24 Obat Tipes Alami dan Paling Ampuh Menyembuhkan
Tipes adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam saluran pencernaan melalui makanan dan minuman. Gejala-gejala tipes antara lain seperti demam tinggi, nafsu makan berkurang, berat badan menurun, dan tekanan darah yang menurun. Penyakit tipes ini bisa disembuhkan dengan cara medis dan juga obat-obatan alami yang aman dan ampuh menyembuhkan.

Kata.co.id - Tipes adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam saluran pencernaan melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi. Penyakit tipes ini kemudian akan membuat seseorang mengalami demam yang tinggi.

Sebelum anda mencoba mengobatinya, ada beberapa gejala dari penyakit tipes yang harus anda ketahui terlebih dahulu di antaranya seperti demam tinggi, nafsu makan berkurang, berat badan menurun, dan tekanan darah yang menurun.

Jika anda merasa telah mengalami gejala-gejala tersebut ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan medis. Namun selain itu, anda pun harus membiasakan diri untuk hidup yang lebih sehat seperti misalnya mengkonsumsi obat-obatan alami yang aman dan juga efektif untuk mengobati penyakit tipes. Berikut adalah 24 obat tipes alami dan paling ampuh menyembuhkan.

1. Buah Sawo Muda

Obat Tipes dengan Buah Sawo Muda
Buah Sawo Muda

Memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, membuat buah sawo selalu di cari oleh para peminatnya. Namun selain konsumsi sehari-hari, buah sawo ini sebenarnya juga bisa digunakan sebagai obat dan salah satunya adalah untuk mengobati penyakit tipes.

Caranya, siapkan 5 buah sawo muda yang sudah dicuci bersih. Kemudian, parut buah sawo sampai halus. Setelah itu, peras dan ambil airnya. Campurkan air perasan buah sawo muda tersebut dengan air matang. Minum secara rutin 1 gelas selama 4 hari untuk dewasa dan 1 gelas 2 hari  untuk anak-anak.

2. Cacing Kalung

Obat Tipes dengan Cacing Kalung
Cacing Kalung

Hewan yang satu ini biasanya digunakan sebagai umpan pancingan. Namun sebenarnya, kegunaan cacing kalung ini tidak hanya di situ saja. Karena selain itu, cacing kalung ini juga berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit seperti demam dan juga tipes.

Caranya, anda hanya perlu merebus cacing kalung secukupnya dan konsumsi secara rutin setiap hari agar penyakit tipes yang anda alami bisa segera sembuh dan pulih seperti sebelumnya.

3. Mentimun

Obat Tipes dengan Mentimun
Mentimun

Biasanya mentimun ini sering sekali digunakan sebagai lalapan. Selain menyegarkan, mentimun ini juga ampuh untuk digunakan mengobati penyakit tipes. Caranya juga sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan 2 buah mentimun segar yang sudah dicuci bersih.

Kemudian, tumbuk mentimun ini sampai halus dan peras airnya sampai habis. Rutinlah meminum air perasan buah mentium ini agar demam anda bisa benar-benar sembuh.

4. Sambiloto 

Obat Tipes dengan Sambiloto
Sambiloto

Tanaman yang satu ini tentu tak asing lagi khususnya bagi anda yang sering minum jamu. Namun, selain bisa digunakan sebagai bahan pada jamu. Sambiloto juga termasuk efektif untuk menyembuhkan penyakit tipes.

Cara menggunakan sambiloto untuk mengobati tipes. Siapkan sambiloto secukupnya dan rebus dengan air bersih sampai mendidih. Kemudian, minum air sambiloto ini secara rutin setiap hari sampai demam mereda dan penyakit tipes anda sembuh.

5. Kunyit

Obat Tipes dengan Kunyit
Kunyit

Jika biasanya kunyit digunakan untuk mengobati penyakit seperti rematik. Tetapi sebenarnya kunyit ini juga ampuh untuk digunakan mengobati penyakit tipes. Hal ini karena kunyit mengandung antibiotik yang cukup tinggi sehingga sangat bagus untuk mempercepat penyembuhan penyakit tipes.

Cara menggunakan kunyit sebagai obat tipes. Sediakan 2 ruas kunyit, 10 lembar daun sambiloto, 20 lembar daun pegagan, dan air bersih secukupnya. Kemudian, bersihkan dan potong semua bahan-bahan tersebut. Selanjutnya, siapkan air bersih dan rebus semua bahan tadi sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Minum ramuan ini secara rutin sebanyak 3 kali sehari.

6. Cengkeh

Obat Tipes dengan Cengkeh
Cengkeh

Tanaman cengkeh merupakan rempah-rempah yang sudah sejak dulu dimanfaatkan sebagai penambah rasa pada masakan. Selain itu, cengkeh ini juga termasuk tanaman yang memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan dan salah satunya juga bermanfaat untuk mengobati tipes.

