20 Manfaat Jagung Rebus Untuk Kesehatan
​Jagung rebus menjadi makanan yang istimewa di musim hujan seperti sekarang ini. Tak hanya lezat disantap, apabila mengkonsumsi jagung rebus tentunya anda akan memperoleh manfaat kesehatan karena jagung rebus memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Jagung rebus menjadi makanan yang istimewa di musim hujan seperti sekarang ini. Tak hanya lezat disantap, apabila mengkonsumsi jagung rebus tentunya anda akan memperoleh manfaat kesehatan karena jagung rebus memiliki kandungan gizi yang tinggi. Nah, penasaran kan apa saja manfaatnya? Yuk, simak saja ulasan ini:

1. Menjaga Sistem Pencernaan

20 Manfaat Jagung Rebus Untuk Kesehatan
Jaga Sistem Pencernaan

Jagung rebus memiliki kandungan serat tak larut yang berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Mengkonsumsi jagung rebus akan mencegah sembelit. Selain itu, kandungan nutrisi yang ada di jagung rebus mampu membantu tubuh mengobati iritasi yang terjadi di usus.

2. Bagus Untuk Ibu Hamil

20 Manfaat Jagung Rebus Untuk Kesehatan
Ibu Hamil

Di masa kehamilanya, ibu hamil memerlukan gizi yang cukup untuk dirinya dan bayi yang ada dalam kandungan. Jagung yang memiliki kandungan asam folat diperlukan oleh wanita hamil. Dengan mengkonsumsi jagung rebus secara teratur akan mencukupi kebutuhan asam folat bagi tubuh.

3. Mencegah Diabetes

20 Manfaat Jagung Rebus Untuk Kesehatan
Cegah Diabetes

Vitamin B yang ada dalam jagung rebus memiliki peran dalam pelepasan insulin. Selain itu, jagung rebus juga mengandung glikemik 58 yang baik untuk penderita diabetes. Mengkonsumsi jagung rebus secara rutin dapat menurunkan risiko terkena diabetes sekaligus menjadi makanan yang baik untuk dikonsumsi penderitanya.

4. Sebagai Sumber Antioksidan

20 Manfaat Jagung Rebus Untuk Kesehatan
antioksidan

Jagung rebus memiliki kandungan antioksidan tinggi berupa asam furelic. Berdasarkan penelitian, asam furelic ini ini berfungsi untuk mencegah kanker, mencegah penuaan dini. Selain itu jagung rebus juga memiliki zat antiinflamasi yang berfungsi mencegah pembengkakan dan peradangan di dalam tubuh.

5. Mencegah Anemia

20 Manfaat Jagung Rebus Untuk Kesehatan
Cegah Anemia

kekurangan asam folat dan vitamin B12 bisa menyebabkan anemia, karena itulah penting untuk mencukupi kebutuhan akan nutrisi tersebut. Jagung rebus yang kaya akan vitamin B12 dan asam folat bisa menjadi menu pilihan untuk dikonsumsi. Sejumlah zat besi serta mineral penting lainnya ada pada jagung rebus yang akan mencegah terjadinya anemia.

6. Sumber Energi

20 Manfaat Jagung Rebus Untuk Kesehatan
Energi

Ternyata jagung rebus menjadi makanan kegemaran para atlet karena merupakan salah satu makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Mengkonsumsi jagung rebus  akan memberikan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas ringan maupun berat. Selain itu, dengan mengkonsumsi jagung rebus akan membantu meningkatkan fungsi saraf sehingga anda lebih mudah berkonsentrasi.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol

20 Manfaat Jagung Rebus Untuk Kesehatan
Turunkan Kolesterol

Kolesterol jahat atau LDL yang tinggi bisa memicu berbagai penyakit. Hal tersebut berbahaya jika tidak segera diatasi. Dengan mengkonsumsi jagung rebus akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat Yang ada dalam tubuh. Jagung rebus memiliki kandungan vitamin C, bioflavonoid, dan karotenoid yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

8. Meningkatkan Berat Badan

20 Manfaat Jagung Rebus Untuk Kesehatan
Tingkatkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang dalam usaha penggemukkan badan, jagung rebus bisa menjadi pilihan makanan yang tepat. Makanan yang bernutrisi tinggi dapat memberi asupan kalori yang dibutuhkan tubuh. Setidaknya dalam secangkir jagung terdapat 130 kalori.

9. Menguatkan Jaringan Ikat

20 Manfaat Jagung Rebus Untuk Kesehatan
Perkuat Jaringan Ikat

Jaringan ikat yang kuat akan menjadikan anda bergerak lincah dan aktif. Jaringan ikat yang terdiri dari otot, ligamen, tendon, tulang, dan tulang rawan ini memerlukan nutrisi yang cukup agar tetap kokoh dan berfungsi dengan baik. Jagung rebus dengan serangkaian mineral yang dikandungnya dapat menguatkan jaringan ikat.

10. Menjaga Kesehatan Mata

20 Manfaat Jagung Rebus Untuk Kesehatan
Jaga Kesehatan Mata

Karetonoid pada jagung berfungsi untuk mencegah degenerasi makula atau penurunan penglihatan. Tak hanya itu betakaroten pada jagung rebus mampu memproduksi vitamin A yang telah dikenal bagus untuk kesehatan mata.

