18 Obat Rematik Alami dan Paling Ampuh
Rematik adalah sebuah penyakit radang sendi yang muncul akibat terganggunya autoimun dalam tubuh. Umumnya penyakit rematik ini muncul pada orang-orang yang berusia 20 hingga 40 tahun. Nah, untuk mencegah penyakit rematik ini menjadi semakin akut. Maka tak ada salahnya, jika anda mencoba beberapa obat rematik alami berikut ini.

Kata.co.id - Rematik adalah sebuah penyakit radang sendi yang muncul akibat terganggunya autoimun dalam tubuh. Penyakit yang satu ini biasanya paling sering ditemui di beberapa bagian tubuh seperti kaki, lutut, tangan, dan juga pergelangan tangan.

Kambuhnya penyakit rematik ini terkadang sangat mengganggu aktifitas. Bahkan kegiatan yang tidak terlalu berat seperti memakai baju, membawa barang, menulis, dan membuka botol menjadi sangat sulit untuk dilakukan. Parahnya lagi, penyakit ini bahkan bisa menyebabkan resiko yang lebih berbahaya seperti sulit berjalan dan juga berjalan dengan membungkuk.

Rematik ini umumnya muncul pada orang-orang yang berusia 20 hingga 40 tahun. Dan jumlah paling besar yang menderita penyakit rematik ini 3 kali lipat lebih di dominasi oleh perempuan daripada laki-laki. Nah, untuk mencegah penyakit rematik ini menjadi semakin akut. Maka tak ada salahnya, jika anda mencoba beberapa obat rematik alami yang akan kami bagikan berikut ini.

1. Tanaman Lengkuas

Obat Rematik dengan Lengkuas
Lengkuas

Untuk yang sering di dapur pasti tahu dengan tanaman rimpang satu ini. Ya benar, tanaman lengkuas ini  memang merupakan salah satu bumbu dapur yang paling sekali digunakan untuk masakan. Cara membuat obat rematik dari tanaman lengkuas.

Siapkan beberapa potong lengkuas yang sudah dicuci bersih. Setelah itu, parut lengkuas dan peras menggunakan kain bersih sampai airnya habis. Terakhir, anda bisa menggunakan air lengkuas ini sebagai obat oles ke bagian tubuh yang sakit rematik.

2. Daun Dandalion

Obat Rematik dengan Daun Dandelion
Daun Dandelion

Tanaman yang satu ini termasuk tanaman liar yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Dan salah satu manfaat dari daun dandalion ini juga bisa digunakan sebagai obat rematik. Hal ini karena daun dandalion mengandung vitamin A dan vitamin C yang berkhasiat untuk mengeluarkan racun dari dalam darah.

Caranya juga mudah, anda hanya perlu mengukus daun dandalion ini dan kemudian mengkonsumsinya. Menggunakan daun dandalion ini termasuk cara efektif untuk menghilangkan rasa nyeri pada persendian.

3. Daun Landep

Obat Rematik dengan Daun Landep
Daun Landep

Obat alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit rematik adalah daun landep. Tanaman ini juga tumbuh liar, namun jika di daerah tempat tinggal anda terdapat daun landep ini. Tak ada salahnya jika anda mencoba menggunakannya untuk obat rematik.

Cara menggunakan daun landep sebagai obat rematik. Sediakan 1 genggam daun landep yang sudah dibersihkan dan air kapur sirih secukupnya. Kemudian, tumbuk daun landep sampai halus dan tambahkan kapur sirih ke dalamnya. Setelah itu, aduk-aduk kedua bahan tersebut sampai merata. Terakhir, usapkan ramuan ini ke bagian tubuh yang terasa sakit. 

4. Jahe

Obat Rematik dengan Jahe
Jahe

Tak hanya bisa digunakan untuk minuman penghangat tubuh. Jahe sebenarnya juga termasuk obat herbal alami yang dapat digunakan sebagai obat rematik. Dengan rutin mengkonsumsi minuman jahe, maka penyakit rematik anda akan semakin berkurang dan bisa pulih kembali.

