31 Cara Yang Ampuh Untuk Menurunkan Panas anak
Daya tahan tubuh anak memang tak sekuat daya tahan tubuh orang dewasa,karena itu anak-anak lebih rentan terserang virus dan bakteri yang menyebabkan berbagai penyakit,diantaranya menyebabkan panas atau demam pada anak.

Menurunkan panas anak.Panas atau demam pada anak memang membuat para orang tua,khususnya ibu merasa sangat khawatir,terutama bila panas anak menyebabkan anak menjadi rewel dan tidak ceria.

Anak-anak memiliki daya tahan tubuh yang tidak sekuat orang dewasa,hal tersebut menyebabkan anak-anak mudah terserang bakteri atau virus yang menjadi penyebab panas pada anak.

Panas atau demam pada anak memang harus segera ditangani,bila demam terus-terusan berlanjut dan menyebabkan anak sangat rewel,namun jika demam pada anak tergolong demam atau panas biasa,orang tua tak perlu merasa cemas,karena banyak cara untuk menurunkan panas pada anak.

Inilah beberapa cara untuk menurunkan panas anak,berikut ulasannya.

1.Mengompres Anak dengan Air Hangat

menurunkan panas anak
Mengompres anak dengan menggunakan air hangat

Cara ini memang sudah lama diterapkan oleh para orang tua jaman dulu,karena air hangat dapat membuka pori-pori,sehingga panas tubuh akan keluar melalui pori-pori tersebut.

2.Menidurkan anak agar istirahat

menurunkan panas anak
Menidurkan anak (istirahat)

Saat anak mengalami panas atau demam,anak akan cepat merasa lelah dan kehilangan banyak cairan tubuh atau dehidrasi,untuk itu buatlah anak istirahat untuk mengembalikan kebugaran tubuhnya.

3.Gunakan Air Hangat Bila Mandi

menurunkan panas anak
Memandikan anak dengan air hangat

Gunakanlah air hangat ketika anak mandi,karena air hangat bisa mempercepat terjadinya evaporasi karena adanya pelebaran pembuluh darah,sehingga pori-pori akan terbuka.

4.Memberi Bawang Putih Geprek

menurunkan panas anak
Memberi bawang putih geprek

Semua orang pasti tahu dengan bumbu masak yang satu ini,selain dapat menyedapkan aroma masakan,bawang putih juga bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit,salah satunya,dapat menurunkan demam atau panas pada anak,karena bawang putih mengandung antibakteri dan antiviral yang berfungsi untuk melawan virus dan bakteri penyebab demam.

Untuk mengobati panas anak dengan memakai bawang putih,cukup siapkan 2 siung bawang putih.lalu geprek dan berikan langsung pada anak untuk dikonsumsi.

5.Memberikan Madu

menurunkan panas anak
Memberikan madu

Saat anak panas demam,berikanlah madu untuk menurunkan panas anak,karena madu mengandung vitamin C yang di butuhkan tubuh.madu dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak.

6.Melakukan Terapi Spons

menurunkan panas anak
Melakukan terapi spons

Cara menurunkan panas anak berikutnya adalah dengan melakukan terapi spons,terapi spons dipercaya dapat menurunkan suhu tubuh yang panas,caranya dengan merendam spons di dalam air dingin,lalu spons tersebut di taruh di atas tubuh yang panas.

7.Membalurkan Bawang Merah

menurunkan panas anak
Memabalurkan bawang merah

Cara menurunkan panas pada anak dengan membalurkan bawang merah ke tubuhnya memang sudah populer sejak dulu,bawang merah dipercaya dapat menurunkan panas anak karena bawang merah memiliki sifat yang dapat melebarkan pembuluh darah.

8.Memberikan Ramuan Temulawak

menurunkan panas anak
Memberikan ramuan temulawak

Temulawak memang terkenal dengan khasiatnya,yaitu dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti diare,sakit kuning,perut kembung.maag dan bisa menurunkan panas demam,karena temulawak mengandung beberapa zat aktif yang merupakan antibakteri dan antiradang.

