19 Obat Anyang Anyangan Alami dan Paling Manjur
Anyang-anyangan adalah sebuah kondisi di mana seseorang mengalami gangguan buang air kecil yang diakibatkan oleh sedikitnya air urin dari kantung kemih. Anyang-anyangan ini memang tidak terlalu berbahaya. Namun jangan juga dibiarkan secara berlarut-larut. Untuk anda yang saat ini mengalami anyang-anyangan. Berikut ini ada beberapa obat alami yang bisa anda coba di rumah.

Kata.co.id - Anyang-anyangan adalah sebuah kondisi di mana seseorang mengalami gangguan saat buang air kecil yang diakibatkan oleh sedikitnya volume urin dari kantung kemih. Kondisi ini tentu sangat menyiksa, sebab anyang-anyangan ini akan membuat seseorang menjadi sangat tidak nyaman.

Selain itu, anyang-anyangan juga membuat perut bagian bawah menjadi sakit dan nyeri. Penyakit ini biasanya di alami oleh pria dan juga wanita. Meski pada umumnya penyakit ini memang lebih sering di alami oleh wanita.

Ada banyak penyebab mengapa seseorang bisa mengalami anyang-anyangan. Di antaranya seperti kurang minum air putih, pembesaran prostat, dan kebiasaan menahan air kencing. Anyang-anyangan ini memang tidak terlalu berbahaya.

Namun jangan sampai dibiarkan berlarut-larut. Nah, buat anda yang mungkin saat ini sedang mengalami anyang-anyangan. Berikut ini kami akan bagikan 19 obat anyang-anyangan alami dan paling manjur.

1. Jus Buah Cranberry

Obat Anyang Anyangan dengan Buah Cranberry
Buah Cranberry

Buah berwarna merah ini mungkin memang jarang kita temui. Namun jika di daerah anda banyak yang menjual buah cranberry ini. Mungkin tak ada salahnya jika anda membelinya dan menggunakannya sebagai obat anyang-anyangan.

Buah ini memang tergolong manjur untuk sakit anyang-anyangan. Hal ini karena buah cranberry memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga sangat bagus untuk digunakan. Namun yang harus diingat, jus cranberry ini tidak efektif jika digunakan oleh pria dan hanya cocok jika dikonsumsi oleh wanita.

2. Daun Kumis Kucing

Obat Anyang Anyangan dengan Daun Kumis Kucing
Daun Kumis Kucing

Bahan alami yang cocok untuk wanita dan pria adalah daun kumis kucing. Tanaman berbunga mirip seperti kumis kucing ini memang sudah sejak dulu dipercaya sebagai obat alami untuk mengobati anyang-anyangan.

Caranya, siapkan daun kumis kucing kering, gula merah, dan air panas secukupnya. Kemudian, seduh daun kumis kucing ini dengan air panas dan beri sedikit gula merah ke dalamnya. Dengan rutin minum air rebusan daun kumis kucing ini. Maka rasa nyeri anyang-anyangan akan semakin berkurang.

3. Baking Soda

Obat Anyang Anyangan dengan Baking Soda
Baking Soda

Umumnya baking soda ini digunakan sebagai bahan pengembang pada kue. Namun selain itu, baking soda ini sebenarnya juga bisa digunakan untuk hal lain. Salah satunya adalah untuk mengobati anyang-anyangan.

Caranya, siapkan ½ sendok teh baking soda dan ½ gelas air hangat. Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut sampai merata. Terakhir, anda bisa meminumnya secara rutin 1 kali setiap hari.

4. Minum Buah Jeruk Nipis dan Gula Pasir

Obat Anyang Anyangan dengan Jeruk Nipis
Jeruk Nipis

Bahan alami lainnya yang bisa anda coba untuk mengobati anyang-anyangan adalah kombinasi antara buah jeruk nipis dan gula pasir. Caranya juga sangat mudah, cukup peras air jeruk nipis ke dalam gelas yang sudah berisi air hangat. Kemudian, beri sedikit gula pasir ke dalamnya. Terakhir, aduk-aduk dan minum sampai habis.

5. Buah Sirsak            

Obat Anyang Anyangan dengan Daun Sirsak
Daun Sirsak                  

Dibalik rasanya yang manis dan sedikit kecut, buah sirsak ini ternyata menyimpan banyak sekali khasiat di dalamnya. Di antaranya adalah untuk mengobati berbagai penyakit seperti kanker, sakit pinggang, dan tak ketinggalan untuk mengobati anyang-anyangan.