11. Sebagai Anti Kanker

20 Manfaat Jagung Rebus Untuk Kesehatan
Anti Kanker

Jagung rebus mengandung zat antioksidan tinggi yang akan memerangi sel kanker. Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi jagung rebus secara rutin efektif dalam melawan sel kanker dan tumor. Yuk, mulai konsumsi jagung rebus untuk mencegah penyakit berbahaya seperti kanker.

 12. Mencegah Wasir

20 Manfaat Jagung Rebus Untuk Kesehatan
Cegah Wasir

Wasir menjadi penyakit yang banyak dialami karena kurangnya mengkonsumsi makanan berserat. Jagung rebus menjadi salah satu makanan yang mengandung serat sehingga bagus untuk pencernaan dan membantu melancarkan BAB. Selain itu, mengkonsumsi jagung rebus secara rutin juga mampu meminimalkan resiko mengalami kanker usus.

13. Menjaga Organ Hati

20 Manfaat Jagung Rebus Untuk Kesehatan
Jaga Organ Hati

Menurut penelitian, jagung rebus memiliki sifat anti aterogenik yang dapat mencegah penyakit kardiovaskular segingga baik untuk dikonsumsi agar dapat melindungi organ jantung maupun hati. Kandungan omega 3 pada jagung rebus juga dapat mencegah terjadinya penyumbatan arteri yang mengarah pada stroke.

14. Menjaga Kesehatan Kulit

20 Manfaat Jagung Rebus Untuk Kesehatan
Kulit Sehat

Kandungan vitamin A pada jagung rebus juga bagus untuk kulit. Mengkonsumsi jagung rebus secara rutin akan memberikan efek kulit yang lebih sehat dan terhindar dari radikal bebas. Jangan lupa ya konsumsi jagung rebus untuk mencegah terkena penyakit kulit.

15. Menjaga Kesehatan Rambut

20 Manfaat Jagung Rebus Untuk Kesehatan
Rambut Terawat

Kandungan asam omega 3 dan 6 yang ada alam jagung rebus akan menutrisi kulit kepala yang menjadikan rambut lebih halus dan lembut. Dengan mengkonsumsi jagung rebus, kerontokan rambut pun akan berkurang. Folikel rambut akan lebih kuat dan sehat.

16. Membantu Menurunkan Berat Badan

20 Manfaat Jagung Rebus Untuk Kesehatan
Diet Sehat

Selain dapat menggemukkan, kebalikannya bagi sebagian oang mengkonsumsi makanan alami seperti jagung rebus bagus pula untuk menurunkan berat badan sekaligus mempertahankan berat badan ideal. Dengan mengkonsumsi makanan yang direbus akan lebih menyehatkan untuk tubuh. Nutrisi pada jagung rebus juga akan mempengaruhi kelenjar tiroid memproduksi hormon triiodothyronine yang berguna untuk membakar lemak sekaligus memberikan efek kenyang lebih lama di perut. Mengkonsumsi jagung rebus sebagai makanan diet dapat dilakukan asalkan anda berokomitmen menjauhi makanan-makanan berlemak yang dapat memicu naiknya berat badan.

17. Mencegah Alzheimer

20 Manfaat Jagung Rebus Untuk Kesehatan
Cegah Alzheimer

Memiliki kandungan thiamin, jagung rebus berguna untuk mencegah penyakit alzheimer yang sering diderita oleh orang lanjut usia. Zat thiamin berguna untuk meningkatkan fungsi otak. Mengkonsumsi jagung rebus secara teratur akan mencegah anda kehilangan memori yang sangat berharga di masa tua.

18. Mencegah Naiknya Asam Urat

20 Manfaat Jagung Rebus Untuk Kesehatan
Cegah Asam Urat

Kalium dalam jagung rebus cukup tinggi, sehingga mineral ini cukup bagi tubuh untuk digunakan sebagai elektolit yang ikut mengontrol kerja tubuh. Kalium berperan aktif dalam mengontrol kadar asam urat. Mencegah kenaikan asam urat dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi jagung rebus secara teratur.

19. Mencegah Infeksi

20 Manfaat Jagung Rebus Untuk Kesehatan
Cegah Infeksi

Baca Juga: 15 Cara Mengobati Kutu Air yang Terbukti Ampuh

Jagung rebus memiliki kandungan vitamin C dan A yang mengandung antioksidan. Hal tersebut diperlukan tubuh untuk menangkal serangan dari virus dan bakteri jahat. Dengan mengkonsumi jagung rebus akan mencegah terjadinya infeksi oleh virus dan bakteri jahat yang masuk ke tubuh.

20. Bagus Untuk Pertumbuhan Anak-Anak

20 Manfaat Jagung Rebus Untuk Kesehatan
Petumbuhan Anak

Jagung rebus memiliki kandungan protein yang bagus untuk pertumbuhan anak-anak karena dibutuhkan tubuh dalam memperbarui pembentukan jaringan otot. Selain itu, protein ikut berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Anak-anak yang terbiasa bermain dan aktif bergerak memerlukan imunitas yang baik agar tak mudah sakit.

Demikianlah 20 manfaat jagung rebus untuk kesehatan yang kini telah anda ketahui. Ternyata banyak juga ya khasiatnya untuk tubuh. Bagaimana, jadi ingin makan jagung rebus kan?

Baca Juga