5. Brotowali

Obat Rematik dengan Brotowali
Brotowali

Dikenal sebagai tanaman yang memiliki rasa pahit, ternyata brotowali ini menyimpan khasiat yang cukup besar untuk mengobati penyakit rematik. Cara menggunakan brotowali sebagai obat rematik. Sediakan 1 batang brotowali yang sudah dibersihkan dan di iris-iris tipis.

Kemudian, rebus brotowali ini dengan 3 gelas air bersih sampai mendidih dan hanya tersisa setengahnya saja. Setelah itu, saring brotowali dan minum air rebusannya tersebut secara rutin setiap hari.

6. Lidah Buaya

Obat Rematik dengan Lidah Buaya
Lidah Buaya

Tak banyak yang mengetahui jika lendir lidah buaya juga bisa digunakan sebagai obat penyakit rematik. Umumnya orang-orang menggunakan lidah buaya sebagai obat penyubur rambut dan pelurus rambut alami. Namun selain itu, lidah buaya ini juga bisa untuk menghilangkan nyeri pada persendian.

Cara menggunakan lidah buaya untuk obat penyakit rematik. Siapkan 1 batang lidah buaya segar dan kupas bagian kulitnya. Kemudian, ambil bagian lendir lidah buaya dan bilas sampai bersih. Setelah itu, rebus lendir buaya dengan 5 gelas air bersih sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Minum ramuan lidah buaya ini secara rutin sampai rasa sakit pada persendian anda berkurang dan hilang.

7. Minyak Mustard dan Kapur Sirih

Obat Rematik dengan Minyak Mustard dan Kapur Sirih
Minyak Mustard

Cara lain yang bisa anda coba adalah menggunakan kombinasi minyak mustard dan kapur sirih. Kedua bahan ini memang efektif untuk menghilangkan nyeri dan kerusakan pada daerah persendian.

Cara menggunakan minyak mustard dan kapur sirih untuk mengobati rematik. Sediakan 1 gelas minyak mustard dan 10 gram kapur sirih. Kemudian, campurkan keduanya dan gunakan sebagai minyak oles untuk memijat bagian tubuh yang nyeri. Dengan rutin menggunakan ramuan ini, maka peredaran darah anda pun akan kembali lancar.

8. Panglai

Obat Rematik dengan Panglai
Panglai

Tanaman rempah-rempah yang biasa ditanam di pekarangan rumah ini ternyata juga dapat digunakan untuk membantu meringankan nyeri akibat rematik. Caranya, siapkan beberapa batang panglai secukupnya dan rebus dengan air bersih sampai mendidih selama 30 menit. Jika sudah cukup dingin, minum air rebusan panglai tersebut secara rutin setiap hari.

9. Akar Beluntas

Obat Rematik dengan Akar Beluntas
Akar Beluntas

Tanaman yang satu ini juga termasuk tanaman yang tumbuh liar. Namun siapa sangka jika tanaman ini juga bermanfaat untuk mengobati sakit rematik. Cara menggunakan akar beluntas sebagai obat penyakit rematik. Pertama, siapkan beberapa akar beluntas secukupnya dan rebus dengan air sampai mendidih. Kemudian, ambil airnya dan minum secara rutin 1 kali setiap harinya.

Baca Juga : 21 Obat Gondongan Alami dan Paling Ampuh

10. Daun Kumis Kucing

Obat Rematik dengan Daun Kumis Kucing
Daun Kumis Kucing

Obat alami selanjutnya adalah daun kumis kucing. Tanaman ini memang sudah lama dikenal sebagai obat herbal dan sudah sejak dulu digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Selain itu, kumis kucing ini juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit rematik.

Cara menggunakan daun kumis kucing sebagai obat rematik. Siapkan 1 sendok teh daun kumis kucing dan 1 sendok makan daun meniran. Kemudian, rebus kedua bahan tersebut dengan menggunakan air bersih sampai mendidih. Tunggu sampai dingin dan minum ramuan ini setiap hari.

