21 Obat Gondongan Alami dan Paling Ampuh
Gondongan adalah sebuah kondisi di mana kelenjar penghasil liur mengalami pembesaran atau pembengkakan. Tak hanya susah menoleh, orang yang mengalami penyakit gondongan ini juga akan mengalami susah mengunyah dan menelan. Untuk anda yang saat ini sedang mencari informasi tentang obat gondongan. Berikut ini ada beberapa obat alami yang bisa anda coba dan pastinya aman untuk digunakan.

Kata.co.id - Gondongan adalah sebuah kondisi di mana kelenjar penghasil liur mengalami pembengkakan. Gejala awal dari penyakit gondongan ini memang tidak terlalu terlihat. Namun, perlahan pembengkakan di tenggorokan ini akan semakin membesar dan pastinya membuat penderitanya menjadi sangat tidak nyaman.

Tak hanya susah menoleh, penyakit gondongan ini juga membuat orang yang mengalaminya menjadi susah untuk mengunyah dan menelan. Penularan penyakit ini sebenarnya hampir-hampir mirip dengan penyakit flu.

Maka dari itu, disarankan untuk tidak melakukan kontak fisik secara langsung saat ada teman atau anggota keluarga yang mengalami sakit gondongan. Ini karena anda juga berpeluang untuk tertular penyakit gondongan tersebut.

Namun untuk anda yang mungkin saat ini sedang mencari informasi tentang obat gondongan. Berikut ini kami bagikan beberapa obat alami dan pastinya aman untuk anda gunakan. Yuk disimak.

1. Lidah Buaya

Obat Gondongan dengan Lidah Buaya
Lidah Buaya

Obat pertama yang harus anda coba adalah lidah buaya. Jika biasanya tanaman berlendir ini digunakan sebagai obat alami pelurus rambut. Tetapi ternyata lidah buaya ini juga memiliki kegunaan lain yaitu untuk mengobati penyakit gondongan.

Caranya juga sangat mudah. Cukup siapkan beberapa potong lidah buaya yang sudah dikupas bagian kulitnya. Kemudian, ambil bagian lendirnya dan oleskan ke bagian tenggorokan yang terkena gondongan. Lakukan cara ini secara rutin sampai gondongan anda kempes dan kembali normal seperti sebelumnya.

2. Asparagus

Obat Gondongan dengan Asparagus
Asparagus

Tanaman berwarna hijau ini memang sering sekali dimasak sebagai sayuran. Hal ini karena asparagus dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak sekali nutrisi serta manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun selain itu, fungsi lain dari asparagus yang belum banyak diketahui adalah bisa digunakan sebagai obat penyakit gondongan.

Namun yang akan kita gunakan sebagai obat di sini bukanlah batangnya. Melainkan hanya bijinya saja yang akan kita manfaatkan untuk mengobati gondongan. Caranya, siapkan 3 sendok teh biji asparagus bubuk, bubuk biji fenugreek, dan air secukupnya.

Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut sampai tercampur merata hingga menyerupai pasta. Setelah itu, anda bisa langsung mengoleskannya ke bagian yang terjadi pembengkakan. Jika sudah cukup kering, lalu bersihkan dengan menggunakan kain basah.

3. Daun Belimbing Wuluh

Obat Gondongan dengan Daun Belimbing Wuluh
Daun Belimbing Wuluh

Biasanya para ibu-ibu menggunakan buah ini sebagai sayuran yang menyegarkan. Namun ternyata, selain buahnya yang kaya akan manfaat. Daun belimbing wuluh ini juga memiliki khasiat yang tak kalah ampuh yakni untuk mengobati penyakit gondongan.

Cara menggunakan daun belimbing sebagai obat gondongan. Sediakan 1 genggam daun belimbing wuluh dan bawang putih secukupnya. Kemudian, tumbuk halus dan campur kedua bahan ini hingga tercampur merata.

Jika dirasa sudah cukup halus, lalu gunakan ramuan ini sebagai sebagai obat kompres untuk menyembuhkan gondongan. Gunakan ramuan ini secara rutin agar gondongan anda bisa hilang dan sembuh seperti sebelumnya.