Cara menggunakan cengkeh untuk obat tipes. Siapkan beberapa cengkeh secukupnya dan 2 gelas air bersih. Kemudian, rebus cengkeh sampai mendidih dan dinginkan. Minum air rebusan cengkeh ini setiap hari agar penyakit tipes anda bisa segera sembuh.

7. Buah Pepaya

Obat Tipes dengan Buah Pepaya
Buah Pepaya

Buah yang memiliki rasa sangat manis dan menyegarkan ini biasanya juga digunakan sebagai bahan untuk produk kecantikan. Namun selain kecantikan, buah pepaya juga bagus untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah bisa digunakan sebagai obat alami penyakit tipes.

Cara membuat ramuan buah pepaya untuk obat tipes. Sediakan buah pepaya muda yang sudah diparut halus. Kemudian, peras buah pepaya tersebut sampai habis airnya. Dengan rutin minum air buah pepaya muda, maka penyakit tipes anda pun bisa segera sembuh.

8. Daun Keji Beling

Obat Tipes dengan Daun Keji Beling
Daun Keji Beling

Tanaman yang satu ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan salah satunya adalah penyakit tipes. Hal ini karena daun keji memiliki kandungan anti bakteri yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan tipes.

Cara membuat ramuan daun keji beling untuk menyembuhkan tipes. Sediakan beberapa lembar daun keji beling yang sudah dicuci bersih. Kemudian, rebus daun keji beling dengan air bersih secukupnya sampai mendidih. Jika sudah cukup hangat, minum ramuan daun keji beling ini secara rutin setiap hari.

9. Air Putih

Obat Tipes dengan Air Putih
Air Putih

Obat alami lainnya yang tak kalah ampuh adalah menggunakan air putih. Hal ini karena air putih dapat membantu membuang bakteri jahat dalam tubuh yang menjadi penyebab munculnya penyakit tipes. Selain dapat menyegarkan, dengan rutin mengkonsumsi air putih maka penyakit tipes anda akan berangsur hilang dan sembuh lebih cepat.

10. Air Dingin

Obat Tipes dengan Air Dingin
Air Dingin

Jika sebelumnya kita menggunakan air putih matang untuk dikonsumsi. Kali ini, anda juga bisa menggunakan air dingin sebagai obat kompres pada demam. Ini karena air dingin juga cukup efektif dalam menurunkan suhu tubuh yang diakibatkan oleh penyakit tipes.

Caranya, anda hanya perlu menyiapkan handuk kecil yang bersih dan air dingin secukupnya. Kemudian, tempelkan handuk yang sudah dicelupkan tersebut ke bagian tubuh yang panas seperti ketiak, lipatan paha, dan juga kening.

11. Daun Sirsak

Obat Tipes dengan Daun Sirsak
Daun Sirsak

Daun sirsak juga merupakan tanaman herbal yang sudah terbukti khasiatnya. Selain bisa digunakan sebagai obat kanker alami, daun sirsak ini juga dipercaya bisa mengobati penyakit tipes. Ini karena di dalam daun sirsak terdapat kandungan yang dapat membasmi bakteri serta virus yang ada dalam tubuh. Caranya pun mudah, cukup rebus beberapa lembar daun sirsak. Jika sudah cukup dingin, anda bisa meminumnya secara rutin setiap hari.

Baca Juga : 18 Obat Rematik Alami dan Paling Ampuh

13. Kulit Manggis

Obat Tipes dengan Kulit Manggis
Kulit Manggis

Bahan alami lainnya yang juga memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan tubuh adalah kulit buah manggis. Caranya, cukup siapkan beberapa kulit manggis yang masih segar. Kemudian, parut sampai halus dan seduh dengan menggunakan air panas. Dengan rutin minum air kulit manggis maka proses penyembuhan demam dan juga tipes anda bisa menjadi lebih cepat.

14. Cuka Apel

Obat Tipes dengan Cuka Apel
Cuka Apel

Cuka apel juga diklaim mampu untuk mengobati demam yang disebabkan tipes. Selain bisa menyembuhkan, cuka apel juga memiliki kandungan mineral yang tinggi dan sangat bermanfaat untuk tubuh. Cara menggunakan cuka apel sebagai obat penyakit tipes.

Siapkan ½ sendok teh cuka apel dan madu asli secukupnya. Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut dalam segelas air. Minum ramuan cuka apel ini sampai demam dan tipes anda sembuh kembali.

15. Daun Basil

Obat Tipes dengan Daun Basil
Daun Basil

Dedaunan yang satu ini memang sangat mirip sekali dengan daun kemangi meski kenyataannya berbeda. Meski begitu, daun ini juga memiliki kandungan yang dapat membantu membasmi bakteri dan juga meningkatkan daya tahan tubuh.

