15 Penyakit Pada Hati yang Harus Diwaspadai
Berikut ini adalah 15 penyakit pada hati yang harus diwaspadai. Apa saja penyakit pada hati tersebut? Simak dalam ulasan berikut ini.

Hati merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia, memiliki fungsi untuk mentralkan racun, dan membuat empedu. Meski demikian tak sedikit penyakit yang mampu menyerang organ vital ini. Berikut ini adalah 15 penyakit pada hati yang harus diwaspadai.

1) Hemokromatosis

15 Penyakit Pada Hati yang Harus Diwaspadai
Hemokromatosis

Hemokromatosis merupakan kondisi dimana hati kelebihan cadangan zat besi. Penyakit ini mengganggu kerja fungsi hati. Untuk mencegah dan menghindari penyakit Hemokromatis, disarankan untuk selalu mengkonsumsi makanan dengan asupan gizi dan nutrisi yang seimbang.

2) Penyakit Kuning

15 Penyakit Pada Hati yang Harus Diwaspadai
Penyakit Kuning

Penyakit ini menyebabkan kulit dan wajah penderitanya berwarna kuning. Penyakit kuning disebabkan oleh adanya penyumbatan aliran cairan empedu menuju usus 12 jari, sehingga cairan tersebut malah masuk ke dalam darah dan merubah darah menjadi berwarna kuning, warna ini berasal dari cairan empedu. Warna kuning pada kulit penderita penyakit kuning berasal dari cairan empedu yang tercampur di seluruh darah yang ada di dalam tubuh.

3) Penyakit Wilson

15 Penyakit Pada Hati yang Harus Diwaspadai
Penyakit Wilson

Penyakit wilson ini merupakan kondisi dimana tubuh memiliki kandungan zat tembaga yang sangat tinggi, kandungan ini membuat fungsi organ hati menjadi terganggu. Untuk mencegah penyakit dan menjaga kesehatan, disarankan untuk selalu mengkonsumsi buah buahan dan makanan dengan asupan gizi dan nutrisi seimbang.

4) Galaktosemia

15 Penyakit Pada Hati yang Harus Diwaspadai
Galaktosemia

Galaktosemia merupakan penyakit yang dapat membahayakan organ hati. Galaktosemia terjadi akibat penimbunan galaktosa di dalam darah penderita, kondisi ini terjadi karena tubuh tidak dapat mengurai galaktosa di dalam asupan susu. Biasanya Galaktosemia menyerang bayi. Untuk menghindari bayi terkena penyakit ini, Ibu hamil harus selalu menjaga asupan gizi dan nutrisi.

5) Sirosis Hati

15 Penyakit Pada Hati yang Harus Diwaspadai
Sirosis Hati

Sirosis hati menyebabkan fungsi dari organ hati menjadi terganggu. Menurut medis, penyakit ini sukar diobati, pengobatan yang kerap dilakukan sebenarnya hanya mengobati dampak yang diakibatkan oleh sirosis hati seperti muntah, mata kuning, buang air besar darah, namun tidak dengan penyakit utamanya.

6) Kanker Hati

15 Penyakit Pada Hati yang Harus Diwaspadai
Kanker Hati

Jenis kanker pada hati yang sering mucul adalah HCC atau Hepaticular carcinoma. Penyakit ini juga sukar untuk diobati. Biasanya penderita kanker hati akan disarankan untuk mengikuti kemoterapi.

7) Kolestasis

15 Penyakit Pada Hati yang Harus Diwaspadai
Kolestasis

Kolestasis adalah kondisi dimana hati telah gagal memproduksi cairan empedu didalam tubuh. Kegagalan ini memiliki efek domino dan akan mengganggu penyerapan vitamin A, vitamin D, lemak, Vitamin E dan Vitamin K di dalam usus. Salah satu ciri menonjol tanda seseorang menderita penyakit ini adalah kulit menjadi kekuning kuningan, warna kotoran menjadi lebih terang dan urin berubah menjadi keruh gelap.

8) Abses Hati

15 Penyakit Pada Hati yang Harus Diwaspadai
Abses Hati

Abses pada hati biasanya timbul akibat infeksi dari jamur, bakteri atau parasit yang menimbulkan nanah pada hati. Bakteri penyebab penyakit ini diantaranya Enterococcus, Escherichia coli, Candida sp serta Klebsiella pneumoniae. Salah satu ciri Abses Hati adalah adanya pembengkakan pada perut bagian atas pederita. Penderita Abses hati biasanya diberi antibiotik untuk membunuh bakteri, jamur dan parasit.

