Pengertian Obesitas,Gejala,Penyebab,Bahaya,Cara Mengatasi Serta Cara Mencegahnya
Obesitas merupakan sebuah kondisi dimana lemak dalam tubuh menumpuk secara berlebihan dan membuat berat badan seseorang di atas normal.Adapun gejala,penyebab,bahaya,cara mengatasi dan cara mencegahnya adalah sebagai berikut.

Beberapa waktu lalu,Indonesia sempat dihebohkan dengan kasus seorang anak yang masih duduk di sekolah SD,dimana anak laki-laki tersebut menderita obesitas atau kegemukan,dan karena kondisi itu,dia tidak bisa melakukan aktifitas seperti biasanya karena berat badan yang berlebihannya tersebut,sampai-sampai untuk bangun dari tempat tidurnya pun,ia juga kesulitan.Lantas apa itu sebenarnya obesitas?apa yang menyebabkan seseorang mengalami obesitas?dan apa solusi untuk mengatasi obesitas?.Mari simak ulasannya berikut ini mengenai pengertian obesitas,penyebab,bahaya obesitas,cara mengatasi serta cara mencegahnya.

Pengertian Obesitas

Pengertian Obesitas,Gejala,Penyebab,Bahaya,Cara Mengatasi Serta Cara Mencegahnya
Image : seimbang.net

Obesitas atau kegemukan merupakan sebuah kondisi dimana lemak dalam tubuh menumpuk secara berlebihan,dan membuat berat badan seseorang diatas normal,kondisi tersebut akan sangat merugikan sipenderita,karena selain menyebabkan ketidakpercayaan diri,obesitas juga dapat memicu berbagai macam gangguan kesehatan serius,seperti diabetes,hipertensi,penyakit jantung dan berbagai gangguan kesehatan lainnya yang dapat mengancam jiwa sipenderita.

Seseorang dikatakan dan dianggap menderita obesitas apabila indeks massa tubuh (IMT) melebihi angka 30kg/m2.

Gejala Obesitas

Pengertian Obesitas,Gejala,Penyebab,Bahaya,Cara Mengatasi Serta Cara Mencegahnya
Image : alodokter.com

Berikut beberapa gejala obesitas yang perlu di waspadai.

  • Lingkar perut yang bertambah besar

Lingkar perut yang bertambah besar yang di sebabkan karena bertumpuknya lemak di bagian tersebut.

  • Nafas terasa sesak

Penderita obesitas juga rentan mengalami sesak nafas,hal itu diakibatkan karena terhambatnya aliran udara yang di sebabkan karena adanya penimbunan lemak di bagian dada dan leher.

  • Mendengkur

Penderita obesitas juga sering mendengkur dalam tidurnya,itu karena timbunan lemak yang ada pada bagian leher dan dada juga menyebabkan seseorang mendengkur ketika tidur

  • Sulit berjalan

Kesulitan berjalan,itu disebabkan karena tubuhnya akan terasa berat dan tidak nyaman akibat adanya penumpukan lemak di bagian paha dan selangkangan.

  • Cepat merasa lelah

Seseorang yang menderita obesitas biasanya cepat merasa lelah,walaupun hanya dengan jalan kaki sebentar.

  • Sakit maag

Sakit maag tersebut disebabkan karena adanya penimbunan lemak yang berlebihan di bagian sistem pencernaan yang menyebabkan asam lambung, memicu tekanan dan menyebabkan isi perut akan terdorong ke kerongkongan hingga akhirnya gejala maag pun muncul.

  • Varises

Obesitas menyebabkan pelebaran pembuluh darah vena.

  • Darah tinggi

Obesitas juga dapat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi,karena lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

  • Siklus menstruasi menjadi tidak teratur

Obesitas pada wanita juga dapat menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur,itu karena penimbunan lemak dalam tubuh akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

  • Mulas

Obesitas juga dapat menyebabkan rasa mulas pada perut,itu di karenakan adanya tekanan yang terjadi di bagian sistem pencernaan yang di akibatkan karena penumpukan lemak.

  • Depresi

Depresi pada penderita obesitas biasanya di sebabkan karena ketakutan akan hinaan dan olok-olokan dari orang-orang,karena tubuhnya yang gemuk.

  • Bagian punggung terasa sakit

Penderita obesitas juga akan sering mengalami sakit pada bagian punggung.

  • Lutut terasa sakit

Lutut terasa sakit pada penderita obesitas disebabkan karena adanya tekanan yang di berikan oleh berat badan yang berlebihan.

  • Timbulnya gangguan kulit

Kegemukan juga biasanya menyebabkan stretch mark,infeksi,kapalan,dan ruam pada permukaan kulit.

Penyebab Obesitas

Pengertian Obesitas,Gejala,Penyebab,Bahaya,Cara Mengatasi Serta Cara Mencegahnya
Image : seimbang.net

Adapun beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang menderita obesitas adalah sebagai berikut.