Caranya:

  • Sediakan 10 gram temulawak yang sudah dicuci bersih
  • Tumbuk atau parud temulawak hingga halus
  • Masukkan temulawak kedalam setengah gelas air
  • Aduk secara merata
  • Setelah dingin,peras dan ambil sarinya
  • Campurkan 3 sendok madu
  • Lalu ramuan siap di konsumsi

9.Membalurkan Putih Telur

menurunkan panas anak
Membalurkan putih telur

Sebagian orang percaya bahwa putih telur dapat menurunkan panas pada anak,caranya dengan membalurkan putih telur ayam kampung ke keki,dahi dan tangan anak.

10.Memberikan Air Kelapa Muda

menurunkan panas anak
Memberikan air kelapa muda

Air kelapa muda juga dipercaya dapat menurunkan panas anak,karena kelapa mengandung banyak mineral alami yang baik bagi tubuh,air kelapa juga mengandung antibakteri,antivirus,dan anti jamur.

11.Memberikan Ramuan Pegagan

menurunkan panas anak
Memberikan ramuan daun pegagan

Daun pegagan juga dikenal dengan khasiatnya yang dapat mengobati bererapa penyakit,salah satunya dapat menurunkan panas pada anak,karena daun pegagan mengandung senyawa yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Caranya:

  • Sediakan 1 genggam daun pegagan
  • Air sebanyak 2 gelas
  • Rebus daun pegagan hingga mendidih dan air tersisa 1 gelas
  • 1 gelas untuk 3 kali minum.

12.Menambah Asupan Vitamin C

menurunkan panas anak
Memberi asupan Vitamin C

Saat anak demam,ibu harus memperhatikan asupan vitamin C pada anak,karena Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh anak.

13.Memberikan Teh Herbal

menurunkan panas anak
Memberikan teh herbal

Untuk menurunkan panas anak selanjutnya adalah dengan memberikan teh herbal,teh herbal berfungsi untuk mempercepat keluarnya keringat,sehingga suhu tubuh akan menurun.Teh yang dapat diberikan pada anak adalah eldelflower dan teh pappermint.

14.Memberikan Obat Ibuprofen

menurunkan panas anak
Memberiakan obat ibuprofen

Saat anak panas,berikanlah obat ibuprofen yang berdasarkan resep dokter,ibuprofen adalah obat yang termasuk kedalam jenis obat antiimflamasi non-steroid,obat ini digunakan untuk peradangan,nyeri,dan demam.

Jika anak alergi pada aspirin,disarankan jangan memberikan obat ibuprofen.

15.Melakukan Terapi Dekapan Bunda

menurunkan panas anak
Melakukan terpi dekapan bunda

Cara menurunkan panas anak selanjutnya adalah dengan melakukan terapi dekapan bunda,jika anak mulai demam,dekap dan peluklah,karena sentuhan kulit ibu pada kulit anak ampuh mengembalikan kesehatan anak.

16.Memberikan Teh Jahe

menurunkan panas anak
Memberikan teh jahe

Teh jahe juga dapat digunakan untuk menurunkan panas pada anak,karena jahe mengandung zat yang berfungsi untuk melancarkan metabolisme didalam tubuh,hingga dapat mempercepat keluarnya keringat,dan menurunkan suhu tubuh anak.

17.Seringlah Mengganti Pakaian Anak

menurunkan panas anak
Seringlah mengganti pakaian anak

Ketika anak demam,maka tubuh anak akan sering mengeluarkan keringat yang lebih banyak,dan keringat tersebut akan membasahi pakaiannya,maka dari itu,ibu harus sering mengganti pakaian anak,karena pakaian yang basah akan menyebabkan masuk angin dan memperparah kondisi.

18.Tidak Memakaikan Selimut Pada Anak

menurunkan panas anak
Tidak memakaikan selimut

Saat anak demam jangan sekali-kali memakaikan selimut,atau pun jaket,karena bila suhu di sekitar meningkat maka suhu tubuh anakpun akan meningkat,dan suhu tubuh yang terus meningkat dapat menyebabkan anak kejang.

19.Mengontrol Suhu Tubuh Anak

menurunkan panas anak
Mengontrol suhu tubuh anak

Saat anak mulai demam,ibu harus selalu memperhatikan dan mengontrol suhu tubuh anak,bila suhu tubuh anak berubah-ubah,maka segeralah bawa kedokter,karena ditakutkan dapat menyebabkan penyakit berbahaya.