4. Baking Soda

Obat Gondongan dengan Baking Soda
Baking Soda

Bahan ini tentu tak asing bagi anda yang sering sekali membuat kue. Namun, jika biasanya baking soda ini digunakan sebagai pengembang pada bolu dan sejenisnya. Kali ini anda bisa mencoba baking soda sebagai obat alami penyakit gondongan.

Caranya, siapkan bubuk baking soda yang dicampur dengan sedikit air bersih. Kemudian, oleskan pasta baking soda ini ke bagian tenggorokan yang mengalami pembengkakan. Tunggu 5 menit dan bersihkan dengan air hangat.

Menggunakan baking soda ini tergolong cukup efektif untuk mengobati gondongan. Hal ini karena baking soda memiliki kandungan anti-inflamasi yang dapat membantu penyembuhan pada gondongan.

5. Bubuk Margosa dan Kunyit

Obat Gondongan dengan Bubuk Margosa dan Kunyit
Bubuk Margosa dan Kunyit

Kombinasi bahan alami yang juga harus anda coba adalah kombinasi dari bubuk margosa dan kunyit. Kedua bahan ini memang sama-sama ampuh untuk mengobati gondongan. Jadi untuk anda yang ingin cepat sembuh. Sangat disarankan sekali untuk mengunakan kombinasi kedua bahan tersebut.

Caranya, sediakan bubu margosa dan bubuk kunyit secukupnya. Kemudian, campur kedua bahan tersebut sampai merata dan membentuk seperti pasta. Terakhir, oles ramuan ini ke bagian yang mengalami pembengkakan. Lakukan secara rutin agar anda bisa langsung merasakan khasiatnya.

6. Air Hangat

Obat Gondongan dengan Air Hangat
Air Hangat

Salah satu cara murah dan paling cepat untuk anda gunakan adalah dengan air hangat. Caranya juga sangat mudah. Anda cukup menyiapkan kain bersih dan air hangat secukupnya. Kemudian, celupkan kain bersih tersebut ke dalam air hangat dan usapkan ke bagian yang terkena gondongan.

7. Selada Air

Obat Gondongan dengan Selada Air
Selada Air

Sayuran lain yang ampuh dan aman untuk digunakan mengobati sakit gondongan adalah selada air. Biasanya sayuran ini memang sering digunakan sebagai salah satu bahan untuk makanan-makanan cepat saji seperti burger dan sandwich.

Tetapi, kali ini kita tidak akan membahas makanan siap saji. Melainkan menggunakan selada air sebagai obat alami dan sekaligus makanan enak yang bisa untuk menyembuhkan gondongan. Caranya juga mudah. Masak selada air ini sebagai sup yang hangat dan enak. Kemudian, konsumsi sup selada air ini secara rutin sampai gondongan anda berkurang dan sembuh.

8. Es Batu

Obat Gondongan dengan Es Batu
Es Batu

Es batu ini memang tidak memiliki kandungan apapun yang bermanfaat untuk penyakit gondongan. Namun, dingin yang dihasilkan oleh es batu ini benar-benar sangat efektif untuk mengurangi pembengkakan pada gondongan. Caranya, anda hanya perlu membungkus es batu ini dengan kain bersih. Kemudian, kompreskan ke bagian yang mengalami pembengkakan.

9. Madu

Obat Gondongan dengan Madu
Madu

Sebelum anda menggunakan madu sebagai obat gondongan. Pastikan dulu jika madu yang anda beli tersebut benar-benar asli dan bukan palsu yang sudah diberi campuran. Hal ini karena, madu yang benar-benar asli dapat memberikan hasil yang jauh lebih maksimal daripada yang palsu.

Caranya, siapkan 1 sendok makan madu asli dan 1 gelas air matang. Kemudian, masukkan madu ke dalamnya dan aduk-aduk sampai merata. Minum secara rutin ramuan madu ini agar gondongan yang anda alami bisa segera kempes dan sembuh.

