23 Obat Sakit Gigi Berlubang Tradisional Paling Ampuh
Sakit gigi adalah rasa nyeri yang timbul akibat terjadinya kerusakan pada daerah gigi dan juga rahang. Dan masalah sakit gigi yang paling sering terjadi pada setiap orang adalah sakit gigi berlubang. Sakit gigi yang satu ini memang sangat menyiksa. Tetapi bagaimana jika tiba-tiba kambuh? Tenang saja, sebab anda bisa langsung mengobatinya dengan beberapa bahan tradisional berikut ini.

Kata.co.id - Sakit gigi adalah rasa nyeri yang timbul akibat terjadinya kerusakan pada daerah gigi dan juga rahang. Umumnya orang-orang cenderung meremehkan sakit gigi dan hanya berobat sekedarnya saja tanpa memikirkan cara untuk selalu merawat gigi yang sehat dan benar.

Namun tahukah anda, jika sakit gigi ini sebenarnya merupakan gejala terkecil dari tanda-tanda penyakit yang lebih berbahaya lagi seperti penyakit stroke dan jantung. Maka dari itu, jika sakit gigi tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Kemungkinan bisa berbahaya untuk jangka panjang.

Dan masalah sakit gigi yang paling sering terjadi pada setiap orang adalah sakit gigi berlubang. Sakit gigi yang satu ini memang sangat menyiksa. Apalagi jika lubangnya sudah dalam, sudah pasti rasa nyeri yang ditimbulkan bisa berlipat-lipat.

Tetapi bagaimana jika sakit gigi berlubang ini tiba-tiba kambuh? Ya mau tak mau anda harus segera mengobatinya. Nah, untuk anda yang mungkin saat ini membutuhkan obat sakit gigi berlubang. Berikut kami akan bagikan 23 obat sakit gigi berlubang tradisional yang paling ampuh dan wajib anda coba. Yuk disimak.

1. Cengkeh

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan Cengkeh
Cengkeh

Cara pertama yang bisa anda coba adalah menggunakan cengkeh. Di dalam cengkeh ini terdapat minyak yang sangat cocok untuk digunakan mengobati sakit gigi berlubang. Selain itu, di dalam cengkeh juga terdapat senyawa anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada gigi berlubang.

Cara menggunakan cengkeh sebagai obat sakit gigi berlubang. Siapkan 2 sendok makan minyak cengkeh dan kapas secukupnya. Kemudian, oleskan kapas ke dalam minyak cengkeh dan letakkan di bagian gigi yang berlubang. Setelah itu, biarkan saja selama 30 menit.

Terakhir, anda bisa berkumur dengan menggunakan air hangat. Cara lain yang bisa anda coba dengan minyak cengkeh adalah menggunakannya sebagai obat kumur. Kedua cara ini terbilang efektif untuk mengurangi rasa nyeri dan menghilangkan sakit pada gigi berlubang.

2. Daun Inggu Kering

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan Daun Inggu Kering
Daun Inggu

Daun ini memang agak susah ditemukan, namun jika di tempat anda masih ada. Tak ada salahnya untuk mencobanya sebagai obat gigi anda yang berlubang. Caranya, siapkan 4 gram daun inggu kering dan 2 gelas air bersih.

Kemudian, rebus daun inggu kering ini dengan menggunakan air sampai mendidih dan hanya tersisa setengahnya saja. Setelah itu, tunggu beberapa menit sampai agak hangat. Terakhir, gunakan air rebusan inggu kering ini sebagai obat kumur.

3. Daun Mint

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan Daun Mint
Daun Mint

Daun yang sudah banyak dipakai sebagai bahan utama pasta gigi ini juga sangat berkhasiat untuk mengobati gigi berlubang. Caranya, cukup siapkan beberapa lembar daun mint segar. Kemudian, tumbuk daun mint sampai halus. Setelah itu, anda bisa langsung menempelkannya ke bagian gigi yang berlubang.