Cara membuat ramuan buah sirsak untuk anyang-anyangan. Sediakan buah sirsak matang yang sudah dikupas kulitnya, gula pasir, dan air bersih secukupnya. Kemudian, rebus buah sisak ini dengan air sampai mendidih dan jangan lupa untuk menambahkan gula pasir ke dalamnya.

Jika sudah cukup hangat, anda bisa langsung meminumnya untuk mengobati anyang-anyangan. Dengan rutin minum rebusan buah sirsak maka anyang-anyangan yang sedang anda alami akan berangsur-angsur hilang dan sembuh.

6. Jahe

Obat Anyang Anyangan dengan Jahe
Jahe

Tanaman beraroma khas ini juga merupakan salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat anyang-anyangan. Hal ini karena jahe memiliki kandungan anti bakteri yang pastinya sangat efektif untuk menyembuhkan anyang-anyangan.

Selain itu, jahe ini juga bisa digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan lain seperti masuk angin. Cara membuat ramuan jahe untuk anyangan-anyangan. Sediakan 2 potong jahe yang sudah dibakar. Kemudian, tumbuk kasar dan rebus dengan air sampai mendidih. Terakhir, anda bisa langsung meminumnya selagi hangat.

7. Lidah Buaya

Obat Anyang Anyangan dengan Lidah Buaya
Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya memang terkenal sebagai obat herbal yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Namun selain itu, lidah buaya ini juga cukup ampuh untuk digunakan sebagai obat anyang-anyangan.

Caranya, cukup sediakan 1 batang lidah buaya yang sudah dibelah dan dicuci bersih. Kemudian, kupas bagian kulitnya dan ambil gel nya. Setelah itu, haluskan lidah buaya dengan menggunakan blender. Minum secara rutin jus lidah buaya ini sebanyak 2 kali sehari agar anyang-anyangan bisa segera sembuh.

8. Cuka Apel

Obat Anyang Anyangan dengan Cuka Apel
Cuka Apel

Bahan alami lain yang bisa menyembuhkan anyang-anyangan adalah cuka apel. Selain bisa digunakan sebagai obat kutil dan sakit tenggorokan. Cuka apel ini ternyata juga manjur untuk digunakan sebagai obat anyang-anyangan alami.

Caranya, sediakan 2 sendok makan madu asli dan 1 sendok makan cuka apel. Kemudian, campurkan keduanya sampai merata dan minum secara rutin sebanyak 3 kali sehari.

9. Kunyit

Obat Anyang Anyangan dengan Kunyit
Kunyit

Jika biasanya kunyit digunakan sebagai bumbu pada masakan. Namun ternyata, kunyit ini juga cukup ampuh untuk mengobati penyakit anyang-anyangan. Selain itu, kunyit ini juga bermanfaat untuk mengobati penyakit lainnya seperti sakit maag.

Cara menggunakan kunyit sebagai obat anyang-anyangan. Siapkan 1 potong kunyit yang sudah dicuci bersih dan 4 gelas air. Kemudian, rebus kunyit dengan air sampai mendidih dan hanya tersisa setengahnya saja. Setelah itu, anda bisa meminumnya secara rutin setiap hari.

Baca Juga : 21 Obat Bisul Alami Paling Ampuh dan Cepat Sembuh

10. Madu

Obat Anyang Anyangan dengan Madu
Madu

Cairan manis yang dihasilkan oleh lebah ini juga termasuk produk alam yang bisa menyembuhkan penyakit anyang-anyangan. Hal ini karena, madu memiliki kandungan antibiotik yang dapat mengurangi peradangan dengan lebih cepat.

Caranya sangat mudah, anda hanya cukup menyiapkan 2 sendok makan madu asli dan 1 gelas air matang. Kemudian, masukkan madu ke dalam air dan aduk-aduk hingga merata. Minum ramuan madu ini secara rutin setiap hari sampai anyang-anyangan anda sembuh.

11. Minyak Pohon Teh

Obat Anyang Anyangan dengan Minyak Pohon Teh
Minyak Pohon Teh

Jika biasanya kita menggunakan daunnya sebagai minuman. Kali ini anda bisa mencobanya untuk mengobati anyang-anyangan. Minyak pohon teh ini tergolong efektif untuk sakit anyang-anyangan. Ini karena minyak pohon teh mengandung anti bakteri sehingga sangat efektif untuk digunakan.

