamin C dan apabila sedang mengalami sariawan dapat diobati dengan obat sariawan.

10) Epilepsi

15 Penyakit Tidak Menular Namun Berbahaya Bagi Kesehatan
Epilepsi

Hingga kini belum ada obat yang dapat menyembuhkan Epilepsi. Penderita Epilepsi dapat kejang tiba tiba. Hal ini terjadi akibat lonjakan atau sentakan listrik di dalam otak yang membuat tubuh bergerak tak terkendali seperti orang tersetrum. Pada 70 % kasus epilepsi, serangan kejang dapat dikontrol melalui obat, dan sebagian lainnya tidak terpengaruh dengan obat dan tetap mengalami serangan kejang. Namun ada beberapa kasus dimana penderita Epilepsi tidak lagi membutuhkan obat obatan karena tidak ada lagi gejala epilepsi pada dirinya. Untuk menghindari salah penanganan, disarankan untuk segera menghubungi dokter jika melihat orang yang mengalami serangan epilepsi. Epilepsi tidak dapat menular atau menjangkit orang lain.

11) Osteoporosis

15 Penyakit Tidak Menular Namun Berbahaya Bagi Kesehatan
Osteoporosis

Osteoporosis terjadi akibat kekurangan kalsium, penyakit ini kerap menyerang wanita yang sudah berumur tua. Alkohol dan rokok menjadi faktor penyumbang terbesar sebab terjadinya Osteoporosis. Penyakit osteoporosis tidak dapat menular ke tubuh orang lain. Osteoporosis sendiri mengakibatkan rasa nyeri pada tulang karena kepadatanan tulang berkurang hingga tulang menjadi keropos. Tulang keropos berpotensi mengalami patah. Disarankan untuk menjaga pola hidup sehat sejak muda dan mengkonsumsi gizi dan nutrisi yang seimbang.

12) Penyakit Jantung

15 Penyakit Tidak Menular Namun Berbahaya Bagi Kesehatan
Penyakit Jantung

Faktor Penyebab utama dari penyakit jantung adalah penyumbatan pada pembuluh darah. Penyumbatan pembuluh darah ini kebanyakan terjadi akibat akumulasi dari gaya hidup yang tidak sehat dan cenderung merusak tubuh seperti merokok dan minum minuman keras. Penyakit jantung tidak menular ke tubuh orang lain. Penyumbatan pembuluh darah dapat menyebakan serangan jantung, dan hal ini dapat menyebabkan kematian pada penderitanya. Disarankan untuk menjaga pola dan gaya hidup sehat sejak muda.

13) Alergi

15 Penyakit Tidak Menular Namun Berbahaya Bagi Kesehatan
Alergi

Alergi tidak dialami semua orang, hal ini terjadi karena tubuh manusia pada dasarnya berbeda satu sama lain. Alegi juga bukanpenyakit menular. Seseorang yang mengalami alergi dapat memberikan reaksi ringan seperti gatal, bersin hingga sesak napas. Jika mengalami kondisi aneh setelah bersentuhan dengan sesuatu, atau makan makanan tertentu dapat diduga orang tersebut mengalami alergi, segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

14) Kanker Kulit

15 Penyakit Tidak Menular Namun Berbahaya Bagi Kesehatan
Kanker Kulit

kanker kulit adalah jenis kanker yang paling mudah diketahui, karena perubahan bentuk struktur jaringan terjadi pada bagian kulit. Sehingga penderita dapat memeriksakan dirinya ke dokter ketika menyadari perubahan pada bagian kulitnya. Kanker Kulit terjadi akibat paparan berlebihan, ultra violet atau pancaran radioaktif dan bukan terjadi akibat tertular dari orang lain.

15) Penyakit Genetik

15 Penyakit Tidak Menular Namun Berbahaya Bagi Kesehatan
Penyakit Genetik

Penyakit genetik terjadi akibat kelaian genetik, bukan berasal dari penularan orang lain. Penyakit genetik adalah penyakit langka yang membutuhkan penanganan khusus. Jika orang disekitar Anda mengalami kelainan langka yang jarang ditemui segera hubungi dokter untuk penangan lebih lanjut.

Demikian ulasan 15 penyakit tidak menular namun berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga