25 Obat Sakit Tenggorokan Alami dan Paling Cepat Menyembuhkan
Sakit tenggorokan merupakan peradangan yang terjadi akibat infeksi virus serta bakteri pada saluran pernafasan. Sakit tenggorokan ini biasanya ditandai dengan beberapa gejala seperti sakit saat menelan, panas di tenggorokan, dan juga batuk. Untuk anda yang mungkin saat ini sedang mencari informasi tentang obat sakit tenggorokan. Berikut ini kami ada beberapa rekomendasi obat sakit tenggorokan alami yang bisa anda coba.

Kata.co.id - Sakit tenggorokan merupakan peradangan yang terjadi pada saluran pernafasan atas yang diakibatkan oleh infeksi virus dan juga bakteri. Ada beberapa gejala yang biasanya menandai sakit tenggorokan ini diantaranya seperti rasa sakit saat menelan, panas di tenggorokan, dan juga batuk.

Selain itu, biasanya pencernaan orang yang sedang mengalami sakit tenggorokan juga akan terganggu. Sakit tenggorokan ini sebenarnya bisa disembuhkan dengan dua pengobatan yakni pengobatan secara medis dan juga pengobatan dengan bahan-bahan alami.

Nah, untuk anda yang mungkin saat ini sedang mengalami sakit tenggorokan dan sedang mencari informasi tentang obat sakit tenggorokan. Berikut ini kami bagikan 25 obat sakit tenggorokan alami dan paling cepat menyembuhkan.

1. Buah Lemon

Obat Sakit Tenggorokan Alami dengan Buah Lemon
Buah Lemon

Obat alami pertama yang bisa anda coba untuk mengobati sakit tenggorokan adalah buah lemon. Buah berwarna kuning cerah ini sudah terbukti khasiatnya untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Tak hanya itu, buah lemon ini juga memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan.

Cara menggunakan buah lemon sebagai obat sakit tenggorokan. Siapkan 1 buah lemon segar dan 1 gelas air hangat. Kemudian, potong buah lemon menjadi 2 bagian dan peras airnya sampai habis. Setelah itu, masukkan air perasan lemon ke dalam gelas yang sudah berisi air hangat.

Minum secara rutin ramuan buah lemon ini. Sampai sakit tenggorokan yang sedang diderita hilang dan sembuh seperti sediakala.

2. Air Rebusan Daun Pepaya  

Obat Sakit Tenggorokan dengan Daun Pepaya
Daun Pepaya

Obat alami selanjutnya yang bisa anda coba adalah daun pepaya. Jika biasanya daun pepaya ini digunakan sebagai lalapan sayur yang enak dan juga lezat. Kali ini, anda bisa menggunakannya sebagai obat sakit tenggorokan.

Caranya, siapkan beberapa lembar daun daun pepaya segar. Kemudian, rebus daun pepaya tersebut dan ambil airnya. Terakhir, minum air rebusan ini secara rutin setiap hari sampai sakit tenggorokan sembuh. Tak perlu ragu, sebab air rebusan daun pepaya ini memang sudah terbukti khasiatnya untuk mengobati sakit tenggorokan.

3. Air Garam

Obat Sakit Tenggorokan Alami dengan Air Garam
Air Garam

Menurut hasil penelitian beberapa studi, dan mendapatkan fakta bahwa air garam juga sangat ampuh untuk mengobati sakit tenggorokan. Selain itu, air garam juga dapat mengurangi cairan lendir dahak yang ada di tenggorokan dan membunuh bakteri yang menjadi penyebab rasa sakit saat menelan.

Cara menggunakan air garam sebagai obat sakit tenggorokan alami. Pertama, siapkan 1 sendok teh  garam dan 1 gelas air hangat. Kemudian campurkan keduanya dan aduk-aduk sampai merata. Gunakan air garam tersebut sesering mungkin sebagai obat kumur untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

4. Madu

Obat Sakit Tenggorokan Alami dengan Madu
Madu

Salah satu cara alami dan paling enak untuk digunakan adalah dengan madu. Memang tak perlu ragu lagi pada cairan kental manis yang satu ini. Karena madu ini memang merupakan obat alami untuk segala penyakit dan tak terkecuali sakit tenggorokan.

Cara mengobati sakit tenggorokan dengan madu. Siapkan 1 sendok makan madu dan 1 gelas air hangat. Kemudian, masukkan madu ke dalam air hangat dengan sambil diaduk-aduk sampai tercampur merata. Dengan rutin minum ramuan madu ini, maka tenggorokan anda pun akan semakin lega dan pulih seperti sediakala.