Pola makan yang berlebihan tidak sehat

Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat secara berlebihan dapat menyebabkan seseorang menderita obesitas,makanan tersebut adalah makanan yang mengandung bahan pengawet,pewarna,pemanis buatan dan bahan-bahan yang tidak sehat lainnya.

Keturunan (genetik)

Faktor genetik atau keturunan juga mempengaruhi dan dapat menjadi penyebab seseorang juga mengalami obesitas.Misalnya,ayah atau ibunya menderita obesitas,maka anaknya pun juga beresiko mengalami obesitas juga.

Malas olahraga

Orang yang malas berolahraga dan kurang melakukan aktivitas fisik juga beresiko tinggi mengalami obesitas,hal itu dikarenakan lemak lemak dalam tubuh tidak dapat di keluarkan dan cenderung menetap.

Lingkungan

Faktor lingkungan juga mempengaruhi terhadap obesitas.Misalnya,bila didaerah tersebut menganggap bahwa seseorang yang gemuk adalah orang yang termasuk makmur,makannya orang di lingkungan tersebut akan berlomba-lomba menggemukan badannya.

Penggunaan obat

Penggunaan obat-obatan seperti obat penambah berat badan dan pil KB juga berpengaruh pada berat badan seseorang.Rajinlah melakukan aktivitas fisik dan berolahraga untuk menanggulangi hal tersebut.

Usia

Semakin bertambah usia maka fungsi tubuhnya akan mengalami kemunduran,seperti ginjal,organ jantung dan fungsi organ lainnya,dan hal tersebut menyebabkan sistem metabolisme tubuh juga menurun dan mengakibatkan kalori di dalam tubuh tidak dapat di keluarkan dan terjadilah penumpukan lemak yang berlebihan dalam tubuh.

Terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan tinggi kalori

Coklat,nasi,junk food merupakan makanan yang mengandung kalori yang tinggi,dan apabila mengkonsumsi makanan tersebut secara berlebihan,dapat menyebabkan peningkatan berat badan secara drastis dan berujung obesitas.

Terlalu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat gula

Meskipun zat gula sangat di butuhkan oleh tubuh untuk proses metabolisme,namun bila kita mengkonsumsi zat gula secara berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan,salah satunya menyebabkan obesitas atau kegemukan berlebihan.

Makan di malam hari secara berlebihan

Mengkonsumsi makanan pada malam hari secara berlebihan,juga dapat meningkatkan resiko obesitas.Makanlah makanan dengan porsi yang benar dan sesuai.

Kurang tidur

Kurang tidur akan menyebabkan sistem metabolisme dalam tubuh menjadi menurun yang mengakibatkan terhambatnya proses pembakaran lemak dalam tubuh.

Pengaruh emosi

Depresi dan stress juga menyebabkan nafsu makan bertambah,sehingga menyebabkan makan secara berlebihan yang memicu obesitas.

Kerusakan saraf otak

Obesitas juga dapat disebabkan karena adanya kerusakan saraf otak di bagian hipotalamus yang mana saraf tersebut berfungsi untuk mengontrol emosi seseorang.Ketika bagian tersebut rusak,maka orang tersebut tidak dapat mengontrol kapan waktunya harus makan dan kapan untuk berhenti makan,sehingga menyebabkan makan dengan porsi yang berlebihan.

Terlalu sering ngemil

Ngemil yang terlalu berlebihan juga dapat menyebabkan obesitas,terlebih bila cemilan tersebut mengandung lemak yang cukup tinggi.

Bahaya Obesitas

Pengertian Obesitas,Gejala,Penyebab,Bahaya,Cara Mengatasi Serta Cara Mencegahnya
Image : nuga.co

Selain dapat menyebabkan berkurangnya rasa percaya diri,obesitas juga dapat memicu beberapa masalah kesehatan seperti berikut ini.

  • Diabetes tipe 2
  • Tekanan darah tinggi
  • Stroke
  • Penyakit jantung
  • Kolesterol tinggi
  • Kanker
  • Sleep apnea
  • Masalah reproduksi
  • Radang sendi
  • Penyakit kandung empedu
  • Penyakit fatty liver

Cara Mengatasi Obesitas

Untuk mengatasi obesitas,yaitu dengan menerapkan gaya hidup dan pola makan yang sehat.Namun jika hal tersebut tidak juga dapat menurunkan berat badan,maka dokter akan menyarankan untuk menggunakan obat yang mengandung orlistat.Untuk mengatasi obesitas yang sudah parah dan membahayakan maka akan dilakukan operasi.

Cara Mencegah Obesitas

Untuk mencegah obesitas,lakukanlah hal-hal berikut ini.

  • Olahraga secara rutin setiap hari
  • Diet rendah kalori dan gizi seimbang
  • Terapi akupunktur untuk mengontrol nafsu makan 
  • Peggunaan obat herbal seperti teh hijau,temulawak,jeruk nifis
  • Makan saat mulai lapar
  • Hentikan kebiasaan ngemil berlebihan

Demikianlah pembahasan mengenai obesitas,gejala,penyebab,bahaya,cara mengatasi dan cara mencegah obesitas.

Baca Juga