Caranya, siapkan minyak pohon teh secukupnya. Kemudian, teteskan minyak pohon teh ini sebanyak 10 kali ke dalam bak mandi anda yang sudah berisi air hangat. Setelah itu, anda bisa menggunakannya untuk berendam. Lakukan selama 10 menit setiap harinya sampai anyang-anyangan anda sembuh seperti sediakala.

12. Nanas

Obat Anyang Anyangan dengan Buah Nanas
Buah Nanas

Cara lain dan paling enak untuk anda coba adalah dengan menggunakan buah nanas. Buah berwarna kuning langsat ini memiliki sifat anti inflamasi sehingga sangat bagus untuk digunakan mengobati anyang-anyangan. Caranya juga sangat mudah, cukup konsumsi buah nanas segar secara rutin setiap hari sampai sakit anyang-anyangan yang anda alami berkurang dan pulih kembali.

13. Air Hangat

Obat Anyang Anyangan dengan Air Hangat
Air Hangat

Obat alami dan aman lainnya adalah dengan menggunakan air hangat. Caranya, siapkan air hangat dan kain bersih. Kemudian, tempelkan ke bagian perut bawah selama beberapa menit. Lakukan cara ini secara rutin sampai rasa sakit anyang-anyangan anda hilang dan sembuh kembali.

14. Tanaman Alang Alang

Obat Anyang Anyangan dengan Tanaman Alang Alang
Tanaman Alang Alang

Tanaman yang tumbuh di semak-semak dan juga di sawah-sawah tak terpakai ini juga sering sekali terabaikan. Padahal tanaman alang-alang ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Dan salah satunya juga bisa digunakan sebagai obat anyang-anyangan.

Caranya, siapkan tanaman alang-alang secukupnya, kulit semangka, dan rambut jagung. Kemudian rebus ketiga bahan tersebut sampai mendidih dan saring. Dengan rutin minum ramuan alang-alang ini maka air seni anda akan kembali lancar.

15. Daun Semanggi

Obat Anyang Anyangan dengan Daun Semanggi
Daun Semanggi

Tanaman liar lain yang juga berkhasiat untuk mengobati sakit anyang-anyangan adalah daun semanggi. Ini karena daun semangi memiliki beberapa kandungan bermanfaat seperti saponin, minyak atsiri, dan zat samak yang sangat efektif untuk menyembuhkan anyang-anyangan.

16. Daun Keji Beling

Obat Anyang Anyangan dengan Daun Keji Beling
Daun Keji Beling

Daun-daunan lain yang juga bisa digunakan sebagai obat anyang-anyangan adalah daun keji beling. Daun keji beling ini juga tumbuh liar, padahal sebenarnya daun ini memiliki banyak sekali khasiat dan salah satunya untuk menyembuhkan sakit pada saluran kemih.

Cara menggunakan daun keji beling sebagai obat anyang-anyangan. Siapkan beberapa lembar daun keji beling dan belimbing. Kemudian, rebus dengan air bersih sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Minumlah air rebusan daun keji beling ini secara rutin agar sakit anyang-anyangan anda bisa segera sembuh.

17. Kulit Semangka

Obat Anyang Anyangan dengan Buah Semangka
Buah Semangka

Siapa yang menyangka jika kulit semangka juga bisa dimanfaatkan sebagai obat kesehatan. Jika biasanya anda makan semangka dan membuang bagian putihnya. Mungkin jangan lagi, karena bagian kulitnya ini juga merupakan obat alami untuk menyembuhkan anyang-anyangan.

Cara menggunakannya. Siapkan kulit semangka yang sudah dibersihkan. Kemudian, parut dan peras airnya sampai habis. Setelah itu, minum perasan kulit semangka secara rutin sampai anyang-anyangan anda sembuh.

18. Gemerincik Air Keran

Obat Anyang Anyangan dengan Gemerincik Air Keran
Gemerincik Air Keran

Cara sederhana dan sangat mudah untuk anda coba mengobati anyang-anyangan adalah dengan mendengarkan gemerincik air keran. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu masuk ke kamar mandi dan menyalakan air keran. Gemerincik air keran inilah yang nanti akan merangsang anda untuk kencing seperti biasanya.

19. Ikat Jempol Kaki

Obat Anyang Anyangan dengan Ikat Jempol Kaki
Ikat Jempol Kaki

Cara terakhir, yang bisa anda coba adalah dengan mengikat jempol kaki. Meski terdengar aneh, namun ternyata cara ini juga cukup efektif untuk menghilangkan anyang-anyangan. Caranya, ikat jempol kaki anda dengan menggunakan karet dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu, lepas dan anda akan langsung merasakan sensasinya. 

Loading...

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.