20.Meletakan Anak Diruangan yang Nyaman

menurunkan panas anak
Membawa anak ke ruangan yang nyaman

Ketika anak mulai demam,bawalah anak ke ruangan yang nyaman,dan dengan sirkulasi udara yang baik,bila anak merasa nyaman,maka suhu tubuhnya pun akan segera turun.

21.Memberi Obat Paracetamol

menurunkan panas anak
Memberikan paracetamol

Obat paracetamol adalah obat yang disarankan oleh dokter untuk menurunkan panas demam pada anak.

22.Memberi Obat Aspirin

menurunkan panas anak
Memberi Obat aspirin

Obat aspirin juga merupakan obat untuk menurunkan panas pada,namun bagi anak yang panas karena inveksi virus,sangat tidak disarankan,karena dapat mengganggu organ lainnya,seperti hati dan otak,penggunaan obat ini harus sesuai anjuran dokter.

23.Memberi Obat Naproxen

menurunkan panas anak
Memberi obat naproxen

Obat ini juga obat penurun panas,namun dosisnya harus sesuai anjuran dokter,obat ini dapat diberikan pada anak yang mengalami panas demam karena peradangan sendi.

24.Banyak Memberikan Air Putih

menurunkan panas anak
Sering memberikan air putih

Ketika demam,anak akan banyak sekali kehilangan cairan atau dehidrasi,maka dari itu,ibu harus usahakan anak untuk minum air putih sebanyak 8 gelas sehari,karena air putih dapat mengganti cairan tubuh yang hilang.

25.Memberikan Jus Buah

menurunkan panas anak
Memberikan jus buah

Buah mengandung zat yang baik untuk tubuh,seperti buah nanas yang mengandung antiimflamasi yang dipercaya dapat menurunkan panas pada anak yang disebabkan karena peradangan.

26.Memberi Ramuan Kunyit

menurunkan panas anak
Memberikan ramuan kunyit

Kunyit memang banyak digunakan sebagai campuran obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit,salah satunya dapat menurunkan panas anak yang disebabkan peradangan,karena kunyit mengandung zat antiimflamasi.

Caranya:

  • Siapakan 10 gram kunyit
  • Tumbuk hingga halus
  • Peras airnya
  • Tambahkan madu dan perasan jeruk nipis

27.Memberi Ramuan Sambiloto

menurunkan panas anak
Rmuan sambiloto

Daun sambiloto juga bermanfaat untuk menurunkan panas anak,karena mengandung antiimflami.

Caranya:

  • Sediakan daun sambiloto sesuai kebutuhan
  • Jahe geprek
  • Rebus kedua bahan,hingga air tinggal setengahnya
  • Setelah dingin,tambahkanlah madu.

28.Membalurkan Minyak Zaitun dan Bawang Putih

menurunkan panas anak
Minyak zaitun

Cara menurunkan panas anak berikutnya adalah dengan ramuan yang terbuat dari bawang putih dan minyak zaitun.

Caranya:

  • Sediakan beberapa siung bawang putih dan minyak zaitun
  • Tumbuk bawang hingga halus
  • Tambahkan beberapa tetes minyak zaitun secukupnya
  • Aduk hingga rata
  • Lalu balurkan pada bagian tangan dan kaki anak.

29.Memberikan Ramuan Lempuyang Emprit

menurunkan panas anak
Lempuyang emprit

Walaupun rasanya pahit,namun lempuyang ini dipercaya dapat menurunkan panas pada anak,karena kandungan sekuiterpenketon yang berfungsi sebagai penurun demam alami.

30.Menggosokkan Air Hangat Pada Badan Anak

menurunkan panas anak
Air hangat

Cara lainnya untuk menurunkan panas anak adalah dengan mengggosok-gosokkan air hangat pada tubuh anak,gunakanlah air yang bersuhu 33 derajat celcius.

31.Air Seledri

menurunkan panas anak
Seledri

Diantara banyaknya manfaat seledri,ternyata juga bermanfaat untuk menurunkan panas anak.

Caranya:

  • Sediakan seledri sesuai kebutuhan
  • Masukan seledri pada setengah liter air mendidih
  • Setelah dingin,saring airnya
  • Tambahkan madu,lalu minumkan pada anak.

Demikianlah beberapa cara menurunkan panas pada anak,segera larikan kedokter bila anak anda terus menerus demam,untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.