17 Makanan dan Minuman Pengusir Flu Alami Yang Menyehatkan
Banyak yang langsung mengkonsumsi obat saat terserang flu. Ironisnya obat yang kerap dipilih adalah antibiotik yang notabene tidak boleh sering digunakan. Padahal ada banyak cara alami yang bisa dipilih untuk mengusir influenza, salah satunya dengan mengkonsumsi menu tertentu.

Di tengah cuaca yang tak menentu, tubuh seringkali mudah terkena penyakit. Terlebih di tengah rutinitas padat dan kondisi lingkungan yang kurang sehat. Salah satu penyakit yang kerap menyerang adalah flu atau influenza. Flu jadi gampang menular saat sistem imun melemah. Jika sudah terserang flu jangan buru- buru minum obat kimiawi, karena ada pilihan obat alami yang bisa mengusir flu dengan cepat dan mudah. Cukup istirahat teratur, perbaiki nutrisi dan pola makanan, dan olahraga. Selain itu, mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu juga bisa cepat usir flu. 

1. Bawang Putih

Bawang Putih
Bawang Putih

Siapa sangka kalau bumbu dapur yang satu ini ternyata bisa mengobati flu dengan cepat. Mungkin banyak yang tak menyukai aromanya, tapi Anda bisa menyiasatinya dengan cara memarut daging bawangnya kemudian telan seperti obat. Gunakan sendok untuk memasukkan parutan bawang putih ke dalam mulut, lalu segera minum air putih. Tutup hidung saat hendak memasukkan parutan bawangnya. Karena aroma bawang yang berlebihan biasanya bikin mual.

Bawang putih mengandung antioksidan tinggi yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mampu mengusir flu dengan cepat. Zat fitokimia pada bawang putih juga mampu memerangi virus influenza yang menyerang tubuh.

2. Teh Herbal

 Teh Herbal
Teh Herbal

Minum teh hangat dikala influenza memang cukup membantu meredakan hidung yang tersumbat. Lebih baik lagi jika tehnya ditambahkan bahan- bahan herbal untuk membantu menyegarkan tubuh. Herbal juga bisa menguatkan tubuh. Anda bisa membuat teh dengan campuran kayu manis, serai, jeruk nipis, cengkeh, kapulaga, dan cengkeh. Anda bisa menambahkan sedikit madu agar rasanya tidak terlalu pahit. Sereh yang digunakan sebaiknya digeprek sedangkan kayu manisnya cukup gunakan yang batangan.

3. Minuman Jahe

Minuman Jahe
Minuman Jahe

Jahe bisa menghangatkan dan membuat badan jadi segar. Minum air jahe hangat juga bisa bantu redakan hidung tersumbat. Kesegaran yang dirasakan setelah minum air jahe tak hanya pada tubuh tapi hingga ke kepala. Kehangatan yang mengalir dalam kerongkongan juga dapat mengencerkan lendir yang menjadi penyebab hidung tersumbat. 

4. Air Garam

Air Garam
Air Garam

Mineral yang terkandung dalam garam tak hanya membantu menyehatkan tulang dan gigi. Air garam juga bisa mengusir virus penyebab flu. Anda juga bisa terapi menggunakan air garam hangat. Caranya dengan menyemprotkan air garam ke lubang hidung untuk membantu mengeluarkan lendir.

5. Sup Hangat

 Sup Hangat
Sup Hangat

Menikmati sup hangat saat terserang flu bisa memulihkan tenaga. Efek yang ditimbulkan pun banyak, tubuh dan otak jadi segar, serta mampu meredakan hidung tersumbat. Anda bisa menambahkan daging ayam dan tulang ayam ke dalam sup agar lebih nikmat. Daging tanpa lemak dan tulang- tulang ayam mampu menjadi asupan energi dan mineral yang baik untuk tubuh.

6. Daging Bakar Tanpa Lemak

Daging Bakar Tanpa Lemak
Daging Bakar Tanpa Lemak

Selain untuk mengupgrade energi tubuh, mengkonsumsi daging tanpa lemak pun dapat menjadi asupan protein. Protein ini mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh. 

