18 Cara Mengobati Mata Minus yang Paling Ampuh
Mata minus bukanlah hal yang mustahil untuk disembuhkan. Apalagi sekarang ini, ada banyak cara untuk mengobati mata minus. Simak 18 cara mengobati mata minus yang terbukti ampuh berikut ini.

Mata minus atau yang biasanya disebut rabun jauh merupakan gangguan pada mata yang tidak bisa melihat objek jauh dengan baik. Jika kamu termasuk salah satu penderita mata minus, maka jangan terlalu khawatir. Ada banyak cara untuk mengobati mata minus. Simak 18 cara mengobati mata minus berikut ini.

1. Konsumsi makanan yang bagus untuk kesehatan mata

18 Cara Mengobati Mata Minus yang Paling Ampuh
Konsumsi makanan yang bagus untuk kesehatan mata

Mata membutuhkan berbagai nutrisi agar bisa berfungsi dengan baik, seperti vitamin A, B-carotene, vitamin E, zinc, dan masih banyak lagi. Karena itulah, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan yang bagus untuk kesehatan matamu secara rutin. Misalnya saja wortel, ikan salmon, alpukat, kol, bayam, telur, tomat, dan lain sebagainya. 

2. Lepas kacamata jika tidak diperlukan

18 Cara Mengobati Mata Minus yang Paling Ampuh
Lepas kacamata jika tidak diperlukan

Saat menggunakan kacamata, tanpa sadar matamu akan 'ketergantungan'. Artinya, matamu akan terbiasa fokus pada pusat lensa (bagian tengah kacamata). Hal ini hanya akan menyebabkan otot mata menjadi kaku karena bola matamu jadi jarang bergerak ke arah lain. 

Berbeda dengan jika kamu melepas kacamata. Kamu pasti akan lebih banyak menggerakan bola mata untuk melihat ke arah sekitarmu. Hal ini akan bagus untuk mengurangi ketergantungan pada kacamata.

3. Sering-sering mengganti objek pandanganmu

18 Cara Mengobati Mata Minus yang Paling Ampuh
Sering-sering mengganti objek pandanganmu

Jangan terlalu sering menatap sebuah objek dalam jangka waktu lama. Hal ini hanya akan membuat otot matamu menjadi kaku. Sering-seringlah mengganti objek yang kamu lihat. Misalnya kamu sering berada di depan komputer untuk bekerja.

Nah, setelah beberapa jam melihat komputer, ada baiknya kamu luangkan waktu untuk beristirahat dan lihat objek lain yang jaraknya cukup jauh. Seperti jendela, pintu, foto lukisan, dan lain sebagainya. Lihat selama beberapa menit, baru kembali bekerja.

4. Sering-seringlah menatap objek berwarna hijau

18 Cara Mengobati Mata Minus yang Paling Ampuh
Sering-seringlah menatap objek berwarna hijau

Objek berwarna hijau dipercaya memberikan efek positif bagi kesehatan mata. Karena itulah, ada baiknya bila kamu sering-sering melihat tanaman, pepohonan, ataupun objek lain yang berwarna hijau. 

5. Latih mata dengan menatap benda yang bergerak

18 Cara Mengobati Mata Minus yang Paling Ampuh
Latih mata dengan menatap benda yang bergerak

Kamu bisa melatih mata minusmu dengan cara memperhatikan objek yang bergerak. Seperti melihat kendaraan yang melintas di jalan raya. Atau cara lainnya, kamu juga bisa menggunakan bola ping pong dan seutas benang.

Lilitkan benang pada bola ping pong tersebut. Lalu ayunkan bola ping pong tersebut dengan jarak yang agak jauh dari matamu. Perhatikan ayunan bola tersebut selama beberapa saat.

6. Istirahatkan mata selama 15 menit setiap jamnya

18 Cara Mengobati Mata Minus yang Paling Ampuh
Istirahatkan mata sekitar 15 menit setiap jamnya

Jika kamu termasuk orang yang sering bekerja di depan komputer, maka biasakan untuk mengistirahatkan matamu mulai dari sekarang. Tak butuh waktu lama kok, cukup istirahat dan pandang objek jauh sekitar 15 menit setiap jamnya. Ini akan membuat matamu menjadi rileks, sekaligus mencegah minusmu bertambah.

7. Lakukan terapi daun sirih

18 Cara Mengobati Mata Minus yang Paling Ampuh
Lakukan terapi daun sirih

Daun sirih dikenal memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah daun sirih dapat membuang kotoran, mengobati iritasi, serta menghilangkan kuman dan jamur pada mata. Cara melakukan terapi daun sirih ini cukup gampang.

Kamu hanya perlu menyediakan dua lembar daun sirih. Lalu cici bersih dan tempelkan pada kelopak matamu sebelum tidur. Ketika bangun di pagi hari, lepaslah daun sirih tersebut dan cuci wajahmu hingga bersih.

8. Lakukan terapi lilin

https://www.kata.co.id/Kecantikan/Mengatasi-Rambut-Bercabang/757
Lakukan terapi lilin

Selain terapi daun sirih, sebaiknya kamu juga mencoba melakukan terapi lilin. Terapi yang satu ini membantumu mengeluarkan kotoran yang ada pada mata. Nyalakan sebatang lilin. 

Lalu tataplah lilin tersebut selama beberapa saat dan usahakan jangan berkedip. Ini akan membuat matamu mengeluarkan banyak kotoran lewat air mata. Lakukan secara rutin kira-kira empat kali dalam seminggu.