5. Daun Sirih

Obat Sakit Tenggorokan Alami dengan Daun Sirih
Daun Sirih

Selain bisa digunakan sebagai obat kewanitaan. Daun berwarna hijau ini ternyata juga cukup ampuh untuk mengobati sakit tenggorokan. Caranya, siapkan beberapa lembar daun sirih yang masih segar. Kemudian, rebus daun sirih tersebut dengan air bersih sampai mendidih. Setelah itu, anda bisa meminumnya secara rutin setiap hari sampai sakit tenggorokan yang anda derita sembuh total.

6. Cengkeh

Obat Sakit Tenggorokan Alami dengan Cengkeh
Cengkeh

Produk alam lainnya yang juga ampuh untuk menyembuhkan sakit tenggorokan adalah cengkeh. Umumnya, cengkeh ini digunakan sebagai rempah penyedap pada masakan. Namun kali ini, anda juga bisa memakainya sebagai obat alami sakit tenggorokan.

Caranya, siapkan 2 sendok teh cengkeh yang sudah dihaluskan dan 1 gelas air matang. Kemudian, masukkan cengkeh ke dalam gelas dan aduk-aduk hingga tercampur merata. Namun yang harus diingat, menggunakan air cengkeh di sini bukan untuk diminum melainkan sebagai obat kumur.

7. Teh Hangat

Obat Sakit Tenggorokan Alami dengan Teh Hangat
Teh Hangat

Cara alami dan murah yang bisa anda coba adalah dengan menggunakan teh hangat. Hal ini karena teh juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga mampu mengobati sakit pada tenggorokan.

Caranya ini hampir sama seperti saat anda membuat teh hangat favorit anda. Namun yang harus diingat, untuk digunakan sebagai obat sakit tenggorokan. Anda tidak boleh menambahkan gula terlalu banyak ke dalamnya. Melainkan hanya sedikit saja, agar rasanya tidak terlalu hambar.

8. Air Putih

Obat Sakit Tenggorokan dengan Air Putih
Air Putih

Salah satu yang membuat sakit tenggorokan bertambah parah adalah kurangnya cairan yang ada dalam tubuh. Sehingga bisa menyebabkan rasa gatal dan kering di bagian tenggorokan. Maka dari itu, untuk anda yang saat ini sedang sakit tenggorokan.

Sangat disarankan untuk  minum air putih secara rutin setiap harinya. Karena jika anda rutin minum air putih. Maka dahak yang saat ini sedang mengganjal ditenggorokan. Perlahan akan mencair dan terlepas dari tenggorokan.

9. Sup Ayam

Obat Sakit Tenggorokan Alami dengan Sup Ayam
Sup Ayam

Untuk anda yang saat ini sedang sakit tenggorokan. Tak ada salahnya untuk mencoba obat alami yang satu ini yakni sup ayam. Selain rasanya yang memang lezat, ternyata sup ayam juga memiliki natrium yang sangat ampuh untuk mengobati sakit tenggorokan secara alami.

Cara membuat sup ayam untuk sakit tenggorokan disini sama saja dengan sup ayam yang biasa anda buat. Dengan sering mengkonsumsi sup ayam, maka nafsu makan anda pun akan semakin meningkat. Sehingga membantu mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan yang sedang diderita.

10. Jahe

Obat Sakit Tenggorokan Alami dengan Jahe
Jahe

Bahan alami lain yang tak boleh anda lewatkan adalah dengan menggunakan jahe. Bahan herbal yang satu ini memang sudah sangat lama dikenal sebagai obat alami yang bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti perut kembung dan juga sakit tenggorokan.

Cara menggunakannya, hampir sama dengan wedang jahe yang biasa anda buat. Namun untuk hasil yang lebih maksimal, anda bisa menambahkan madu sebagai penambah rasa manis pada ramuan jahe ini.

11. Air Kunyit

Obat Sakit Tenggorokan Alami dengan Kunyit
Kunyit

Umumnya kunyit ini digunakan sebagai pewarna alami dan juga perasa alami pada masakan. Namun selain itu, kunyit juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Dan salah satunya juga bisa digunakan sebagai obat sakit tenggorokan.

Caranya, siapkan 1 sendok kunyit bubuk, garam, dan 1 gelas air hangat. Kemudian campurkan ketiga bahan tersebut sampai merata. Setelah itu, gunakan air garam sebagai obat kumur sampai habis. Lakukan cara ini secara rutin 3 kali setiap hari sampai sakit tenggorokan anda sembuh.