11. Daun Seledri

Obat Rematik dengan Daun Seledri
Daun Seledri

Biasanya daun seledri ini digunakan sebagai bahan pelengkap dan juga penambah rasa pada masakan. Selain rasanya yang memang enak dan khas. Daun seledri ini ternyata juga cukup ampuh untuk mengobati rematik. Caranya pun mudah, anda hanya perlu mengkonsumsi daun seledri ini secara rutin setiap hari sebagai lalapan pada makanan.

12. Daun Wungu

Obat Rematik dengan Daun Wungu
Daun Wungu

Tanaman berdaun ungu yang biasanya tumbuh depan rumah ini juga memiliki khasiat yang ampuh untuk mengobati rematik. Caranya, siapkan 1 genggam daun wungu yang sudah dibersihkan. Lalu tumbuk daun wungu sampai halus dan oleskan ke bagian tubuh yang terasa nyeri. Lakukan cara ini setiap hari sampai rasa nyeri sendi anda berkurang dan sembuh.

13. Daun Pandan Wangi

Obat Rematik dengan Daun Pandan Wangi
Daun Pandan Wangi

Tak hanya bisa digunakan sebagai pewarna dan pewangi pada makanan. Daun pandan ternyata juga cukup berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit rematik. Cara menggunakan daun pandan wangi sebagai obat penyakit rematik. Siapkan 3 lembar daun pandan segar dan cuci bersih.

Kemudian, iris semua daun pandan tersebut dan seduh dengan minyak kelapa hangat. Gunakan ramuan daun pandan ini sebagai obat gosok untuk memijat bagian tubuh yang terasa nyeri karena rematik.

14. Daun Dewa

Obat Rematik dengan Daun Dewa
Daun Dewa

Tanaman yang satu ini tentu tak asing khususnya untuk anda yang pernah lama tinggal di pedesaan. Sebab biasanya tanaman daun dewa ini juga tumbuh liar di bekas-bekas tanah persawahan. Cara menggunakan daun dewa sebagai obat rematik.  

Siapkan beberapa lembar daun dewa yang sudah dibersihkan. Kemudian, rebus daun dewa tersebut dan tumbuk kasar. Peras airnya dan minum setiap hari.

15. Kunyit

Obat Rematik dengan Kunyit
Kunyit

Memiliki kandungan anti-inflamasi membuat kunyit ini juga bisa digunakan untuk mengobati nyeri pada persendian. Caranya, siapkan 1 sendok makan bubuk kunyit dan rebus dengan 1 liter air bersih sampai mendidih. Jika sudah cukup dingin, kemudian minum ramuan kunyit ini 2 kali sehari.

16. Akar Sembung

Obat Rematik dengan Akar Sembung
Akar Sembung

Jika biasanya yang digunakan sebagai obat kesehatan adalah bagian daunnya. Tetapi untuk pengobatan penyakit rematik, bagian akarnya lah yang bisa digunakan sebagai obat. Caranya, siapkan akar sembung secukupnya dan daun gandarusa secukupnya.

Kemudian, bersihkan dan potong-potong. Setelah itu, rebus kedua bahan ini dengan 3 gelas air sampai mendidih dan hanya tersisa 1 gelas saja. Jika sudah cukup dingin, lalu saring dan minum air rebusan akar sembung secara rutin 2 kali sehari.

17. Daun Senggugu

Obat Rematik dengan Daun Senggugu
Daun Senggugu

Obat herbal selanjutnya yang mudah didapatkan dan juga efektif untuk menyembuhkan penyakit rematik adalah daun senggugu. Caranya, siapkan daun senggugu yang masih muda dan adas pulasari secukupnya.

Kemudian, tumbuk halus kedua bahan tersebut dan tambahkan kapur sirih ke dalamnya. Terakhir, anda bisa langsung menggunakannya sebagai obat gosok untuk memijat bagian tubuh yang sakit.

18. Bunga Rosela

Obat Rematik dengan Bunga Rosela
Bunga Rosela

Obat terakhir yang bisa anda coba adalah bunga rosela. Tanaman herbal ini juga sudah cukup lama dikenal sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit rematik. Hal ini karena bunga rosela memiliki kandungan vitamin C dan protein esensial yang sangat berguna untuk membantu penyembuhan rematik.

Baca Juga