10. Daun Banyan

Obat Gondongan dengan Daun Banyan
Daun Banyan

Daun yang satu ini memang terkenal sebagai pohon yang memiliki nilai religius tinggi untuk umat Hindu dan Budha. Selain itu, dedaunan ini juga terkenal sebagai tanaman yang memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan.

Dan salah satu khasiatnya tersebut juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit gondongan. Dengan rutin mengkonsumsi daun banyan, maka proses penyembuhan gondongan pun bisa lebih maksimal.

Baca Juga : 23 Obat Sakit Gigi Berlubang Tradisional Paling Ampuh

11. Simbar Menjangan

Obat Gondongan dengan Simbar Menjangan
Simbar Menjangan

Obat alami lainnya yang masih belum terlalu familiar adalah simbar menjangan. Dedaunan ini tergolong efektif untuk mengurangi pembengkakan serta menghilangkan rasa nyeri yang disebabkan oleh gondongan.

Cara menggunakan simbar menjangan sebagai obat gondongan. Siapkan beberapa lembar daun simbar menjangan dan air garam secukupnya. Kemudian campur kedua bahan tersebut hingga merata dan gunakan sebagai kompres untuk menyembuhkan gondongan. Lakukan secara rutin, agar gondongan anda bisa sembuh lebih cepat.

12. Ranting Belimbing

Obat Gondongan dengan Ranting Belimbing
Ranting Belimbing

Jika pada poin sebelumnya kita menggunakan daun belimbing sebagai obat gondongan. Kali ini tidak jauh berbeda, sebab yang akan digunakan adalah ranting belimbing. Caranya, siapkan beberapa ranting buah belimbing dan 4 siung bawang merah.

Kemudian, tumbuk halus kedua bahan tersebut dan tempelkan ke bagian tenggorokan yang bengkak. Rutin menggunakan ramuan ini, maka gondongan anda bisa sembuh lebih cepat.

13. Daun Dandelion

Obat Gondongan dengan Daun Dandelion
Daun Dandelion

Tanaman yang tumbuh liar dan masih kurang dikenal ini juga termasuk bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat gonongan. Namun kali ini bukanlah bunganya yang akan kita gunakan sebagai obat, melainkan daun dari bunga dandelion.

Caranya, sediakan beberapa lembar daun dandelion yang sudah dicuci bersih. Kemudian, masak daun dandelion ini sebagai lalapan yang bisa anda konsumsi secara rutin setiap hari. Konsumsi rutin daun dandelion akan membantu anda mempercepat penyembuhan sakit gondongan.

14. Bawang Putih

Obat Gondolan dengan Bawang Putih
Bawang Putih

Jika ada bahan dapur yang memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan.Mungkin salah satunya adalah bawang putih. Memiliki khasiat sebagai obat alami beberapa penyakit seperti sakit gigi, gusi bengkak, dan juga kolesterol. Ternyata khasiat bawang putih ini juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit gondongan.

Cara kali ini agak sedikit berbeda. Sebab anda hanya perlu menambahkan lebih banyak bawang putih ke dalam masakan anda. Dengan konsumsi bawang putih yang lebih banyak, maka kelenjar penghasil air liur akan kembali normal. Gondongan pun perlahan akan kempes dan sembuh.

15. Buah Mengkudu

Obat Gondongan dengan Buah Mengkudu
Buah Mengkudu

Bahan ini memang sudah sangat terkenal sebagai obat berbagai penyakit. Bahkan mengkudu juga telah banyak digunakan sebagai obat kapsul herbal. Selain bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti darah tinggi dan diabetes. Buah yang memiliki aroma cukup menyengat ini juga berkhasiat untuk menyembuhkan gondongan.

Caranya juga sangat mudah, cukup konsumsi buah mengkudu yang sudah matang secara rutin sebanyak 3 kali sehari. Namun jika anda tidak terlalu suka, bisa juga mengkonsumsi buah mengkudu yang sudah di jus. Rutin konsumsi buah mengkudu maka gondongan anda pun bisa pulih lebih cepat.