4. Minyak Kelapa

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan Minyak Kelapa
Minyak Kelapa

Jika kebetulan di daerah anda terdapat banyak sekali pohon kelapa. Mungkin ada baiknya jika anda menggunakan minyaknya sebagai obat sakit gigi berlubang. Karena minyak kelapa ini juga termasuk sangat ampuh untuk menyembuhkan nyeri pada gigi berlubang.

Caranya, siapkan kelapa yang sudah dikupas bagian kulit luarnya dan tersisa hanya batok dan dagingnya saja. Kemudian, belah menjadi 2 bagian dan bakar kelapa sampai keluar minyaknya. Setelah itu, celupkan kapas ke minyak kelapa dan letakkan di bagian gigi yang berlubang. Dengan cara ini anda tidak membutuhkan waktu lama untuk sembuh. Sebab khasiatnya akan langsung terasa.

5. Bawang Merah

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan Bawang Merah
Bawang Merah

Bumbu dapur yang juga efektif untuk mengobati gigi berlubang adalah bawang merah. Ini karena bawang merah memiliki sifat anti bakteri yang bermanfaat untuk membersihkan gigi dari bakteri-bakteri penyebab nyeri pada gigi berlubang.

Caranya juga sangat mudah, cukup siapkan 1 siung bawang merah yang sudah digeprek. Kemudian, letakkan bawang merah yang sudah hancur tersebut ke gigi yang berlubang.

6. Bawang Putih

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan Bawang Putih
Bawang Putih

Selain bawang merah, bawang putih ternyata juga bisa digunakan sebagai obat sakit gigi. Caranya sama dengan poin no 5. Yakni dengan menumbuk halus bawang putih, setelah itu anda bisa menaruhnya di bagian gigi luar yang terasa sakit.

7. Kulit Buah Lemon

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan Kulit Buah Lemon
Kulit Buah Lemon

Buah-buahan yang juga tak kalah ampuh untuk mengobati sakit gigi berlubang adalah buah lemon. Caranya, anda cukup menyediakan kulit buah lemon segar. Kemudian, bakar kulit lemon tersebut sampai berubah warna menjadi agak kehitaman.

Selanjutnya, tumbuk kulit lemon yang sudah dibakar tersebut sampai halus dan letakkan pada bagian gigi yang berlubang. Dengan rutin menggunakan bubuk kulit lemon ini, maka rasa nyeri pada gigi berlubang akan semakin berkurang.

8. Bunga Matahari

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan Bunga Matahari
Bunga Matahari

Tak hanya bijinya yang bisa dikonsumsi. Bunga matahari ini sebenarnya juga memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan. Dan salah satunya adalah untuk mengobati gigi berlubang. Caranya, siapkan 1 bunga matahari, 1 potong jahe, dan air bersih secukupnya.

Cara membuatnya. Rebus bunga matahari beserta jahe dengan menggunakan air sampai mendidih dan hanya tersisa setengahnya. Kemudian, saring air rebusan bunga matahari tersebut dan segera minum selagi masih hangat.

9. Air Garam

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan Air Garam
Air Garam

Cara praktis dan paling mudah untuk anda coba mengobati gigi berlubang adalah dengan air garam. Caranya, siapkan 1 gelas air hangat dan 1 sendok teh garam. Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut sampai merata.

Terakhir, anda bisa menggunakannya sebagai obat kumur. Namun perlu dingat, jangan menggunakan air garam secara berlebihan. Sebab penggunaan air garam yang berlebihan dapat membuat gigi anda menjadi keropos.

10. Biji Asam Jawa

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan Biji Asam Jawa
Biji Asam Jawa

Untuk anda yang tidak menyukai air garam. Mungkin anda bisa mencoba obat alami yang satu ini yakni asam jawa. Caranya, siapkan beberapa biji asam jawa. Kemudian, goreng biji asam jawa tersebut dengan tanpa menggunakan minyak goreng.

Jika sudah, lalu tumbuk biji asam jawa tersebut sampai halus. Selanjutnya, masukkan bubuk biji asam jawa ke dalam kain bersih dan gosokkan pada bagian gigi yang berlubang.