12. Bawang Putih

Obat Sakit Tenggorokan Alami dengan Bawang Putih
Bawang Putih

Bahan dapur yang satu ini memang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Dan tak terkecuali sebagai obat alami sakit tenggorokan. Hal ini karena di dalam bawang putih terdapat kandungan antiseptik yang sangat efektif untuk membasmi bakteri yang menjadi penyebab sakit tenggorokan.

Caranya, siapkan 1 siung bawang putih yang sudah dikupas. Kemudian kunyah dan diamkan di dekat tenggorokan selama beberapa menit. Rasanya memang sangat tidak enak. Maka dari itu, siapkan teh hangat atau sup ayam agar setelah mengunyah bawang putih anda bisa langsung mengkonsumsinya.

Baca Juga : 21 Obat Bisul Alami Paling Ampuh dan Cepat Sembuh

13. Daun Kitolod

Obat Sakit Tenggorokan Alami dengan Daun Kitolod
Daun Kitolod

Selain bisa digunakan untuk mengobati bisul secara alami. Daun kitolod ini juga berkhasiat untuk mengobati sakit tenggorokan. Caranya, siapkan beberapa lembar daun kitolod dan 2 gelas air. Kemudian, rebus daun kitolod tersebut sampai mendidih dan hanya tersisa setengahnya saja.

Setelah itu diamkan beberapa menit sampai dingin. Lalu minum airnya secara rutin, setidaknya paling sedikit 2 kali dalam sehari sampai sakit tenggorokan anda sembuh.

14. Tanaman Ciplukan

Obat Sakit Tenggorokan dengan Tanaman Ciplukan
Tanaman Ciplukan

Saat masih kecil dulu buah ciplukan ini merupakan salah satu buah favorit di masanya. Warnanya yang merah merona membuat ciplukan sangat enak untuk dimakan. Namun tahukah anda, jika tanaman ciplukan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit tenggorokan.

Caranya, siapkan 10 gram tanaman ciplukan dan 4 gelas air bersih. Kemudian, rebus tanaman ciplukan ini sampai mendidih dan hanya tersisa setengahnya. Diamkan beberapa menit sampai dingin dan minum secara rutin.

15. Buah Belimbing

Obat Sakit Tenggorokan Alami dengan Buah Belimbing
Buah Belimbing

Selain bisa dimanfaatkan sebagai jus minuman yang menyehatkan. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalamnya ternyata juga bisa digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Hal ini karena di dalam buah belimbing terdapat kandungan anti inflamasi atau anti peradangan yang sangat efektif untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

Cara menggunakannya, siapkan beberapa buah belimbing segar. Kemudian, haluskan dengan menggunakan blender sampai menjadi jus. Setelah itu, saring menggunakan kain dan kumpulkan airnya ke dalam gelas. Minum secara rutin air belimbing sampai sakit tenggorokan yang diderita hilang dan sembuh.

16. Teh Jahe

Obat Sakit Tenggorokan Alami dengan Teh Jahe
Teh Jahe

Kombinasi bahan alami yang bisa anda coba untuk sakit tenggorokan adalah kombinasi antara teh dan jahe. Seperti yang sudah dijelaskan pada poin-poin sebelumnya. Teh dan jahe ini memang sangat ampuh digunakan sebagai obat sakit tenggorokan.

Caranya, siapkan 1 potong jahe segar, 1 gelas teh hangat, dan air bersih secukupnya. Kemudian, geprek jahe dan rebus dengan air sampai mendidih. Setelah itu, anda bisa mencampurkan keduanya dan minum selagi hangat.

17. Daun Tapak Liman

Obat Sakit Tenggorokan Alami dengan Daun Tapak Liman
Daun Tapak Liman

Mungkin anda agak jarang mendengar tanaman yang satu ini. Namun jika di daerah anda terdapat tanaman yang satu ini anda bisa mencobanya sebagai obat alami sakit tenggorokan. Caranya juga mudah, cukup siapkan beberapa lembar daun tapak liman.

Kemudian, rebus dengan air bersih sampai mendidih. Lalu tunggu sampai dingin dan minum air rebusannya secara rutin setiap hari. Daun tapak liman ini merupakan salah satu bahan alami yang ampuh untuk obat sakit tenggorokan dan juga cocok bagi anak maupun orang dewasa.

18. Uap Panas

Obat Sakit Tenggorokan Alami dengan Uap Panas
Uap Panas

Cara alami dan aman lainnya adalah dengan menggunakan uap panas. Selain bisa digunakan untuk mengobati flu dan menghilangkan jerawat. Uap panas ini juga ampuh untuk mengobati sakit pada tenggorokan.