16. Buah Nanas

Obat Mengkudu dengan Buah Nanas
Buah Nanas

Meski memiliki rasa manis dan menyegarkan. Buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi ini lebih sering masuk ke dalam daftar buah-buahan yang pantang dikonsumsi khususnya untuk ibu-ibu yang sedang hamil muda. Namun selain ibu hamil, buah ini sebenarnya sangat aman untuk dikonsumsi bahkan juga digunakan untuk mengobati penyakit gondongan,

Caranya, siapkan beberapa buah nanas yang sudah dikupas dan dibersihkan. Kemudian, anda bisa langsung mengkonsumsinya. Namun perlu diingat, jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi buah nanas. Cukup konsumsi buah nanas 1 kali saja setiap harinya sampai sakit gondongan anda sembuh.

17. Air Garam

Obat Gondongan dengan Air Garam
Air Garam

Jika sebelumnya kita telah membahas air hangat dan es batu untuk mengobati gondongan. Kali ini air garam juga termasuk obat alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan gondongan. Meski mudah, namun cara ini tergolong sangat efektif untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan pada gondongan.

Caranya, siapkan 1 gelas air matang dan garam secukupnya. Kemudian, masukkan garam ke dalam air dan gunakan sebagai obat kumur. Cara ini merupakan salah satu bahan paling aman yang bisa digunakan oleh orang dewasa maupun juga anak-anak.

18. Minyak Zaitun

Obat Gondongan dengan Minyak Zaitun
Minyak Zaitun

Bahan alami lain yang bisa menjadi alternatif untuk mengobati penyakit gondongan adalah minyak zaitun. Bahan yang satu ini juga merupakan salah satu bahan paling aman yang bisa anda gunakan. Hal ini karena minyak zaitun tidak menyebabkan alergi apapun pada kulit.

Caranya pun sangat mudah, anda hanya perlu mengoleskan minyak zaitun ini ke bagian yang mengalami pembengkakan. Selain mengobati gondongan, kulit anda pun bisa lebih halus karena efek yang dihasilkan oleh minyak zaitun.

19. Jinten Hitam

Obat Gondongan dengan Jinten Hitam
Jinten Hitam

Tanaman yang satu ini umumnya digunakan sebagai rempah pada masakan. Namun selain itu, jinten hitam ini telah banyak sekali digunakan sebagai obat herbal berbagai penyakit yakni dalam bentuk bubuk maupun bentuk kapsul. Dengan rutin mengkonsumsi jinten hitam, maka gondongan anda pun perlahan akan kembali pulih dan sembuh.

20. Biji Klabet

Obat Gondongan dengan Biji Klabet

Selain bisa dikonsumsi secara langsung sebagai makanan yang menyehatkan. Biji klabet ini ternyata juga bisa digunakan sebagai masker untuk mengobati penyakit gondongan. Caranya, siapkan biji klabet dan biji asparagus secukupnya.

Kemudian, tumbuk halus dan beri sedikit air sampai membentuk seperti pasta. Terakhir, anda bisa menggunakan ramuan ini sebagai masker untuk mengobati gondongan. Alternatif lain yang bisa anda coba dari biji klabet adalah dengan menggunakannya sebagai obat oles ke bagian tenggorokan yang mengalami gondongan.

21. Menggunakan Blau

Obat Gondongan dengan Blau
Blau

Cara yang terakhir ini termasuk cara yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini karena blau ini memang sudah sejak lama digunakan sebagai obat gondongan. Secara medis, mungkin memang belum ditemukan alasan mengapa blau ini juga bisa digunakan untuk mengobati gondongan.

Namun percayalah, sebab serbuk biru ini memang sudah lama sekali digunakan bahkan secara turun temurun. Caranya, anda hanya perlu menyiapkan bubuk blau secukupnya dan juga sedikit air. Kemudian, campur kedua bahan ini sampai merata dan oleskan ke bagian yang terkena gondongan.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.