11. Lada Hitam

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan Lada Hitam
Lada Hitam

Umumnya lada hitam ini merupakan bumbu pada masakan. Tapi selain itu, lada hitam juga bisa digunakan sebagai obat dan salah satunya untuk obat sakit gigi berlubang. Caranya, siapkan 3 biji lada hitam yang sudah dihaluskan dan juga garam secukupnya.

Kemudian, campurkan kedua bahan ini sampai merata. Oleskan ramuan lada hitam ini pada bagian gigi yang berlubang. Cara ini tergolong cepat, karena anda tidak membutuhkan waktu lama untuk merasakan khasiatnya.

12. Biji Jarak Cina

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan Biji Jarak Cina
Biji Jarak Cina

Jika kebetulan di daerah tempat anda tinggal terdapat tanaman jarak cina. Mungkin anda bisa langsung mencobanya sebagai obat pada gigi anda yang berlubang. Cara mengunakannya, siapkan 1 biji jarak cina dan segelas air panas.

Kemudian, tumbuk biji jarak cina sampai halus dan seduh dengan air panas. Tunggu beberapa menit sampai agak dingin dan gunakan sebagai obat kumur.

Baca Juga : 25 Obat Sakit Tenggorokan Alami dan Paling Cepat Menyembuhkan

13. Daun Jambu Biji

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan Daun Jambu Biji
Daun Jambu Biji

Selain buahnya yang sangat enak dan cocok untuk dijadikan minuman segar. Daun jambu biji ini ternyata juga bisa digunakan sebagai obat sakit gigi. Hal ini karena daun jambu biji juga memiliki sifat anti bakteri yang sangat bagus untuk membasmi bakteri-bakteri yang ada di dalam gigi berlubang.

Caranya juga sangat mudah, cukup sediakan beberapa lembar daun biji yang sudah dibersihkan. Kemudian, anda tinggal mengunyahnya dan taruh dibagian gigi yang berlubang.

14. Teh Hangat Tanpa Gula

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan Teh Hangat Tanpa Gula
Teh Hangat Tanpa Gula

Jika anda tiba-tiba mengalami nyeri pada gigi berlubang. Cara ini mungkin bisa menjadi alternatif pertama yang harus anda coba yakni dengan menggunakan teh hangat tanpa menggunakan gula. Cara membuatnya sama seperti saat anda membuat teh hangat biasanya hanya saja di sini dengan tanpa meggunakan gula. Namun cara ini bukan untuk diminum, melainkan untuk digunakan sebagai obat kumur.

15. Es Batu

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan Es Batu
Es Batu

Obat yang tak kalah efektif lainnya untuk mengobati sakit gigi berlubang adalah dengan es batu. Cara ini bisa digunakan, jika anda merasa sakit gigi yang anda alami sudah sangat menyakitkan. Anda bisa mengunakan es batu untuk mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan.

16. Cabe rawit

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan Cabe Rawit
Cabe Rawit

Cara ini mungkin terdengar sedikit ekstrim atau bahkan menakutkan. Terutama untuk anda yang tidak menyukai pedas. Namun, percayalah jika cabe rawit ini juga sangat ampuh untuk mengobati rasa nyeri gigi anda yang berlubang. Caranya, siapkan cabe rawit halus, air panas, dan kapas. Kemudian, oleskan kapas ke cabe bubuk dan tempelkan ke bagian gigi yang berlubang.

17. Akar Meniran

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan Meniran
Meniran

Selain enak dijadikan sebagai sayur, tanaman meniran ini ternyata juga memiliki manfaat lain yang tak kalah penting yakni sebagai obat sakit gigi berlubang. Namun, yang akan kita gunakan bukanlah daunnya melainkan akar dari tanaman meniran.

Caranya, siapkan akar meniran yang telah dibersihkan. Kemudian, anda bisa langsung mengunyahnya dengan menggunakan gigi yang sakit. Terakhir, kumur-kumurlah dengan menggunakan air bersih.

18. Serai

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan Serai
Serai

Cara lain yang mungkin belum anda ketahui adalah dengan menggunakan serai. Ya, tanaman yang satu ini juga merupakan bumbu dapur yang sering sekali digunakan. Namun, kita juga bisa menggunakannya untuk mengobati gigi yang berlubang.