Caranya, sediakan beberapa lembar daun basil dan 1 sendok teh jahe bubuk. Kemudian, rebus kedua bahan tersebut dengan air bersih hingga mendidih. Beri sedikit madu asli dan minum secara rutin setiap hari.

16. Buah Pisang

Obat Tipes dengan Buah Pisang
Buah Pisang

Mungkin belum banyak yang tahu jika buah pisang juga bisa digunakan untuk mengobati tipes. Namun jangan salah, sebab buah pisang ini juga dapat membantu meningkatkan tenaga dalam tubuh sehingga proses penyembuhan pun jadi lebih cepat. Caranya juga mudah, anda hanya perlu rutin mengkonsumsi buah pisang minimal 2 kali dalam sehari.

17. Telur Rebus

Obat Tipes dengan Telur Rebus
Telur Rebus

Selain membuat tubuh menjadi lemah, penyakit tipes ini juga membuat si penderita akan mengalami demam yang tinggi. Parahnya lagi, tipes ini juga dapat membuat nafsu makan turun secara drastis. Dan jika anda sedang mengalami gejala-gejala tersebut ada baiknya untuk mengkonsumsi telur rebus.

Hal ini karena telur rebus dapat dengan efektif meningkatkan daya tahan tubuh serta mengurangi gejala-gejala yang disebabkan oleh tipes. Sebelum anda mengkonsumsinya, pastikan anda memilih telur ayam kampung agar hasilnya bisa lebih maksimal.

18. Buttermilk

Obat Tipes dengan Buttermilk
Buttermilk

Obat alami selanjutnya yang bisa menjadi alternatif adalah buttermilk. Makanan ini sebenarnya merupakan susu yang didapatkan dari hasil fermentasi mentega. Dengan rutin mengkonsumsi buttermilk maka proses penyembuhan pun bisa menjadi lebih cepat. Caranya, anda hanya perlu mengkonsumsinya secara rutin sampai penyakit tipes anda sembuh.

19. Jambu Biji Merah

Obat Tipes dengan Buah Jambu Biji Merah
Jambu Biji Merah

Obat alami yang satu ini mungkin sudah cukup familiar khususnya bagi anda yang sering mengalami diare atau demam. Hal ini karena jambu merah mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat dengan efektif membantu proses penyembuhan penyakit tipes.

Caranya, cukup konsumsi buah jambu merah ini secara rutin setiap pagi dan malam sampai penyakit tipes anda berkurang dan berangsur sembuh.

20. Buah Lemon

Obat Tipes dengan Buah Lemon
Buah Lemon

Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi membuat buah lemon juga manjur untuk digunakan mengobati tipes. Cara menggunakan buah lemon sebagai obat tipes. Siapkan buah dan madu asli secukupnya. Kemudian, peras buah lemon tersebut sampai tak tersisa airnya. Campurkan air perasan lemon tersebut dengan madu dan minum secara rutin setiap hari selama 1 minggu.

21. Buah Cranberry

Obat Tipes dengan Buah Cranberry
Buah Cranberry

Buah yang satu ini sebenarnya masih termasuk dalam keluarga berry. Selain dapat menyegarkan tubuh, buah cranberry juga berkhasiat untuk meningkatkan tenaga sehingga proses penyembuhan pun berjalan lebih cepat. Namun perlu diingat, buah cranberry ini tidak cocok jika diminum oleh wanita hamil. Hal ini karena dikhawatirkan dapat menyebabkan efek samping.

22. Wortel

Obat Tipes dengan Wortel
Wortel

Jika kebetulan anda sangat menyukai sayuran. Obat alami yang satu ini sepertinya cocok untuk rutin anda konsumsi. Ini karena wortel memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Caranya, siapkan wortel secukupnya dan kukus. Setelah itu anda bisa langsung mengkonsumsinya.

23. Buah delima

Obat Tipes dengan Buah Delima
Buah Delima

Buah-buahan lain yang juga dapat membantu menyembuhkan penyakit tipes adalah buah delima. Di dalam buah delima terdapat kandungan bermanfaat yang dapat mencegah terjadinya dehidrasi dalam tubuh.

Cara menggunakan buah delima sebagai obat tipes. Siapkan buah delima dan haluskan dengan blender sampai menjadi jus. Kemudian, tambahkan madu ke dalamnya dan minum secara rutin setiap hari.

24.  Buah Jeruk

Obat Tipes dengan Buah Jeruk
Buah Jeruk

Obat alami terakhir yang bisa anda coba adalah buah jeruk. Mirip dengan kandungan yang ada di dalam buah lemon. Buah jeruk ini juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga proses penyembuhan tipes berjalan lebih cepat.

Cara menggunakan buah jeruk sebagai obat tipes. Siapkan buah jeruk secukupnya dan blender sampai halus. Kemudian, tambahkan juga beberapa tetes jeruk nipis ke dalamnya. Minum secara rutin ramuan jeruk ini sampai demam anda sembuh kembali.

Baca Juga