9. Lakukan senam mata

18 Cara Mengobati Mata Minus yang Paling Ampuh
Lakukan senam mata

Salah satu cara mengurangi mata minus yang paling populer adalah dengan melakukan senam mata. Hal ini bertujuan untuk melatih kelenturan otot mata. Caranya: 

  • Pandangan lurus ke depan
  • Gerakkan bola mata ke arah atas dan pertahankan selama 10 detik
  • Gerakkan bola mata kembali ke arah tengah dan pertahankan selama 10 detik
  • Lakukan poin kedua dan ketiga untuk arah bawah, kanan, dan juga kiri.
  • Lakukan secara rutin setiap pagi dan sore hari.

10. Istirahatkan matamu dengan teknik eye palming

18 Cara Mengobati Mata Minus yang Paling Ampuh
Istirahatkan matamu dengan teknik eye palming

Teknik eye palming ini biasanya dilakukan setelah senam mata. Kamu hanya perlu menggunakan kedua tanganmu saja. Caranya gosok kedua tanganmu hingga terasa sedikit panas. Lalu pejamkan mata dan tutupi mata dengan kedua tanganmu. Lakukan hal ini berulang kali hingga matamu terasa rileks.

Baca Juga: 15 Cara Mengatasi Rambut Bercabang

11. Kompres dengan air hangat

18 Cara Mengobati Mata Minus yang Paling Ampuh
Kompres dengan air hangat

Walaupun kompres dengan air hangat  terkesan sederhana, cara ini dapat membuat matamu menjadi rileks. Caranya siapkan sebuah handuk kecil yang bersih. Rendam handuk tersebut dengan air hangat lalu berbaringlah. Tempelkan handuk pada kelopak matamu. Lakukan hal ini berulang kali sampai rasa capek di matamu hilang.

12. Olahraga

18 Cara Mengobati Mata Minus yang Paling Ampuh
Olahraga

Aktivitas fisik yang satu ini dapat memperlancar peredaran darahmu, sehingga membantu menyalurkan nutrisi ke seluruh tubuh. Namun jika kamu menderita mata minus yang cukup tinggi, ada baiknya kamu tidak melakukan olahraga yang terlalu berat. Seperti olahraga angkat beban.

Jenis olahraga ini hanya akan membebani bagian matamu. Karena itulah, lebih baik kamu memilih olahraga lain yang lebih ringan namun tetap bermanfaat. Contohnya saja bersepeda, berenang, jogging, dan lain sebagainya.

13. Berjemur

18 Cara Mengobati Mata Minus yang Paling Ampuh
Berjemur

Berjemurlah pada saat pagi hari agar tubuhmu mendapat vitamin D. Kamu juga bisa memejamkan kedua matamu dan mengarahkan pandangan ke arah matahari. Lakukan hal ini hingga kedua matamu terasa hangat.

14. Pijatlah titik-titik di sekitar matamu

18 Cara Mengobati Mata Minus yang Paling Ampuh
Pijatlah titik-titik di sekitar matamu

Memijat titik-titik yang ada sekitar matamu akan membuat peredaran darah di sekitar matamu menjadi lancar. Hal ini juga akan membuat matamu menjadi rileks. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat gambar yang ada di atas.

15. Menghindari makanan /minuman yang memperparah kondisi matamu

18 Cara Mengobati Mata Minus yang Paling Ampuh
Menghindari makanan / minuman yang memperparah kondisi matamu

Makanan / minuman yang kamu konsumsi sangat berpengaruh bagi kesehatan matamu. Jika kamu mengonsumsi makanan yang nutrisinya buruk, ini hanua akan membuat kondisi matamu semakin parah. Hindari makanan / minuman yang mengandung kafein, alkohol, banyak gula, susu, gorengan, rokok, dan lain sebagainya.

16. Minum minuman hasil kombinasi buah dan sayur

18 Cara Mengobati Mata Minus yang Paling Ampuh
Minum minuman hasil kombinasi buah dan sayur

Kabarnya, mengonsumsi minuman hasil kombinasi dari buah dan sayur ini terbukti dapat mengurangi mata minus. Caranya adalah dengan menyiapkan buah bit, belimbing, dan juga wortel. Lalu jus ketiga bahan tersebut secara terpisah. Kemudian minum sari buah bit terlebih dahulu, lalu belimbing dan juga wortel. Lakukan secara rutin setiap pagi dan sore hari.

17. Jangan melihat objek terlalu dekat

18 Cara Mengobati Mata Minus yang Paling Ampuh
Jangan melihat objek terlalu dekat

Mata minus seringkali disebabkan karena kamu melihat sebuah objek terlalu dekat. Karena itulah, kamu harus berusaha agar minus matamu tidak semakin bertambah ketika kamu melihat sebuah objek.

Usahakan nonton TV dengan jarak sekitar 2-3 meter. Jika harus melihat komputer, usahakan melihat dengan jarak sejauh 50 cm. Kamu juga tidak boleh membaca dengan cara tiduran.

18. Operasi lasik

18 Cara Mengobati Mata Minus yang Paling Ampuh
Operasi lasik

Jika memang semua cara di atas tidak mempan, maka mungkin kamu harus menempuh cara terakhir ini. Lakukan konsultasi ke dokter mata yang memang terpercaya, dan pahami apasaja resiko dari operasi lasik ini. 

Baca Juga