Caranya, siapkan 2 batang serai dan 2 gelas air bersih. Kemudian, rebus serai dengan air sampai mendidih dan hanya tersisa setengahnya. Anda bisa menggunakan air rebusan serai ini setiap hari sampai rasa nyeri gigi anda menghilang.

19. Akar Kangkung

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan Akar Kangkung
Akar Kangkung

Jika biasanya kangkung digunakan sebagai sayur yang enak dan lezat. Namun ternyata bagian kangkung yang lain yakni bagian akarnya juga bermanfaat untuk kesehatan. Dan salah satunya juga bisa digunakan untuk menyembuhkan gigi berlubang.

Cara menggunakannya. Siapkan akar kangkung yang sudah dibersihkan dan 1 sendok teh cuka. Kemudian, rebus akar kangkung tersebut dengan menggunakan air sampai mendidih. Jika sudah cukup dingin, anda bisa langsung menggunakannya sebagai obat kumur.

20. Daun Sirih

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan Daun Sirih
Daun Sirih

Obat alami yang satu ini jelas tak bisa diragukan lagi khasiatnya. Sebab sudah lama sekali daun sirih ini digunakan oleh nenek moyang kita sebagai pasta gigi alami yang aman dan efektif. Selain itu, kandungan batlephenol dalam daun sirih juga sangat ampuh untuk membasmi bakteri yang menjadi penyebab rasa sakit pada gigi berlubang.

Caranya, siapkan beberapa lembar daun sirih dan rebus dengan air bersih sampai mendidih. Gunakan rebusan daun sirih ini sebagai obat kumur setiap hari. Selain dijadikan obat kumur, anda juga bisa langsung meminumnya untuk hasil yang lebih maksimal.

21. Belimbing Wuluh

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan Belimbing Wuluh
Belimbing Wuluh

Terkenal dengan rasa buahnya yang sangat masam. Buah belimbing wuluh ternyata juga memiliki khasiat bermanfaat yakni sebagai obat sakit gigi. Hal ini karena belimbing wuluh memiliki kandungan anti bakteri yang cukup ampuh untuk menghilangkan bakteri dan kuman dalam gigi.

Caranya, siapkan 2 buah belimbing yang belum matang. Kemudian, tumbuk belimbing wuluh sampai halus. Setelah itu, tempelkan buah belimbing yang sudah halus tersebut ke bagian gigi yang berlubang. Diamkan beberapa menit dan kumur dengan air hangat.

22. Jeruk Nipis

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan Jeruk Nipis
Jeruk Nipis

Memiliki kandungan  yang sama dengan buah lemon, membuat buah jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai obat alami sakit gigi. Hal ini karena jeruk nipis juga memiliki kandungan anti biotik yang dapat menghilangkan rasa sakit dan nyeri pada gigi berlubang.

Cara menggunakan jeruk nipis sebagai obat sakit gigi berlubang. Sediakan 1 buah jeruk nipis segar yang sudah di potong menjadi 2 bagian. Kemudian, siapkan wadah untuk menampung dan peras jeruk nipis sampai habis. Ambil perasan air jeruk nipis tersebut dan oleskan ke bagian gigi yang berlubang. Terakhir, berkumurlah dengan air hangat.

23. Biji alpukat

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan Biji Alpukat
Biji Alpukat

Cara terakhir yang bisa anda coba adalah dengan menggunakan biji alpukat. Jika biasanya anda memakan buah alpukat dan membuang bijinya. Namun sekarang jangan lagi, karena ternyata biji alpukat ini juga merupakan obat alami untuk sakit gigi.

Cara membuat ramuan biji alpukat untuk obat sakit gigi berlubang. Sediakan beberapa biji alpukat dan keringkan dengan sinar matahari. Jika sudah cukup kering, kemudian sangrai biji alpukat tersebut dan tumbuk sampai halus.

Tambahkan sedikit air hangat dan garam, lalu oleskan ke bagian gigi yang berlubang. Tunggu sampai 30 menit dan kumur dengan menggunakan air hangat. 

Baca Juga