9) Neonatal Hepatitis

15 Penyakit Pada Hati yang Harus Diwaspadai
Neonatal Hepatitis

Penyakit Neonatal Hepatitis umumnya menyerang hati, terutama bayi. Penyakit ini diyakini menyerang pada saat kelahiran atau bahkan menyerang saat masa kehamilan. Untuk mencegah hal buruk ini, maka ibu hamil perlu mendengarkan saran dari dokter dan berusaha memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi janin di dalam kandungan.

10) Reye’s Syndrome

15 Penyakit Pada Hati yang Harus Diwaspadai
Reye’s Syndrome

Reye's Syndrome merupakan penyakit yang menyebabkan pembengkakan pada hati dan juga otak. Reye's Syndrome biasanya menyerang anak – anak dan remaja. Penyakit ini mengganggu fungsi kerja organ hati sehingga metabolisme pada tubuh terganggu.

11) Tyrosinemia

15 Penyakit Pada Hati yang Harus Diwaspadai
Tyrosinemia

Tyrosinemia merupakan kondisi kurangnya enzim yang berfungsi untuk metabolisme pada asam aminotirosin, sehingga timbul penumpukan zat sisa dari asam aminotirosin, zat sisa ini lama kelamaan akan terakumulasi dan mengganggu fungsi kerja hati serta organ ginjal.

12) Alagille’s Syndrome

15 Penyakit Pada Hati yang Harus Diwaspadai
Alagille’s Syndrome

Alagille’s Syndrome merupakan sebuah kondisi dimana saluran empedu mengalami penyempitan. Alagille’s Syndrome sendiri termasuk kedalam penyakit langka yang menyerang hati, kelangkaan ini disebabkan karena Alagille’s Syndrome merupakan penyakit genetik. Selain menyerang hati, Alagille’s Syndrome juga menyerang paru paru dan jantung.

13) Steatohepatitis

15 Penyakit Pada Hati yang Harus Diwaspadai
Steatohepatitis

Steatohepatitis adalah kondisi penimbunan lemak yang ada di dalam sel hati. Penimbunan lemak ini akan menyebabkan penyumbatan dan menggangu fungsi hati. Gaya hidup dan pola makan merupakan beberapa faktor yang menyebabkan Steatohepatitis. Oleh sebab itu, mulailah menerapkan gaya hidup sehat sejak dini, dimulai dari peningkatan nilai gizi dan asupan nutrisi seimbang hingga mengurangi makan makanan yang digoreng, serta olahraga untuk membakar lemak tubuh.

14) Hepatitis Tipe B

15 Penyakit Pada Hati yang Harus Diwaspadai
Hepatitis Tipe B

Penyakit Hepatitis Tipe B disebabkan oleh virus hepatitis B. Infeksi yang disebabkan oleh virus hepatitis B dapat diantisipasi dengan pemberian vaksinasi. Menurut penelitian bila dibandingkan dengan virus Hiv/AIDS sebenarnya tingkat keganasan Virus Hepatitis B mencapai 100 kali lipatnya. Seseorang yang menderita penyakit hepatitis B baru akan diketahui setelah dilakukan pengecekan oleh dokter.

Baca Juga : 16 Faktor Penyebab Paru-Paru Basah Yang Harus Kita Waspadai

15) Hepatitis Tipe E

15 Penyakit Pada Hati yang Harus Diwaspadai
Hepatitis Tipe E

Penyakit hepatitis Tipe E disebabkan oleh virus hepatitis E. Virus ini lebih cepat menyebar di daerah dengan sanitasi yang buruk dan kotor. Gejala yang umum muncul pada pendertita Hepatitis Tipe E adalah demam, nafsu makan berkurang, warna kulit dan mata menjadi kekuning kuningan. Penyakit ini sangat mengganggu fungsi kerja hati.

Untuk menghindari salah penanganan dan salah perawatan yang berpotensi memperburuk keadaan, disarankan segera menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih baik. Penanganan penyakit pada hati dengan menggunakan metode alternatif sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan ahli medis, hal ini dilakukan agar tidak muncul efek yang justru memperburuk penyakit yang sedang diderita.

Demikian 15 Penyakit Pada Hati yang Harus Diwaspadai

Baca Juga