7. Blueberry

Blueberry
Blueberry

Tak hanya kaya akan antioksidan, buah berwarna gelap ini juga mengandung aspirin yang mampu meredakan sakit kepala. Aspirin juga mampu melegakan pernafasan, meredakan nyeri otot, dan mencegah demam. Blueberry, salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan mampu mengusir flu dengan cepat. 

8. Pisang

Pisang
Pisang

Saat terserang flu, seseorang seringkali merasa mual dan lemas. Hingga makan pun jadi malas. Padahal diperlukan tenaga ekstra untuk tetap melanjutkan aktivitas. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengkonsumsi buah pisang yang bisa membantu memulihkan tenaga dengan cepat. Kandungan mineral pada pisang bisa mencegah badan lemas. Pisang juga mengandung vitamin B6 yang mampu mengusir virus influenza.

9. Jeruk

Jeruk
Jeruk

Jeruk menjadi salah satu buah yang sering digunakan sebagai bahan pembuatan suplemen imunitas. Selain karena kandungan vitamin C yang tinggi, buah ini juga aromanya segar. Semua nutrisi yang ada pada jeruk dapat memperbaiki daya tahan tubuh.

10. Cabai

Cabai
Cabai

Cabai dikenal sebagai makanan yang paling ampuh untuk mengusir flu. Saat kepedasan biasanya orang akan mengeluarkan keringat. Kondisi ini juga dapat membantu mengeluarkan lendir yang terjebak dalam kerongkongan. Kandungan vitamin C yang tinggi pada cabai juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga: 27 Manfaat Cabai Rawit Bagi Kesehatan Tubuh

11. Peppermint

Peppermint
Peppermint

Mengemut permen mint saat terserang flu dapat melegakan pernafasan dan tenggorokan. Selain itu, mint dapat mengurangi perut kembung yang biasanya disebabkan karena masuk angin.

12. Teh Lemon

 Teh Lemon
Teh Lemon

Untuk membuat teh lemon, Anda cukup menambahkan perasan lemon dalam air teh yang sudah diseduh. Kandungan vitamin C pada lemon juga dapat memulihkan daya tahan tubuh. 

13. Daun Sambiloto

Daun Sambiloto
Daun Sambiloto

Tanaman sambiloto biasanya tumbuh liar di daerah pemukiman maupun persawahan. Anda bisa meraciknya jadi minuman untuk dijadikan obat flu alami.

14. Buah Pepaya

Buah Pepaya
Salad Pepaya

Kandungan vitamin C pada pepaya juga mampu menjadi imun. Betakaroten pada pepaya juga dapat mengusir flu serta mencegah radang tenggorokan.

15. Sirup Eldeberry

Sirup Eldeberry
Sirup Eldeberry

Buah elderberry mirip seperti anggur namun memiliki bentuk yang lebih kecil dan berwarna lebih gelap. Buah ini sering dibuat jadi sirup dan Anda bisa mengkonsumsinya untuk mengusir flu. Zat berupa asam viburanik pada buah ini dapat mencegah infeksi dan mengurangi demam serta bersifat antivirus.

16. Jus Sayuran

Jus Sayuran
Jus Sayuran

Vitamin dan mineral pada sayur dapat membantu meredakan influenza. Dibuat jadi jus agar nutrisi pada sayurnya dapat dicerna cepat dan terserap sempurna pada pencernaan.

17. Madu

Madu
Madu

Madu mengandung antioksidan tinggi serta bersifat antiracun yang mampu memerangi virus, jamur, dan bakteri pada tubuh.

Mengkonsumsi obat herbal ataupun menu di atas untuk mengusir flu tentu tak secepat penggunaan obat. Namun dengan cara alami, kondisi tubuh akan jadi lebih baik setelah flunya hilang. Karena pada dasarnya flu timbul akibat serangan virus, maka virusnya yang harus dilumpuhkan. Mengembalikan energi tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh bisa menghentikan serangan virus ini. 

Loading...

Baca Juga