Caranya, cukup siapkan panci berukuran sedang yang sudah berisi air panas. Kemudian, gunakan handuk sebagai penutup kepala agar uap panas tidak menyebar. Setelah itu, hirup perlahan uap panas dengan menggunakan hidung dan keluarkan secara perlahan dari mulut. Dengan menggunakan uap panas, maka tenggorokan anda pun akan berangsur-angsur membaik.

19. Lidah Buaya

Obat Sakit Tenggorokan Alami dengan Lidah Buaya
Lidah Buaya

Selain bisa digunakan untuk meluruskan rambut secara alami. Gel lidah buaya juga berkhasiat untuk mengobati sakit tenggorokan. Caranya, siapkan 1 batang lidah buaya yang sudah dikupas bagian kulitnya dan madu asli secukupnya. Kemudian, minum ramuan lidah buaya ini secara rutin agar rasa sakit pada tenggorokan bisa segera hilang dan sembuh.

20. Daun Kemangi

Obat Sakit Tenggorokan Alami dengan Daun Kemangi
Daun Kemangi

Jika biasanya daun kemangi digunakan sebagai pelengkap pada masakan seperti soto. Kali ini daun kemangi juga bisa digunakan sebagai obat sakit tenggorokan alami. Caranya, siapkan beberapa lembar daun kemangi dan rebus dengan air sampai mendidih.

Jika sudah cukup dingin, anda bisa meminum ramuan daun kemangi ini setiap hari. Dengan rutin menggunakan daun kemangi sebagai obat sakit tenggorokan. Maka sakit yang diderita pun akan berangsur membaik dan sembuh.

21. Madu dan Lemon

Obat Sakit Tenggorokan Alami dengan Madu dan Lemon
Madu dan Lemon

Kombinasi bahan alami lain yang patut dicoba adalah perpaduan antara madu dan perasan buah lemon. Kedua bahan ini memang sama-sama memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan.

Caranya, siapkan perasan air lemon dan madu secukupnya. Kemudian campurkan kedua bahan tersebut sampai merata. Minum secara rutin agar sakit tenggorokan anda bisa cepat terobati. Selain itu, kombinasi madu dan buah lemon ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh anak dan juga orang dewasa.

22. Buah Pisang

Obat Sakit Tenggorokan Alami dengan Buah Pisang
Buah Pisang

Cara mudah yang bisa anda coba untuk menyembuhkan sakit tenggorokan adalah dengan mengkonsumsi buah pisang. Hal ini karena buah pisang juga memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi dan sangat ampuh untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

23. Minyak Kayu Putih

Obat Sakit Tenggorokan Alami dengan Minyak Kayu Putih
Kayu Putih

Cara alami dan murah dikantong lainnya adalah dengan menggunakan minyak kayu putih. Selain bisa digunakan sebagai obat sakit tenggorokan. Minyak kayu manis ini juga bermanfaat untuk mengobati berbagai masalah kesehatan seperti sakit kepala, stres, dan juga melancarkan aliran darah dalam tubuh.

Cara menggunakannya, sediakan 1 panci air panas yang masih banyak uap panasnya. Kemudian, masukkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalamnya. Gunakan handuk sebagai penutup kepala agar uapnya bisa terfokus pada bagian wajah. Setelah itu, hirup uap panasnya secara perlahan dan lakukan berulang-ulang sampai tenggorokan anda menjadi lebih lega.

24. Tanaman Alang-Alang

Obat Sakit Tenggorokan Alami dengan Tanaman Alang-Alang
Tanaman Alang-Alang

Tanaman yang satu ini merupakan tanaman liar yang banyak sekali terdapat di pedesaan. Namun tahukah anda, jika sebenarnya tanaman alang-alang ini juga merupakan tanaman herbal yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Dan salah satunya adalah untuk mengobati sakit tenggorokan.

Caranya, siapkan 1 genggam batang alang-alang yang sudah dicuci bersih. Kemudian rebus menggunakan air sampai mendidih. Jika sudah dingin, minum air rebusan alang-alang ini setiap hari.

25. Istirahat yang Cukup

Obat Sakit Tenggorokan Alami dengan Istirahat yang Cukup
Istirahat yang Cukup

Cara terakhir dan yang harus anda lakukan adalah dengan istirahat yang cukup. Tidak akan maksimal semua obat-obat alami di atas jika anda sendiri tidak memiliki jam istirahat yang cukup. Dengan istirahat yang cukup, maka tubuh anda akan kembali bertenaga dan daya tahan tubuh anda pun akan jauh meningkat. 

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.